Home Tips Investasi Keuangan Umum Investasi Emas atau Reksadana? Mana yang Lebih Untung?

Investasi Emas atau Reksadana? Mana yang Lebih Untung?

by HSB
0 comment

Emas selalu menjadi pilihan investasi paling mudah dan rendah risiko favorit masyarakat dunia. Sejak dulu, emas telah mencatat tingkat pertumbuhan yang signifikan dibandingkan instrumen investasi lainnya seperti Reksadana. Namun, sebenarnya lebih baik mana investasi emas atau reksadana?

Para pakar finansial mengatakan, reksadana juga telah lama menjadi pilihan investasi rendah risiko yang banyak disukai. Namun, saran investasi terbaik dari para pakar ini adalah untuk tidak meletakkan seluruh investasimu dalam satu keranjang instrumen yang sama ya, Sobat Trader.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindarkanmu dari kerugian akibat penurunan tren pasar di salah satu instrumen investasi pilihanmu karena pada dasarnya semua instrumen investasi memiliki profil risikonya masing-masing.

Jika kamu memiliki toleransi risiko yang rendah namun tetap ingin berinvestasi, kamu bisa membuat diversifikasi portofolio investasimu dengan memilih investasi emas, reksadana, atau pun dalam bentuk saham. 

Sebelum memutuskan akan berinvestasi dalam bentuk instrumen apa, kamu bisa simak penjelasan ketiga instrumen investasi popular dunia di bawah ini.

Baca juga: Jenis-jenis Reksa Dana Berdasarkan Klasifikasi

Apa itu Investasi Reksadana?

Investasi Reksadana

Reksadana adalah jenis investasi keuangan yang terdiri dari kumpulan dana investasi dari banyak investor untuk diinvestasikan dalam sekuritas seperti saham, obligasi, forex, dan aset lainnya. Reksadana dioperasikan oleh manajer investasi profesional, yang mengalokasikan aset dana dan berusaha menghasilkan keuntungan modal atau pendapatan bagi investor dari dana tersebut. 

Reksadana bisa memberimu akses ke portofolio ekuitas, obligasi, dan sekuritas lainnya yang dikelola secara profesional. Oleh karena itu, setiap pemegang saham bisa berpartisipasi secara proporsional dalam keuntungan atau kerugian kumpulan dana tersebut. 

Baca juga: Apa Itu Turnover Saham? Yuk Simak Penjelasannya!

Apa Saja Kelebihan Reksadana?

Ada berbagai alasan mengapa reksadana telah menjadi instrumen investasi pilihan investor dunia selama beberapa dekade. Temukan beragam manfaat investasi reksadana di bawah ini:

1. Diversifikasi

Diversifikasi, atau menempatkan dana investasi dalam berbagai portofolio instrumen untuk mengurangi risiko, adalah salah satu keuntungan berinvestasi di reksadana. Para ahli menganjurkan diversifikasi sebagai cara untuk meningkatkan pengembalian portofolio sambil mengurangi risikonya. 

2. Akses Mudah

Reksadana dapat dibeli dan dijual dengan mudah di bursa saham sehingga menjadikannya sebagai investasi yang sangat likuid. Juga, dalam hal jenis aset tertentu, seperti ekuitas asing atau komoditas, reksadana seringkali menjadi instrumen investasi yang paling memungkinkan bagi investor individu untuk berpartisipasi.

3. Skala Ekonomi

Karena reksadana mengumpulkan uang dari banyak investor kecil, maka manajer investasi dapat mengambil posisi pembelian aset yang lebih besar. Misalnya, dana tersebut mungkin memiliki akses ke penempatan IPO atau produk terstruktur tertentu yang hanya tersedia untuk investor institusi.

4. Manajer Investasi Profesional

Keuntungan utama reksadana adalah kamu tidak harus memilih saham dan mengelola investasimu sendiri. Sebaliknya, seorang manajer investasi profesional yang akan menangani semua ini dengan menggunakan analisa yang cermat dan terampil. 

Baca juga: Pengertian Profesi Manajer Investasi

5. Ragam dan Kebebasan Memilih

Investor memiliki kebebasan untuk meneliti dan memilih dari manajer dengan berbagai gaya dan tujuan manajemen. Misalnya, manajer investasi dapat fokus pada investasi nilai, investasi pertumbuhan, pasar maju, pasar negara berkembang, pendapatan, atau investasi makroekonomi, di antara banyak gaya lainnya. 

6. Transparansi

Reksadana tunduk pada peraturan industri yang menjamin akuntabilitas dan keadilan bagi investor dengan profil manajer investasi yang bisa dicek kredibilitasnya.

Apa itu Investasi Emas?

Investasi Emas

Emas memiliki nilai dan arti penting dalam transaksi finansial masyarakat dunia sudah sejak lama. Mulai dari potongan perhiasan dengan bentuk yang sangat indah, hingga kini kamu mengenal investasi emas online. 

Cara investasi emas yang stabil menjadikannya sebagai salah satu instrumen investasi dengan keamanan transaksi. Daya tahan fisik dan daya lindung nilai emas terhadap inflasi emas juga sejak lama dikenal sebagai aset safe haven yang cenderung naik dalam kondisi apapun, termasuk di saat-saat krisis seperti pandemi COVID-19 di tahun 2020. 

Apa Saja Kelebihan Investasi Emas?

Sekarang mari kita lihat apa saja keuntungan investasi emas yang sejak zaman prasejarah sudah menjadi instrumen investasi terfavorit masyarakat dunia.

1. Emas Sebagai Tabungan Kekayaan

Alasan pentingnya emas dalam ekonomi modern berpusat pada fakta bahwa emas telah berhasil melestarikan kekayaan selama ribuan generasi. Kenapa bisa begitu? Karena emas terkenal dengan ketahanan fisik yang tidak mudah hancur akibat suhu tinggi atau benturan keras. 

2. Tahan Inflasi

Selama 50 tahun terakhir, emas telah berkinerja lebih baik sebagai alat lindung nilai (hedge) terhadap guncangan inflasi perekonomian. Saat ini, banyak investor membeli emas sebagai alat lindung nilai terhadap gejolak politik dan inflasi. 

3. Emas Sebagai Aset Dividen

Saham emas biasanya lebih menarik bagi investor pertumbuhan daripada investor pendapatan. Saham emas umumnya naik dan turun seiring dengan harga emas, tetapi pada perusahaan pertambangan yang dikelola dengan baik, nilai saham emas akan tetap menguntungkan investor meskipun dalam kondisi harga penurunan emas.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Dividen Saham yang Selalu Ditunggu Investor

4. Diversifikasi

Catatan sejarah menunjukkan bahwa nilai emas tidak bergerak dengan cara yang sama seperti saham dan obligasi. Penurunan dan puncak pasar saham tampaknya tidak mempengaruhi nilai emas. Artinya, ini adalah cara yang baik untuk mendiversifikasi portofolio investasi kamu.

5. Keuntungan Pajak Emas

Salah satu keuntungan investasi emas adalah dari peraturan perpajakan emas batangan atau koin yang bervariasi antar negara. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam emas, kamu perlu memahami perhitungan biaya pajaknya yang dapat menguntungkanmu.

6. Keuntungan Sektor Pertambangan Emas

Sektor pertambangan, termasuk perusahaan yang mengekstrak emas, dapat mengalami volatilitas yang tinggi. Saat mengevaluasi kinerja dividen saham emas, pertimbangkan kinerja perusahaan dari waktu ke waktu sehubungan dengan dividen.

7. Kinerja Relatif

Harga emas dapat berfluktuasi dalam jangka pendek, tetapi dalam jangka panjang, memang dapat mengungguli kelas aset berisiko seperti ekuitas dan properti. Secara historis kinerja emas lebih baik dari instrumen investasi lainnya karena kemampuan lindung nilai, daya tahan fisik, dan volatilitas emas yang rendah.

Baca juga: Inilah Perbedaan Saham Dan Reksadana

Jadi, Pilih Mana? Investasi Reksadana Atau Emas?

Reksadana VS Emas

Pada dasarnya apapun pilihan investasimu, haruslah yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko yang sudah kamu tetapkan. Jangan sampai instrumen investasi yang kamu pilih nyatanya memiliki profil risiko melebihi toleransi risiko yang sudah kamu tetapkan.

Seperti apa yang telah disarankan banyak ahlo investasi dunia, sebaiknya kamu tidak meletakkan semua dana investasimu dalam satu instrumen yang sama. Investasi emas atau reksadana bisa menjadi dua pilihan seimbang untuk diversifikasi kantong telur investasimu di masa yang akan datang.

Keduanya memiliki potensi imbal hasil yang cukup menjanjikan dan cocok dipilih sebagai alternatif investasi jangka panjang dengan risiko rendah dan pengelolaan yang mudah. 

Jika kamu menetapkan periode investasi jangka pendek, kamu bisa memilih reksadana pasar uang yang rendah risiko. Sedangkan investasi emas bisa kamu jadikan sebagai sebagai instrumen investasi dengan tujuan dana darurat karena aspek daya tahan material dan nilai yang cenderung meningkat. 

Kamu juga bisa memanfaatkan tips investasi emas yang menguntungkan disini. Cek juga lebih baik investasi emas atau saham pada artikel berikutnya ya Sobat Trader.

Investasi emas juga bersifat global, artinya emas yang kamu miliki di Indonesia juga bisa kamu perjualbelikan di tataran dunia dengan harga yang sangat menjanjikan. Kamu bisa cek perkembangan informasi dan pergerakan harga pasaran emas di dunia secara realtime melalui aplikasi investasi terpopuler Indonesia, Aplikasi HSB Investasi.

Transaksi investasi aman, nyaman, dan berujung cuan? Ya cuma di HSB! Download aplikasinya dan registrasikan akun investasimu sekarang!***

 

Sumber:

Lebih Untung Investasi Emas atau Reksa Dana?

Mau Investasi Emas atau Reksadana?

You may also like

Leave a Comment