Home Emas Bagaimana Cara Investasi Emas supaya Cuan?

Bagaimana Cara Investasi Emas supaya Cuan?

by HSB
0 comment

Sebagai generasi milenial, mungkin belakangan ini kamu cukup sering mendengar atau melihat beberapa konten pada media digital yang merekomendasikan untuk mulai berinvestasi. Salah satu investasi yang cukup mudah untuk dilakukan adalah investasi emas. 

Namun, permasalahannya adalah kamu mungkin belum cukup mengetahui bagaimana cara investasi emas yang tepat. Perlu diketahui bahwa melakukan investasi membutuhkan pemahaman yang mendalam. 

Apabila saat ini kamu tertarik untuk investasi emas tetapi belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pengertian dan cara kerjanya, HSB akan memberikan informasi lengkap seputar investasi emas. Mari simak penjelasan berikut ini. 

Mengenal Investasi Emas

Mengenal Investasi Emas

Investasi emas adalah cara menanam modal dan mengembangkan nilainya menjadi lebih besar dengan instrumen berupa emas. Sebagian besar investor, bahkan masyarakat umum, menganggap bahwa investasi emas merupakan jenis investasi yang paling menguntungkan dibanding instrumen lainnya sebab nilainya yang akan terus naik dan bertambah. 

Perlu kamu ketahui bahwa emas bukan hanya populer sebagai perhiasan saja, tetapi juga sebagai pilihan berinvestasi yang menguntungkan. Seperti pada kondisi yang terjadi pada tahun 2020 hingga tahun 2022, pada masa pandemi virus corona, harga emas justru meningkat dengan jumlah yang signifikan. Oleh karena itu, hingga saat ini emas banyak diburu sebagai alat investasi.

Selain menguntungkan, investasi emas juga cukup simpel dan praktis untuk dicoba siapa saja. Kamu dapat melakukan investasi pada emas dalam bentuk fisik maupun digital melalui platform investasi atau trading. Hal ini dapat menjadi langkah yang tepat jika kamu memiliki tujuan investasi jangka panjang yang besar seperti menikah, membeli rumah, dana pendidikan, dan lain sebagainya. 

Baca juga: 7 Perbedaan Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang

7 Cara Investasi Emas​​

Cara Investasi Emas​​

Meski mudah, investasi emas tidak bisa dilakukan begitu saja. Kamu perlu memperhatikan beberapa hal dan menerapkan cara investasi emas yang benar agar lebih cuan. Tidak ketinggalan, HSB akan memberikan cara investasi yang tepat secara lengkap untuk kamu. Simak ulasannya berikut ini:

1. Menetapkan Tujuan

Sebelum mulai berinvestasi emas, pastikan kamu sudah mengetahui tujuan dari investasi terlebih dahulu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak tujuan yang bisa dijadikan dasar untuk berinvestasi emas, seperti kebutuhan tabungan pernikahan, pendidikan, dana pensiun, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, dalam 10 tahun ke depan kamu akan berhenti bekerja dan memulai bisnis sendiri. Kemudian, penghasilan dari sebagian gaji disisihkan dan diinvestasikan dalam bentuk emas. 

Apabila investasi dilakukan dengan tujuan yang jelas seperti ini, maka kamu akan lebih tahu berapa emas yang harus diinvestasikan setiap bulannya hingga waktu yang ditentukan agar jumlah nilai yang dibutuhkan tercapai.

Baca juga: 4 Strategi Menyimpan Uang dan Menabung untuk Anak

2. Fokus Investasi Untuk Masa Depan

Pada dasarnya investasi emas merupakan jenis investasi jangka panjang dan perencanaan keuangan pada masa depan, seperti untuk 10 hingga 15 tahun lagi. Oleh karenanya, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, investor harus lebih sabar dalam berinvestasi. 

Namun tak menutup kemungkinan untuk kamu melakukan investasi emas jangka pendek bila memang diperlukan. Hanya saja, keuntungan yang diterima akan lebih kecil nilainya dibandingkan dengan investasi emas jangka panjang.

3. Pilih Cara Berinvestasi

Sebelumnya telah disebutkan bahwa kamu bisa berinvestasi emas melalui dua cara yaitu digital dan fisik. Emas digital biasanya tersedia pada berbagai platform investasi online yang membolehkan investor memiliki sejumlah gram emas tanpa perlu menyimpannya secara langsung. 

Sedangkan emas fisik merupakan segala jenis emas baik dalam bentuk perhiasan maupun batangan yang dapat dilihat dan dipegang secara langsung. Dari kedua bentuk investasi emas tersebut, kamu bisa mempertimbangkan jenis investasi mana yang lebih cocok dan sesuai untuk dipilih. 

Baca juga: Memahami 5 Perbedaan Investasi Syariah dan Konvensional

4. Cek Harga Emas

Sebelum membeli dan menetapkan nilai yang akan diinvestasikan pada emas, cek harga emas terlebih dahulu pada platform investasi tepercaya apalagi bagi kamu yang memutuskan untuk investasi emas digital. 

Umumnya, broker akan menyediakan informasi harga emas mulai dari per gram hingga 100 gram setiap harinya. Jangan lupa untuk pantau pergerakan harganya dan cek berita yang berkaitan dengan ekonomi khususnya jual beli emas karena hal tersebut dapat memengaruhi pergerakan harga emas. 

5. Cara Penyimpanan

Apabila pada emas digital memperhatikan pergerakan harga saat pembelian, investasi emas fisik harus mempertimbangkan cara penyimpanannya. Kamu harus memastikan bahwa emas dapat tersimpan dengan aman pada safety box atau brankas di rumah. Namun jika ragu, beberapa lembaga keuangan dan bank menyediakan layanan SDB atau Safe Deposit Box yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang berharga seperti emas. 

Baca juga: Mau Belajar Trading Emas Online? Begini Caranya

6. Teknik Pembelian

Seperti sebagaimana pembelian saham pada umumnya, investasi juga memiliki teknik yang sama yaitu membeli emas ketika harga sedang turun. Kemudian apabila nantinya kamu perlu menjual emas karena nilainya sudah mencapai target yang ditentukan, pastikan untuk menjualnya pada saat harga emas sedang naik atau berada di atas harga beli sebelumnya. 

7. Investasi Emas di Tempat yang Tepercaya

Saat ini banyak tersedia tempat jual beli emas fisik maupun digital untuk investasi. Namun sebaiknya kamu tetap waspada dan memilih transaksi emas dalam bentuk apa pun di tempat yang teregulasi dan tepercaya. Kamu bisa melakukan investasi emas dengan pilihan komoditas populer dunia pada platform tepercaya HSB

HSB dapat diandalkan dalam setiap kebutuhan trading sebab memiliki jaminan tanpa kecurangan sistem dan transparansi. Jadi seluruh aktivitas trading menjadi lebih aman.  Namun apabila memilih emas fisik sebagai instrumen investasinya, sebaiknya jual beli emas pada satu tempat yang sama. 

Hal ini dilakukan agar terhindar dari segala bentuk kerugian dan penipuan oleh oknum penjual. Beberapa penjual di tempat yang berbeda akan memberi harga emas yang lebih rendah dari seharusnya, tetapi jika kamu menjual ke tempat yang sama maka besar kemungkinan untuk mendapatkan harga yang semestinya.

Baca juga: Kenali 7 Keuntungan Investasi Emas untuk Pemula

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

Di antara jenis investasi lainnya, investasi emas memang menjadi investasi yang paling familier di kalangan masyarakat. Bahkan pada jenis emas perhiasan, kamu tidak hanya dapat menyimpannya saja melainkan menggunakannya sehari-hari atau pada waktu tertentu. 

Meski demikian, kamu tetap harus mempertimbangkan dahulu kelebihan dan kekurangan investasi emas sebelum membelinya. Berikut merupakan penjelasan lengkap mengenai keuntungan dan kerugian dalam berinvestasi emas:

1. Kelebihan Investasi Emas

Keuntungan investasi emas adalah memiliki tingkat likuiditas yang cukup tinggi sehingga cara mencairkannya pun cukup mudah dan cepat kapan saja dibutuhkan. Selain itu, emas memiliki peluang perlindungan nilai yang signifikan terhadap risiko keuangan dan kondisi ekonomi bahkan saat inflasi sekali pun.  

2. Kekurangan Investasi Emas

Dibalik keuntungannya, investasi emas memiliki kekurangan atau kerugian berupa harga yang mudah bergejolak dalam jangka pendek bahkan dapat menurun saat harga saham sedang naik. Selain itu, penyimpanan emas fisik membutuhkan biaya tambahan agar penyimpanannya lebih aman. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Instrumen Investasi Untuk Pelajar

Setelah mengenal bagaimana cara investasi emas di atas, apakah kamu masih tetap tertarik untuk mencobanya sebagai salah satu tabungan masa depan? Jika iya, pastikan untuk mempertimbangkan seluruhnya secara matang dan sesuaikan dengan kebutuhan. Bila perlu, lakukan perhitungan mengenai waktu investasi untuk mencapai nilai yang diinginkan. 

Sebagai pemula dalam dunia investasi emas, kamu dapat menggunakan platform investasi HSB yang mudah dan tentunya teregulasi BAPPEBTI. Tunggu apalagi? Download aplikasinya sekarang juga dan bergabunglah menjadi trader profesional dengan keuntungan yang maksimal.***

Banner Trading

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288