Home Tips Investasi Keuangan Umum Inilah Investasi Modal Kecil yang Bisa Dimulai Sekarang

Inilah Investasi Modal Kecil yang Bisa Dimulai Sekarang

by HSB
0 comment
Apakah ada investasi modal kecil yang menguntungkan? Jawabannya tentu saja ada! Kamu dapat berinvestasi mulai dari sekarang dengan modal yang sangat kecil, bahkan dimulai dari Rp10.000. Selama beberapa tahun terakhir, banyak orang yang mulai menyadari pentingnya melakukan investasi sejak dini. Berbagai perubahan situasi keuangan pada masa yang akan mendatang menjadi salah satu faktor utama. Kamu tentu paham bagaimana setiap tahunnya biaya untuk kehidupan sehari-hari terus meningkat. Hal ini belum ditambah dengan keperluan lainnya seperti biaya pendidikan, biaya kesehatan, biaya transportasi, dan lainnya. Meningkatnya biaya pengeluaran tidak sebanding dengan pemasukan yang kamu dapatkan. Lalu, bagaimana caranya supaya kamu dapat memiliki dana yang cukup atau bahkan tidak perlu mengkhawatirkan masalah dana sama sekali di kemudian hari? Kamu sudah tahu jawabannya, bukan? Investasi menjadi sebuah cara yang dapat dilakukan untuk melipatgandakan dana yang kamu miliki. Namun, keterbatasan dana membuat sebagian besar orang kesulitan untuk berinvestasi, mungkin kamu termasuk ke dalam salah satunya. Oleh karena itu, kamu dapat mencoba berbagai jenis investasi dengan modal yang kecil. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

5 Investasi Modal Kecil

Investasi Modal KecilInvestasi apa yang baik untuk pemula? Berikut ini, kamu dapat mencoba salah satu dari kelima jenis investasi dengan modal kecil, yaitu:

1. Reksadana

Reksadana menjadi jenis investasi dengan modal kecil yang paling populer di kalangan investor pemula. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kamu dapat menanam modal mulai dari Rp10.000 di reksadana. Mungkin sebagian dari kamu ada yang belum mengerti apa itu reksadana. Secara garis besarnya, reksadana merupakan sebuah wadah untuk para investor mengumpulkan dananya yang akan dikelola oleh Manajer Investasi. Manajer Investasi atau yang biasa disingkat MI ini merupakan lembaga hukum. Dana yang kamu masukkan ke dalamnya sudah dapat dipastikan aman dan tentunya akan menghasilkan return.
Baca juga: Investasi Emas atau Reksadana? Mana yang Lebih Profit?

2. Emas

Investasi EmasBanyak yang berpikir bahwa untuk berinvestasi emas, diperlukan dana yang besar terlebih dahulu. Harga emas memanglah tinggi. Harga terbaru untuk setengah gram emas saja sudah mencapai sekitar Rp550.000. Meskipun harga emas tergolong tinggi, tetapi saat ini kamu dapat membeli emas dengan program cicilan. Kamu dapat membayar emas yang ingin dibeli setiap bulannya, sesuai dengan kesepakatan dengan pihak penjual emas. Adanya program cicilan ini tentu akan memudahkan kamu untuk dapat berinvestasi emas dengan modal yang kecil. Kamu cukup menyesuaikan dengan kondisi keuangan saat ini.
Baca juga: 4 Cara Investasi Emas Dan Tips Untuk Pemula
Kamu juga perlu tahu bahwa sekarang ada yang namanya emas digital. Kamu tidak perlu menyimpan emas dalam bentuk fisik dengan risiko terjadinya pencurian karena semua sudah tersimpan di dalam bentuk digital. Keren sekali, bukan?

3. P2P (Peer-to-Peer) Lending

P2P LendingKamu pasti tidak asing dengan istilah P2P Lending. P2P Lending atau yang kepanjangannya merupakan Peer-to-Peer Lending merupakan jenis investasi yang bersifat pembiayaan. Jadi, di dalam P2P Lending, kamu akan bertindak sebagai investor yang menyediakan modal kepada pemilik UMKM atau UKM. Modal yang kamu suntikan tersebut akan dikembalikan dalam jangka waktu yang telah disepakati. Tentu saja, modal tersebut akan berbunga dan kamu bisa mendapatkan keuntungan.

4. Deposito Berjangka

Lembaga perbankan menyediakan layanan deposito berjangka yang dapat kamu gunakan untuk berinvestasi. Konsep deposito berjangka sangat mirip dengan menabung. Ketika kamu sudah memasukkan dana di dalam deposito, dana tersebut tidak dapat diambil hingga jangka waktu tertentu. Setelah waktu jatuh tempo, kamu bisa mengambil dana yang telah disimpan beserta dengan bunganya. Hal yang membedakan antara deposito berjangka dengan tabungan adalah kamu dapat dikenakan denda. Kamu harus membayar denda apabila ingin mengambil dana yang telah disetor ke dalam deposito sebelum waktu jatuh tempo.

5. Saham

Investasi sahamJenis investasi terakhir dengan modal kecil yang dapat kamu coba adalah saham. Ada beberapa saham dengan modal kecil, salah satunya yaitu saham blue chip. Sebelum berinvestasi saham, kamu juga perlu memahami bahwa tingkat risiko saham sangatlah tinggi, tidak seperti jenis investasi lainnya. Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati dalam memilih aset saham yang cocok dan tepat. Selain itu, ada juga penawaran saham gorengan yang dapat menjebak para investor pemula untuk membeli saham tersebut. Kamu harus waspada agar tidak terpengaruh dengan penawaran saham gorengan atau penawaran saham lainnya yang terlihat menggiurkan.
Baca juga: Penting! Ini Dia Keuntungan dan Risiko Investasi Saham
Dalam berinvestasi saham, kamu perlu melakukan berbagai macam analisis yang ditujukan untuk menggali informasi secara lengkap dan akurat. Pelajari segala informasi mengenai perusahaan penyedia saham seperti kondisi keuangan selama beberapa tahun terakhir.  

3 Tips Memilih Investasi yang Cocok Bagi Anda

Dari berbagai jenis investasi di atas, sudahkah kamu menemukan investasi yang ingin dipilih? Atau kamu masih bingung harus memilih investasi mana yang cocok? Untuk memilih investasi yang cocok untuk kamu, ada berbagai tips yang dapat kamu ikuti berikut ini:
  • Tentukan tujuan investasi yang ingin kamu capai. Apakah kamu ingin menggunakan investasi tersebut pada masa mendatang atau dalam waktu dekat? Keuntungan yang didapat akan digunakan untuk apa?
  • Setiap instrumen investasi memiliki penawaran dan manfaat yang berbeda-beda. Pelajari informasinya terlebih dahulu, kemudian sesuaikan dengan tujuan investasi yang sudah kamu tentukan.
  • Pilih investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan dan risk profile kamu. Jangan memilih investasi yang di luar batas kemampuan.
  Sekian informasi yang perlu kamu ketahui mengenai investasi dengan modal kecil. Mulailah berinvestasi sekarang juga agar kamu keuntungannya yang didapat bisa cukup sesuai dengan target investasi yang ingin dicapai. Apabila kamu tertarik untuk berinvestasi saham, ada satu hal yang wajib untuk dilakukan yaitu memantau pergerakan harga pasar secara rutin dan mencari informasi terbaru seputar saham. Untuk mendapatkan informasi tersebut, kamu cukup menggunakan aplikasi HSB. HSB merupakan Broker Trading No. 1 di Indonesia dan sudah teregulasi BAPPEBTI. Jadi, informasi yang ada di dalam aplikasi kamu sudah dipastikan valid dan tepercaya. Kamu juga bisa belajar trading saham secara lebih mendalam. Yuk, download aplikasi HSB sekarang dan registrasikan akun investasimu sekarang juga!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288