Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Cara Menghitung Dana Pensiun dan Investasinya

Dalam persiapan menuju masa pensiun, memberikan langkah-langkah dalam menghitung investasi dana pensiun, termasuk menentukan target pensiun, mengidentifikasi sumber penghasilan, dan menggunakan rumus sederhana untuk perhitungan. Artikel ini juga mencakup cara mengumpulkan dana pensiun, seperti membuka rekening pensiun, berinvestasi dalam program perusahaan, dan memilih opsi investasi yang sesuai.

Selain itu, menekankan bahwa pemilihan investasi yang tepat dapat meningkatkan peluang mencapai tujuan pensiun yang stabil. Dalam keseluruhan, artikel memberikan pandangan komprehensif dan praktis bagi pembaca yang ingin mengelola dana pensiun mereka dengan bijak.

Apa Saja Jenis-jenis dari Dana Pensiun?

Dana Pensiun Manfaat Pasti

Jenis dana pensiun ini merupakan program yang manfaatnya didapatkan dari perusahaan atau pemberi kerja. Dana yang digunakan dalam program ini merupakan hasil potong gaji karyawan ditambah dengan dana dari pemberi kerja

Dana Pensiun Iuran Pasti

Dana pensiun iuran pasti disebut juga defined contribution plan merupakan jenis dana pensiun yang iurannya ditetapkan terlebih dulu di awal, selanjutnya iuran beserta hasil pengembanagn dicatat dalam buku rekening peserta.

Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK)

DPPK merupakan program dana pensiun yang didirikan oleh perusahaan atau pemberi kerja kepada seluruh atau sebagian karyawannya.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

DPLK adalah program dana pensiun yang diselenggarakan oleh bank atau perusahaan asuransi yang terpisah dengan DPLK.

Dan Pensiun dari BPJSTK

Jenis dana pensiun ini diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Program ini sifatnya wajib bagi perusahaan yang telah terdaftar menjadi wajib pajak. Besaran prosentase iuran dana pensiun yang wajib dibayar oleh perusahaan adalah 5,7% setiap bulannya, sedangkan iuran pekerja sebesar 2% per bulan yang diambil dari pemotongan gaji karyawan.

cara menghitung dana pensiun

Cara Menghitung Dana Pensiun

Menghitung dana pensiun melibatkan beberapa langkah yang mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk rencana pensiun, pengeluaran selama pensiun, inflasi, dan proyeksi pendapatan. Berikut adalah panduan langkah-langkah untuk menghitung dana pensiun:

1. Tentukan Target Pensiun

Hitung total pengeluaran yang diharapkan setiap tahun selama masa pensiun, termasuk biaya hidup, perawatan kesehatan, dan rekreasi. Pertimbangkan faktor-faktor seperti inflasi dan harapan hidup yang dapat mempengaruhi kebutuhan dana pensiun.

2. Hitung Lama Masa Pensiun

Tentukan usia kapan Kamu berencana untuk pensiun. Perkirakan berapa lama Kamu berharap dana pensiun harus bertahan setelah pensiun.

3. Perkirakan Penghasilan Pensiun

Tentukan sumber-sumber penghasilan pensiun, seperti dana pensiun perusahaan, tabungan pribadi, atau program pensiun pemerintah. Hitung perkiraan total penghasilan pensiun yang diperoleh dari sumber-sumber tersebut.

4. Hitung Kekurangan Dana Pensiun

Kurangkan penghasilan pensiun yang diharapkan dari total pengeluaran pensiun untuk mendapatkan kekurangan dana pensiun. Perhitungkan inflasi untuk mendapatkan nilai kekurangan dana pensiun dalam mata uang masa depan.

5. Hitung Dana Pensiun yang Diperlukan

Perhitungan dana pensiun yang tepat bisa kamu lakukan dengan rumus sederhana sebagai berikut: 

  • Total pengeluaran per bulan x jumlah bulan dalam 1 tahun x estimasi usia setelah pensiun

Asumsikan bahwa angka kehidupan manusia rata-rata mencapai usia 75 tahun. Lalu kamu berkeinginan untuk pensiun pada usia 60 tahun. Itu berarti kamu masih memiliki 15 tahun tanpa penghasilan pokok per bulannya. Mari coba masukkan angka tersebut ke dalam rumus. 

Dana pensiun = Total pengeluaran per bulan x jumlah bulan dalam 1 tahun x estimasi usia setelah pensiun

= Rp5.000.000 x 12 bulan x 15 tahun

= Rp60.000.000 x 15 tahun

= Rp900.000.000

Dari perhitungan di atas, sekarang kamu jadi tahu bahwa total dana pensiun yang dibutuhkan adalah sebesar Rp900.000.000. 

Menghitung dana pensiun melibatkan proyeksi dan estimasi, dan perencanaan yang baik memerlukan pemantauan dan penyesuaian seiring waktu. Konsisten dalam menabung, berinvestasi, dan mempertahankan rencana pensiun yang terkini dapat membantu mencapai tujuan pensiun dengan lebih baik.

mengumpulkan dana pensiun

Mengumpulkan Dana Pensiun

Mengumpulkan dana pensiun merupakan langkah penting untuk memastikan kestabilan keuangan dan gaya hidup yang diinginkan setelah masa kerja berakhir. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mengumpulkan dana pensiun:

1. Buka Rekening Dana Pensiun

Pilih rekening pensiun atau tabungan yang dirancang khusus untuk kebutuhan pensiun. Pastikan untuk memahami persyaratan, manfaat, dan potensi pertumbuhan dana pada jenis rekening yang dipilih.

2. Partisipasi dalam Program Pensiun Perusahaan

Manfaatkan program pensiun yang disediakan oleh perusahaan tempat Kamu bekerja. Berkontribusi sesuai dengan kebijakan perusahaan, dan pertimbangkan untuk meningkatkan kontribusi jika memungkinkan.

3. Investasi pada Reksa Dana Pensiun

Pertimbangkan untuk berinvestasi dalam reksa dana pensiun yang menawarkan portofolio yang dikelola secara profesional. Diversifikasi investasi Kamu untuk mengurangi risiko dan meningkatkan potensi pertumbuhan.

4. Kontribusi Ke Rencana Dana Pensiun Pribadi

Buka rencana pensiun pribadi, seperti dana pensiun individu (IRA) atau 401(k) jika tidak tersedia melalui perusahaan. Pilih rencana yang sesuai dengan kebutuhan dan toleransi risiko Kamu.

5. Sisihkan Sebagian Penghasilan Bulanan

Tetapkan persentase tertentu dari penghasilan bulanan untuk disisihkan langsung ke rekening pensiun. Otomatisasikan proses ini untuk memastikan konsistensi dalam menabung.

6. Manfaatkan Program Pensave atau Investasi Otomatis

Ikuti program pensave atau investasi otomatis yang ditawarkan oleh lembaga keuangan.

Ini memungkinkan penyetoran otomatis dari penghasilan ke rekening investasi atau tabungan pensiun.

7. Perencanaan Warisan

Pertimbangkan perencanaan warisan sebagai strategi untuk meningkatkan dana pensiun. Wariskan aset atau kebijakan asuransi hidup yang dapat memberikan manfaat finansial di masa pensiun.

8. Pendekatan Konservatif untuk Investasi Dekat Pensiun

Kurangi risiko investasi dekat pensiun dengan memilih instrumen keuangan yang lebih konservatif. Pindahkan sebagian besar investasi ke instrumen yang lebih stabil untuk melindungi dana yang telah terakumulasi.

Dengan menggabungkan berbagai strategi ini, Kamu dapat membangun dana pensiun yang kuat untuk memastikan keamanan finansial dan kenyamanan selama masa pensiun.

pilihan investasi dana pensiun

Pilihan Investasi untuk Dana Pensiun

Dalam mempersiapkan dana pensiun, pemilihan investasi menjadi langkah krusial untuk mengoptimalkan pertumbuhan dana Kamu. Berikut adalah beberapa pilihan investasi yang dapat dipertimbangkan:

1. Reksa Dana Saham

Reksa dana saham merupakan investasi pada sejumlah saham perusahaan. Meskipun berisiko tinggi karena fluktuasi pasar, reksa dana saham memiliki potensi keuntungan yang signifikan dalam jangka panjang.

2. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka adalah investasi dengan suku bunga tetap dan jangka waktu tertentu. Meskipun tingkat pengembalian lebih rendah, tabungan berjangka memberikan kepastian terhadap dana yang akan ditarik untuk persiapan pensiun.

3. Obligasi

Obligasi adalah instrumen utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan. Obligasi memberikan pendapatan tetap dalam bentuk bunga, dengan risiko investasi yang lebih rendah dibandingkan saham.

4. Emas dan Logam Mulia

Emas dan logam mulia dianggap sebagai lindung nilai terhadap ketidakstabilan ekonomi. Investasi ini dapat memberikan keamanan nilai dalam jangka panjang.

5. Investasi Properti

Melibatkan pembelian properti untuk disewakan atau dijual. Investasi properti dapat memberikan pengembalian melalui pendapatan sewa dan/atau apresiasi nilai properti.

6. Reksa Dana Campuran

Reksa dana campuran berinvestasi dalam portofolio yang mencakup saham dan obligasi. Cocok untuk investor yang menginginkan keseimbangan antara pertumbuhan dan pendapatan tetap.

7. Pendanaan Saham (Equity Crowdfunding)

Melibatkan berinvestasi dalam bisnis startup melalui platform crowdfunding. Investasi ini berisiko tinggi tetapi dapat memberikan keuntungan besar jika startup tersebut berhasil.

8. Pendanaan Peer-to-Peer (P2P)

Melibatkan memberikan pinjaman kepada individu atau bisnis melalui platform online. Potensial memberikan hasil yang lebih tinggi daripada tabungan tradisional, tetapi juga melibatkan risiko kredit.

9. Investasi Pendidikan dan Keterampilan

Investasi dalam pendidikan atau keterampilan dapat meningkatkan kualifikasi dan peluang penghasilan Kamu, memberikan dampak positif pada persiapan pensiun Kamu.

10. Asuransi Jiwa dan Investasi

 Produk ini mencakup aspek asuransi jiwa untuk memberikan perlindungan finansial, sementara juga memiliki nilai investasi yang dapat berkembang seiring waktu. Kombinasi ini memberikan manfaat ganda.

Setiap jenis investasi memiliki risiko dan keuntungan sendiri. Penting untuk merencanakan berdasarkan profil risiko pribadi, tujuan pensiun, dan jangka waktu investasi. Konsultasikan dengan penasihat keuangan untuk strategi yang sesuai dengan kebutuhan finansial Kamu. Dengan diversifikasi portofolio, Kamu dapat meningkatkan peluang mencapai tujuan pensiun yang stabil.

gunakan akun demo sebagai latihan dalam trading tanpa takut rugi.

Trading untuk Dana Pensiun Tanpa Risiko!

Melakukan trading untuk dana pensiun sangat mungkin untuk dilakukan karena praktis dan fleksibel. Namun agar trading sesuai dengan tujuan awal yakni untuk dana pensiun tentunya akan ada beberapa penyesuaian. Kemampuan untuk memahami dan menganalisis instrumen keuangan adalah kunci dalam memahami potensi profitabilitas dan risiko dalam trading.

Salah satu cara terbaik untuk memahaminya adalah dengan terus mengasah kemampuan trading menggunakan akun demo trading HSB. Dengan akun ini, kamu dapat menguji strategi trading berdasarkan pemahaman tentang imbal hasil obligasi dan melihat bagaimana informasi ini memengaruhi keputusan tradingmu.

Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “Most Improvement Broker 2023” dari ICDX. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
  4. Dan mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik