Home Pengetahuan Keuangan Mengenal 3 Investasi Jangka Menengah Terbaik

Mengenal 3 Investasi Jangka Menengah Terbaik

by HSB
0 comment

Investasi jangka menengah adalah jenis investasi dengan periode yang tidak sebentar tetapi tidak pula terlalu panjang. Investasi jangka menengah merupakan pilihan terbaik jika kamu sedang merencanakan keuangan dalam rentang waktu 1 hingga 5 tahun. 

Keuntungan yang diperoleh dari jenis investasi ini juga lebih tinggi dibandingkan investasi jangka pendek sebab jangka waktu yang tersedia menjadi peluang besar untuk mendapat profit yang pasif. Hasilnya dapat kamu manfaatkan sebagai biaya pendidikan, membeli rumah, atau mewujudkan rencana bisnis.

Pada dasarnya, investasi jangka panjang adalah penanaman modal dengan tujuan penyediaan dana dalam beberapa waktu mendatang, bukan sekarang atau dana untuk masa tua. Bahkan, beberapa aset investasi dalam bidang properti yang berusia kurang dari 10 tahun juga ditandai sebagai bentuk investasi jangka menengah. 

Berapa Lama Investasi Jangka Menengah?

Secara khusus, investasi jangka menengah berlangsung selama 1 hingga 5 tahun sesuai dengan periode pilihan yang diinginkan. Selama periode tersebut, disarankan untuk tidak mengambil keuntungan yang diterima agar nilai investasi dapat berkembang lebih besar hingga periode waktu investasi berakhir.

Fungsi dan Tujuan Investasi Jangka Menengah

Fungsi dan Tujuan Investasi Jangka Menengah

Sebelum memilih berbagai instrumen investasi jangka menengah terbaik, sebaiknya kenali terlebih dahulu fungsi dan tujuan investasi ini. Hal ini dapat menjadi pertimbangan saat memilih jenis investasi kamu. Berikut merupakan fungsi dan tujuan investasi jangka menengah yang harus diketahui:

1. Fungsi Investasi Jangka Menengah

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, investasi jangka menengah berfungsi sebagai langkah menyimpan uang dalam sebuah instrumen investasi untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada kurun waktu yang tidak terlalu dekat tetapi juga tidak terlalu panjang. Sehingga selama masa waktu penyimpanan, dana dapat berkembang dan memberikan keuntungan dengan nominal tertentu.

Baca juga: 3 Instrumen Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

2. Tujuan Investasi Jangka Menengah

Aset yang diinvestasikan dengan jangka waktu menengah umumnya memiliki tujuan yang berbeda-beda, tetapi secara umum untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Misalnya, seorang investor membeli obligasi dengan jangka waktu 4 tahun. Hal ini bertujuan untuk bisa memenuhi pengeluaran yang telah direncanakan dan dibutuhkan dalam waktu dekat seperti membeli rumah. 

3 Investasi Jangka Menengah Terbaik

Rekomendasi Investasi Jangka Menengah Terbaik

Ada beberapa instrumen investasi jangka menengah terbaik yang dapat kamu coba jika berencana menyediakan dana dalam beberapa tahun ke depan. Setidaknya ada 3 jenis investasi jangka menengah yang dapat dipilih, yaitu obligasi ritel Indonesia, reksa dana, dan sukuk ritel. Berikut merupakan penjelasan lengkap produk investasi jangka menengah terbaik di atas:

1. Obligasi Ritel Indonesia

Obligasi Ritel Indonesia atau dikenal dengan ORI adalah surat utang berharga negara yang dapat dibeli dengan modal mulai dari Rp 1 juta saja melalui agen resmi seperti bank atau perusahaan terkait yang telah memiliki kontrak minimal 4 tahun. 

Investasi jangka menengah dengan ORI akan membawa keuntungan berupa bunga yang diberikan secara reguler dan dihitung sesuai persentase nilai minimal. Tak hanya itu, tersedia pula kupon yang juga dibayarkan setiap bulannya ditambah dengan profil risiko yang rendah. Berbagai keuntungan tersebut yang membuat ORI menjadi salah satu instrumen investasi jangka menengah terbaik. 

2. Reksa dana Pendapatan Tetap

Bila kamu mengira reksa dana hanya memiliki satu jenis saja, maka hal tersebut kurang tepat. Reksa dana terdiri dari beberapa macam, salah satunya adalah reksa dana pendapatan tetap. Reksa dana pendapatan tetap adalah produk investasi jangka menengah dengan mengalokasikan dana pada bursa efek yang memberikan pendapatan tetap. 

Keuntungannya, kamu dapat mulai berinvestasi dengan nominal yang sangat kecil yaitu Rp. 10.000 dan memiliki peluang untung yang cukup besar. Selain itu hasil yang diterima dari investasi reksa dana tidak dikenakan pajak apa pun. Sebagai investasi jangka menengah terbaik, dana pada reksa dana dikelola oleh manajer investasi yang profesional dan tepercaya. 

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Investasi dan Penjelasannya!

3. Sukuk Ritel

Jenis investasi jangka menengah terbaik selanjutnya adalah sukuk ritel atau sering disebut sebagai sukri yang diterbitkan oleh pemerintah untuk seluruh masyarakat. Sukuk ritel adalah salah satu jenis investasi jangka menengah yang menerapkan aturan sesuai syariah islam. 

Penerbitan sukuk ritel ditujukan untuk mendukung pembangunan infrastruktur negara. Keuntungan yang diterima dari jenis investasi ini berkisar pada 5% dari modal awal setiap tahunnya. 

Nah itu dia berbagai investasi jangka menengah terbaik yang bisa kamu coba sebagai salah satu cara mempersiapkan dana dalam beberapa waktu ke depan. Dalam memilih instrumen investasi, kamu harus mempertimbangkan segala aspek termasuk tingkat risiko yang mungkin terjadi. Sehingga kamu dapat memilih jenis investasi dengan nilai risiko yang dapat diterima.

Apakah kamu kebingungan memilih broker trading aman dan tepercaya? HSB adalah jawabannya. HSB adalah aplikasi trading saham yang menjamin tidak ada kecurangan sistem selama proses trading berlangsung. Selain itu, HSB telah teregulasi BAPPEBTI dan menjadi bagian dari ICDX sehingga merupakan broker yang aman. 

Mulai rencanakan keuangan untuk kebutuhan kamu dengan download HSB sekarang juga. Nikmati kemudahan trading dan keuntungan yang menjanjikan hanya dalam satu genggaman.***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288