Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Cek 7 Perbedaan Risiko Investasi & Trading Saham

Memahami perbedaan risiko antara investasi dan trading saham adalah langkah penting dalam merencanakan strategi finansialmu. Meskipun keduanya terkait dengan pasar saham, investasi dan trading memiliki karakteristik yang berbeda.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas perbedaan risiko antara investasi dan trading saham. Memahami perbedaan ini dapat membantu kamu menentukan pendekatan yang sesuai dengan tujuan dan toleransi risikomu. 

Mari kita telaah bersama-sama perbedaan risiko yang membedakan investasi jangka panjang dengan trading yang lebih berorientasi pada pergerakan harga saham jangka pendek.

1. Jangka Waktu

Mari kita telusuri lebih dalam mengenai perbedaan jangka waktu risiko antara investasi dan trading saham. Perbedaan ini sangat memengaruhi pendekatan dan strategi yang diadopsi oleh para pelaku pasar.

Investasi Saham dengan Jangka Waktu Panjang

Ketika kamu berbicara tentang investasi saham dengan jangka waktu panjang, artinya kamu melihat potensi pertumbuhan nilai investasi dalam beberapa tahun ke depan. Risiko jangka panjang ini terutama terkait dengan volatilitas pasar jangka pendek yang dapat menyebabkan fluktuasi harga saham. Meskipun risiko harian mungkin terjadi, investor cenderung memfokuskan perhatian pada fundamental perusahaan dan tren ekonomi yang lebih luas.

Bagi investor jangka panjang, risiko lebih terkait dengan kondisi ekonomi makro, perubahan regulasi, atau bahkan peristiwa global yang dapat memengaruhi kesehatan perusahaan. Oleh karena itu, risiko ini seringkali lebih bersifat sistemik dan memerlukan kesabaran serta ketahanan mental untuk bertahan dalam menghadapi fluktuasi pasar.

Trading Saham dengan Jangka Waktu Pendek

Di sisi lain, ketika kamu berbicara tentang trading saham dengan jangka waktu pendek, seperti day trading atau scalping, risiko yang dihadapi lebih berkaitan dengan volatilitas harian dan perubahan harga yang cepat. Para trader harian sering menggunakan leverage untuk memaksimalkan keuntungan mereka, tetapi ini juga berarti risiko yang lebih tinggi.

Risiko jangka pendek melibatkan kemungkinan kehilangan uang dalam waktu singkat akibat pergerakan harga yang tidak terduga. Karena fokus pada perubahan harga yang lebih kecil, trader harian juga rentan terhadap fluktuasi pasar yang bersifat lebih teknis dan dapat dipicu oleh berita atau peristiwa harian.

Risiko volatilitas pasar saham

2. Volatilitas Pasar

Volatilitas merupakan ukuran seberapa besar fluktuasi harga suatu instrumen keuangan dalam suatu periode waktu tertentu. Dalam konteks investasi dan trading saham, tingkat volatilitas ini memainkan peran penting dalam menentukan risiko yang mungkin dihadapi oleh para pelaku pasar.

Volatilitas dalam Investasi Saham

Bagi investor jangka panjang, volatilitas pasar harian mungkin tidak terlalu menjadi fokus utama. Mereka lebih condong melihat tren jangka panjang dan fundamental perusahaan. Meskipun harga saham dapat mengalami fluktuasi harian yang signifikan, investor cenderung lebih bersifat "buy and hold", yaitu memegang saham mereka dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dalam investasi jangka panjang, volatilitas pasar seringkali dianggap sebagai kesempatan untuk membeli saham dengan harga yang lebih rendah ketika pasar sedang turun. Investor ini mendasarkan keputusan mereka pada keyakinan bahwa nilai perusahaan secara keseluruhan akan tumbuh seiring waktu.

Volatilitas dalam Trading Saham

Sebaliknya, bagi para trader yang beroperasi dengan jangka waktu pendek, volatilitas pasar menjadi kunci dalam mengejar peluang keuntungan. Trader harian, misalnya, memanfaatkan pergerakan harga yang cepat dan seringkali menggunakan strategi leverage untuk meningkatkan potensi keuntungan mereka.

Namun, volatilitas yang tinggi dalam trading saham juga membawa risiko yang lebih besar. Perubahan harga yang cepat dapat menyebabkan kerugian besar jika posisi tidak dipantau secara cermat. Oleh karena itu, para trader perlu memiliki strategi manajemen risiko yang solid untuk melindungi modal mereka.

3. Strategi dan Analisis

Kedua aspek ini menjadi pilar utama dalam mengelola portofolio dan mengambil keputusan finansial. Perbedaan pendekatan ini mencerminkan tujuan, waktu, dan tingkat keterlibatan yang berbeda antara investor dan trader.

Strategi dalam Investasi Saham

Bagi para investor jangka panjang, strategi lebih cenderung bersifat buy-and-hold atau beli dan simpan. Mereka melakukan analisis fundamental untuk memahami nilai intrinsik suatu perusahaan. Analisis ini mencakup pemeriksaan laporan keuangan, pertumbuhan perusahaan, dan faktor-faktor makroekonomi yang dapat memengaruhi industri tempat perusahaan beroperasi.

Investor cenderung memegang saham untuk jangka waktu yang panjang dengan keyakinan bahwa nilai perusahaan akan tumbuh seiring waktu. Diversifikasi portofolio juga menjadi strategi kunci untuk mengurangi risiko, dengan penekanan pada investasi dalam berbagai sektor dan aset.

Strategi dalam Trading Saham

Di sisi lain, para trader, terutama yang beroperasi dalam jangka waktu yang lebih pendek, mengadopsi berbagai strategi perdagangan yang dapat berubah dengan cepat sesuai kondisi pasar. Mereka menggunakan analisis teknikal untuk membaca grafik harga, mengidentifikasi tren, dan menemukan peluang trading yang singkat.

Trader juga cenderung lebih aktif dan responsif terhadap perubahan pasar yang lebih cepat. Mereka bisa memanfaatkan volatilitas intraday untuk mendapatkan keuntungan cepat, seringkali dengan melakukan banyak transaksi dalam satu hari. Strategi manajemen risiko, seperti stop-loss orders, menjadi penting dalam melindungi modal mereka.

Pengaruh berita terhadap risiko pasar saham

4. Pengaruh Berita dan Peristiwa Eksternal

Pengaruh faktor eksternal ini dapat memiliki dampak yang signifikan tergantung pada pendekatan yang diambil, baik sebagai investor jangka panjang maupun trader jangka pendek.

Pengaruh Berita dalam Investasi Saham

Bagi para investor jangka panjang, berita dan peristiwa eksternal cenderung memiliki dampak yang lebih moderat terhadap keputusan investasi mereka. Mereka fokus pada analisis fundamental perusahaan, seperti laporan keuangan dan pertumbuhan jangka panjang. 

Meskipun berita dapat memicu fluktuasi harga saham, investor memiliki kecenderungan untuk memandangnya sebagai peluang untuk melakukan pembelian atau penambahan posisi dalam saham yang dianggap memiliki nilai jangka panjang yang baik.

Penting bagi investor untuk memahami bahwa reaksi pasar terhadap berita seringkali bersifat sementara, dan analisis fundamental yang mendalam tetap menjadi dasar pengambilan keputusan mereka.

Pengaruh Berita dalam Trading Saham

Di sisi lain, trader jangka pendek lebih rentan terhadap fluktuasi harga yang dipicu oleh berita dan peristiwa eksternal. Mereka cenderung lebih responsif terhadap perubahan pasar yang cepat, dan berita dapat menjadi pemicu utama dalam mengidentifikasi peluang perdagangan. 

Berita positif atau negatif dapat memicu pergerakan harga yang signifikan dalam waktu singkat, dan trader berupaya memanfaatkan volatilitas ini untuk meraih keuntungan.

Namun, trader juga perlu berhati-hati, karena pergerakan harga yang cepat juga dapat menyebabkan kerugian yang signifikan. Manajemen risiko yang cermat, seperti penggunaan stop-loss orders, menjadi kunci dalam melibatkan diri dalam perdagangan yang dipengaruhi oleh berita.

Peringatan untuk Sobat Trader!

Tidak peduli apakah kamu seorang investor atau trader, penting untuk selalu memverifikasi informasi berita dan memahami dampaknya terhadap industri atau sektor tertentu. Berita dapat memiliki efek sementara, dan penting untuk menilai apakah perubahan tersebut bersifat jangka panjang atau hanya bersifat sementara.

perbedaan manajemen risiko investasi saham dan trading saham

5. Manajemen Risiko

Manajemen risiko memegang peranan penting dalam melindungi modal dan mencapai tujuan keuangan, namun pendekatan ini dapat berbeda tergantung pada apakah kamu seorang investor jangka panjang atau trader jangka pendek.

Manajemen Risiko dalam Investasi Saham

Bagi para investor jangka panjang, manajemen risiko cenderung bersifat lebih pasif. Mereka fokus pada diversifikasi portofolio, artinya mereka mengalokasikan modal mereka ke berbagai jenis saham atau aset lainnya. Tujuannya adalah mengurangi dampak negatif dari pergerakan harga satu aset tertentu terhadap performa keseluruhan portofolio.

Selain itu, investor jangka panjang juga dapat menerapkan prinsip "buy and hold," di mana mereka mempertahankan investasi mereka selama periode yang panjang meskipun terjadi fluktuasi harga sementara. Strategi ini lebih bersifat pasif dan memerlukan kesabaran serta kepercayaan pada potensi pertumbuhan jangka panjang suatu perusahaan.

Manajemen Risiko dalam Trading Saham

Di sisi lain, trader jangka pendek memiliki pendekatan manajemen risiko yang lebih aktif. Mereka sering menggunakan stop-loss orders untuk membatasi kerugian potensial dan mengunci keuntungan. Stop-loss order adalah perintah untuk menjual saham jika harga mencapai tingkat tertentu, memastikan bahwa kerugian dapat dikelola dengan baik.

Trader juga cenderung menggunakan teknik manajemen risiko seperti menentukan rasio risiko-untung sebelum memasuki perdagangan. Mereka memahami bahwa tidak setiap perdagangan akan menghasilkan keuntungan, dan dengan menetapkan rasio risiko-untung, mereka dapat mengelola ekspektasi dan risiko secara lebih terkendali.

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Trading Instrumen Saham 0 Risiko!

Ketika mengulas perbedaan risiko investasi dan trading saham, kita tidak hanya mengeksplorasi aspek-aspek kontras antara keduanya, tetapi juga menekankan esensialnya mengasah kemampuan trading. Memahami perbedaan antara investasi jangka panjang dan trading jangka pendek membuka perspektif yang lebih luas terkait risiko dan keuntungan di pasar saham.

Pentingnya mengasah kemampuan trading menjadi landasan utama dalam menghadapi risiko yang terkait dengan investasi dan trading saham. Salah satu metode efektif untuk mencapai hal ini adalah dengan menggunakan akun demo trading HSB

Kamu bisa mempraktikan skill trading tanpa harus menghadapi risiko kehilangan uang sungguhan di akun demo. Dengan konsistensi dalam berlatih, kamu dapat menguji strategi tradingmu, memahami risiko yang terlibat, dan memperoleh wawasan tentang bagaimana mengelola portofolio investasi atau trading saham dengan lebih bijak.

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. 

Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “The Most Innovative Broker 2022” dari ICDX. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
  4. Dan mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan

Apa Perbedaan Investasi Saham dan Trading Saham?

Investasi saham cenderung berfokus pada jangka panjang dengan kepemilikan saham untuk mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan nilai perusahaan. Sementara trading saham lebih bersifat spekulatif dengan tujuan mengambil keuntungan dari fluktuasi harga saham dalam jangka pendek.

Investasi Sama Trading Apakah Sama?

Meskipun keduanya melibatkan saham, investasi dan trading memiliki tujuan, strategi, dan jangka waktu yang berbeda.

Apa saja Resiko dalam Investasi Saham?

Resiko dalam investasi saham meliputi fluktuasi harga saham, risiko pasar, risiko perusahaan, dan lainnya. Nilai saham dapat naik atau turun, sehingga ada potensi kerugian.

Apa Perbedaan Antara Investor dan Trader?

Investor cenderung berfokus pada investasi jangka panjang, sementara trader aktif dalam membeli dan menjual saham dalam jangka waktu yang lebih singkat. Investor mungkin lebih toleran terhadap fluktuasi harga, sementara trader mencari peluang di pasar yang berubah cepat.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik