Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
ETN Bukanlah ETF, Kenali Perbedaannya!

ETN (Exchange Traded Note) sederhananya termasuk obligasi zero coupon bond. ETN adalah produk finansial yang menggabungkan ETF ( Exchange Traded Fund ) dan karakteristik obligasi, di mana penerbit ETN akan membayar sejumlah saham kepemilikan kepada pemegang setelah dikurangi biaya pengelolaan tahunan ketika ETN jatuh tempo. Pembayaran kompensasi mengacu pada nilai index tertentu tanpa kesalahan pelacakan.

ETN yang terdaftar pada 30 April 2019, dapat dianggap sebagai produk alternatif ETF. Meskipun keduanya dapat diperjualbelikan di pasar bursa, namun pada dasarnya ETF dan ETN merupakan dua produk yang berbeda.

Perbedaan ETF dan ETN

ETN & ETF

ETN memiliki masa jatuh tempo 1-20 tahun. Penerbit ETN bukan perusahaan kredit tetapi perusahaan sekuritas, sehingga bagi pemegang ETN selain menanggung risiko pasar, pemegang ETN juga menanggung risiko kredit perusahaan efek.

Perubahan harga akan lebih tinggi daripada ETF karena ETN memiliki batasan pada jumlah penerbitan. Ketika permintaan Investor di pasar melebihi jumlah penerbitan, harga akan ikut berfluktuasi.

Selain itu, penerbit ETN dapat menggunakan dana untuk tujuan yang tidak terbatas. Para pemegang ETN tidak benar-benar memegang aset yang mendasarinya, sehingga kompensasi berasal dari komitmen penerbit, itulah mengapa dikatakan tidak ada “tracking error” secara teoritis.

Bagaimana Tracking error pada ETF?. Karena ETF memiliki aset dasar yang benar-benar dimiliki,maka imbalan kinerja dari aset dasar tidak akan sama 100% dengan kinerja index acuannya. Sederhananya, seperti memanah, jika kompensasi index pelacakan dapat secara akurat mengenai target, itu disebut tracking error = 0.

Perlu juga dicatat bahwa ETN memiliki mekanisme tutup posisi secara paksa. Ketika kenaikannya terlalu besar, dimana broker tidak mau mengalami kerugiannya, atau penurunan profit terlalu besar, sebelum rebound kembali broker langsung membantu Anda tutup posisi. Mekanisme ini sangat berbeda dengan ETF.

Metode perdagangan sama dengan saham, tetapi ETN memiliki batasan berikut:

  • Menandatangani pemberitahuan risiko saat pembelian pertama
  • Modal asing tidak dapat digunakan untuk berinvestasi
  • Tanpa perlindungan nilai, margin trade, zero coupon bond
  • Tidak dapat digunakan sebagai waran dan jaminan, kuota tetap, akun perdagangan bersifat komprehensif.

Pajak lisensi ETN adalah 1:1000 dan biaya kinerja mencapai 0,1425%, ini sama dengan ETF, tetapi biaya kepemilikan asset termasuk biaya investasi yang mungkin lebih tinggi dari biaya pengelolaan ETF.

ETN merupakan instrumen hutang utama tanpa agunan, sehingga investor ETN sangat bergantung pada kondisi keuangan perusahaan penerbit ETN tersebut.

Meskipun penerbit ETN itu sangat solid, tetap saja ada resiko yang ditanggung oleh investor ETN. Risiko terbesar yang harus ditanggung ETN adalah resiko jaminan penerbit ETN, oleh karena itu, investor yang ingin berinvestasi di ETN juga harus membaca tingkat jaminan perusahaan sekuritas.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik