Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Bagaimana Cara Trading Saham Harian yang Cerdas?

Saat ini, banyak masyarakat yang memilih investasi untuk mempersiapkan modal jangka panjang. Tetapi tidak sedikit investor yang melakukan trading jangka pendek dengan cara trading saham harian.

Cara ini cukup banyak digunakan sebab hanya dibutuhkan waktu yang singkat untuk memperoleh keuntungan yang besar. Hasil yang menjanjikan dalam waktu singkat harus dilakukan dengan cara dan strategi yang tepat untuk mengurangi risikonya.

Simak lebih lanjut mengenai trading saham harian berikut ini agar kamu makin paham dan bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Apa Itu Trading Saham Harian (Day Trading)

Day Trading adalah kegiatan jual beli saham perusahaan tertentu pada pasar saham dengan memanfaatkan keadaan naik turunnya harga saham dan dilakukan setiap hari. Cara trading ini membolehkan investor untuk mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Namun jika dilakukan dengan cara yang salah, trading saham harian dapat menimbulkan risiko yang besar pula. Maka dari itu, penting untuk mempelajari cara dan strategi trading saham ini. Disarankan untuk melakukan trading saham harian jika kamu telah memahami dunia investasi. Sebab cara ini akan sangat berisiko apabila dilakukan oleh orang awam atau pemula.

cara trading saham harian

Cara Kerja Trading Saham Harian

Sebelum mencoba, kamu perlu mengetahui bagaimana trading saham harian bekerja. Trading saham harian memiliki cara kerja sebagai berikut.

  1. Trading saham harian memiliki waktu yang singkat. Sebagai contoh, kamu melakukan pembelian saham di pagi hari. Pada hari yang sama, harga saham dapat berada pada titik tertinggi dan pada saat itu juga kamu dapat menjual kembali saham tersebut.
  2. Menganalisa pasar saham untuk mengetahui peluang saham dengan keuntungan terbesar dan waktu trading yang tepat. Sehingga tujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat dapat tercapai dan menghindari kerugian.
  3. Menggunakan sistem buy and sell pada saham. Hal ini dapat kamu lakukan dengan membeli saham pada pasar saham dan jika telah mencapai titik tertinggi, kamu dapat menjual kembali saham tersebut.

5 Cara Trading Saham Harian yang Cerdas

Proses trading saham harian menjadi kegiatan yang menjanjikan sehingga membuat sebagian orang berhenti bekerja dan memilih terjun ke dunia trading. Jika kamu punya kemampuan dan pengetahuan mumpuni untuk hal ini, maka kamu dapat memilih jenis trading ini.

Untuk bisa mendapatkan keuntungan maksimal, kamu bisa terapkan cara dan tip berikut ini:

1. Mulai Dengan Nilai Kecil

Pada trading saham harian perdana, lakukan dengan nilai modal yang kecil terlebih dahulu. Sebab kegiatan awal menjadi sebuah pembelajaran sehingga ketika terjadi kerugian pada saham, tidak menimbulkan penyesalan yang besar.

2. Analisis Pasar Saham Dengan Baik

Trading saham harian bekerja dengan mengandalkan naik turunnya nilai saham. Maka dari itu, penting untuk melakukan analisis pasar saham dengan baik. Sehingga kamu akan mengetahui pergerakan saham yang berpotensi memberikan keuntungan.

Tidak hanya itu, lakukan pula analisis terhadap waktu naik turunnya nilai saham untuk menentukan waktu pembelian yang tepat.

3. Buat Trading Plan

Trading plan merupakan komponen penting yang harus dilakukan sebelum melakukan pembelian saham. Dalam trading plan berisi tentang daftar saham berpotensi tinggi yang akan dibeli, waktu pembelian saham, waktu penjualan kembali saham ketika telah didapatkan keuntungan, dan waktu berhenti untuk menghentikan kerugian.

4. Disiplin dan Sabar

Meski dapat menghasilkan keuntungan dalam waktu singkattrading saham tetap membutuhkan kesabaran untuk mencapai titik tertinggi. Lakukan trading sesuai dengan trading plan secara disiplin dan teratur agar memberikan hasil yang maksimal.

Kerugian adalah risiko yang wajar terjadi pada kegiatan trading. Apabila kamu mengalami hal tersebut, tetap bersabar dan lakukan evaluasi pada kesalahan.

5. Pilih Aplikasi Trading Tepercaya

Salah satu komponen yang penting untuk diperhatikan dalam melakukan trading saham harian adalah memilih aplikasi trading tepercaya. Besaran nilai modal yang diberikan akan menghasilkan keuntungan bila trading dilakukan pada aplikasi pasar saham yang legal, bila memilih menggunakan aplikasi abal-abal maka bisa saha risiko yang didapatkan menjadi lebih besar.

Aplikasi trading saham tepercaya dan memiliki legalitas BAPPEBTI yang dapat kamu coba adalah HSB. HSB tidak hanya menyediakan berbagai trading saham dan layanan investasi lain, tetapi juga tersedia layanan belajar investasi bagi pemula.

Kelebihan dan Kekurangan Trading Saham Harian 

Kelebihan dan Kekurangan Trading Saham Harian

Sebuah aktivitas investasi pasti tidak dapat dipisahkan dari datangnya keuntungan dan kemungkinan terdapat pula kekurangan. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dari trading saham harian:

  • Kelebihan Trading Saham

Trading saham harian membantu mengurangi risiko kerugian yang mungkin didapatkan pada investasi jangka panjang. Hal ini dikarenakan proses trading yang berjalan dalam waktu yang singkat.

Oleh karena itu para investor harus mengikuti pergerakan pasar saham saat melakukan trading harian agar dapat menentukan waktu jual dan berhenti untuk mengurangi risiko.

Trading saham harian juga memiliki perputaran modal yang cepat. Pada hari yang sama, kamu dapat menanam modal pada saham yang dinilai berpotensi memiliki keuntungan dan melakukan penjualan kembali untuk mendapatkan keuntungan.  Besaran nilai modal dapat digunakan kembali untuk pembelian saham yang berpotensi lainnya.

  • Kekurangan Trading Saham

Dibalik banyaknya kelebihan yang ditawarkan, trading saham juga memiliki kekurangan. Aktivitas jual beli saham pada waktu yang singkat berisiko menyebabkan adanya suspend pada akun oleh bursa efek sehingga tidak dapat melakukan penjualan saham pada waktu tertentu.

Tidak menutup kemungkinan pula bahwa saham dapat berada pada titik bawah sehingga harga jual lebih rendah dari harga beli atau paling buruk saham tersebut bisa disuspend.

Apakah Anda Cocok Dengan Strategi Trading Saham Harian?

Apabila memiliki pengetahuan yang mendalam akan investasi dan saham, trading saham harian cocok untuk dijadikan pilihan investasi. Pastikan untuk memiliki kesesuaian terhadap cara kerja dan strategi trading saham harian baik dari segi waktu, kedisiplinan, hingga kemampuan analisis pasar.

Berapa Lama Kita Menyimpan Saham?

Waktu penyimpanan saham dapat disesuaikan dengan pergerakan saham yang dibeli. Dalam trading saham harian, tentu saham disimpan dalam waktu singkat. Namun, saham besar dapat disimpan selama 3 hingga 5 tahun atau waktu yang lebih lama untuk permodalan jangka panjang.

Pertanyaan Umum Cara Trading Saham Harian

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai pertanyaan-pertanyaan umum yang sering muncul mengenai trading saham harian atau day trading.

Apa Itu Trading Saham Harian?

Trading saham harian adalah kegiatan membeli dan menjual saham dalam jangka waktu singkat, biasanya dalam satu hari. Tujuan dari trading saham harian adalah untuk memperoleh keuntungan dalam waktu yang relatif singkat.

Bagaimana Cara Melakukan Trading Saham Harian?

Untuk melakukan trading saham harian, pertama-tama, trader perlu mempelajari analisa teknikal dan fundamental serta mengikuti berita terbaru yang mempengaruhi pasar saham. Kemudian, trader perlu membuka rekening saham dan mengisi saldo yang cukup untuk melakukan transaksi. Setelah itu, trader dapat memilih saham yang ingin dibeli dan menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham tersebut.

Day Trading Disarankan Memakai Time Frame Berapa?

Seorang trader saham harian disarankan menggunakan time frame 1 jam untuk melakukan analisis tren utama dan time frame 5 menit untuk mengamati pergerakan tren jangka pendek. Selain itu, day trader juga disarankan untuk melihat chart dan pergerakan harga setiap 15 menit sekali.

Kesuksesan seorang day trader sangat dipengaruhi oleh time frame yang ia gunakan untuk mengamati tren pasar dan mengambil keputusan. Bahkan seorang day trader yang berpengalaman dapat membeli dan menjual saham untuk mendapatkan profit hanya dalam hitungan menit saja.

Berapa Minimal Modal untuk Trading Saham?

Untuk mulai trading saham di bursa efek, kamu membutuhkan modal untuk didepositkan pada rekening efek di sebuah sekuritas, biasanya modal yang dibutuhkan hanya sebesar Rp 100.000. Akan tetapi, untuk benar-benar mulai trading dan memperoleh keuntungan, dana ideal minimal yang dibutuhkan beriksar Rp 5.000.000-Rp 10.000.000.

Apa Risiko yang Terkait dengan Trading Saham Harian?

Risiko yang terkait dengan trading saham harian adalah volatilitas pasar, keputusan yang salah, likuiditas rendah, dan biaya transaksi yang tinggi. Trader juga dapat terkena kerugian besar jika melakukan trading dengan terlalu banyak leverage atau terlalu sering melakukan trading.

Berapa Keuntungan dari Trading Saham Harian?

Secara umum, seorang trader bisa memperoleh keuntungan sebesar 1-3% dari trading saham harian. Keuntungan ini memang sekilas terlihat tidak besar, tetapi seorang day trader biasanya mengutamakan profit yang kecil tapi konsisten dibandingkan profit yang besar namun tidak konsisten.

Perlu dipahami juga bahwa potensi keuntungan ini bisa saja meningkat sesuai dengan pengalaman dan kemampuan trader mengambil keputusan berdasarkan tren yang ada. Menurut pakar, seorang day trader berpengalaman dengan strategi yang baik bisa meraup keuntungan 5-15% setiap bulannya.

Aktivitas trading saham harian dapat memberikan banyak keuntungan, namun jangan lupakan untuk waspada terhadap risiko yang mungkin muncul. Menerapkan cara trading saham harian di atas dapat membantu kamu mengurangi segala risiko apabila dilakukan dengan tekun dan pastikan untuk menggunakan aplikasi trading yang legal.

Bagi kamu yang tertarik untuk belajar mengenai trading dan investasi, HSB menyediakan berbagai informasi belajar trading untuk pemula dengan penjelasan lengkap dan mudah dimengerti. Download aplikasi HSB dan mulai belajar berinvestasi menggunakan akun demo untuk perencanaan trading untuk akun live kamu. Jangan tunda lagi! ***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik