Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Pahami Faktor, Rumus dan Hitungan Valuasi Saham!

Investasi saham merupakan jalan yang menarik, namun juga bisa penuh tantangan. Banyak investor telah mengalami kisah pahit di pasar saham karena kurang memperhitungkan valuasi saham dengan baik. Namun, kamu tidak perlu khawatir!

Dalam perjalanan investasi ini, pengetahuan tentang valuasi saham akan menjadi senjata utamamu. Kamu harus memahami secara mendalam mengenai apa itu valuasi saham, faktor-faktor yang memengaruhinya, rasio-rasio yang perlu diperhitungkan, dan langkah-langkah konkret untuk menghitung valuasi saham dengan benar.

Jadi, mari kita mulai pendalaman pemahaman tentang bagaimana mengukur nilai sebenarnya dari sebuah saham dengan menyimak artikel dibawah ini.

Apa Itu Valuasi Saham?

orang sedang menghitung valuasi saham secara manual

Valuasi saham merupakan sebuah teknik perhitungan saham yang sesungguhnya dengan melihat nilai intrinsik perusahaan. Nilai intrinsik yang dimaksudkan berupa ekuitas saham, kredibilitas, perolehan laba, prospek perusahaan, dan lain sebagainya. 

Valuasi saham menjadi penting dilakukan supaya investor tidak salah tempat dalam menanamkan modalnya. Valuasi saham membantu investor untuk melihat lebih jauh seberapa stabil dan kredibel saham perusahaan tersebut. 

Coba bayangkan jika kamu membeli saham dengan harga yang mahal karena dirasa kredibel dan stabil. Namun ternyata saham tersebut anjlok dalam 2 tahun mendatang karena perusahaan tidak sanggup membayar utang. 

Kamu tentu tidak mau mengalami kejadian ini, bukan? Untuk itulah valuasi saham berperan penting ketika kamu ingin melakukan investasi. 

Faktor yang Memengaruhi Valuasi Saham

Raih peluang profit pergerakan harga real time dengan akun trading live HSB

Valuasi saham dinilai berdasarkan keadaan perusahaan pada saat ini dan masa mendatang. Apa saja yang perlu dinilai? Atau faktor-faktor apa saja yang memengaruhi valuasi saham suatu perusahaan? 

Setidaknya ada lima faktor yang dapat memengaruhinya yaitu kinerja, arus kas, manajemen, kualitas produk, dan kredibilitas perusahaan. 

1. Kinerja Perusahaan

Kinerja perusahaan sangat memengaruhi valuasi saham. Apabila ditemukan bahwa kinerja suatu perusahaan baik maka valuasi sahamnya dinilai tinggi. Sebaliknya jika kinerja suatu perusahaan buruk maka valuasi sahamnya dinilai rendah. 

Baik buruknya kinerja suatu perusahaan dapat dilihat dari kegiatan operasional, jumlah permintaan produk, dan perkembangan yang telah dilakukan. 

2. Arus Kas

Arus kas juga menentukan seberapa tinggi nilai valuasi saham sebuah perusahaan. Arus kas yang membengkak atau macet menjadi pertanda bahwa perusahaan tidak dalam keadaan yang baik. Nilai valuasi sahamnya pun terbilang rendah. 

Di sisi lain, perusahaan yang memiliki arus kas lancar akan terlihat mempunyai nilai valuasi saham yang tinggi. Bahkan akan lebih baik apabila suatu perusahaan memiliki likuiditas yang tinggi. 

3. Manajemen Perusahaan

Manajemen perusahaan yang baik memainkan peran penting dalam menjaga kestabilan operasional bisnis. Manajemen yang baik mengacu kepada penggunaan sistem kerja dan komunikasi yang efektif dalam perusahaan. 

Hal-hal inilah yang menjadi nilai valuasi saham dari perusahaan tersebut. Apabila manajemennya baik maka valuasi saham perusahaan akan makin tinggi.

4. Kualitas Produk

Jangan salah, kualitas produk juga menjadi faktor yang memengaruhi valuasi saham. Kualitas produk yang baik akan membuat pelanggan loyal dan melakukan pembelian berulang. 

Permintaan produk yang selalu ada akan membuat perusahaan bertahan dalam jangka waktu panjang. Kualitas produk yang baik juga dapat membuat brand makin dikenal oleh pasar yang lebih luas. 

Saat produk dan brand makin dikenal, makin banyak pelanggan yang akan melakukan pembelian. Pada akhirnya semua ini akan berdampak positif pada nilai valuasi saham perusahaan tersebut. 

5. Kredibilitas 

Kredibilitas perusahaan di mata pelanggan sangat penting. Ketika kualitas produk dan layanan baik maka pelanggan akan kembali untuk melakukan pembelian. Pembelian berulang menandakan kepercayaan yang diberikan kepada perusahaan. 

Makin banyak pelanggan yang melakukan pembelian berulang maka kamu dapat mengetahui bahwa kredibilitas perusahaan tersebut sangat tinggi. Kredibilitas yang tinggi berdampak positif pada valuasi saham di mata investor. 

Berbagai Rasio yang Bisa Digunakan untuk Menghitung Valuasi Saham

sekelompok orang sedang membedah rasio saham suatu perusahaan

Apa pentingnya menggunakan rasio valuasi saham? Rasio ini berguna untuk memberitahukan investor tentang saham apa yang memiliki potensi pertumbuhan pada masa depan. 

Rasio ini menggunakan perbandingan keadaan keuangan perusahaan dengan nilai atau harga saham di pasar saham. Berikut beberapa rasio yang bisa kamu gunakan. 

1. Return on Equity (ROE)

Rasio jenis ini melihat kemampuan perusahaan dalam menggunakan setiap modal yang ditanamkan oleh investor. Jika hasil pengembalian investasinya baik maka dapat dikatakan bahwa valuasi saham perusahaan tersebut tinggi. Berikut rumus menghitung valuasi saham dengan rasio ROE:

ROE = laba bersih setelah pajak ekuitas / pemegang saham

2. Price Earnings Ratio (PER)

Rasio ini menghitung valuasi saham dengan membandingkan keuntungan perusahaan yang satu dan beberapa perusahaan lainnya. Perbandingan dilakukan untuk menilai apakah valuasi saham dari perusahaan yang kamu inginkan lebih rendah atau lebih tinggi dari perusahaan lain. Rumus yang digunakan ialah sebagai berikut: 

PER = harga saham / laba per saham

3. Earning Per Share (EPS)

EPS menghitung valuasi saham melalui nilai pendapatan perusahaan yang dibagi dengan saham. Hasilnya akan menunjukkan seberapa baik perusahaan berkembang. Ketika hasil menunjukkan perubahan yang terus meningkat maka perusahaan dinilai baik. Berikut rumus untuk menghitung valuasi saham: 

EPS = laba bersih / jumlah lembar saham

4. Price to Book Value (PBV)

PBV merupakan rasio yang menghitung valuasi saham menggunakan nilai buku perusahaan. Nilai buku atau book value mengacu kepada modal yang dimiliki atau dikuasai oleh suatu perusahaan. Kamu bisa menilai valuasi saham dengan menggunakan rumus berikut:

PBV = harga saham / nilai buku per saham

5. Price/Earnings to Growth (PEG)

PEG menghitung valuasi saham dengan melihat laba yang berhasil didapatkan perusahaan pada saat ini. Rumus yang digunakan ialah sebagai berikut: 

PEG = harga saham sekarang / laba per saham

6. Debt to Equity Ratio (DER)

Jenis rasio ini menilai valuasi saham berdasarkan perbandingan jumlah total utang dengan ekuitas yang dimiliki perusahaan. Rumus yang digunakan ialah sebagai berikut: 

DER = jumlah utang / jumlah ekuitas

Contoh Perhitungan Valuasi Saham

contoh valuasi saham yang sudah dihitung menggunakan rumus

berikut adalah contoh penggunaan masing-masing rumus valuasi saham diatas :

1. Return on Equity (ROE):

Contoh: Misalnya  saham Amazon memiliki laba bersih setelah pajak sebesar $6.025.2 juta dan ekuitas pemegang saham sebesar $15.478.9 juta.

Rumus ROE: ROE = $6.025.2 juta / $15.478.9 juta = 0.39 atau 39%

2. Price Earnings Ratio (PER):

Contoh: Saham Amazon diperdagangkan dengan harga $250 per saham dan memiliki laba per saham sebesar $9.85.

Rumus PER: PER = $250 / $9.85 = 25.38

3. Earning Per Share (EPS):

Contoh: Misalnya Amazon memiliki laba bersih tahunan sebesar $6.025.2 juta dan jumlah lembar saham yang beredar sebanyak 764.4 juta lembar.

Rumus EPS: EPS = $6.025.2 juta / 764.4 juta = $7.88 per saham

4. Price to Book Value (PBV):

Contoh: Misalnya Saham Amazon diperdagangkan dengan harga $250 per saham dan memiliki nilai buku per saham sebesar $20.5.

Rumus PBV: PBV = $250 / $20.5 = 12.20

5. Price/Earnings to Growth (PEG):

Contoh: Misalnya Saham Amazon diperdagangkan dengan harga $250 per saham, memiliki laba per saham $9.85, dan pertumbuhan laba tahunan sebesar 5%.

Rumus PEG: PEG = $250 / $9.85 / 5% = 50.76

6. Debt to Equity Ratio (DER):

Contoh: Misalnya Amazon memiliki total utang sebesar $38.7 juta dan jumlah ekuitas sebesar $15.478.9 juta.

Rumus DER: DER = $38.7 juta / $15.478.9 juta = 0.0025

Dalam contoh-contoh di atas, kita dapat mengukur valuasi saham Amazon menggunakan berbagai rasio. Nilai-nilai ini memberikan gambaran tentang seberapa baik saham AMZN mungkin bernilai dalam kaitannya dengan kinerja keuangan perusahaan dan faktor-faktor lain yang memengaruhinya. Angka diatas tentunya bukan angka sesungguhnya namun hanya sekedar contoh saja.

Itu dia contoh mengenai valuasi saham. Apakah kamu sudah memahaminya? Melakukan perhitungan dengan berbagai rasio valuasi saham adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan sebelum menanamkan modal. 

Setelah membaca artikel diatas, kurang lengkap apabila Kamu tidak mencoba pengalaman trading terbaik bersama HSB Investasi! 

Dapatkan kesempatan untuk meraih peluang keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga.

Tentunya Kamu bisa mencoba trading saham Amazon dengan lebih nyaman di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. Jika kamu sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia melalui aplikasi trading forex HSB Investasi.

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien.

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya.***

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Apa yang anda ketahui tentang valuasi saham?

Valuasi saham adalah proses penilaian harga saham suatu perusahaan yang bertujuan untuk menentukan nilai intrinsik atau nilai wajar dari saham tersebut.

Bagaimana menghitung nilai saham?

Harga wajar saham = harga saham ÷ EPS

Mengapa kita perlu memahami dan menghitung nilai saham?

karena nilai intrinsik akan menjadi penentu harga dari saham yang akan dipilih dengan diskon ataupun tidak.

DISCLAIMER

Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik