Home Saham Mengenal Saham yang Disuspend Berikut Contohnya

Mengenal Saham yang Disuspend Berikut Contohnya

by HSB
Saham Suspend

Saham suspend adalah istilah yang akrab dalam dunia pasar modal, namun seringkali menimbulkan pertanyaan seputar kemampuan untuk menjual saham saat kondisi suspensi. Suspensi saham mengacu pada tindakan menghentikan sementara perdagangan saham tertentu, menghalangi investor untuk melakukan transaksi jual atau beli.

Tapi, bagaimana sebenarnya mekanisme di balik saham suspend dan apakah memungkinkan untuk tetap menjualnya? Perlu dicatat bahwa suspensi saham sebenarnya dapat berfungsi sebagai peringatan bagi para investor bahwa ada risiko tertentu yang terkait dengan saham tersebut, yang mungkin memerlukan tindakan lebih lanjut. Dalam artikel ini, kami akan merinci konsep saham suspend, mengidentifikasi penyebabnya yang beragam, dan memberikan beberapa contoh kasus saham yang pernah mengalami suspensi di pasar modal Indonesia. Informasi lebih mendalam dapat Anda temukan di bagian selanjutnya.

Apa yang Terjadi Jika Saham Disuspend?

Apa yang Terjadi Jika Saham Disuspend

Penangguhan perdagangan saham, atau yang sering disebut sebagai saham yang “disuspend,” merujuk pada situasi di mana perdagangan saham tertentu di bursa efek ditangguhkan. Tindakan ini umumnya diambil oleh bursa efek untuk menjaga keamanan dan transparansi dalam perdagangan saham yang bersangkutan.

Penangguhan perdagangan saham biasanya bersifat sementara dan dilakukan hingga perusahaan terkait berhasil menyelesaikan masalah yang menyebabkan penangguhan tersebut. Selama periode suspensi, investor tidak dapat membeli atau menjual saham tersebut di pasar modal. Dampak dari penangguhan ini dapat memengaruhi nilai saham ketika perdagangan saham tersebut kembali diizinkan.

Penyebab penangguhan perdagangan saham bervariasi tergantung pada situasi yang dihadapi oleh perusahaan. Keputusan untuk melakukan suspensi ini biasanya diberikan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan tujuan menjaga agar pasar modal dapat beroperasi dengan lancar, efisien, dan sesuai dengan prinsip-prinsip perdagangan yang adil.

Baca Juga:  Buy and Hold dalam Strategi Investasi Saham

Penyebab Saham Suspend

Penyebab Saham Suspend

Seperti yang pencabutan suatu izin pada umumnya, saham suspend juga terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. Berikut ini adalah beberapa penyebab saham suspend secara lebih rinci:

1. Perusahaan Tidak Transparan saat Memberikan Informasi

Salah satu penyebab saham suspend adalah karena perusahaan tidak transparan dalam memberikan informasi. Hal ini dapat merugikan investor karena sulit untuk mengetahui kinerja perusahaan yang sebenarnya. 

Bursa efek memperhatikan hal ini dan akan menangguhkan perdagangan saham perusahaan yang tidak transparan. Jangka waktu yang diberikan pada kasus suspend akibat faktor ini biasanya dilakukan hingga perusahaan memberikan informasi yang jelas dan transparan mengenai kinerja dan keuangan perusahaan.

2. Mendekati Bangkrut

Penangguhan perdagangan saham juga dapat terjadi ketika perusahaan mendekati kebangkrutan. Perusahaan yang mengalami masalah keuangan serius dapat menimbulkan ketidakpastian bagi investor dan para pelaku pasar. Oleh karena itu, penangguhan perdagangan saham dilakukan untuk memberikan waktu bagi perusahaan untuk mengatasi masalah keuangannya.

3. Keterlambatan dalam Menyerahkan Kewajiban ke BEI

Bursa efek juga dapat menangguhkan perdagangan saham apabila perusahaan terlambat dalam menyerahkan laporan keuangan atau kewajiban lainnya ke bursa efek. Hal ini menjadi penting karena laporan keuangan merupakan salah satu sumber informasi penting bagi para investor dan para pelaku pasar. 

Oleh karena itu, ketika terdapat keterlambatan dalam penyampaian laporan keuangan atau kewajiban lainnya, perdagangan saham perusahaan tersebut akan ditangguhkan hingga perusahaan menyelesaikan kewajibannya.

4. Saham Berstatus UMA

Saham berstatus UMA (Unusual Market Activity) adalah saham yang mengalami peningkatan harga atau volume perdagangan yang signifikan dalam waktu singkat dan tidak terduga. Saham dengan status UMA dapat menunjukkan adanya fluktuasi harga yang tidak wajar atau adanya spekulasi yang tidak sehat di pasar modal. 

Oleh karena itu, bursa efek dapat menangguhkan perdagangan saham tersebut untuk memberikan waktu bagi investor untuk mengevaluasi saham tersebut. Penangguhan perdagangan saham dengan status UMA juga dapat memberikan waktu bagi bursa efek untuk melakukan investigasi lebih lanjut terhadap perusahaan yang terkait dengan saham tersebut. 

Jika investigasi menunjukkan adanya pelanggaran terhadap aturan pasar modal atau manipulasi harga saham, maka perusahaan tersebut dapat dikenakan sanksi yang berat dan perdagangan saham dapat ditangguhkan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga:  Sat set-nya Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung

5. Audit Laporan Keuangan Perusahaan Adverse

Suspend saham juga dapat terjadi apabila perusahaan mengalami masalah dalam proses audit laporan keuangannya. Ketika laporan menunjukkan bahwa selama 2 periode berturut-turut perusahaan menerima hasil yang tidak wajar atau tidak memberikan pendapatan, maka BEI akan melakukan suspend.

4 Contoh Kasus Saham yang Kena Suspend

Contoh Kasus Saham yang Kena Suspend

Di Indonesia sendiri sebelumnya telah terdapat beberapa kasus saham suspend yang disebabkan oleh berbagai faktor. Adapun contoh kasus saham yang pernah mengalami penangguhan perdagangan di bursa efek Indonesia antara lain:

1. PT. Marga Abhinaya Abadi Tbk.

Pada bulan Desember 2020, saham PT. Marga Abhinaya Abadi Tbk. (ABDA) mengalami suspend saham karena terdapat perubahan struktur kepemilikan saham perusahaan. Penangguhan saham dilakukan untuk memberikan waktu bagi bursa efek untuk melakukan investigasi dan memastikan bahwa perubahan struktur kepemilikan saham tersebut dilakukan sesuai dengan aturan pasar modal.

2. PT. Mitra Pemuda Tbk.

Pada bulan Juli 2020, saham PT. Mitra Pemuda Tbk. (MPIA) mengalami suspend saham karena terdapat ketidakpastian terkait perubahan manajemen dan arah bisnis perusahaan. Melalui suspend saham ini, perusahaan diharuskan untuk memberikan penjelasan yang transparan kepada para investor tentang kondisi perusahaan.

3. PT. Intermedia Capital Tbk.

Saham PT. Intermedia Capital Tbk. (MDIA) mengalami penangguhan perdagangan karena terdapat peningkatan volume perdagangan yang signifikan dan tidak wajar dalam waktu singkat. 

Penangguhan saham dilakukan untuk memberikan waktu bagi bursa efek untuk melakukan investigasi lebih lanjut terhadap saham tersebut dan memastikan bahwa tidak terjadi manipulasi harga saham atau pelanggaran terhadap aturan pasar modal.

4. PT. Falmaco Nonwoven Industri Tbk.

PT. Falmaco Nonwoven Industri Tbk. (FNI) mengalami saham suspend karena perusahaan tersebut tidak mematuhi kewajiban penyampaian laporan keuangan secara tepat waktu. Penahanan saham dilakukan untuk memberikan waktu bagi perusahaan untuk memperbaiki kewajiban tersebut dan memberikan transparansi kepada para investor.

Sebagai investor, penting untuk memahami risiko-risiko yang terkait dengan saham dan melakukan analisis yang cermat sebelum membuat keputusan investasi. Memahami penyebab penangguhan perdagangan saham dan contoh kasus-kasus yang pernah terjadi dapat membantu kamu membuat keputusan investasi yang lebih bijaksana dan meminimalkan risiko kerugian.

Baca Juga:  Arti Penting Disiplin dalam Dunia Trading Saham

Dalam dunia pasar modal, saham suspend merupakan salah satu risiko yang dapat terjadi dalam investasi saham. Sebagai investor, kamu memang perlu memahami penyebab dan contoh kasus penangguhan perdagangan saham sangat penting untuk meminimalkan risiko kerugian dalam investasi saham.

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Dalam hal terjadi penangguhan perdagangan saham, para investor harus dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mengurangi risiko kerugian. Beberapa di antaranya adalah dengan memantau perkembangan terkini tentang saham tersebut, mengikuti pengumuman resmi dari perusahaan atau pihak berwenang, dan melakukan analisis yang cermat sebelum membuat keputusan investasi selanjutnya.

Sebagai trader, di mana tempat trading saham yang aman dan terhindar dari pembelian saham suspend? HSB adalah jawabannya. HSB merupakan aplikasi trading terbaik dengan peluang profit yang lebih besar dan selalu berkomitmen memberikan dukungan untuk setiap aktivitas trading dengan menyediakan teknologi canggih.

Aplikasi HSB bisa kamu gunakan di mana saja dan kapan saja. Masih baru di dunia trading? Tenang, HSB juga memberikan berbagai informasi tentang trading dan diajarkan langsung dengan ahlinya. Seluruh transaksi yang kamu lakukan pun terjaga dan prosesnya cepat serta aman sebab telah teregulasi BAPPEBTI.

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi HSB dan buat akun live kamu sekarang juga untuk mulai trading dengan berbagai kemudahan dan nilai keuntungan yang maksimal.***

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

Quick Links
HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288