Home Tips Investasi Keuangan Umum Apa Itu Pengertian Suku Bunga? Jenis, Ciri, dan Cara Menghitungnya

Apa Itu Pengertian Suku Bunga? Jenis, Ciri, dan Cara Menghitungnya

by HSB
0 comment

Kamu pasti memiliki rekening bank untuk menyimpan dana kebutuhanmu kan Sobat Trader? Berarti paling tidak, kamu pernah mendengar istilah suku bunga.

Akan tetapi, apakah kamu mengetahui dan memahami pengertian suku bunga yang sebenarnya? Kupas tuntas seluk beluk informasi suku bunga di artikel ini, ya Sobat!

Pengertian Suku Bunga

Dikutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan, suku bunga adalah balas jasa yang diberikan kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya.

Definisi lain dari suku bunga juga bisa kamu temui dalam konteks transaksi simpan pinjam, tergantung pada sudut pandang transaksinya.

Suku bunga dalam konteks penyimpanan adalah harga yang harus dibayarkan kepada nasabah yang memiliki simpanan di bank tertentu. Sedangkan dalam konteks pinjaman, suku bunga diartikan sebagai harga yang harus dibayar oleh nasabah kepada pemberi pinjaman (misalnya bank).

Apakah Bunga dan Suku Bunga Sama?

Meski sering terdengar dalam dunia finansial dan perbankan, nyatanya dua istilah ini memiliki beberapa perbedaan yang mendasar loh, Sobat Trader.

Paling tidak ada dua perbedaan bunga dan suku bunga yang perlu kamu ketahui. Pertama, dilihat dari pengertian dari kedua istilah tersebut.

Bunga merupakan nilai imbalan yang diberikan pihak peminjam atas dana yang dipinjamkan oleh pemberi pinjaman. Sedangkan suku bunga merupakan metode yang digunakan untuk menentukan besarnya nilai bunga yang harus dibayarkan berdasarkan periode peminjaman itu sendiri.

Perbedaan yang kedua antara bunga dan suku bunga terletak pada jenisnya. Bunga yang merupakan imbal hasil terbagi dalam dua jenis, yaitu bunga tunggal dan bunga majemuk. Sedangkan suku bunga yang merupakn prosentase bunga terbagi menjadi suku bunga tetap, mengambang, flat, efektif, dan suku bunga anuitas.

Apa saja pengertian dari jenis-jenis bunga dan suku bunga tersebut, serta apa saja yang mempengaruhi nilai suku bunga terkini? Kamu bisa simak diskusi serunya di Program TradeTalk HSB Investasi Eps 13: “Memanfaatkan Gejolak Suku Bunga Terkini”.

Mengenal Suku Bunga Tunggal dan Suku Bunga Majemuk

Sekarang, mari kita kupas tuntas informasi seputar suku bunga tunggal dan suku bunga majemuk. Dua jenis suku bunga yang cukup banyak disebutkan dalam aktivitas perbankan.

Apa Itu Suku Bunga Tunggal?

Suku bunga tunggal merupakan suku bunga yang perhitungannya didasarkan pada modal awal yang diberikan. Besarnya prosentase suku bunga akan sebanding dengan besarnya modal dari awal hingga akhir masa pinjaman.

Ciri Ciri Suku Bunga Tunggal

Kamu bisa mengenali suku bunga tunggal berdasarkan pada ciri-cirinya berikut ini:

  1. Perhitungan suku bunga tunggal lebih sederhana
  2. Nilai suku bunga tunggal selalu sama sepanjang periode pinjaman karena merupakan prosentase dari nilai modal tetap
  3. Jumlah pokok pinjaman juga akan selalu sama sepanjang waktu pinjaman.
  4. Jika masa pinjaman telah berakhir dan selesai dilunasi, peminjam tidak akan dikenakan biaya bunga terutang karena jumlah pokok pinjaman dan biaya bunganya selalu sama.
  5. Karena sifatnya yang statis atau tetap, suku bunga tunggal cocok diterapkan dalam pinjaman kendaraan bermotor

Baca juga: Strategi Scalping Trading: Pengertian dan Indikatornya

Suku Bunga Tunggal

Rumus Suku Bunga Tunggal

Nilai suku bunga tunggal dapat dihitung dengan cara mengalikan jumlah pokok pinjaman dengan suku bunga yang disepakati dan dikalikan kembali dengan periode waktu pinjaman (baik dalam bulan atau tahun). Jika dijabarkan, maka rumus suku bunga tunggal yaitu:

i = P x R x T

Keterangan

i: Nilai bunga akhir
P: Jumlah pokok pinjaman

R: Prosentase suku bunga yang disepakati
T: Nilai bunga yang harus dibayarkan

Contoh Perhitungan Suku Bunga Tunggal

Nah, sekarang mari kita coba aplikasikan rumus suku bunga tunggal ke dalam contoh perhitungannya.
Misalnya, kamu meminjam uang sebesar Rp. 10.000.000 dari Peminjam A dengan periode pinjaman selama 10 tahun dan prosentase suku bunga tunggal 2,5%.

Dengan rumus di atas, kamu bisa menemukan nilai yang harus kamu bayarkan kepada Peminjam A beserta bunganya selama 5 tahun masa pinjaman, yaitu:

i = 10.000.000 x 0,25 x 5

i = Rp. 1.250.000

Baca juga: Cara Membuat Trading Plan dan Contohnya!

Apa Itu Suku Bunga Majemuk?

Suku bunga majemuk adalah hasil prosentase dari jumlah pokok yang umumnya diterapkan dalam pengajuan kredit atau pinjaman dan investasi. Suku bunga juga bisa dijadikan investasi karena memiliki potensi menghasilkan keuntungan bagi pihak penerima imbalan hasil.

Ciri Ciri Suku Bunga majemuk

Kebalikan dari suku bunga tunggal, kamu bisa mengenali suku bunga majemuk berdasarkan beberapa ciri berikut:

  1. Suku bunga majemuk memiliki potensi keuntungan yang lebih cepat ketika diterapkan dalam investasi.
  2. Jumlah pokok pinjaman akan bertambah karena menambahkan nilai suku bunga ke dalamnya.
  3. Jumlah bunga majemuk juga akan berubah dalam tiap periode akrual
  4. Perhitungan suku bunga majemuk lebih kompleks dari suku bunga tunggal.

Rumus Suku Bunga majemuk

Perhitungan suku bunga majemuk menggunakan skema bertingkat yang jika digambarkan dalam rumus, seperti:

i = P x (1+R) T- P

Keterangan

i: Nilai bunga

P: Jumlah pokok pinjaman

R: Prosentase suku bunga

T: Jangka waktu kredit

Contoh Perhitungan Suku Bunga majemuk

Sekarang, mari kita aplikasikan rumus di atas untuk menghitung nilai suku bunga majemuk dari contoh kasus berikut ini. Misalnya kamu beinvestasi sebesar Rp. 5.000.000 dengan ketetapan suku bunga majemuk 2,8 % dan bertambah tiap bulannya. Maka nilai suku bunga majemuknya (i) pada bulan pertama adalah:

i = Rp. 5.000.000 (1+0,028 / 12) 1 – 5.000.000 

i = Rp. 11.667.000

Baca juga: Jangan Salah! Ini Perbedaan Trading Dan Investasi

Suku Bunga Majemuk

Fungsi Suku Bunga

Kebanyakan orang merasa bahwa suku bunga tidak memiliki manfaat yang adil bagi pihak yang harus membayarkan suku bunganya. Namun lebih daripada itu, suku bunga menjadi faktor yang mengindikasikan “hidupnya” sebuah investasi. Berikut adalah 5 fungsi suku bunga dalam perekonomian:

  1. Meningkatkan jumlah tabungan dan investasi dalam sebuah negara
  2. Menjaga keseimbangan peredaran uang
  3. Suku bunga bisa menjadi daya tarik investasi
  4. Suku bunga yang mendorong investasi akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Semakin rendah suku bunga yang ditetapkan, akan semakin banyak peluang investasi yang bisa dilakukan. Dengan suku bunga yang rendah, seorang investor dapat mengalokasikan lebih banyak dananya untuk investasi.

Jenis-jenis Suku Bunga

Setidaknya ada lima jenis suku bunga berdasarkan sifat penetapannya dan cara penghitungannya yang harus kamu kenali ya Sobat Trader, yaitu:

1. Suku Bunga Tetap (Fixed Interest Rate)

Suku bungan jenis ini menetapkan nilai yang tetap sepanjang periode waktu kredit terhitung sejak awal perjanjian kredit, hingga tanggal jatuh tempo. Biasanya suku bunga tetap diterapkan untuk produk kendaraan bermotor dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

2. Suku Bunga Mengambang (Floating Interest Rate)

Jensi suku bunga yang ini akan ikut naik jika suku bunga di pasaran meningkat, begitu pun sebaliknya. Karena itulah suku bunga ini dikenal sebagai suku bunga mengambang karena berubah sesuai pergerakan suku bunga di pasar.

3. Suku Bunga Flat (Flat Interest Rate)

Flat Interest Rate umumnya digunakan untuk transaksi kredit produk barang bersifat konsumtif dalam periode jangka pendek berdasarkan pada perhitungan jumlah pinjaman di awal tiap periode cicilan.

Baca juga: Pola Morning Star Candle Dan Evening Star Candle

Jenis-jenis Suku Bunga

4. Suku Bunga Efektif (Effective Interest Rate)

Suku bunga yang ini memiliki perhitungan yang sedikit berbeda dari tiga suku bunga lainnya. Pada suku bunga efektif, semakin sedikit pinjaman yang harus dibayarkan peminjam, akan semakin sedikit juga nilai suku bunga yang ditetapkan. Suku bunga efektif ini merupakan suku bunga yang dianggap paling adil bagi nasabah karena sesuai dengan jumlah pinjaman berjalan.

5. Suku Bunga Anuitas

Jenis suku bunga yang ini terbilang unik. Mengapa? karena besarannya berubah sesuai dengan angsuran bunga yang dibayarkan nasabah tiap bulannya.

Suku bunga anuitas membagi jumlah suku bunganya menjadi dua bagian yang jika dijumlahkan, keduanya akan selalu bernilai sama tiap bulannya.

Pada masa awal pinjaman, nasabah akan dibebankan suku bunga yang sangat besar dengan nilai angsuran pokok yang sangat kecil. Namun seiring dengan angsuran bulanan yang dibayarkan, nilai suku bunga akan mengecil dengan nilai angsuran pokok yang menjadi lebih besar.

Cara Suku Bunga Bekerja

Suku bunga tidak hadir begitu saja untuk menguntungkan satu pihak ya Sobat Trader. Ada beberapa faktor yang bisa dijadikan pedoman untuk menetapkan suatu suku bunga, seperti:

1. Besaran Pinjaman

Besarnya suku bunga ditetapkan berdasarkan jumlah besarnya pinjamanmu. Semakin besar jumlah dana yang kamu pinjam, akan semakin besar pula suku bunganya.

2. Tenor atau Periode Pinjaman

Jangka waktu cicilan pinjaman atau biasa disebut dengan tenor juga turut memengaruhi jumlah suku bunga yang ditetapkan. Semakin lama waktu pinjamanmu, akan semakin besar juga suku bunganya. Begitu pun sebaliknya.

Baca juga: Mengenal Apa Itu S&P 500, Indeks Saham Terbesar Amerika

Cara Suku Bunga Bekerja

3. Pekerjaan dan Pemasukan Peminjam

Apa pekerjaan dan jumlah pemasukan pihak peminjam akan menjadi salah satu pertimbangan yang harus dianalisa oleh pihak pemberi pinjaman, misalnya Bank. Status kerja karyawan seperti karyawan tetap atau karyawan kontrak juga turut memengaruhi besarnya suku bunga yang akan ditetapkan.

4. Riwaya Kredit atau Pinjaman

Tahukah kamu, bahwa sejarah perjanjian pinjaman yang pernah kamu lakukan di masa lalu akan memengaruhi keputusan pihak pemberi pinjaman untuk kembali meminjamkan dana kepadamu atau tidak di masa sekarang dan di masa depan?

Apalagi jika kamu meminjam sejumlah dana dari Bank, kedisiplinan dan komitmenmu mengembalikan dana pinjaman di masa lalu beserta bunganya akan menjadi pertimbangan pihak peminjam. Semakin baik riwayat kredit atau pinjamanmu, akan semakin besar peluangmu mendapat persetujuan pinjaman.

Baca juga: 6 Cara Trading yang Simple Tapi Untung Bagi Pemula

Lengkap sudah seluk beluk informasi seputar suku bunga yang perlu kamu pahami, Sobat Trader. Tingkatkan lagi informasi dan pengetahuanmu tentang investasi berdasarkan selisih suku bunga dari beragam kelas edukasi trading HSB Academy.

Gak cuma menawarkan trading yang aman dan cuan, di HSB Investasi kamu juga akan mendapatkan beragam fitur notifikasi update informasi pasar terkini secara real-time. Jangan tunda lagi! Segera bergabung dengan jutaan trader sukses lainnya di HSB. Download aplikasinya sekarang dan tarik untungnya kemudian.***

 

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

Quick Links
HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288