Home Tips Investasi Keuangan Umum Inilah Cara Menghitung Dividen dengan Benar

Inilah Cara Menghitung Dividen dengan Benar

by HSB
0 comment

Bagaimana cara menghitung dividen dengan benar? Apakah kamu sudah mengetahui cara melakukan perhitungan dividen?

Dividen merupakan hasil keuntungan yang akan dibayarkan oleh perusahaan kepada para pemegang saham. Maka dari itu, jika kamu merupakan seorang investor pemula yang ingin berinvestasi di saham, kamu perlu mengetahui cara untuk menghitung dividen yang akan didapatkan.

Melalui artikel ini, kamu akan langsung mempelajari cara menghitung dividen dengan tepat dan mudah. Namun sebelum masuk ke dalam pembahasan utama, yuk pahami terlebih dahulu arti dari dividen secara lebih mendalam berikut ini.

Apa Itu Dividen?

cara menghitung dividen

Investasi bertujuan untuk mendatangkan keuntungan bagi para investor. Salah satu bentuk keuntungan yang kamu dapatkan sebagai seorang investor adalah dividen. Apa itu dividen dan contoh?

Seperti yang telah kamu simak pada pembuka artikel ini, dividen merupakan keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemilik saham. Pemberian keuntungan ini akan dilakukan dalam periode waktu tertentu sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Dividen terbagi ke dalam 5 jenis yaitu dividen saham, dividen properti, dividen likuidasi, dividen tunai, dan dividen skrip. Berikut ini penjelasan singkatnya untuk masing-masing jenis dividen:

  • Dividen Saham:

    Bentuk keuntungan yang diberikan kepada investor berupa penambahan saham. 

  • Dividen Properti:

    Beberapa perusahaan ada yang memberikan keuntungan dalam bentuk aset atau aktiva. Namun sangat sedikit perusahaan yang menerapkan pemberian dividen dengan cara seperti ini.

  • Dividen Likuidasi:

    Apabila suatu perusahaan dinyatakan bangkrut, maka investor akan menerima dividen dari hasil likuidasinya. 

  • Dividen Tunai:

    Investor bisa mendapatkan dividen dalam bentuk tunai. Pemberian dividen tunai biasanya dilakukan 2 hingga 4 kali dalam setahun.

  • Dividen skrip: Jenis dividen ini mengeluarkan surat janji utang sebagai bentuk dividennya. Perusahaan akan membayarkan bunga pinjaman yang menjadi sumber keuntungan bagi para investor.

jenis dividen saham

Baca juga: Inilah Cara Menghitung Dividen dengan Benar

Sebagai seorang investor, kamu juga perlu memahami bahwa dividen dan capital gain merupakan 2 jenis keuntungan yang berbeda. Apa perbedaan di antara keduanya?

Perbedaan yang paling mendasar antara dividen dan capital gain terletak dari bentuk keuntungannya. Dividen merupakan keuntungan yang didapat investor dari perusahaan. Sedangkan capital gain merupakan hasil return dari penjualan aset di pasar saham.

Besarnya nilai keuntungan yang didapat melalui dividen dan capital gain juga tidak menentu. Banyaknya dividen yang diberikan kepada pemegang saham menyesuaikan dengan keuntungan yang diperoleh perusahaan. Lalu untuk capital gain, keuntungan yang didapatkan berdasarkan pergerakan pasar. 

Selain itu, dividen memiliki besaran pajak yang berbeda dari capital gain. Dividen memiliki tarif pajak khusus sebesar 10%. Akan tetapi, capital gain tidak memiliki tarif pajak khusus karena besarannya disesuaikan dengan hasil keuntungan dari penjualan aset investasi.

 

Cara Menghitung Dividen

Cara Menghitung Dividen

Setelah memahami pengertiannya, sekarang kamu perlu mempelajari cara menghitung dividen. Cara perhitungannya sangat mudah sekali! Kamu hanya perlu mengurangi total keuntungan yang didapat dengan tarif pajak dividen sebesar 10%.

Untuk lebih jelasnya, kamu dapat langsung menyimak contoh kasus berikut ini:

Kamu memiliki saham dari perusahaan XYZ sebanyak 2.000 lembar. Harga untuk setiap lembarnya adalah Rp5.000. Dari data ini, kamu hitung terlebih dahulu total dividen sebelum pajak.

  • Dividen sebelum pajak = Harga saham per lembar x Total aset saham
  • Dividen sebelum pajak = Rp5.000 x 2.000
  • Dividen sebelum pajak = Rp10.000.000

Sekarang kamu sudah mendapatkan hasil dividen sebelum pajak. Maka langkah selanjutnya adalah mengalikan totalnya dengan pajak yang dikenakan.

  • Dividen setelah pajak = Dividen sebelum pajak x 10%
  • Dividen setelah pajak = Rp10.000.000 x 10%
  • Dividen setelah pajak = Rp9.000.000

Total dividen yang akan kamu terima sebesar Rp9.000.000 berdasarkan contoh kasus di atas. Cara menghitung dividen mudah sekali, bukan?

Baca juga: Doji Candle: Pengertian, Komponen, dan Jenisnya

Bagaimana Cara Pembagian Dividen Saham?

Cara Pembagian Dividen Saham

Dividen yang dibagikan kepada para pemegang saham di suatu perusahaan akan mengacu pada keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan tersebut. Perolehan keuntungan akan dibagi-bagi sekian persen kepada masing-masing pemegang saham.

Berapa persen pembagian dividen saham? Besarnya persentase rasio pembayaran dividen saham kepada investor berbeda-beda, sesuai dengan aset yang mereka miliki. Jadi tidak ada besaran dividen pasti yang akan diterima oleh pemegang saham.

Kamu perlu tahu bahwa dividen tidak diberikan kepada investor setiap bulan, melainkan dalam kurun waktu 1 tahun. Biasanya, pemberian dividen akan dibagi menjadi beberapa proses pembayaran. Lantas, berapa kali pembagian dividen dalam setahun? Kapan dividen diberikan?

Dividen akan diberikan 1 hingga 4 kali dalam setahun sesuai dengan ketentuan dari perusahaan. Untuk waktu pemberiannya tidak menentu. Akan tetapi kamu akan menerima pemberitahuan apabila dividen siap untuk diberikan.

Setelah membaca seluruh informasi di atas, kira-kira berapa total dividen yang akan atau sudah kamu dapatkan? Cara menghitung dividen sangatlah mudah, bukan?

Apabila kamu masih kesulitan untuk mengetahui berapa dividen saham yang didapatkan, silakan gunakan aplikasi HSB sekarang juga. Di dalam aplikasi HSB, kamu dapat membuat portofolio saham di mana hasil dividen yang didapatkan akan terhitung secara otomatis.

Melalui aplikasi HSB, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar pergerakan pasar secara realtime. HSB merupakan Broker Trading No. 1 di Indonesia dan sudah teregulasi BAPPEBTI sehingga kami dapat menyajikan informasi secara cepat dan akurat untuk kamu.

Kamu dapat menggunakan aplikasi HSB untuk segala keperluan investasi dan trading saham. Maka dari itu, yuk download aplikasi HSB sekarang dan registrasikan akun investasimu sekarang juga!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288