Home Tips Investasi Keuangan Umum Apa Itu Pialang Berjangka?

Apa Itu Pialang Berjangka?

by HSB
0 comment

Pernahkah kamu mendengar istilah pialang berjangka? Apa itu pialang berjangka? Pada pembahasan kali ini, kamu akan memahami segala informasi mengenai pialang berjangka yang penting sekali untuk diketahui, apalagi jika ingin melakukan investasi.

Pialang berjangka memiliki kaitan yang erat dengan istilah bursa berjangka. Bursa berjangka sendiri merupakan pengertian dari suatu tempat bagi para investor untuk melakukan kegiatan jual-beli kontrak.

Di dalam bursa saham, para investor melakukan pembelian surat berharga (lot saham) dalam bentuk fisik dan wajib membayar sebesar 100%. Lain halnya di dalam bursa berjangka, hal yang diperjualbelikan di sini adalah kontrak dan investor hanya perlu membayar margin sebesar  3 hingga 5% dari harga totalnya saja. 

Saat ini ada begitu banyak perusahaan yang mulai menjalankan bisnis di bidang pialang berjangka untuk membantu para investor dalam melakukan investasi di bursa berjangka. Seluruh perusahaan tersebut harus terdaftar di dalam Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau yang biasa disingkat dengan BAPPEBTI.

Meskipun usaha pialang berjangka sudah berada di bawah naungan BAPPEBTI, namun ada juga beberapa oknum ilegal yang mendirikan usaha pialang berjangka untuk menjalankan modus penipuan. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dalam memilih layanan pialang berjangka yang tepat dan legal ya Sobat Trader.

Sebelum memutuskan investasi dan trading, simak dulu seluk beluk informasi seputar pialang berjangka yang aman beserta tips penting cara memilih pialang yang tepat dan bisa membantumu meraih keuntungan di bawah ini ya.

Apa Itu Pialang Berjangka?

Pengertian pialang berjangka bila dikutip dari situs BAPPEBTI adalah badan usaha yang melakukan kegiatan jual beli komoditi berdasarkan Kontrak Berjangka atas amanat nasabah dengan menarik sejumlah uang dan surat berharga tertentu sebagai margin atau jaminan untuk menjamin transaksi tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa pialang berjangka merupakan perantara atau pihak ketiga antara investor dengan perusahaan yang terdaftar di dalam bursa berjangka. Lalu, perusahaan pialang mana saja yang tepercaya di Indonesia?

Contoh dari perusahaan pialang atau broker tepercaya yang ada di Indonesia adalah HSB. Perusahaan HSB sudah terdaftar di BAPPEBTI dan kami dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi para investor. 

Baca juga: Investasi Emas atau Reksadana? Mana yang Lebih Untung?

HSB termasuk ke dalam full service broker karena banyaknya pelayanan yang dapat digunakan oleh investor dalam melakukan pembelian saham. Full service broker merupakan salah satu jenis perusahaan pialang berjangka yang paling dibutuhkan oleh investor karena lengkapnya pelayanan yang dapat diberikan.

Pialang berjangka sendiri terdiri dari 4 jenis dilihat dari bentuk layanannya, yaitu:

  • Full Service Broker: Perusahaan pialang berjangka ini akan memberikan full service kepada investor. Layanan yang diberikan meliputi pemberian informasi, analisis harga pasar, dan laporan lainnya yang dibutuhkan oleh investor.
  • Discount Broker: Discount broker dapat membantu investor untuk melakukan transaksi jual-beli sesuai dengan instruksi yang telah diberikan. Pelaku usaha ini sudah memahami pengetahuan dasar tentang dunia investasi dan pergerakan harga pasar.
  • Deep Discount Broker: Perbedaan deep discount broker dan discount broker dilihat dari pelayanan yang diberikan. Deep discount broker hanya memiliki layanan untuk melakukan transaksi jual-beli dan memiliki pengetahuan yang sangat minim mengenai dunia investasi.
  • Online Broker: Usaha pialang berjangka kini sudah dapat dilakukan secara online dan investor dapat menggunakan berbagai pelayanan yang cukup lengkap. Tidak seperti zaman dahulu kala, para investor harus bertatap muka untuk melakukan kerja sama.

Baca juga: Strategi Setting Menggunakan Moving Average Terbaik

Cara Kerja Pialang Berjangka

Bagaimana Cara Kerja Pialang Berjangka?

Cara kerja pialang berjangka cukup sederhana. Kamu dapat langsung menghubungi broker untuk melakukan pembelian saham yang tidak tersedia di pasar modal ataupun langsung dibeli melalui perusahaan tersebut.

Broker atau perusahaan pialang berjangka akan menerima modal dari investor. Modal tersebut kemudian akan dikelola sesuai dengan keinginan investor. Contohnya, jika kamu meminta broker untuk membeli emiten saham dari perusahaan A, maka mereka akan langsung membelinya dengan menggunakan modal yang sudah diterima.

Modal yang sudah diberikan oleh investor harus digunakan 100% untuk membeli emiten sesuai permintaan. Broker tidak boleh mengambil keuntungan sama sekali dari sana.

Para broker akan menerima bayaran dalam bentuk gaji yang diberikan oleh perusahaan. Tentu saja, investor dapat memberikan fee atau komisi kepada broker yang telah membantu proses transaksi jual-beli saham berjangka.

2 Tugas Pialang Berjangka

Sebagai perusahaan pialang, ada 2 tugas utama yang harus dilakukan, yaitu:

1. Menjalankan Perintah dari Investor

Broker hanya perlu menjalankan perintah dari investor. Ketika investor memberikan instruksi untuk menjual saham, broker harus langsung menjualnya saat itu juga. Begitupun sebaliknya ketika investor menginstruksi broker untuk melakukan pembelian, maka broker harus melakukan transaksi pembelian emiten yang diinginkan investor.

2. Memberikan Rekomendasi Kepada Investor

Perusahaan pialang juga dapat memberikan rekomendasi kepada investor terkait emiten saham yang dapat mereka beli maupun informasi lainnya yang berhubungan dengan saham. Namun, proses pengambilan keputusan akan dikembalikan lagi kepada investor.

Baca juga: Jangan Salah! Ini Perbedaan Trading Dan Investasi

Tips Memilih Pialang Berjangka yang Tepat

3 Tips Memilih Pialang Berjangka yang Tepat untuk Kamu

Untuk dapat memilih pialang berjangka yang tepat, berikut ini ada 3 tips yang tepat untuk kamu.

1. Cek Legalitas Perusahaan Pialang

Tips pertama yang perlu kamu perhatikan dalam memilih perusahaan pialang adalah dengan mengecek legalitas perusahaannya. Pastikan perusahaan tersebut terdaftar di dalam BAPPEBTI agar kamu terhindar dari modus penipuan.

2. Cek Reputasi Perusahaan Pialang

Setiap perusahaan pialang pasti memiliki reputasi yang dapat menjadi tolak ukur investor dalam memilih perusahaan pialang yang tepat. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pengecekan reputasi perusahaan pialang tersebut untuk memastikan bahwa mereka memiliki pelayanan yang memuaskan.

3. Menghitung Komisi Sesuai Anggaran

Tips terakhir untuk dapat memilih perusahaan pialang berjangka dengan tepat adalah menghitung komisi yang mereka tawarkan. Setiap perusahaan pialang menawarkan harga komisi yang berbeda-beda tergantung dengan pelayanan yang dibutuhkan investor. Sesuaikanlah anggaran yang kamu miliki dengan jumlah komisi yang harus dibayar.

Setelah membaca informasi di atas, tentu kamu akan bertanya-tanya mengenai perusahaan pialang apa saja? HSB termasuk ke dalam salah satu perusahaan pialang yang sudah terdaftar di BAPPEBTI.

Jika kamu mencari broker yang aman, menguntungkan, dan menawarkan banyak penawaran trading yang menarik, HSB Investasi bisa menjadi pilihan utamamu. Jutaan trader sukses Indonesia memercayakan keuntungan aktivitas trading dan investasi mereka bersama HSB.

Gak cuma aman dan menguntungkan, di aplikasi HSB, kamu juga akan mendapatkan in-app notification seputar analisa harian terupdate dan grafik live modern secara real time. Download aplikasi HSB sekarang dan registrasikan akun investasimu sekarang juga!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288