Home Saham Apa Itu Saham Gorengan? Ciri & Tipsnya

Apa Itu Saham Gorengan? Ciri & Tipsnya

by HSB
0 comment

Pernahkah kamu mengetahui informasi mengenai apa itu saham gorengan? Atau mungkin ini kali pertama kamu mendengar istilah saham gorengan?

Banyak investor pemula yang terjebak dengan saham gorengan. Mereka berpikir bahwa harga saham yang mengalami peningkatan secara fluktuatif merupakan jenis saham yang dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi.

Nyatanya, sebagian besar investor mengalami kerugian yang cukup parah akibat saham gorengan tersebut. Harga beli yang semula berada di titik menengah ke atas lambat laun terus bergerak ke bawah.

Supaya kamu memiliki pemahaman yang lebih lagi mengenai saham gorengan, silakan simak pembahasan dari HSB di bawah ini. Kamu akan mempelajari pengertian, ciri-ciri, dan juga cara mencegah terjadinya loss karena saham gorengan.

Apa Itu Saham Gorengan?

Apa Itu Saham Gorengan?

Saham gorengan merupakan jenis saham yang menggunakan strategi rekayasa harga untuk menarik minat banyak investor, khususnya mereka yang termasuk ke dalam pemain baru di dunia investasi.

Strategi rekayasa ini dimainkan oleh banyak orang agar harga sahamnya mengalami kenaikan yang signifikan dalam waktu yang cepat. Mengapa mereka melakukan strategi tersebut? Jawabannya adalah karena oknum-oknum ini ingin mendapatkan keuntungan.

Kurang lebih seperti ini cara kerja rekayasa harga pada saham gorengan. Ketika harga saham melambung tinggi, investor akan membeli aset saham tersebut karena melihat pergerakan harganya yang terus menuju ke arah atas.

Baca juga: Pengertian Saham Blue Chip

Beberapa waktu kemudian, harga saham gorengan akan jatuh, bahkan melebihi harga pembelian saham pertama. Contohnya, kamu membeli saham di harga Rp1.000 per lembar, kemudian selang seminggu hingga sebulan, harga saham tersebut jatuh di angka Rp500 per lembar.

Investor tentu mengalami kerugian yang besar melalui saham gorengan tersebut. Pada akhirnya, mereka memutuskan untuk menjual saham gorengan yang merugi dan mengalihkan dananya ke saham lain yang bisa memberikan keuntungan.

 

3 Ciri Saham Gorengan yang Bisa Diamati

Ciri Saham Gorengan

Kamu perlu menghindari saham gorengan untuk mencegah terjadinya kerugian. Akan tetapi, bagaimana tahu saham gorengan? Apakah ada ciri-ciri yang dapat diamati?

Berikut ini, kamu bisa langsung menyimak ciri-ciri saham gorengan yang perlu dihindari, yaitu:

  • Harga saham mengalami peningkatan yang signifikan. Biasanya, harga saham gorengan dapat meningkat hingga lebih dari 10% per hari. Peningkatan yang sedemikian besar menjadi indikasi adanya permainan harga oleh berbagai oknum.
  • Meskipun harga sahamnya meningkat, tetapi kamu bisa mengenali suatu saham gorengan dari kondisi keuangan perusahaan penyedia saham tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu melihat catatan keuangan dalam beberapa tahun terakhir sebelum kamu memutuskan untuk membeli suatu saham.
  • Selain dari segi harga, kamu juga dapat mengenali saham gorengan dari jumlah volume saham yang diperjualbelikan. Tingginya volume saham gorengan juga disebabkan oleh permainan oknum. 

Baca juga: Apa Itu Turnover Saham? Yuk Simak Penjelasannya!

3 Tips Mencegah Rugi Karena Saham Gorengan

Tips Mencegah Rugi Karena Saham Gorengan

Setelah kamu memahami pengertian dan juga ciri-cirinya, maka pasti akan muncul pertanyaan selanjutnya mengenai bagaimana cara menghindari saham gorengan? Bagaimana cara agar investor tidak membeli saham gorengan?

Kamu dapat langsung mengikuti tipsnya berikut ini:

1. Melakukan Research

Setiap investor harus sering melakukan research terhadap saham yang akan dibelinya. Tanpa research, kamu akan lebih mudah terjebak oleh penawaran-penawaran saham gorengan.

Cari dan pelajari kondisi keuangan penyedia saham selama 1 hingga 5 tahun terakhir. Jika kamu menemukan adanya kondisi keuangan yang buruk dalam kurun waktu tersebut, maka pertimbangkan kembali untuk membeli saham yang mereka tawarkan.

2. Memantau Harga Pasar

Selain melakukan research, kamu juga perlu memantau harga pasar secara berkala. Ketika saham yang telah kamu beli mengalami pergerakan yang terlalu signifikan, maka bersiaplah untuk melakukan cut loss.

Banyak orang yang enggan atau takut untuk cut loss. Padahal, saat nilai saham yang dimiliki terus bergerak turun, maka langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan cut loss.

Cut loss dapat membantu kamu untuk membatasi terjadinya kerugian yang lebih parah lagi. Jadi, kamu harus peka terhadap perubahan harga pasar dan memilih keputusan yang bijak agar terhindar dari kerugian.

Baca juga: Yuk Belajar Analisis Fundamental Saham

3. Membeli Dalam Jumlah yang Sedikit

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mencegah kerugian akibat saham gorengan adalah dengan membeli saham dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Apabila kamu langsung membeli saham dalam jumlah yang banyak, tingkat risiko kerugiannya juga tentu akan menjadi lebih tinggi.

Kamu juga harus paham, biasanya saham gorengan yang ditawarkan kepada masyarakat luas memiliki harga yang cukup rendah. Akibatnya, banyak investor yang tergiur dan langsung membeli saham dalam jumlah yang banyak.

Oleh karena itu, jangan sampai kamu membeli saham hanya karena harga yang ditawarkan murah dan langsung membelinya dalam jumlah yang banyak. Belilah saham dalam jumlah yang sedikit, kemudian alihkan sisa dana yang kamu miliki untuk membeli saham lainnya supaya ada diversifikasi di dalam portofolio saham.

Sekarang kamu sudah paham betul mengenai apa itu saham gorengan, bukan? Jadi, ingat selalu untuk terus berhati-hati dalam memilih saham agar kamu dapat meminimalisir terjadinya kerugian di dunia investasi.

Sebagai investor pemula mungkin akan sangat sulit untuk memilih saham mana yang tepat dan sesuai dengan risk profile kamu. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan aplikasi HSB untuk mempelajari pergerakan harga pasar dan mendapatkan berita terbaru mengenai investasi.

HSB merupakan Broker Trading No. 1 di Indonesia dan sudah teregulasi BAPPEBTI. Seluruh informasi yang kamu dapatkan melalui aplikasi kami sudah dipastikan valid dan tepercaya.

 

Kamu dapat menggunakan aplikasi kami untuk mempelajari trading saham secara lebih mendalam. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan layanan broker HSB untuk membantu kamu dalam melakukan pembelian saham. Yuk, langsung saja download aplikasi HSB sekarang dan registrasikan akun investasimu sekarang juga!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288