Home Saham Yuk Belajar Investasi Saham yang Mudah Bagi Pemula

Yuk Belajar Investasi Saham yang Mudah Bagi Pemula

by HSB
0 comment

Apakah kamu ingin menjadi seorang investor saham yang sukses? Jika iya, maka kamu harus belajar investasi saham sekarang juga. Berinvestasi adalah cara terbaik untuk meningkatkan nilai dari uang yang kamu miliki pada saat ini.

Saham merupakan pilihan banyak orang karena menawarkan reward luar biasa, walaupun memiliki tingkat risiko tinggi. Oleh karena itu, kamu tidak boleh sembarangan ketika ingin berinvestasi saham. Pemahaman serta pengetahuan dibutuhkan agar bisa meraih keuntungan.

Sebagai pemula, kamu tentu sangat memerlukan pengetahuan guna mengenal dunia investasi saham dengan baik. Ada beberapa tips serta informasi mengenai langkah awal ketika mulai berinvestasi saham untuk membantu kamu berkembang. Mari mengenal informasi tersebut agar dapat menjadi investor sukses pada kemudian hari.

3 Tips Belajar Investasi Saham

Tips Belajar Investasi Saham

Baca juga: Pelajari Cara Pembagian Dividen Saham kepada Investor

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah saham. Hal ini sering sekali disebutkan dalam berbagai macam media, berita, hingga film. Namun apakah kamu mengetahui pengertian saham itu sendiri?

Saham merupakan sekuritas yang memberikan pemegangnya kepemilikan di perusahaan publik. Jika berhasil memiliki semua saham dari suatu perusahaan, maka kamu memiliki suara untuk mengontrol berbagai keputusan yang ada di dalam bisnis.

Lalu dari mana asal saham? Perusahaan publik menerbitkan saham sehingga mereka dapat mendanai bisnisnya. Investor yang berpikir bahwa bisnis tersebut mampu meningkatkan nilai dari uang mereka memilih untuk membeli saham-saham tersebut

Sebagai gantinya, para pemegang saham mendapatkan dividen jika perusahaan berhasil meraih laba besar dan berkembang di kemudian hari. Namun, mereka juga bisa menyaksikan bagaimana investasi tersebut menyusut hingga hilang ketika perusahaan kehabisan uang.

Jual beli saham juga menawarkan keuntungan lainnya. Orang-orang yang memilih untuk menjual saham mereka ketika terjadi perubahan nilai akan mencari keuntungan dalam bentuk capital gain. Para investor ini memanfaatkan selisih antara harga penjualan dikurangi harga pembelian saham.

Itulah beberapa informasi guna membantu kamu dalam memahami pengertian saham. Kini mari kita cari tahu apa saja tips untuk membantu mempelajari investasi saham.

1. Kenali Investor Seperti Apa Kamu

Kenali Investor Seperti Apa Kamu

baca juga: Investor Pemula, Pahami Cara Menghitung ROE Ini!

Mengenali berbagai macam tipe investor dan pendekatannya dapat mempermudah proses belajar investasi saham. Ada investor dengan pendekatan dari segi angka dan perhitungan sebelum membeli saham. Lalu ada juga investor yang mempelajari setiap perusahaan secara mendalam.

Mengetahui “tipe” investor seperti apa yang cocok dengan pribadi kamu akan membantu ketika harus belajar berbagai macam hal mengenai investasi. Jika suka menggunakan angka, maka kamu bisa lebih fokus mengenai teknik analisis teknikal. 

Namun jika kamu lebih senang mencari tahu berbagai macam hal seputar perusahaan maka memilih untuk fokus pada analisis fundamental dapat menjadi keputusanmu. Bukan berarti kamu harus meninggalkan salah satunya. Pengetahuan dasar mengenai keduanya juga tetap diperlukan.

2. Mengenali Berbagai Macam Cara Investasi Saham

Berinvestasi dalam saham bisa dilakukan melalui beberapa cara. Tentu saja kamu harus tahu mengenai hal ini ketika sedang mempelajari investasi saham. Beberapa cara investasi saham yaitu:

  • Saham Individual

Kamu dapat membeli saham sendiri, namun kamu juga harus siap melakukan riset mendalam demi mengevaluasi saham secara berkelanjutan. Memilih cara ini membuat kamu menjadi investor aktif dan harus selalu siap memantau keadaan pasar saham.

  • Manajer Investasi

Jika kamu orang yang pasif dan tidak memiliki banyak waktu memperhatikan keadaan pasar saham, maka menggunakan jasa manajer investasi merupakan opsi kamu. Dengan cara ini kamu hanya perlu menunggu laporan mengenai investasi kamu.

3. Belajar dari Ahlinya

Memiliki seorang mentor dapat membantumu berkembang dengan terarah. Kamu bisa bertanya, meminta saran dan nasihat, hingga berdiskusi guna menambah ilmu. Belajarlah sebaik mungkin dari mereka untuk menjadi investor sukses.

Selain belajar langsung dari orang lain, kamu juga bisa mengikuti berbagai macam kelas mengenai trading serta investasi. Saat ini ada banyak tempat yang memberikan kamu kesempatan mempelajari dunia investasi saham dengan benar. Buku dan berbagai macam video yang tersedia juga dapat menjadi guru kamu di saat mempelajari investasi saham

3 Langkah Awal Investasi Saham untuk Pemula

Langkah Awal Investasi Saham untuk Pemula

 

Setelah belajar mengenai investasi saham, selanjutnya kamu dapat memahami berbagai macam langkah awal ketika berinvestasi saham. Berikut ini panduan memulai kegiatan investasi saham.

1. Tentukan Tujuan Investasi

Investasi yang baik memiliki tujuan jelas dan terarah. Melalui tujuan tersebut maka kamu dapat fokus dan termotivasi mengembangkannya. Beberapa tujuan umum kegiatan investasi seperti:

  • Meraih kebebasan finansial
  • Persiapan biaya menikah
  • Persiapan biaya masa depan anak
  • Dan masih banyak lagi

 

2. Tentukan Cara Kamu Berinvestasi

Seperti yang sudah dipelajari sebelumnya, berinvestasi pada saham bisa dilakukan dalam beberapa cara. Jika kamu ingin menjadi seorang investor aktif, maka kamu dapat meneliti, memprediksi, dan membeli saham melalui usaha sendiri.

Sebagai investor aktif, seorang individu haruslah siap memantau investasi mereka secara terus-menerus. Kemampuan analisis teknikal dan fundamental berperan sangat penting karena dibutuhkan dalam menilai potensi dari saham agar meraih keuntungan.

Di sisi lain, kamu dapat menggunakan jasa profesional seperti manajer investasi dan menyerahkan tugas memilih investasi kepada mereka. Memperhatikan laporan dan melakukan analisis menjadi hal yang penting dikuasai.

3. Persiapkan Keuangan dan Pilih Platform Sekuritas

Dana merupakan hal terpenting serta harus dipersiapkan dengan baik. Tanpa adanya dana tentu saja kegiatan ini mustahil dijalankan. Gunakan “uang dingin” sebagai modal investasi kamu demi menurunkan risiko investasi.

Mempersiapkan dana darurat menjadi tips berikutnya. Dengan mempersiapkan hal ini maka kamu masih memiliki dana cadangan ketika harus menyelesaikan berbagai macam hal tak terduga.

Sekarang, saatnya kamu memilih platform untuk digunakan dalam transaksi jual beli saham. Pilihlah platform tepercaya, transparan, regulasi baik, dan menawarkan bantuan ketika dibutuhkan.

Apakah kamu sudah siap berinvestasi? Jika belum, maka menambah ilmu di tempat belajar trading pemula seperti di HSB merupakan pilihan bagus. Ikuti berbagai macam kelas menarik penuh dengan ilmu dan diajari oleh ahlinya sehingga kamu siap menjadi investor sukses.

Tunggu apalagi? Saatnya tingkatkan pengetahuan dan ilmu kamu mengenai dunia trading di sini!

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288