Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Balik Modal Dari Obligasi High Yield? Emang Bisa?

Apa itu Obligasi High Yield?

sekelompok orang sedang berdiskusi mencari arti obligasi high yield

Halo Sobat Trader, mari kita bahas tentang "Obligasi High Yield." Obligasi High Yield, juga dikenal sebagai "Obligasi Non-Investment Grade" atau "Obligasi Junk," adalah jenis obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan atau penerbit dengan tingkat kredit yang lebih rendah dari investasi grade.

Kamu mungkin bertanya, mengapa disebut "High Yield"? Nama ini merujuk pada karakteristik utama obligasi ini, yaitu tingkat kupon atau imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan obligasi-investasi-grade yang lebih aman secara kredit. Karena risiko yang lebih tinggi, penerbit harus membayar bunga yang lebih besar untuk menarik investor.

Meskipun obligasi High Yield menawarkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi, investasi ini juga menyimpan risiko yang lebih tinggi. Penerbit obligasi ini memiliki kelayakan kredit yang lebih rendah, sehingga kemungkinan default atau ketidakmampuan membayar utang lebih tinggi. Oleh karena itu, sebelum berinvestasi dalam obligasi High Yield, penting bagi Kamu untuk melakukan analisis mendalam tentang kelayakan kredit penerbit dan mengevaluasi profil risiko investasi ini.

Dengan begitu, Sobat Trader, obligasi High Yield merupakan instrumen investasi yang menjanjikan tingkat pengembalian yang lebih tinggi, namun juga membawa risiko yang lebih tinggi.

Apakah Obligasi High-yield Baik atau Buruk?

Raih peluang profit pergerakan harga real time dengan akun trading live HSB

Pertanyaan tentang apakah Obligasi High-yield baik atau buruk memiliki jawaban yang relatif tergantung pada preferensi dan tujuan investasi Kamu. Mari kita bahas secara lengkap.

Obligasi High-yield memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum Kamu memutuskan untuk berinvestasi:

Kelebihan Obligasi High-yield :

1. Tingkat Pengembalian yang Lebih Tinggi

Salah satu keunggulan utama Obligasi High-yield adalah tingkat bunga atau imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan obligasi dengan peringkat investasi yang lebih tinggi. Ini menarik bagi investor yang mencari potensi pengembalian yang lebih besar.

2. Diversifikasi Portofolio

Memasukkan obligasi High-yield dalam portofolio Kamu dapat memberikan diversifikasi yang lebih baik. Diversifikasi membantu mengurangi risiko portofolio secara keseluruhan karena performa investasi beragam tidak berkorelasi sepenuhnya.

3. Kesempatan Investasi

Perusahaan atau penerbit dengan peringkat kredit yang lebih rendah seringkali merupakan perusahaan yang beroperasi dalam industri yang sedang tumbuh pesat atau memiliki potensi pertumbuhan. Dengan berinvestasi dalam obligasi High-yield, Kamu dapat mendukung perusahaan yang berpotensi tumbuh di masa depan.

Kekurangan Obligasi High-yield :

1. Risiko Tinggi

Keuntungan tinggi obligasi High-yield juga berarti risiko yang lebih besar. Penerbit dengan peringkat kredit rendah memiliki kemungkinan risiko default yang lebih tinggi, di mana mereka tidak dapat membayar bunga atau pokok pada tanggal jatuh tempo. Kamu perlu memahami dan menilai risiko ini sebelum berinvestasi.

2. Kurangnya Likuiditas

Obligasi High-yield mungkin kurang likuid dibandingkan dengan obligasi dengan peringkat investasi yang lebih tinggi. Hal ini dapat menyulitkan Kamu untuk menjual obligasi dengan harga yang wajar jika Kamu ingin mengambil keuntungan atau membutuhkan uang tunai secara mendesak.

3. Pengaruh Perubahan Suku Bunga

Perubahan suku bunga dapat mempengaruhi nilai obligasi High-yield. Jika suku bunga naik, harga obligasi dapat turun, menyebabkan potensi kerugian bagi investor jika mereka harus menjual obligasi sebelum jatuh tempo.

Oleh karena itu, Sobat Trader, apakah Obligasi High-yield baik atau buruk tergantung pada toleransi risiko Kamu dan tujuan investasi. Jika Kamu siap menghadapi risiko yang lebih tinggi untuk mencari potensi keuntungan yang lebih besar, obligasi High-yield dapat menjadi bagian dari portofolio investasi Kamu.

Namun, penting untuk melakukan riset dan analisis yang cermat sebelum membuat keputusan investasi. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli keuangan atau penasihat investasi jika Kamu membutuhkan bantuan dalam merencanakan strategi investasi yang tepat.

Strategi Investasi dalam Obligasi High Yield 

3 oramh sedang merancang strategi obligasi high yield

ketika berinvestasi dalam Obligasi High Yield, diperlukan strategi yang matang untuk mengoptimalkan potensi keuntungan dan mengelola risiko yang lebih tinggi. Berikut adalah beberapa strategi investasi yang perlu Kamu pertimbangkan:

1. Diversifikasi Portofolio

Sebagai langkah pertama, Kamu harus selalu mempertimbangkan untuk mendiversifikasi portofolio investasi Kamu. Hindari mengalokasikan seluruh dana Kamu ke dalam obligasi High Yield tunggal. Sebaliknya, alokasikan dana Kamu ke beberapa obligasi High Yield dari berbagai penerbit dan industri. Diversifikasi membantu mengurangi risiko secara keseluruhan dan melindungi portofolio Kamu dari terlalu bergantung pada kinerja tunggal.

2. Tinjau Kelayakan Kredit

Sebelum berinvestasi dalam obligasi High Yield tertentu, lakukan analisis mendalam tentang kelayakan kredit penerbit. Perhatikan peringkat kredit dan penilaian yang diberikan oleh lembaga peringkat kredit terpercaya. Hindari berinvestasi dalam penerbit dengan peringkat kredit yang sangat rendah, karena ini meningkatkan risiko default.

3. Kenali Sektor Industri

Pahami dengan baik sektor industri di mana penerbit beroperasi. Perhatikan tren dan prospek pertumbuhan sektor tersebut. Investasikan pada obligasi High Yield dari sektor industri yang dianggap memiliki potensi tumbuh dan stabil.

4. Evaluasi Risiko dan Imbal Hasil

Selalu pertimbangkan hubungan antara risiko dan imbal hasil ketika memilih obligasi High Yield. Perbandingkan tingkat bunga yang ditawarkan dengan risiko default dan risiko pasar. Jangan hanya terpaku pada imbal hasil tinggi tanpa mempertimbangkan risiko yang terlibat.

5. Perhatikan Likuiditas

Pastikan Kamu mempertimbangkan tingkat likuiditas obligasi High Yield yang akan Kamu beli. Kehandalan pasar sekunder dan kemudahan untuk menjual obligasi jika diperlukan adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan.

6. Gunakan Pendekatan Campuran

Bila memungkinkan, gunakan pendekatan campuran dengan memasukkan obligasi High Yield ke dalam portofolio dengan obligasi-investasi-grade yang lebih aman secara kredit. Pendekatan ini membantu mencapai keseimbangan antara tingkat pengembalian yang diharapkan dan tingkat risiko yang dapat ditoleransi.

7. Perhatikan Siklus Kredit

Perhatikan siklus kredit secara keseluruhan. Kondisi pasar dapat berubah seiring waktu, dan siklus kredit dapat mempengaruhi harga dan ketersediaan obligasi High Yield. Pertimbangkan untuk memanfaatkan kondisi pasar yang menguntungkan.

Jadi, Sobat Trader, strategi investasi dalam Obligasi High Yield membutuhkan penelitian yang cermat dan analisis mendalam tentang risiko dan potensi keuntungan. Diversifikasi, evaluasi kredit, pengetahuan industri, dan perhatian terhadap likuiditas adalah kunci untuk mencapai hasil investasi yang optimal dalam obligasi High Yield.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Keuntungan dalam Obligasi High Yield 

seseorang sedang mencari faktor yang mempengaruhi keuntungan yield

Dalam investasi Obligasi High Yield, tingkat keuntungan atau imbal hasil dipengaruhi oleh berbagai faktor yang perlu Kamu pertimbangkan sebelum melakukan investasi. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keuntungan dalam Obligasi High Yield:

1. Kelayakan Kredit Penerbit

Tingkat keuntungan dari Obligasi High Yield dipengaruhi oleh kelayakan kredit penerbit. Semakin rendah peringkat kredit penerbit, semakin tinggi tingkat keuntungan yang ditawarkan. Namun, Kamu harus berhati-hati karena risiko default juga meningkat dengan peringkat kredit yang lebih rendah.

2. Suku Bunga Pasar

Tingkat keuntungan dalam Obligasi High Yield berbanding terbalik dengan suku bunga pasar. Ketika suku bunga pasar naik, harga obligasi turun, sehingga tingkat keuntungan meningkat. Sebaliknya, ketika suku bunga pasar turun, harga obligasi naik, dan tingkat keuntungan menurun.

3. Likuiditas Obligasi

Tingkat keuntungan dapat dipengaruhi oleh likuiditas obligasi High Yield. Obligasi dengan likuiditas yang tinggi cenderung memiliki tingkat keuntungan yang lebih rendah, karena investor lebih bersedia membayar harga premium untuk obligasi yang mudah dijual kembali.

4. Profil Risiko

Tingkat keuntungan Obligasi High Yield terkait erat dengan profil risiko investasi tersebut. Obligasi dengan risiko yang lebih tinggi, seperti penerbit dengan situasi keuangan yang kurang stabil atau likuiditas yang rendah, cenderung menawarkan tingkat keuntungan yang lebih tinggi.

5. Tren Industri

Keuntungan dalam Obligasi High Yield dapat dipengaruhi oleh tren industri di mana penerbit beroperasi. Sektor industri yang tumbuh pesat atau memiliki potensi pertumbuhan yang baik cenderung menawarkan tingkat keuntungan yang lebih tinggi.

6. Kondisi Ekonomi

Tingkat keuntungan Obligasi High Yield juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi secara keseluruhan. Di masa ketidakstabilan ekonomi, investor cenderung mencari aset dengan tingkat keuntungan yang lebih tinggi, termasuk Obligasi High Yield.

7. Jangka Waktu Obligasi

Jangka waktu atau tenor obligasi juga dapat mempengaruhi tingkat keuntungan. Obligasi High Yield dengan jangka waktu yang lebih lama cenderung menawarkan tingkat keuntungan yang lebih tinggi karena investor menerima imbal hasil yang lebih lama.

Mengingat faktor-faktor ini, Sobat Trader, penting untuk melakukan analisis mendalam sebelum berinvestasi dalam Obligasi High Yield. Evaluasi risiko dan potensi keuntungan adalah langkah penting untuk memastikan keputusan investasi yang tepat sesuai dengan tujuan dan toleransi risiko Kamu. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli keuangan atau penasihat investasi jika Kamu membutuhkan bantuan dalam merencanakan strategi investasi yang sesuai.

Setelah membaca artikel diatas, kurang lengkap apabila kamu tidak mencoba pengalaman trading terbaik bersama HSB Investasi!

Dapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasi akun dan mulailah untuk trading sekarang juga.

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien.

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya.***

 

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik