Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Daftar Isi
Google Mendapat Tekanan, Internet Bakal Berubah Total

Dilansir dari CNBC Indonesia, Undang-Undang Pasar Digital atau Digital Markets Act (DMA) yang diberlakukan Uni Eropa akan memaksa Google merombak layanan mesin pencarinya. 

DMA berlaku bagi platform internet 'penjaga gawang' (gatekeeper), termasuk saham Google, yang dinilai memonopoli industri.

Esensi dari DMA adalah menciptakan persaingan industri yang lebih sehat. Selain itu, masyarakat diharapkan bisa memiliki opsi yang lebih beragam, dan mendapat pengalaman layanan yang lebih baik.

Kendati demikian, sektor penerbangan, hotel, dan pengecer menyuarakan kekhawatiran bahwa penyesuaian pada mesin pencari Google bisa merugikan pendapatan mereka.

Secara kolektif, para pengusaha menulis surat bersama yang ditujukan ke Kepala Antimonopolu UE Margrethe Vestager dan Kepala Industri UE Thierry Breton tertanggal 22 Mei 2024 lalu.

"Industri mempunyai kekhawatiran serius bahwa solusi dan persyaratan penerapan DMA saat ini akan makin meningkatkan diskriminasi," tulis mereka, seperti dilansir Reuters, Senin (27/5/2024).

Kelompok itu mengungkapkan bahwa terdapat risiko menurunnya pendapatan mereka lantaran harus memberikan lebih banyak keuntungan untuk perantara online imbas dari hak istimewa yang didapatkan.

"Pengamatan awal menunjukkan bahwa perubahan ini berisiko sangat menguras pendapatan penjualan langsung perusahaan dengan memberikan lebih banyak keuntungan kepada perantara online karena perlakuan istimewa yang akan mereka terima," kata mereka.

Google dalam postingan blognya pada bulan Maret mengatakan bahwa perubahan pada hasil pencarian memberikan lebih banyak trafik kepada perantara dan agregator besar. Sementara itu, trafik akan makin kecil untuk hotel, maskapai penerbangan, pedagang, dan restoran.

Hingga saat ini belum ada komentar lanjutan yang dikeluarkan oleh Google tentang perombakan aturan tersebut.

"Kami prihatin bahwa penyelidikan ketidakpatuhan hanya merujuk pada kebutuhan untuk memperlakukan layanan pihak ketiga dengan cara yang adil dan non-diskriminatif, tanpa pengakuan apa pun terhadap bisnis Eropa yang juga menawarkan layanan mereka di Google," kata kelompok tersebut.

Baca Juga:  10 Saham Ini Jadi Incaran Asing Ketika IHSG Menguat
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik