Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Daftar Isi
Perusahaan Warren Buffett Jual Saham BYD, Diduga Ini Penyebabnya

Dilansir dari Kontan, Berkshire Hathaway, perusahaan yang dimiliki oleh Warren Buffett, telah mengurangi kepemilikan sahamnya di BYD China.

Menurut data Reuters, Berkshire baru-baru ini menjual 1,3 juta saham BYD yang terdaftar di Hong Kong dengan total nilai HK $310,5 juta (US$ 39,8 juta).

Informasi ini diketahui dari pengajuan perusahaan pada hari Senin (17/6/2024) ke bursa saham Hong Kong.

Dengan penjualan ini, kepemilikan Berkshire atas saham H yang diterbitkan BYD turun menjadi 6,90% dari sebelumnya 7,02%.

Perusahaan Buffett mulai berinvestasi di BYD yang berbasis di Shenzhen pada tahun 2008. Pada saat itu, Berkshire membayar sekitar US$ 230 juta untuk 225 juta saham, yang setara dengan 10% dari saham BYD.

Berkshire mulai mengurangi kepemilikan sahamnya pada tahun 2022, setelah harga saham BYD melonjak lebih dari 20 kali lipat.

Sejak mencapai puncaknya pada Juni 2022, harga saham BYD telah turun sekitar 30%. Tesla mengambil alih posisi BYD sebagai penjual kendaraan listrik terbesar dunia pada bulan April.

Penjualan saham BYD oleh Berkshire ini juga dipengaruhi oleh meningkatnya ketegangan terkait ekspor kendaraan listrik murah dari China.

Melansir CNN, China telah menjadi kekuatan dominan di pasar kendaraan listrik global berkat dukungan kebijakan yang signifikan dari pemerintah dan subsidi negara yang besar.

Namun, membanjirnya model-model kendaraan listrik murah dari China telah meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya perang dagang baru dengan mitra dagang Barat.

Pekan lalu, Uni Eropa memberlakukan tarif tambahan terhadap kendaraan listrik yang diimpor dari China karena dianggap mendapat dukungan tidak adil dari Beijing yang merugikan produsen mobil Eropa.

Langkah ini diperkirakan akan menjadi pukulan berat bagi produsen kendaraan listrik China, yang memandang Eropa sebagai pasar ekspor utama.

Baca Juga:  Timur Tengah Panas! AS-Inggris Bombardir Yaman, 13 Lokasi Dirudal

Menurut pengumuman dari Komisi Eropa, BYD akan dikenakan tarif tambahan sebesar 17,4% di luar bea impor mobil sebesar 10% yang sudah ada di blok tersebut.

Beijing, yang memiliki ambisi besar terhadap industri kendaraan listriknya, mengancam akan membalas. Pada hari Senin, mereka mengumumkan penyelidikan anti-dumping terhadap impor daging babi dari Uni Eropa.

Reuters melaporkan bahwa investasi Berkshire di BYD adalah ide dari Charlie Munger, mendiang wakil ketua Berkshire.

Munger pernah mengatakan pada pertemuan tahunan perusahaan penerbitan dan perangkat lunak Daily Journal pada tahun 2023 bahwa investasi di BYD adalah salah satu langkah terbaik yang pernah dia lakukan untuk Berkshire.

Berkshire sebagian besar berinvestasi di Amerika Serikat. Buffett mengatakan pada pertemuan tahunan konglomerat yang berbasis di Omaha, Nebraska, bulan lalu bahwa mereka akan terus fokus pada investasi di Amerika Serikat, namun BYD adalah pengecualian.

"Charlie dua kali menegaskan kepada saya, 'Beli, beli, beli,'" kata Buffett kepada pemegang saham.

Dia menambahkan, "BYD adalah salah satunya, dan Costco adalah yang lainnya.... Dia benar di kedua perusahaan."

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik