Home Tips Investasi Keuangan Umum Apa Pengertian Likuiditas? Mari Cari Tahu Di Sini

Apa Pengertian Likuiditas? Mari Cari Tahu Di Sini

by HSB
0 comment

Apakah kamu tahu pengertian likuiditas? Pernahkah kamu mendengar kata likuiditas di dalam dunia investasi? Jika belum, maka kamu harus mempelajari terlebih dahulu apa itu likuiditas dan mengapa hal ini penting untuk diketahui.

Melalui artikel ini, kamu akan mempelajari informasi lengkap seputar likuiditas mulai dari pengertian, fungsi, manfaat, hingga cara mengukurnya. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini agar kamu dapat berinvestasi dengan tepat dan aman.

Apa Pengertian Likuiditas?

pengertian likuiditas

Apa yang dimaksud dengan likuiditas investasi? Likuiditas, diambil dari kata dasar likuid yang berarti cair, memiliki artian sebagai aset investasi yang mudah untuk diperjualbelikan.

Semakin tinggi tingkat likuiditas sebuah aset, maka akan semakin mudah untuk dijual. Sebaliknya jika tingkat likuiditas yang dimiliki suatu aset rendah, maka kamu akan kesulitan untuk melakukan penjualan.

Seperti apa contoh investasi dengan tingkat likuiditas yang tinggi? Instrumen investasi seperti emas, saham, reksadana, dan obligasi termasuk ke dalam jenis investasi yang mudah untuk dicairkan.

Baca juga: Investasi Emas atau Reksadana? Mana yang Lebih Untung?

Lalu, apakah investasi dengan tingkat likuiditas yang rendah berarti buruk atau tidak boleh dipilih? Kamu tentu saja dapat memilih investasi dengan likuiditas yang rendah, hanya saja proses jual beli tidak dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Contoh investasi dengan likuiditas yang rendah adalah properti seperti rumah, tanah, atau bangunan. Proses penjualan properti tentu memakan waktu yang lama. Meski demikian, properti tetap menjadi aset investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Baca juga: Keamanan, Likuiditas, Atau Pengembalian?

2 Fungsi Likuiditas

Fungsi Likuiditas

Likuiditas memiliki 2 fungsi utama yang perlu kamu pahami. Apa tujuan dan manfaat rasio likuiditas? 

Fungsi pertama dari likuiditas sebagai bahan pertimbangan sebelum kamu memilih suatu instrumen investasi. Kamu perlu melakukan berbagai pertimbangan terlebih dahulu sebelum berinvestasi.

Salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan yaitu tingkat likuiditas suatu saham. Kamu tentu ingin memilih likuiditas yang tinggi agar mudah untuk diperjualbelikan kapan pun dan di mana pun.

Fungsi lainnya dari likuiditas dapat dirasakan ketika kamu sedang berada di situasi darurat yang membutuhkan dana dalam waktu yang cepat. Oleh karenanya, kamu benar-benar harus memperkirakan tingkat likuiditas dari investasi yang akan dipilih.

Cara Mengukur Likuiditas 

Likuiditas setiap instrumen investasi pasti dapat diukur. Bagaimana cara mengukur likuiditas? Apakah ada rumus yang dapat digunakan untuk menghitung likuiditas?

Untuk mengukur likuiditas, ada 4 cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan melakukan berbagai macam perhitungan mulai dari biaya transaksi, volume, harga keseimbangan, dan sentimen pasar.

Dari keempat cara di atas, kamu dapat mempelajari perhitungan biaya transaksi terlebih dahulu sebagai seorang investor pemula.

Perhitungan biaya transaksi dapat dilakukan dengan melihat nilai spread, ask price, dan bid price. Apa arti dari masing-masing istilah tersebut?

Baca juga: Arti Base & Quote Currency, Harga Bid & Ask, Pip, Spread

Nilai spread merupakan perhitungan yang didapat dari kepopuleran suatu aset investasi di mata investor. Baik penjual dan pembeli sama-sama menginginkan aset tersebut di tingkatan harga yang sesuai dengan yang mereka mau.

Aset investasi yang likuid akan cenderung memiliki rata-rata harga yang dapat diprediksikan dan sesuai dengan yang diharapkan oleh investor. Oleh karena itu, nilai spread akan cenderung lebih rendah dan biaya transaksinya juga lebih kecil.

Apabila nilai spread investasi tinggi, berarti tingkat likuiditasnya rendah. Mengapa demikian? Nilai spread yang tinggi menandakan adanya perbedaan yang luas antara harga jual dan beli sehingga investor sulit untuk berinvestasi sesuai dengan harga yang mereka inginkan.

Istilah lainnya yang juga perlu kamu pahami yaitu ask price dan bid price. Ask price mengacu pada situasi di mana pembeli menempatkan atau menawar harga terendah dari suatu aset. Sebaliknya, bid price merupakan harga tertinggi yang dipasang oleh penjual.

Cara Mengukur Likuiditas 

Ketiga istilah di atas digunakan dalam rumus likuiditas untuk menghitung biaya transaksinya. Berikut ini rumus singkatnya:

S = AP – BP

S(%) = (AP-BP)/((AP+BP)/2)

 

Dari perhitungan rumus di atas, apabila hasil persentase yang didapatkan rendah, berarti aset investasi yang dihitung memiliki tingkat likuiditas yang tinggi. Sedangkan jika nilai spread yang didapat tinggi, hal tersebut menunjukkan bahwa aset investasi memiliki tingkat likuiditas yang rendah.

Manfaat Mengukur Likuiditas 

Melakukan perhitungan likuiditas memang sangat menyulitkan. Namun, kamu akan merasakan manfaat yang penting dari mengukur likuiditas.

Manfaat utama pengukuran likuiditas adalah untuk membantu kamu dalam menganalisa instrumen investasi yang ingin dibeli. Hasil pengukuran dengan menggunakan rumus likuiditas dapat memberikan data yang valid sehingga kamu dapat memilih instrumen investasi sesuai dengan yang dibutuhkan.

Jadi, sekarang kamu sudah memahami apa itu likuiditas dan juga fungsinya di dalam dunia investasi, bukan? Setelah mempelajari informasi di atas, kamu tentu sudah mengerti seberapa penting untuk mengukur likuiditas sebelum memilih instrumen investasi.

Selain itu, kamu juga harus sering mencari informasi terbaru seputar dunia investasi, terutama jika kamu memilih untuk berinvestasi di saham. Kamu perlu memantau pergerakan pasar secara rutin, bahkan setiap harinya untuk mengetahui waktu penjualan dan pembelian yang tepat.

Supaya tetap update dengan pergerakan pasar, kamu dapat menggunakan aplikasi HSB. Mengapa kamu harus menggunakan aplikasi kami?

HSB merupakan Broker Trading No. 1 di Indonesia dan sudah teregulasi BAPPEBTI. Informasi yang kamu dapatkan di dalam aplikasi kami akan ter-update secara realtime. Jadi kamu tidak akan ketinggalan informasi yang dibutuhkan.

Melalui aplikasi HSB, kamu juga dapat menggunakan layanan belajar trading pemula. Apabila kamu tertarik untuk melakukan trading, silakan gunakan aplikasi kami untuk menggali pengetahuan yang dibutuhkan. Download aplikasi HSB sekarang dan registrasikan akun investasimu sekarang juga!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288