Home Pengetahuan Keuangan 4 Cara Investasi Emas yang Aman dan Menguntungkan

4 Cara Investasi Emas yang Aman dan Menguntungkan

by HSB
0 comment

Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang dinilai menguntungkan dan tak lekang oleh zaman. Harga emas yang cenderung stabil dianggap bisa mengimbangi kenaikan inflasi yang terus meningkat setiap tahunnya. Bagaimana cara investasi emas yang aman dan menguntungkan bagi pemula? Mari cari tahu ulasan lengkapnya di bawah ini.

4 Cara Investasi Emas Yang Aman dan Menguntungkan

Investasi emas dapat menjadi pilihan investasi jangka panjang yang cenderung aman dan menguntungkan. Harganya yang selalu naik dan barangnya yang mudah dijual menjadikan emas sebagai produk investasi dan sumber dana darurat masa depan. Apakah kamu tertarik berinvestasi emas? Berikut cara aman investasi emas bagi pemula.

1. Persiapkan Rencana Investasi

Sebelum mulai investasi emas, pastikan kamu sudah menentukan rencana yang ingin dijalankan. Termasuk tujuan investasi dan kira-kira berapa lama kamu akan melikuidasi emas tersebut. Emas identik dengan investasi jangka panjang. Dalam hal ini, kamu bisa menentukan investasi emas untuk keperluan pendidikan, tabungan pernikahan, hingga investasi masa tua.

Jika sudah memiliki rencana investasi yang jelas, maka kamu bisa memperkirakan berapa besaran emas yang akan diinvestasikan setiap bulannya. Alhasil, tujuan investasi kamu jadi lebih terarah. 

2. Harga Emas Wajib Dipantau

Saat ini, memantau perkembangan harga emas cenderung mudah dilakukan, lantaran dapat dipantau melalui ponsel. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi trading dan investasi seperti HSB untuk mengetahui perkembangan harga emas terkini.

Mengapa harga emas perlu dipantau secara berkala? Meski emas termasuk jenis investasi yang nilainya cukup stabil, tetapi terkadang mengalami penurunan harga. Saat emas sedang turun, kamu bisa segera membelinya. Begitu pun sebaliknya, saat harga emas naik kamu bisa menjualnya. 

Namun, investasi emas sebaiknya dilakukan untuk investasi jangka panjang, misal untuk 5 – 10 tahun ke depan. Mengapa? Karena harga emas cenderung naik setiap tahunnya, sehingga kamu bisa menikmati keuntungan yang lebih besar pada 10 tahun berikutnya.

Baca juga: 5 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Cocok untuk Pemula

3. Jangan Beli Emas di Sembarang Tempat

Jangan Beli Emas di Sembarang Tempat

Cara investasi emas yang aman dan menguntungkan selanjutnya yaitu membeli emas di tempat yang tepercaya. Pastikan ada surat-surat dan sertifikat emas yang telah kamu beli. Pasalnya, ada beberapa penjual emas yang menyediakan logam mulia saja, tetapi tidak dengan sertifikatnya.

Salah satu rekomendasi tempat pembelian emas yang aman dan tepercaya yaitu aplikasi trading emas online HSB. Aplikasi ini telah teregulasi dengan BAPPEBTI dan proses transaksinya transparan. Kamu bisa mengunduh aplikasinya melalui App Store atau Play Store.

4. Simpan Emas Ditempat yang Aman

Apabila kamu membeli logam mulia secara fisik, maka kamu harus menyimpannya dengan baik dan benar. Jika disimpan di rumah, gunakan safety box supaya lebih aman. Selain itu, kamu bisa juga menyimpannya di Safe Deposit Box yang ditawarkan pihak bank. Seiring perkembangan teknologi digital, saat ini kamu bisa juga investasi emas tanpa memiliki fisiknya. Kamu bisa melakukan trading emas secara online melalui aplikasi HSB. . 

Berapa Modal Untuk Investasi Emas?

Modal pertama investasi emas sebenarnya tergantung dengan tujuan investasi atau disesuaikan dengan kebutuhan. Jika tujuan investasi kamu untuk kebutuhan pendidikan anak di masa depan, kamu bisa mulai investasi dengan nilai emas 1 gram. Selanjutnya, lakukan setoran rutin setiap bulannya supaya tabungan pendidikan anak makin banyak terkumpul.

Lain halnya jika kamu seorang pemula dan baru akan memulai investasi. Kamu bisa mulai dengan modal paling kecil sambil memahami alur investasi secara lebih mendalam. Jika sudah paham, kamu bisa menabung secara rutin untuk tujuan investasi jangka panjang.

Baca juga: Cara Menghitung Dana Pensiun yang Anda Perlukan

Berapa Lama Investasi Emas Dijalankan Agar Untung?

Berapa Lama Investasi Emas Dijalankan Agar Untung

Emas identik dengan investasi jangka panjang. Bila diukur menggunakan ukuran waktu, investasi emas akan untung setelah 3 – 10 tahun ke depan. Dalam rentang waktu ini, nilai emas yang kamu miliki akan naik signifikan, sehingga investasi emas akan terasa lebih menguntungkan.

Sebagai contoh, harga emas 10 tahun lalu pada tahun 2012 yaitu sekitar Rp500.000. Kemudian kamu membelinya untuk investasi. Lalu kamu menjualnya 10 tahun kemudian pada tahun 2022, nilainya meningkat signifikan jadi Rp1.000.000. Menguntungkan bukan?

Waktu yang diperlukan untuk mendapatkan keuntungan tersebut terbilang cukup lama. Oleh sebab itu, emas identik dengan investasi jangka panjang. Meski demikian, keuntungan yang kamu dapatkan tentunya sangat menarik. Bahkan kamu tidak perlu terlalu khawatir saat terjadi kenaikan inflasi, karena nilai emas juga akan ikut meningkat.

Baca juga: Macam Macam Trading, Pengertian dan Manfaatnya

Itu dia cara investasi emas yang aman dan menguntungkan, terutama bagi investor pemula. Untuk lebih memahami cara kerja investasi emas ini, kamu bisa melakukan simulasi terlebih dahulu melalui akun demo broker trading tepercaya seperti HSB.

Jika sudah cukup paham, kamu bisa langsung buka akun live dan mulai trading online. Selain trading emas, di HSB kamu bisa melakukan trading komoditas seperti perak dan minyak mentah. Harga komoditas tersebut akan selalu diperbaharui setiap harinya, sehingga kamu bisa memantaunya secara berkala.

HSB menyediakan spread rendah, sehingga kesempatan mendapat keuntungan lebih banyak dan trading jadi lebih menyenangkan. Sudah siap untuk trading? Download aplikasi HSB dan nikmati trading yang mudah dan transparan sekarang juga!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288