Home Tips Investasi Keuangan Umum Ketahui 4 Cara Beli Saham IPO dengan Mudah

Ketahui 4 Cara Beli Saham IPO dengan Mudah

by HSB
0 comment

Bagaimana cara beli saham IPO yang sesuai bagi investor pemula? Apakah kamu pernah mendengar tentang saham IPO?

IPO merupakan kepanjangan dari Initial Public Offering. Dari kepanjangannya, kamu dapat memahami bahwa saham yang ditawarkan kepada masyarakat luas, merupakan saham perdana yang dijual oleh suatu perusahaan.

Ingin tahu lebih jelasnya mengenai apa itu IPO dan contohnya? Kamu dapat langsung membaca informasi lengkap melalui pembahasan yang akan HSB sampaikan di bawah ini.

Apa Itu Saham IPO?

Apa Itu Saham IPO

Apakah kamu pernah mendengar istilah perusahaan terbuka dan perusahaan tertutup? Kedua istilah tersebut memiliki kaitan erat dengan saham IPO.

IPO merupakan sebutan bagi perusahaan tertutup yang bertransformasi menjadi perusahaan terbuka. Apa maksud dari kata tertutup dan terbuka ini?

Perusahaan tertutup ditujukan bagi perusahaan yang tidak menawarkan saham atau emiten kepada masyarakat luas. Sahamnya hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu, seperti keluarga, teman, atau kerabat.

Sebaliknya perusahaan terbuka merupakan perusahaan yang sahamnya diperjualbelikan kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, perusahaan yang semula memiliki saham tertutup lalu mulai dibuka kepada masyarakat luas disebut sebagai IPO.

Baca juga: Investor Pemula, Pahami Cara Menghitung ROE Ini!

Kamu juga perlu tahu bahwa ada beberapa perusahaan besar yang sudah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau bahkan merupakan pemain lama yang sering menawarkan saham IPO.

Biasanya dari berbagai macam saham yang mereka miliki, ada bagian saham yang ditawarkan kepada masyarakat luas dan ada yang tertutup.

Jadi, pengertian dari saham IPO adalah saham pertama yang ditawarkan kepada masyarakat luas. Seperti apa contoh dari saham IPO?

 Ada beberapa saham IPO terbaru yang saat ini berada di BEI yaitu PT Bank Central Asia Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, lalu ada juga PT Unilever Indonesia TBK, dan masih banyak lagi.

Kamu hanya perlu mengikuti berita terbaru yang ada di BEI untuk mencari tahu berita terbaru dari saham IPO.

Setelah memahami pengertian saham IPO, kamu mungkin memiliki pertanyaan mengenai berapa lama masa IPO? Seperti yang dijelaskan di atas, saham IPO merupakan saham perdana sehingga dapat dipastikan ada masa waktu penawaran yang diberikan kepada publik, bukan?

Untuk lama waktu penawaran saham IPO ini beragam, tergantung kepada keputusan perusahaan penyedia saham. Namun dapat diperkirakan batas penawaran saham IPO berlaku selama 1 hingga 5 hari kerja.

Saham IPO Menguntungkan Bagi Investor

Apakah Saham IPO Menguntungkan Bagi Investor?

Sebagai seorang investor, kamu pasti ingin mendapatkan keuntungan dari nilai saham yang telah dibeli. Lalu, apa untungnya beli saham IPO? Apakah semua saham IPO selalu naik? Baguskah beli saham IPO?

Sangat wajar apabila kamu memiliki beragam pertanyaan mengenai saham IPO karena saham ini tidak pernah diperjualbelikan kepada masyarakat umum. Kamu pasti ingin memastikan bahwa saham IPO ini aman untuk dibeli dan dapat berbuah pada masa yang akan mendatang.

Baca juga: Pengertian Saham Blue Chip

Saham IPO memberikan berbagai keuntungan jika kamu tertarik untuk menginvestasikan sejumlah dana ke sana. Salah satu keuntungan yang dapat kamu rasakan adalah harga saham ini stabil sehingga memiliki potensi untuk mendatangkan keuntungan 2x lipat dari harga pada hari pertama listing.

Keuntungan lainnya dari segi harga yaitu kamu sudah mendapatkan bocoran atau teaser mengenai harga listing saham IPO beberapa hari sebelumnya. Jadi, kamu sudah dapat menyiapkan dana untuk membeli saham tersebut.

Pada masa yang akan mendatang, harga saham IPO akan mengalami kenaikan dan kamu dapat melakukan penjualan saham ini dengan cepat. Sama seperti proses jual beli saham pada umumnya.

Kamu tidak perlu khawatir jika saham IPO memiliki peminat yang sedikit. Faktanya, banyak investor yang tertarik dengan saham IPO, terutama jika perusahaan tersebut memiliki kondisi finansial yang sangat baik dan terus berkembang di pasar.

Cara Beli Saham IPO

Bagaimana Cara Beli Saham IPO dengan Mudah?

Setelah memahami pengertian dan keuntungannya, sekarang kamu pasti ingin tahu cara membeli saham IPO dengan mudah, bukan? Kamu dapat mengikuti tipnya berikut ini:

  1. Cari berita terbaru mengenai saham IPO yang akan listing, lalu buat akun kamu di BEI. Kamu perlu meregistrasikan data diri dengan lengkap sebagai seorang investor.
  2. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi oleh broker atau sekuritas. Apabila sudah melakukan verifikasi, baru kamu dapat melakukan pemesanan saham IPO.
  3. Kamu sudah dapat melakukan pembelian saham IPO. Lalu, berapa minimal pemesanan saham IPO yang dibeli? Tidak ada batasan minimal yang ditentukan sehingga kamu dapat membeli sebanyak apapun saham IPO yang dibutuhkan.
  4. Setelah melakukan pemesanan, kamu bisa langsung melanjutkan ke proses pembayaran. Kamu pun berhasil melakukan pembelian saham IPO.

 

Sangat mudah sekali bukan cara untuk membeli saham IPO? Apakah kamu tertarik untuk membeli saham IPO setelah memahami informasi di atas? Kamu cukup mengikuti panduan yang telah kami sampaikan untuk mendapatkan saham IPO yang sesuai dengan kebutuhan.

Apabila kamu membutuhkan broker untuk melakukan pemesanan saham IPO kamu dapat langsung menghubungi HSB atau mengunduh aplikasi kami. Siapa itu HSB?

HSB merupakan Broker Trading No. 1 di Indonesia dan sudah teregulasi BAPPEBTI. Kamu dapat menggunakan jasa kami untuk membeli saham IPO yang diinginkan.

Selain itu, di dalam aplikasi HSB, kamu bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai saham IPO dan pergerakan harga pasar secara real-time. Kamu akan diarahkan untuk menjadi investor trading saham yang andal. Yuk, langsung saja download aplikasi HSB sekarang dan registrasikan akun investasimu sekarang juga!***

You may also like

Leave a Comment