Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Ketahui Cara Beli Saham IPO dengan Mudah

Berinvestasi dalam saham IPO dapat menjadi peluang menarik bagi investor untuk masuk ke perusahaan baru yang berpotensi menguntungkan. Namun, membeli saham IPO bisa menjadi proses yang kompleks dan kompetitif, membutuhkan penelitian dan persiapan yang cermat. 

Panduan ini akan memandu Sobat Trader melalui langkah-langkah cara membeli saham IPO. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat membuat keputusan yang baik dan berpotensi menuai hasil dari berinvestasi di perusahaan baru yang menjanjikan.

[lwptoc]

Apa Itu Saham IPO?

Apa Itu Saham IPO

Saham IPO (Initial Public Offering) adalah saham suatu perusahaan yang ditawarkan kepada publik untuk pertama kali. Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk go public, ia menerbitkan sejumlah saham yang tersedia untuk dibeli oleh publik. IPO umumnya menarik bagi investor karena menawarkan potensi keuntungan yang signifikan dalam waktu singkat.

 

Cara Membeli Saham IPO

Setelah memahami pengertian, sekarang kamu pasti bertanya-tanya, gimana sih cara membeli saham IPO? Nah, jika Sobat Trader ingin membeli saham IPO, berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan.

  • Cari tahu perusahaan mana yang sedang melakukan IPO

Sobat Trader dapat menemukan informasi ini dari berbagai sumber, seperti situs web keuangan, portal berita atau sumber daya keuangan tepercaya.

  • Cari informasi tentang perusahaan

Sebelum membeli saham IPO, pastikan untuk melakukan penelitian tentang perusahaan yang sedang melakukan IPO. Pelajari sebanyak mungkin tentang model bisnisnya, kinerja keuangan terbaru, persaingan, dan rencana masa depan. 

Pastikan juga untuk mengevaluasi risiko investasi sebelum membuat keputusan.

  • Buka akun perdagangan saham

Sobat Trader harus memiliki akun perdagangan saham yang aktif untuk dapat membeli saham IPO. Buka akun perdagangan saham dengan perusahaan sekuritas terkemuka atau broker saham yang dapat membantumu dalam melakukan transaksi.

  • Lakukan pemesanan

Setelah melakukan penelitian dan membuka akun perdagangan saham, saatnya untuk memesan saham IPO. Buka platform perdagangan saham dan pilih saham IPO yang ingin Sobat Trader beli. Kemudian, masukkan jumlah saham yang ingin dibeli dan harga yang ingin dibayar.

  • Konfirmasi pesanan

Setelah memesan saham, pastikan untuk memeriksa pesanan dan mengonfirmasinya. Kamu akan menerima konfirmasi pesanan melalui email atau pesan teks dari perusahaan sekuritas atau broker saham.

  • Tunggu penawaran publik

Setelah pesanan dikonfirmasi, tunggu sampai penawaran publik dimulai. Setelah penawaran publik dimulai, saham IPO akan diperdagangkan di pasar saham terbuka. Pada titik ini, kamu akan dapat membeli saham IPO seperti saham biasa.

Pastikan untuk mempertimbangkan risiko investasi sebelum membeli saham IPO. Jangan ragu untuk meminta saran dari profesional keuangan jika kamu merasa perlu.

 

Cara Membeli Saham E-IPO

Cara Membeli Saham E-IPO

Selain cara di atas, saat ini, BEI berupaya untuk memudahkan investor yang ingin membeli saham IPO. Salah satunya dengan meluncurkan platform digital e-IPO. Namun, anda perlu tahu bahwa ada perbedaan IPO dan e-IPO dalam proses pembelian saham. Platform digital ini dapat membantu investor untuk membeli saham yang ditawarkan dalam Initial Public Offering atau IPO secara online.

Berikut ini merupakan langkah-langkah membeli saham e-IPO:

  1. Masuk ke situs https://e-ipo.co.id
  2. Registrasikan dirimu dengan menglik menu “Register” di sebelah kanan atas dan mengisi data diri dengan lengkap
  3. Lakukan autentikasi dengan klik tautan yang dikirim melalui email
  4. Investor akan diminta menambah broker dengan klik “+Broker”
  5. Pilih broker yang hendak kamu gunakan
  6. Umumnya, akan ada verifikasi oleh broker yang bersangkutan terlebih dahulu atas informasi nasabah.
  7. Pilih saham e-IPO yang ingin dipesan
  8. Isi formulir pemesanan saham e-IPO
  9. Sediakan dana di rekening dana nasabah (RDN)
  10. Dapatkan hasil penjatahan atas pemesanan saham IPO di menu “History”

Tips Membeli Saham IPO dengan Mudah

Nah, untuk membeli saham IPO dengan mudah, kamu dapat mengikuti tipnya berikut ini.

  1. Cari berita terbaru mengenai saham IPO yang akan listing, lalu buat akun di BEI. Kamu perlu meregistrasikan data diri dengan lengkap sebagai seorang investor.
  2. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi oleh broker atau sekuritas. Apabila sudah melakukan verifikasi, baru kamu dapat melakukan pemesanan saham IPO.
  3. Kamu sudah dapat melakukan pembelian saham IPO. Lalu, berapa minimal pemesanan saham IPO yang dibeli? Tidak ada batasan minimal yang ditentukan sehingga kamu dapat membeli sebanyak apapun saham IPO yang dibutuhkan.
  4. Setelah melakukan pemesanan, kamu bisa langsung melanjutkan ke proses pembayaran. Kamu pun berhasil melakukan pembelian saham IPO.

Apakah Saham IPO Menguntungkan Bagi Investor?

Apakah Saham IPO Menguntungkan Bagi Investor

Sebagai seorang investor, kamu pasti ingin mendapatkan keuntungan dari nilai saham yang telah dibeli. Lalu, apa untungnya beli saham IPO? Apakah semua saham IPO selalu naik? Baguskah beli saham IPO?

Sangat wajar apabila kamu memiliki beragam pertanyaan mengenai saham IPO karena saham ini tidak pernah diperjualbelikan kepada masyarakat umum. Kamu pasti ingin memastikan bahwa saham IPO ini aman untuk dibeli dan dapat berbuah pada masa yang akan mendatang.

Saham IPO memberikan berbagai keuntungan jika kamu tertarik untuk menginvestasikan sejumlah dana ke sana. Salah satu keuntungan yang dapat kamu rasakan adalah harga saham ini stabil sehingga memiliki potensi untuk mendatangkan keuntungan 2x lipat dari harga pada hari pertama listing.

Keuntungan lainnya dari segi harga, yaitu kamu sudah mendapatkan bocoran atau teaser mengenai harga listing saham IPO beberapa hari sebelumnya. Jadi, kamu sudah dapat menyiapkan dana untuk membeli saham tersebut.

Pada masa yang akan datang, harga saham IPO akan mengalami kenaikan dan kamu dapat melakukan penjualan saham ini dengan cepat. Sama seperti proses jual beli saham pada umumnya.

Kamu tidak perlu khawatir jika saham IPO memiliki peminat yang sedikit. Faktanya, banyak investor yang tertarik dengan saham IPO, terutama jika perusahaan tersebut memiliki kondisi finansial yang sangat baik dan terus berkembang di pasar.

Itulah penjelasan mengenai cara membeli saham IPO. Apabila kamu membutuhkan broker untuk melakukan pemesanan saham IPO, kamu dapat langsung menghubungi HSB atau mengunduh aplikasi kami. Siapa itu HSB?

HSB merupakan Broker Trading No. 1 di Indonesia dan sudah teregulasi BAPPEBTI. Kamu dapat menggunakan jasa kami untuk membeli saham IPO yang diinginkan.

Selain itu, di dalam aplikasi HSB, kamu bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai saham IPO dan pergerakan harga pasar secara real-time. Kamu akan diarahkan untuk menjadi investor trading saham yang andal. Yuk, langsung saja download aplikasi HSB dan registrasi akun investasimu sekarang juga!***

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik