Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Memahami Trading Halt dan Dampaknya Bagi Trader

Trading halt adalah kondisi di mana perdagangan saham dibekukan secara sementara, biasanya terjadi ketika pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menuju penurunan hingga batas tertentu atau karena alasan khusus lainnya. 

Istilah ini mungkin terdengar asing bagi investor pemula yang belum akrab dengan situasi semacam ini, karena kejadian trading halt jarang terjadi. Kebijakan pembekuan perdagangan saham ini diterapkan dengan tujuan menangani kondisi darurat dan menjaga agar proses jual-beli serta tetap teratur pada harga wajar saham, dan efisien. 

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kondisi trading halt, mari kita eksplorasi uraian lengkapnya untuk navigasi pasar saham di bawah ini.

Pengertian Trading Halt

Trading halt merupakan keadaan di mana perdagangan suatu saham atau instrumen keuangan lainnya dihentikan sementara waktu oleh bursa efek atau otoritas pasar modal lainnya. Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan kesempatan bagi investor untuk mengevaluasi dan merespons kondisi yang memengaruhi harga saham atau instrumen keuangan lainnya.

Kondisi trading halt terjadi atas beberapa alasan, seperti pengumuman penting dari perusahaan yang berkaitan dengan kinerja keuangannya, pengumuman merger atau akuisisi, perubahan regulasi, penurunan IHSG, atau peristiwa eksternal yang signifikan seperti bencana alam atau peristiwa politik yang signifikan.

Perdagangan yang diberhentikan sementara waktu akibat penurunan IHSG dijelaskan dalam Surat Perintah Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 2A Otoritas Jasa Keuangan Nomor S-274/PM.21/2020 tanggal 10 Maret 2020 tentang Perintah Melakukan Trading Halt Perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Dalam Kondisi Pasar Modal Mengalami Tekanan.

Di dalam surat perintah tersebut dijelaskan, apabila terjadi penurunan yang sangat tajam atas IHSG dalam 1 (satu) hari bursa yang sama, maka bursa melakukan tindakan sebagai berikut:

  • Penghentian sementara perdagangan saham selama 30 menit apabila IHSG mengalami penurunan hingga lebih dari 5%.
  • Penghentian sementara perdagangan saham selama 30 menit apabila IHSG mengalami penurunan lanjutan hingga lebih dari 10%.
  • Trading suspended apabila IHSG mengalami penurunan lanjutan hingga 15%. Trading suspend dapat berlangsung hingga akhir sesi perdagangan setelah mendapat persetujuan atau perintah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selama periode trading halt, perdagangan saham atau instrumen keuangan lainnya dihentikan dan investor tidak dapat membeli atau menjual saham atau instrumen keuangan lainnya. Setelah periode trading halt berakhir, perdagangan akan dibuka kembali dengan harga yang mungkin berbeda dari harga sebelum trading halt dimulai.

Perlu diingat bahwa trading halt bukan hal yang biasa terjadi dan sebagian besar waktu perdagangan pasar berjalan normal tanpa gangguan seperti itu. Namun, ketika trading halt terjadi, ini dapat memengaruhi nilai saham atau instrumen keuangan lainnya secara signifikan, tergantung pada alasan di balik trading halt tersebut.

dampak trading halt bagi trader

Dampak Trading Halt bagi Trader

Trading halt adalah kebijakan yang dilakukan untuk mengatasi kondisi penurunan pasar yang sangat tajam. Ini dilakukan agar tidak terjadi kepanikan luar biasa pada trader. Berikut ini dampak yang akan diterima trader saat kondisi trading halt terjadi.

Baca Juga:  Potensi Profit Optimal dalam Trading Limit Saham

1. Kehilangan Kesempatan untuk Melakukan Perdagangan 

Saat trading halt terjadi, trader tidak dapat melakukan perdagangan pada saham atau instrumen keuangan lainnya yang terkena dampak. Hal ini dapat membuat trader kehilangan kesempatan untuk mengambil keuntungan dari pergerakan pasar yang signifikan, baik itu naik atau turun. Meski demikian, trading halt berfungsi juga untuk meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi apabila perdagangan tidak dibekukan sementara. 

2. Risiko Likuiditas 

Trading halt dapat memengaruhi likuiditas saham atau instrumen keuangan lainnya. Ketika perdagangan dibuka kembali setelah trading halt, volume perdagangan menjadi sangat tinggi, terutama jika ada banyak trader yang ingin membeli atau menjual saham dan instrumen keuangan tersebut. Kondisi ini membuat trader sulit untuk memperoleh harga yang diinginkan. Bahkan trader mengalami kesulitan untuk menjual saham atau instrumen keuangan lainnya. 

3. Risiko Harga

Ketika perdagangan dibuka kembali setelah trading halt, harga saham atau instrumen keuangan lainnya mungkin berbeda dari harga sebelum trading halt dimulai. Harga dapat naik atau turun secara signifikan, tergantung alasan di balik terjadinya trading halt tersebut. Dalam kondisi ini, trader akan mengalami kerugian karena memegang posisi saham atau instrumen keuangan lainnya sebelum trading halt terjadi. 

4. Kekhawatiran dan Ketidakpastian

Trading halt dapat menimbulkan kekhawatiran dan ketidakpastian di antara trader, terutama jika trading halt terjadi karena peristiwa yang tidak terduga seperti bencana alam atau peristiwa politik. Hal ini membuat trader merasa kesulitan untuk membuat keputusan investasi yang tepat dan bijaksana. Semua investor tentu tidak ingin mengalami kerugian, tetapi dalam kondisi ini trader perlu mengambil keputusan yang bijak.

5. Ketergantungan pada Informasi

Setelah trading halt, trader harus bergantung pada informasi yang tersedia untuk membuat keputusan investasi. Informasi yang diterima selama trading halt mungkin signifikan dan dapat memengaruhi nilai saham atau instrumen keuangan lainnya. 

Trader harus mempertimbangkan informasi tersebut sebelum membuat keputusan investasi. Namun, informasi tersebut mungkin tidak lengkap atau tidak sepenuhnya akurat, sehingga trader harus berhati-hati dalam membuat keputusan investasi.

manfaat trading halt bagi investor

Manfaat Trading Halt bagi Investor

Trading halt adalah kebijakan yang diterapkan oleh bursa saham untuk memberhentikan sementara perdagangan saham suatu perusahaan. Meskipun terdengar sebagai situasi yang merugikan, trading halt sebenarnya dapat memberikan sejumlah manfaat bagi investor. Berikut adalah beberapa manfaat trading halt bagi investor:

1. Melindungi Investor dari Volatilitas Ekstrim

Saat Trading halt dapat diaktifkan ketika terjadi pergerakan harga yang sangat ekstrim atau volatilitas pasar yang tidak stabil. Hal ini bertujuan untuk melindungi investor dari risiko kerugian yang tidak terkendali. Dengan memberhentikan perdagangan sementara, investor memiliki waktu untuk mengevaluasi situasi dan membuat keputusan yang lebih terinformasi.

Baca Juga:  Tutorial Lengkap Mengidentifikasi Pola Chart di TradingView

2. Memberikan Waktu untuk Menyelidiki Informasi Penting

Ketika Trading halt dapat diberlakukan jika ada informasi penting atau peristiwa yang dapat berdampak signifikan terhadap nilai saham, tetapi informasi tersebut belum sepenuhnya diungkapkan. Investor dapat menggunakan periode trading halt untuk menyelidiki dan memahami informasi yang mungkin dapat mempengaruhi keputusan investasi mereka.

3. Mencegah Panic Selling

Dalam situasi ketidakpastian atau berita mendadak yang dapat memicu panic selling, trading halt dapat memberikan waktu bagi investor untuk tenang dan mencegah reaksi pasar yang berlebihan. Ini membantu menjaga stabilitas pasar dan mencegah terjadinya penurunan harga yang tidak rasional.

4. Menjaga Keseimbangan Pasar

Pada Trading halt membantu menjaga keseimbangan pasar dengan memberikan waktu bagi investor untuk menilai informasi dan merespons dengan bijak. Hal ini mencegah terjadinya transaksi impulsif yang dapat mengganggu keseimbangan antara penawaran dan permintaan.

5. Memberikan Kesempatan untuk Komunikasi

Selama periode trading halt, perusahaan dapat menggunakan waktu ini untuk berkomunikasi dengan investor dan memberikan penjelasan lebih lanjut tentang situasi atau informasi yang mendasari keputusan trading halt. Ini membuka peluang untuk meningkatkan transparansi dan kepercayaan investor.

6. Menghindari Eksploitasi Pasar

Trading halt dapat menghindari eksploitasi pasar atau tindakan manipulatif yang dapat terjadi ketika informasi signifikan belum sepenuhnya diakui oleh semua pihak. Dengan memberhentikan perdagangan, semua investor memiliki akses yang setara terhadap informasi yang relevan.

Meskipun trading halt dapat menyebabkan ketidaknyamanan sementara bagi investor, mereka dirancang untuk memberikan perlindungan dan kejelasan di tengah situasi pasar yang tidak stabil. Dalam jangka panjang, trading halt dapat membantu menjaga integritas pasar dan memberikan investor kepercayaan bahwa mereka beroperasi dalam lingkungan yang adil dan teratur.

sekelompok orang sedang berdiskusi soal fenomena trading halt

Contoh Fenomena Trading Halt

Alibaba Group adalah perusahaan e-commerce terkemuka yang terdaftar di bursa saham. Saham perusahaan ini diperdagangkan dengan volume tinggi, dan investor mengikuti perkembangan perusahaan ini dengan cermat. Suatu hari, Alibaba Group mengumumkan bahwa platform e-commerce utamanya mengalami gangguan teknis yang signifikan. Perusahaan juga menyampaikan bahwa dampak masalah ini diperkirakan akan berpengaruh besar pada pendapatan dan laba perusahaan.

Reaksi pasar terhadap pengumuman ini sangat cepat. Harga saham Alibaba mulai anjlok secara drastis karena investor menjual saham mereka dalam jumlah besar sebagai respons terhadap informasi yang tidak diantisipasi ini. Para investor panik, dan volatilitas pasar meningkat secara signifikan.

Melihat situasi ini, bursa saham di mana saham Alibaba terdaftar mengambil keputusan untuk menerapkan trading halt. Trading halt ini diberlakukan untuk memberikan waktu kepada investor untuk meresapi informasi yang baru saja diumumkan dan mencegah terjadinya penjualan panik yang dapat merugikan banyak pihak.

Selama periode trading halt, para regulator bursa dan perusahaan bekerja sama untuk memberikan klarifikasi lebih lanjut mengenai masalah teknis yang dihadapi platform e-commerce Alibaba dan langkah-langkah yang akan diambil oleh perusahaan untuk mengatasinya. Investor memiliki waktu untuk mengevaluasi dampak potensial pada kinerja keuangan perusahaan dan membuat keputusan investasi berdasarkan informasi yang lebih lengkap.

Baca Juga:  HAKA Saham : Pengertian Hingga Manfaatnya

Setelah periode trading halt berakhir, perdagangan saham Alibaba dibuka kembali. Meskipun harga saham mungkin tetap turun akibat informasi tersebut, pengenalan trading halt membantu mengurangi volatilitas ekstrem dan memberikan peluang bagi investor untuk merespon dengan lebih bijak terhadap peristiwa tersebut.

Trading halt adalah kondisi yang jarang terjadi, tetapi kamu harus tetap mempersiapkan diri agar bisa mengambil keputusan investasi dengan lebih bijak. Keputusan investasi dalam kondisi ini akan berpengaruh pada keuntungan dan kerugian yang akan kamu terima. 

pelajari cara kerja leverage secara mendalam dan tidak mengalami salah perhitungan

Investasi Saham saat Trading Halt Tanpa Risiko!

Dengan memahami trading halt, investor dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dan strategis dalam dunia investasi. Namun, penting untuk selalu menggabungkan analisis ini dengan pemahaman menyeluruh tentang perusahaan, kondisi pasar, dan faktor-faktor industri yang relevan untuk membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan cermat.

Membahas pengaruh trading halt dalam trading saham tidak hanya memberikan pemahaman mendalam tentang konsep keuangan, tetapi juga menyoroti kepentingan mendalamnya dalam mengasah kemampuan trading. 

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan akun demo trading HSB yang bisa menjadi wadah mempraktikkan skill trading tanpa harus menghadapi risiko kehilangan uang sungguhan. 

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. 

Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “The Most Improved Broker 2023” dari ICDX. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
  4. Dan mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik