Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
5 Macam Cara Hitung Expected Return Portofolio Saham

Menginvestasikan dana kedalam saham dapat menjadi strategi yang efektif untuk merancang pertumbuhan portofolio jangka panjang. Meskipun demikian, mempertimbangkan sifat dinamis dan risiko tinggi investasi saham, penting bagi para investor untuk memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip fundamental berinvestasi. Hal ini menjadi kunci utama, terutama ketika melakukan estimasi terhadap pengembalian yang diharapkan dari portofolio mereka.

Untuk merumuskan ekspektasi pengembalian portofolio, para investor harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang riwayat pengembalian saham, persentase keikutsertaan tiap saham dalam portofolio, serta aplikasi formula yang akurat. HSB akan menyajikan panduan mendalam mengenai prosedur kalkulasi expected rate of return portofolio saham. Pastikan Kamu mengikuti panduan ini hingga selesai.

seseorang sedang mencari tahu apa itu expected return

Apa Itu Expected Return Portofolio?

Expected return portofolio adalah tingkat pengembalian rata-rata yang diharapkan dari sekelompok saham yang tergabung dalam suatu kepemilikan saham. Portofolio saham dapat terdiri dari saham dari berbagai perusahaan yang berbeda. 

Setiap saham memiliki risiko dan tingkat pengembalian yang berbeda sehingga dengan menggabungkan beberapa saham ke dalam portofolio, investor dapat meminimalkan risiko dan mencapai pengembalian yang lebih stabil dan diharapkan. 

Expected return portofolio adalah pengukuran yang penting bagi investor karena dapat memberikan gambaran tentang pengembalian yang diharapkan dari investasi mereka dan membantu dalam pengambilan keputusan investasi. 

Selain itu, menghitung expected return dapat membantu investor untuk merencanakan investasi jangka panjang dengan lebih baik. Misalnya, jika investor memerlukan jumlah dana tertentu pada masa depan, mereka dapat memilih investasi yang memberikan expected return yang sesuai dengan tujuan keuangan mereka.

Untuk menghitung expected return portofolio, investor harus memperhitungkan berbagai faktor seperti pengembalian historis saham dan faktor risiko meliputi fluktuasi pasar, mata uang, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi pasar. 

Sebagai contoh, seorang investor yang mencari pendapatan keuntungan yang lebih stabil mungkin memilih portofolio dengan saham dari perusahaan-perusahaan besar dan mapan. Sementara investor yang mencari keuntungan yang lebih tinggi mungkin memilih portofolio dengan saham dari perusahaan-perusahaan yang lebih kecil dengan potensi pertumbuhan yang lebih tinggi. 

Dalam semua kasus, investor harus menghitung expected return portofolio untuk memastikan bahwa mereka membuat keputusan investasi yang tepat.

pria sedang menghitung expected return portofolio saham

Cara Menghitung Expected Return Portofolio Saham

Untuk menghitung expected return portofolio saham, terdapat beberapa langkah yang harus diikuti. Berikut ini adalah beberapa cara menghitung expected return portofolio saham yang sebaiknya kamu ketahui:

Baca Juga:  15 Pertanyaan Tentang Investasi Versi Trader

1. Menghitung Tingkat Pengembalian Historis Saham

Pertama-tama, investor harus mengumpulkan data mengenai pengembalian historis setiap saham dalam portofolio. Data pengembalian dapat diperoleh melalui berbagai sumber seperti situs web keuangan atau broker saham. 

Pengembalian historis saham dihitung dengan membandingkan harga pembelian dengan harga penjualan, ditambah dengan pembayaran dividen atau imbalan lain yang diterima oleh investor selama periode waktu tertentu. 

Setelah pengembalian historis dari setiap saham dalam portofolio dihitung, investor dapat menghitung rata-rata pengembalian dari setiap saham. Rata-rata pengembalian inilah yang akan digunakan untuk menghitung expected return portofolio.

2. Menghitung Proporsi Setiap Saham dalam Portofolio

Setelah tingkat pengembalian historis saham dihitung, investor harus menghitung proporsi setiap saham dalam portofolio. Proporsi saham dapat dihitung dengan membagi nilai pasar dari setiap saham dengan nilai pasar keseluruhan dari seluruh saham dalam portofolio. 

Misalnya, jika investor memiliki dua saham dalam portofolio, dan masing-masing saham memiliki nilai pasar $10.000 dan $20.000, maka nilai pasar keseluruhan portofolio adalah $30.000. Dalam hal ini, proporsi setiap saham dalam portofolio akan dihitung sebagai berikut:

  • Proporsi saham 1 = nilai pasar saham 1 nilai pasar saham keseluruhan portofolio

     Proporsi saham 1 = $10.000$30.000 

     Proporsi saham 1 = 13 atau sekitar 0,33

  • Proporsi saham 2 = nilai pasar saham 2 nilai pasar saham keseluruhan portofolio 

     Proporsi saham 2 = $20.000$30.000 

     Proporsi saham 2 = 23 atau sekitar 0,67

Dalam hal ini, investor memiliki 33% dari saham 1 dan 67% dari saham 2 dalam portofolio mereka.

3. Menghitung Expected Return Portofolio

Setelah tingkat pengembalian historis saham dan proporsi setiap saham dalam portofolio dihitung, investor dapat menghitung expected return portofolio yang dihitung dengan mengalikan tingkat pengembalian historis dari setiap saham dengan proporsi saham dalam portofolio, kemudian menjumlahkan hasilnya. Secara matematis, formula untuk menghitung expected return portofolio adalah sebagai berikut:

Expected Return Portofolio = Σ (Tingkat Pengembalian Historis Saham x Proporsi Saham dalam Portofolio)

Misalnya, jika investor memiliki dua saham dalam portofolio, dan tingkat pengembalian historis dari saham 1 adalah 10%, sedangkan tingkat pengembalian historis dari saham 2 adalah 15%, dan proporsi setiap saham dalam portofolio adalah 33% dan 67% seperti pada contoh sebelumnya, maka expected return portofolio dapat dihitung sebagai berikut:

Baca Juga:  Membangun Keberlanjutan Energi, Gas Alam Aljazair

Expected Return Portofolio = (0,10 x 0,33) + (0,15 x 0,67) 

ExpectedReturn Portofolio = 0,0485 atau sekitar 4,85%

Dalam hal ini, investor dapat mengharapkan pengembalian portofolio sebesar 4,85%. Angka ini dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan investasi selanjutnya. Tentu saja, perlu diingat bahwa expected return portofolio hanyalah proyeksi pengembalian dan tidak menjamin hasil yang pasti. 

menghitung rate of return dengan model penilaian modal aset

4. Menggunakan Model Penilaian Aset Modal (CAPM)

Model Penilaian Aset Modal (Capital Asset Pricing Model, CAPM) adalah metode lain yang sering digunakan untuk mengestimasi expected return dari portofolio. Rumus dasar CAPM adalah:

Expected Return =Risk-Free Rate + β ×(Expected Market Return−Risk-Free Rate) 

Di mana:

- Risk-Free Rate adalah tingkat pengembalian dari investasi tanpa risiko, seperti Treasury Bills.

- Beta adalah ukuran volatilitas saham atau portofolio dibandingkan dengan pasar keseluruhan.

- Expected Market Return adalah rata-rata pengembalian yang diharapkan dari pasar.

Investor perlu menghitung beta untuk setiap saham dalam portofolio mereka dan kemudian menghitung weighted average beta untuk portofolio. Expected return portofolio kemudian dihitung dengan memasukkan beta portofolio dan expected market return ke dalam rumus CAPM.

5. Pendekatan Simulasi Monte Carlo

Metode simulasi Monte Carlo dapat digunakan untuk mengestimasi expected return portofolio saham dengan mensimulasikan berbagai skenario pasar berdasarkan distribusi pengembalian historis dan volatilitas saham. Ini dilakukan dengan cara berikut:

- Menghasilkan serangkaian pengembalian hipotetis saham untuk periode waktu yang akan datang berdasarkan data historis.

- Menghitung pengembalian portofolio untuk setiap skenario dengan memberikan bobot yang sesuai untuk setiap saham dalam portofolio.

- Mengulangi proses tersebut berkali-kali (misalnya, 10.000 kali) untuk mendapatkan distribusi pengembalian portofolio yang diharapkan.

Dengan menggunakan hasil simulasi ini, investor dapat memperoleh expected return portofolio saham dan juga memahami distribusi potensial dari pengembalian tersebut, yang membantu dalam mengukur risiko.

Pengembalian yang sebenarnya dapat berbeda dari expected return portofolio karena faktor-faktor seperti perubahan kondisi pasar atau peristiwa tak terduga yang dapat memengaruhi harga saham. Oleh karena itu, investor perlu mempertimbangkan risiko dan melakukan diversifikasi portofolio untuk meminimalkan risiko dan mencapai hasil investasi yang optimal.

Baca Juga:  Berikut 5 Jenis Obligasi Floating Rate

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Ingin Trading Tanpa Risiko? Coba Akun Demo HSB!

Sekian penjelasan lengkap tentang Cara Menghitung Expected Return. Jika kamu bisa memahami dengan baik itu akan sangat membantu aktivitas investasi kamu. Ingatlah untuk selalu memadukan analisis teknikal dengan manajemen risiko yang baik. Dan jika kamu ingin mengasah kemampuan trading kamu tanpa risiko, jangan ragu untuk mencoba trading di akun demo HSB Investasi.

"Lalu, bagaimana caranya?" 

Sederhana! Kamu hanya perlu mendaftarkan diri di akun demo HSB dengan nomor handphone dan email pribadi. Setelah pendaftaran selesai, akun demo akan siap untuk digunakan. Mulailah belajar memahami berbagai teknik analisis, seperti menentukan titik support dan resistance, merancang strategi, hingga eksplorasi berbagai indikator.

HSB Investasi menawarkan 4 kategori produk untuk diperdagangkan, yakni 17 forex pair, 5 indeks, 3 jenis komoditas, dan 20 saham Perusahaan Amerika Serikat. Dan yang terpenting, keamanan bertransaksi di HSB Investasi terjamin dengan lisensi dan pengawasan dari BAPPEBTI dan ICH.

HSB Investasi juga memiliki keunggulan dengan sistem trading berbasis MetaTrader 5. Dengan ini, trader dapat menikmati keleluasaan dalam bertransaksi, analisa teknikal mendalam dengan 38 indikator tersedia, fitur copy trading, serta algoritma trading dari MetaTrader 5 yang mampu memberikan rekomendasi cerdas.

Mengapa menunda? Unduh aplikasi HSB Investasi sekarang, rasakan berbagai keunggulan yang ditawarkan, dan jangan lewatkan untuk mengisi deposit di HSB Investasi. Rasakan sensasi trading yang lebih praktis, cepat, dan efektif. Ambil peluangmu di panggung pasar keuangan internasional bersama HSB Investasi. Daftarkan dirimu ke akun live, mulai trading, dan raih tujuan finansialmu.***

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Bagaimana cara menghitung expected return?

Rumus mengitung return ini pada dasarnya hanya mengalikan bobot masing-masing asset dalam portofolio dengan return yang diharapkan, kemudian menambahkan semua angka tersebut.

Apa itu expected return portofolio?

Return ekspektasi portofolio (portfolio expected return) adalah rata rata tertimbang dari return ekspektasi tiap sekuritas di dalam portofolio.

Bagaimana cara menentukan portofolio yang efisien?

Portofolio dikatakan efisien jika portofolio tersebut memenuhi kondisi yaitu memberikan risiko terkecil dengan expected return yang sama, atau Memberikan expected return terbesar dengan risiko yang sama.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik