Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Mengenal Pola Morning Star Candle dan Evening Star Candle

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan profit dari trading, yaitu dengan proses analisa pola-pola candlestick yang memperlihatkan pergerakan harga di pasaran. Terdapat 2 jenis pola candlestick yang populer digunakan para trader dalam investasi dan trading, yaitu Morning Star Candle dan Evening Star Candle.

Dalam artikel ini, Sobat Trader akan mendapatkan informasi seputar candlestick Morning Star dan juga Pola Evening Star Candle yang banyak dikenal oleh trader dunia. Kamu perlu memahami pergerakan pola ini karena bisa menjadi sinyal terjadinya perubahan tren di pasaran. Simak penjelasannya berikut ini ya Sobat Trader.

[lwptoc]

Apa Itu Morning Star Candle?

 

apa itu morning star candle

Morning star candle merupakan salah satu pola candlestick yang menandakan terjadinya tren pembalikan arah dari posisi Bearish ke Bullish. Kamu bisa mengenali pola Morning star candle  dengan menganalisa tiga formasi candle dalam grafik candlestick.

Bentuknya memang menyerupai pola candle bullish reversal, namun dengan beberapa perbedaan. Candle pertama menandakan bahwa harga sedang mengalami penurunan atau bearish. Candle kedua bisa berbentuk bearish, bullish, ataupun bisa juga doji (ketika harga pembukaan dan penutupan sama).

Sedangkan candle ketiga harus menunjukkan bahwa potensi harga berbalik arah menjadi candle bullish. Panjang body candlestick ketiga juga harus melebihi setengah panjang body candlestick pertama.

Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh Morning Star Candle:

  • Pola Candlestick Morning Star harus diawali dengan pergerakan harga aset yang sedang turun atau mengalami downtrend
  • Badan candlestick pertama berupa candlestick bearish yang berada di bawah harga pembukaan
  • Candlestick kedua bisa terbentuk bearish, bullish, ataupun doji
  • Candlestick yang ketiga harus berupa bullish atau candlestick yang ditutup diatas harga open
  • Terbentuknya gap down antara close candlestick pertama dengan candlestick kedua

Apa yang Bisa Didapatkan dari Morning Star Candle?

Apa yang Bisa-Didapatkan dari Morning Star Candle

Candlestick morning star adalah pola visual, jadi tidak ada perhitungan khusus yang harus dilakukan. Morning star adalah pola tiga candle dengan titik terendah pada candle kedua. Namun, titik terendah hanya terlihat setelah penutupan candle ketiga.

Indikator teknikal lainnya dapat membantu memprediksi jika morning star terbentuk, seperti apakah pergerakan harga mendekati zona support atau apakah relative strength indicator (RSI) menunjukkan bahwa saham atau komoditas sudah oversold.

Apa Itu Pola Evening Star Candle?

Apa Itu Pola Evening Star Candle

Jika pola morning star candle merupakan pola pembalikan bullish, maka pola evening star candle merupakan pola pembalikan bearish. Tidak berbeda jauh dengan pola morning star candle, pola evening star candle juga terdiri dari tiga body candles.

Kamu bisa mengenali pola evening star candle dengan melihat candle pertama merupakan body candle bullish. Candle kedua, seperti pola morning star candle, berukuran kecil dan bisa merupakan candle bullish maupun bearish, atau bisa juga doji. Sedangkan, candle ketiga merupakan candle bearish yang menunjukkan adanya penurunan harga.

Terdapat beberapa syarat yang harus terpenuhi agar terbentuk Pola Evening Star Candle, yaitu:

  • Pola Candlestick Evening Star akan terbentuk ketika harga aset sedang mengalami uptrend atau bullish
  • Badan candle pertama akan berbentuk candlestick bullish
  • Candlestick kedua akan terbentuk bullish ataupun bearish tergantung dengan kondisi pasar
  • Terbentuknya gap up antara candlestick pertama dan kedua
  • Badan candle ketiga akan berupa candlestick bearish

Apa Saja Ciri-ciri Morning Star Candle?

Keunikan pola morning star candle dapat kamu temukan dari ciri-ciri berikut:

  1. Selalu diawali dengan downtrend atau pergerakan harga turun
  2. Harga candlestick pertama harus di bawah harga open atau berupa candlestick bearish
  3. Gandul kedua bisa berbentuk bearish ataupun bullish, ataupun doji
  4. Terdapat gap down antara harga close candlestick pertama dengan candlestick kedua
  5. Harga candlestick ketiga harus di atas harga close atau berupa candlestick bullish
  6. Ada gap up antara candlestick kedua dan juga ketiga

Apa Saja Ciri-ciri Evening Star Candle?

Apa Saja Ciri ciri Evening Star Candle

Dari penjelasan di atas setidaknya kamu bisa menemukan lima ciri pola evening star candle, yakni:

  1. Terjadi saat uptrend atau harga mengalami peningkatan
  2. Candlestick pertama berada di posisi bullish
  3. Ada gap up antara candlestick pertama dan kedua
  4. Candlestick kedua berupa candle bullish atau bearish, seperti pada pola morning star candle
  5. Candlestick ketiga harus berupa bearish

Cara Trading Menggunakan Morning Star Candle

Pada dasarnya pola morning star candle merupakan pola visual yang tidak membutuhkan perhitungan khusus untuk menganalisanya. Selain menjadi sinyal adanya tren pembalikan dari bearish ke bullish, pola morning star candle dipengaruhi oleh indikator teknikal lainnya seperti volume pembentukan formasi.

Umumnya, trader ingin melihat adanya peningkatan volume sepanjang pembentukan tiga body candle pola morning star candle. Kamu bisa melihat volume tertinggi pada hari ketiga pembentukan pola sebagai sebuah konfirmasi tren yang akan terjadi berikutnya.

Jika pergerakan harga sedang mengalami penurunan atau downtrend dan pola morning star candle sudah terbentuk sempurna, maka kamu sudah bisa melakukan entry buy dengan stop loss di bawah puncak bawah pola morning star candle.

Cara Trading Menggunakan Evening Star Candle

Pola evening star candle dianggap sebagai pola yang bisa mengindikasi bahwa tren penurunan telah dimulai. Namun, seringkali trader mengalami kesulitan untuk membedakan pergerakannya di tengah kecepatan perubahan harga yang terjadi di pasar.

Kamu bisa menggunakan osilator harga dan garis tren untuk mengkonfirmasi apakah pola evening star candle benar-benar sudah terbentuk sempurna. Pola ini biasanya terbentuk dalam 3 hari:

Hari Pertama

Hari pertama pembentukan pola akan muncul body candle besar berwarna hijau yang menandakan adanya kenaikan harga berkelanjutan.

Hari Kedua

Pembentukan hari kedua body candle akan muncul berukuran lebih kecil menunjukkan kenaikan harga yang lebih sederhana.

Hari Ketiga

Pada hari ketiga akan muncul body candle berwarna merah besar dengan harga buka di bawah harga candle sebelumnya dan kemudian ditutup mendekati pertengahan hari pertama.

Kamu perlu memastikan bahwa pada hari ke-3 pola evening star candle telah terbentuk sempurna dengan volume candle ketiga harus lebih kecil atau setengah dari candle pertama sebagai indikasi kuat bahwa harga akan turun. Baru kemudian kamu bisa memasang posisi entry sell dengan stop loss di puncak atas pola candlestick.

Cara Trading Dengan Kedua Pola Candlestick Reversal Ini

Apa saja sih langkah-langkah konkret yang harus trader lakukan ketika pola Morning Star dan Evening Star muncul pada chart? Jawabannya, untuk mendapatkan profit, ada beberapa langkah sistematis yang harus dipersiapkan.

  1. Identifikasi dan saring sinyal
    Jangan terburu-buru membuka posisi setiap kali pola candlestick reversal seperti Morning Star dan Evening Star muncul! Hal ini dikarenakan selalu ada risiko sinyal palsu yang perlu diwaspadai. Adapun untuk menyiasati sinyal palsu ini kamu bisa menggunakan bantuan indikator lain untuk menyaring kualitas dan keakuratan sinyal.
  2. Tentukan level posisi buka
    Sesudah memastikan pola Morning Star atau Evening Star, langkah selanjutnya ialah mempertimbangkan di titik level berapa Sobat Trader akan mulai mengeksekusi Market Order. Sebenarnya, Entry Rules (tata tertib buka posisi) dari kedua pola reversal ini cukup fleksibel dan bermacam-macam, bergantung dari metode trading masing-masing trader.
    Metode termudahnya ialah dengan mencermati harga penutupan pada candle terakhir. Bila panjang body candle ketiga lebih besar dari candle pertama, eksekusi Order Buy atau Sell bisa dilakukan di kisaran penutupan candle terakhir. Apabila panjang candle ketiga lebih pendek dari candle pertama, persiapkan order beli/jual di tengah body candle terakhir.
  3. Tentukan target profit dan batas resiko
    Posisi trading terbuka tidak boleh dibiarkan mengambang (Floating) tanpa sasaran, sebab harga bisa bergerak bebas di luar ekspektasi. Untuk mengantisipasinya, Sobat Trader harus menentukan target profit (TP) dan Stop Loss (SL).

Apa Manfaat Morning Star Candle dan Evening Star Candle?

Manfaat Morning Star Candle dan Evening Star Candle

Setelah mengetahui pengertian dari morning star candle dan evening star candle beserta ciri-ciri dan strategi trading menggunakan kedua pola tersebut, sekarang kamu perlu mengetahui apa sih manfaat morning star candle dan evening star candle dalam dunia trading? Setidaknya ada tiga manfaat utama memahami cara kerja kedua pola pembalikan ini:

1. Sinyal Tren Pembalikan

Dengan memahami kedua pola ini, kamu bisa mengantisipasi adanya potensi tren pembalikan harga di pasar. Jika morning star candle akan terbentuk pada saat downtrend dan mengirimkan sinyal pembalikan uptrend, maka evening star candle bekerja saat uptrend dan mengirimkan sinyal akan terjadi downtrend.

2. Patokan Entry Trading

Jika kamu sudah memahami bagaimana cara membaca pola morning star candle dan pola evening star candle, kamu bisa mempersiapkan diri untuk mengambil posisi entry trading. Kamu bisa memasang posisi entry buy ketika pola morning star candle telah terbentuk sempurna. Dan kamu bisa memasang posisi entry sell ketika pola evening star candle telah selesai terbentuk.

3. Akurat

Karena berupa formasi visual tanpa perhitungan khusus, kamu hanya perlu menganalisa persyaratan terbentuknya pola morning star candle atau evening star candle untuk bisa menjaga akurasi hasil analisa kedua pola tersebut.

Perbedaan Antara Morning Star Candle dan Evening Star Candle

Kebalikan dari morning star adalah, tentu saja, evening star. Evening star adalah candle bullish panjang yang diikuti oleh candle bearish atau bullish pendek dan kemudian bearish panjang.

Evening star memberi sinyal pembalikan uptrend dengan bullish memberi jalan kepada bearish. Evening star menunjukkan reversal ke tren bearish, sedangkan morning star menunjukkan reversal ke tren bullish.

Kelebihan dan Batasan Menggunakan Pola Morning Star Candle

Penting bagi para trader untuk memahami pola morning star candle secara menyeluruh sebelum menerapkannya dan mengambil posisi trading. Beberapa kelebihan dan batasan utama dari pola ini disebutkan di bawah ini.

Kelebihan

Beberapa manfaat atau kelebihan utama dari pola candle morning star disebutkan di bawah ini.

  • Ini adalah alat analisis teknis yang relatif lebih mudah karena tidak diperlukan rumus rumit untuk menghitung hasilnya. Pada saat yang sama, sebagai pola visual, lebih mudah untuk diidentifikasi dan dipahami.
  • Pola ini dapat dianggap kurang lebih 100% akurat dibandingkan dengan alat analisis teknis lainnya yang mungkin tidak memberikan hasil paling akurat atau hasilnya terbuka untuk interpretasi.
  • Fitur atau manfaat penting lainnya dari alat atau pola ini adalah dapat digunakan di semua jenis aset, baik itu saham, indeks, atau mata uang. Ini membuatnya multidimensi dan mudah diterapkan.

Kekurangan

Beberapa kekurangan atau batasan umum dari pola ini adalah

  • Trading hanya dengan pola visual bisa menjadi proposisi yang berisiko. Morning star paling baik jika didukung oleh volume dan beberapa indikator lain seperti level support.Jika tidak, sangat mudah bagi trader untuk mengira morning star terbentuk setiap kali candle kecil muncul dalam downtrend yang dapat menyebabkan analisis tren yang salah lebih lanjut.
  • Pola ini dapat dengan mudah disalahartikan sebagai pola Doji yang dapat mengakibatkan salah tafsir tren pasar yang memungkinkan trader mengambil posisi untung yang salah.
  • Kerugian utama lainnya dari pola ini adalah sangat jarang terjadi dalam pergerakan bullish. Terutama di grafik harian atau mingguan.

Kelebihan dan Batasan Menggunakan Pola Evening Star Candle

Pola candle evening star banyak digunakan oleh para trader sebagai strategi trading. Namun, dalam memanfaatkan pola ini untuk membuat keputusan trading, penting untuk memperhitungkan kelebihan dan keterbatasannya.

Oleh karena itu, di bagian berikut, mari kita lihat sekilas kelebihan dan kelemahan pola ini berikut ini.

Kelebihan 

Di bawah ini adalah keuntungan utama dari trading menggunakan pola candle evening star.

  • Itu membantu memprediksi potensi pembalikan pasar menjadi lebih mudah
  • Ini adalah salah satu pola yang lebih mudah dikenali dan diidentifikasi karena sering muncul di grafik
  • Ini dapat diterapkan pada sejumlah strategi trading yang berbeda

Kekurangan

Di bawah ini adalah batasan utama trading menggunakan pola candle evening star.

  • Ini hanya memanfaatkan data jangka pendek dan karenanya tidak terlalu berguna untuk trading jangka panjang
  • Ini dapat menghasilkan false signals dalam tren bullish yang kuat jika tidak digunakan dengan indikator teknikal pelengkap

Gimana? Gak sulit kan untuk memahami kedua pola pembalikan ini? Kamu hanya perlu membaca bentuk dan volume body candle untuk bisa menganalisa pola morning star candle dan pola evening star candle agar trading-mu berujung cuan.

Kamu bisa mempelajari tentang trading dengan pola dan beragam pola candlestick lainnya di sini, atau langsung download aplikasi trading no. 1 Indonesia, aplikasi HSB investasi. Dengan aplikasi trading super ini, kamu bisa membaca beragam pola candlestick termasuk pola morning star candle dan pola evening star candle dengan grafik modern live serta in-app notification informasi pasar ter-update. Jangan tunda lagi! Mulai petualangan trading-mu bersama HSB investasi, Invest In Time.***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik