Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Cara Ketahui Pembalikan Candlestick dengan Cepat!

Sobat Trader pasti familiar dengan istilah "candlestick," bukan? Namun, apa sebenarnya fungsi dari candlestick? Dan kapan kira-kira candlestick akan berbalik arah?

Candlestick digunakan oleh trader untuk membaca arah pergerakan harga dan menentukan timing yang optimal untuk melakukan jual-beli aset. Berbagai pola candlestick yang sering diidentifikasi memberikan petunjuk berharga dalam analisis teknikal, termasuk pola hammer, shooting star, dan engulfing.

Pergerakan Candlestick

Pergerakan candlestick pada grafik tergantung pada perubahan harga yang terjadi pada aset di pasar keuangan selama periode tertentu, seperti dalam grafik harian, mingguan, atau bulanan. Setiap candlestick menunjukkan range pergerakan harga pada periode tersebut.

Jika harga aset naik selama periode tersebut, maka candlestick akan menampilkan badan yang lebih tinggi dari level pembukaan (opening) dan sumbu bagian atas yang menunjukkan level tertinggi harga selama periode tersebut. Sementara itu, sumbu bagian bawah menunjukkan level terendah harga selama periode tersebut.

Sebaliknya, jika harga aset likuid turun selama periode tersebut, maka candlestick akan menampilkan badan yang lebih rendah dari level pembukaan dan sumbu bagian bawah yang menunjukkan level terendah harga selama periode tersebut. Sumbu bagian atas menunjukkan level tertinggi harga selama periode tersebut.

Pergerakan candlestick dapat memberikan informasi penting dalam analisis teknikal, seperti menentukan trend pasar dan menemukan pola-pola candlestick yang memberikan sinyal untuk membeli atau menjual aset. Namun, pergerakan candlestick harus selalu dikonfirmasi dengan analisis teknikal lainnya untuk memperoleh gambaran yang lebih akurat tentang kondisi pasar.

faktor yang mempengaruhi pergerakan candlestick

Faktor yang Mempengaruhi Pergerakan Candlestick

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi pergerakan candlestick pada grafik harga. Kali ini Sobat Trader harus teliti dalam melakukan trading dan mempelajari terlebih dahulu faktor-faktornya.

1. Sentimen Pasar

Perasaan atau sentimen yang berkembang di pasar dapat mempengaruhi pergerakan harga, baik itu positif atau negatif. Jika pasar optimis atau bullish, maka harga cenderung naik, dan candlestick akan menunjukkan pergerakan yang lebih tinggi. Sebaliknya, jika pasar pesimis atau bearish, harga cenderung turun, dan candlestick akan menunjukkan pergerakan yang lebih rendah.

2. Berita Global

Berita atau pengumuman penting seperti laporan keuangan perusahaan, kebijakan moneter bank sentral, atau peristiwa geopolitik dapat mempengaruhi pergerakan harga secara signifikan. Jika berita atau pengumuman tersebut dianggap positif, maka harga cenderung naik, dan candlestick akan menunjukkan pergerakan yang lebih tinggi. Sebaliknya, jika dianggap negatif, maka harga cenderung turun, dan candlestick akan menunjukkan pergerakan yang lebih rendah.

Baca Juga:  Kenali Three White Soldiers & Three Black Crows

3. Supply and Demand

Prinsip dasar pasar adalah penawaran dan permintaan. Jika permintaan melebihi penawaran, maka spot price cenderung naik, dan candlestick akan menunjukkan pergerakan yang lebih tinggi. Sebaliknya, jika penawaran melebihi permintaan, maka harga cenderung turun, dan candlestick akan menunjukkan pergerakan yang lebih rendah.

4. Pribadi Investor

Perilaku trader dan investor dapat mempengaruhi pergerakan harga. Jika banyak trader yang membeli, maka harga cenderung naik, dan candlestick akan menunjukkan pergerakan yang lebih tinggi. Sebaliknya, jika banyak trader yang menjual, maka harga cenderung turun, dan candlestick akan menunjukkan pergerakan yang lebih rendah.

Faktor-faktor ini dapat saling berkaitan dan memiliki pengaruh yang kompleks pada pergerakan candlestick pada grafik harga. Oleh karena itu, penting bagi trader untuk mengikuti berita dan perkembangan pasar terkini serta melakukan analisis teknikal yang cermat untuk mengambil keputusan trading yang tepat.

ciri ciri candlestick akan berbalik arah

Ciri Candlestick yang Segera Berbalik Arah

Ciri-ciri candlestick yang segera berbalik arah adalah sebagai berikut:

1. Shadow yang panjang

Jika sebuah candlestick memiliki shadow yang panjang, baik di atas atau di bawah body-nya, itu dapat menandakan bahwa harga telah bergerak jauh dari harga pembukaan atau penutupan, namun pada akhirnya tidak mampu mempertahankan pergerakan tersebut dan akan segera berbalik arah. Oleh karena itu, trader perlu mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti level support dan resistance, indikator teknikal, dan sentimen pasar sebelum membuat keputusan trading. Selain itu, pola candlestick yang menunjukkan potensi pembalikan arah seperti hammer, hanging man, doji, dan pola lainnya juga dapat membantu dalam analisis harga yang lebih mendalam.

2. Pin Bar

Pin bar terdiri dari sebuah candlestick dengan body yang kecil dan shadow yang panjang. Pin bar yang terbentuk di atas level support atau di bawah level resistance dapat menandakan potensi pembalikan arah harga. Pin Bar yang terbentuk di bawah level resistance menunjukkan bahwa harga telah naik cukup jauh dan seller mulai mengambil alih kendali dari buyer. Oleh karena itu, Pin Bar dapat menjadi sinyal penting bagi trader untuk melakukan pembelian atau penjualan.

3. Reversal Candlestick Patterns

Pola candlestick pembalikan arah seperti "hammer", "shooting star", "inverted hammer", "gravestone doji", dan "hanging man" adalah sinyal yang umum untuk pembalikan arah harga. Namun, seperti halnya dengan ciri-ciri candlestick lainnya, Reversal Candlestick Patterns juga tidak selalu menunjukkan pembalikan arah harga dengan pasti. Trader harus selalu melakukan analisis yang lebih mendalam dan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti level support dan resistance, indikator teknikal, dan sentimen pasar sebelum membuat keputusan trading.

Baca Juga:  Pola Bearish Engulfing: Kelebihan & Kekurangannya

Namun, perlu diingat bahwa ciri-ciri ini hanya memberikan indikasi kemungkinan pembalikan arah harga dan tidak menjamin bahwa harga akan berbalik arah. Oleh karena itu, Sobat Trader perlu dilakukan analisis yang lebih mendalam sebelum membuat keputusan trading yang tepat.

apa saja pola petunjuk pembalik arah

Apa Saja Pola Candlestick yang Menunjukan Pembalikan Arah?

Berikut adalah beberapa pola candlestick yang menunjukkan potensi pembalikan arah harga:

1. Hammer dan Hanging Man

Pola ini terdiri dari candlestick dengan shadow bawah yang panjang, sedangkan body-nya kecil atau pendek. Hammer terbentuk di bagian bawah tren turun dan Hanging Man terbentuk di bagian atas tren naik. Kedua pola ini menunjukkan bahwa seller telah kehabisan tenaga, sehingga buyer dapat membalikkan harga ke atas atau ke bawah.

2. Inverted Hammer dan Shooting Star

Pola ini terlihat mirip dengan pola hammer dan hanging man, tetapi dengan body yang kecil dan shadow atas yang panjang. Inverted Hammer terbentuk di bagian bawah tren turun, sementara Shooting Star terbentuk di bagian atas tren naik. Kedua pola ini menunjukkan bahwa seller telah mencoba mengontrol pasar, tetapi buyer kemudian mengambil alih dan membalikkan harga.

3. Doji

Pola ini terlihat seperti tanda plus (+), dan terjadi ketika harga pembukaan dan penutupan sama atau hampir sama. Doji menunjukkan keraguan pasar dan biasanya terbentuk di bagian atas atau bawah tren. Ketika doji terbentuk di dekat level support atau resistance, pola ini dapat menunjukkan pembalikan arah harga.

4. Three White Soldiers dan Three Black Crows

Pola ini terdiri dari tiga candlestick berturut-turut yang mengarah ke arah yang sama. Three White Soldiers terbentuk di bagian bawah tren turun, sementara Three Black Crows terbentuk di bagian atas tren naik. Kedua pola ini menunjukkan kekuatan buyer atau seller yang kuat dan dapat menunjukkan pembalikan arah harga.

Perlu diingat bahwa pola candlestick tidak selalu menunjukkan pembalikan arah harga dengan pasti. Oleh karena itu, Sobat Trader harus selalu melakukan analisis yang lebih mendalam dan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti level support dan resistance, indikator teknikal, dan sentimen pasar sebelum membuat keputusan trading.

Baca Juga:  Pola Candlestick Reversal: Definisi & Jenisnya

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Mendeteksi Pembalikan Candlestick Tanpa Risiko!

Sobat Trader, sekarang kamu sudah mengetahui seputar pembalikan candlestick. Kamu bisa memanfaatkannya untuk meraih peluang profit dalam trading. Pastikan kamu sudah membekali dirimu dengan pengetahuan yang memadai terkait karakteristik pasar agar kamu tidak terkecoh dengan risiko yang ada.

Penting untuk diingat bahwa manajemen risiko dan meningkatkan kemampuan tradingmu adalah cara terbaik untuk meraih peluang profit trading minyak mentah. Salah satu cara efektif untuk melatih kemampuan tradingmu berdasarkan pergerakan minyak yang sulit ditebak adalah dengan memanfaatkan akun demo trading HSB Investasi.

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “Most Improved Broker 2023” dari ICDX. Kamu juga bisa mencoba trading secara real-time dengan 45 instrumen berupa 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS terpopuler, 5 Indeks raksasa dunia, dan 3 jenis komoditi paling hits seperti logam mulia emas, perak, serta minyak mentah tanpa harus khawatir merugi di aplikasi trading HSB.

Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
  4. Dan mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan. 

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik