Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
5 Daerah Utama Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia

Indonesia diprediksi akan menjadi negara dengan smelter tembaga single line (jalur tunggal) terbesar di dunia setelah pabrik tembaga di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur, diresmikan. 

Tony Wenas, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, mengungkapkan bahwa pembangunan smelter telah mencapai progres 90,6 persen per Desember 2023 dan dijadwalkan akan mulai beroperasi pada Mei 2024. Namun, proses pemrosesan konsentrat tembaga di smelter baru bisa dimulai pada Agustus 2024. Targetnya, produksi dengan kapasitas penuh akan berjalan pada bulan Desember 2024.

Sebelumnya, beberapa daerah di Indonesia telah dikenal sebagai penghasil tambang terbesar, termasuk tembaga. Indonesia telah lama dikenal sebagai negara penghasil tembaga yang terkemuka di mata dunia. Komoditas ini merupakan salah satu ekspor utama yang memberikan kontribusi besar terhadap devisa negara selain produksi batu bara, dengan wilayah produksinya tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Berikut ini adalah daerah-daerah penghasil tembaga terbesar di Indonesia:

1. Gresik, Jawa Timur

Gresik, sebuah kabupaten di Jawa Timur, diproyeksikan akan menjadi penghasil tembaga terbesar di Indonesia bahkan di dunia, menggantikan Mimika, Papua, seiring beroperasinya smelter tembaga milik Freeport. Smelter ini diantisipasi akan mengolah konsentrat tembaga sebanyak 1,7 juta ton setiap tahun untuk menghasilkan sekitar 600.000 ton katoda tembaga. 

Selain tembaga, fasilitas ini juga memiliki kapabilitas untuk memproduksi emas hingga 50 ton per tahun dan perak sebanyak 150 hingga 200 ton per tahun. Produk sampingan dari tambang ini meliputi asam sulfat sebanyak 1,5 juta ton, terak tembaga 1,3 juta ton, dan gypsum 150 ribu ton per tahun. Dengan potensi produksi yang besar, Gresik diharapkan akan menjadi pusat penting dalam industri pertambangan tembaga dan menjadi kontributor utama bagi ekonomi Indonesia.

Baca Juga:  Pentingnya Memiliki Tabungan Pendidikan Anak!

2. Mimika, Papua

Mimika, sebuah kabupaten di Provinsi Papua, sebelumnya merupakan daerah penghasil tembaga terbesar di Indonesia sebelum PT Freeport Indonesia membangun smelter di Gresik. Meskipun demikian, tambang di Mimika masih tetap menjadi aset penting bagi PT Freeport. Rata-rata produksi smelter tembaga di Mimika mencapai sekitar 670.000 ton per tahun. 

Berdasarkan laporan tahun 2019, pabrik tambang di wilayah Papua ini berhasil memproduksi sebanyak 607 juta ton tembaga, dan angka produksinya meningkat menjadi 809 juta ton pada laporan tahun 2020. Dengan sumber daya alam yang melimpah, Mimika telah memberikan kontribusi signifikan terhadap industri pertambangan tembaga di Indonesia, meskipun perhatian industri ini telah bergeser seiring beroperasinya smelter tembaga di Gresik.

tambang tembaga sulawesi utara

3. Sulawesi Utara

Sulawesi Utara juga merupakan salah satu daerah penghasil tembaga terbesar di Indonesia, yang dikelola oleh PT Vale Indonesia. Daerah ini mampu menghasilkan tembaga hingga 693.109 ton per tahun, yang kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri maupun diekspor ke luar negeri. 

Terdapat 19 smelter yang tersebar di berbagai wilayah Sulawesi Utara. Yang menarik, tidak hanya tembaga, tetapi juga emas, pasir, besi, dan batu bara dapat ditemukan di sana. Dengan sumber daya alam yang beragam, Sulawesi Utara memiliki peran penting dalam industri pertambangan di Indonesia dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi ekonomi makro nasional.

4. Cikotok, Banten

Sulawesi Utara memegang peranan penting sebagai salah satu penghasil tembaga terbesar di Indonesia, yang dikelola oleh PT Vale Indonesia. Produksi tembaga di daerah ini mencapai 693.109 ton per tahun, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan diekspor ke luar negeri. Wilayah ini memiliki 19 smelter yang tersebar di berbagai lokasi. 

Baca Juga:  Apa Itu Money Management dan Strateginya

Namun, keistimewaan Sulawesi Utara tidak hanya terbatas pada tembaga; emas, pasir, besi, dan batu bara juga menjadi bagian dari kekayaan alamnya. Dengan sumber daya alam yang beragam, Sulawesi Utara menjadi salah satu pilar utama dalam industri pertambangan Indonesia, memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

5. Silungkang, Sumatera Barat

Tak ketinggalan, Sumatera Barat juga memiliki andil sebagai salah satu produsen tembaga terbesar di Indonesia. Smelter tembaga di Sumatera Barat tersebar di beberapa wilayah, termasuk Lunto dan Silungkang. Tambang di Silungkang mampu menghasilkan sekitar 419.600 ton tembaga per tahun, dengan luas lahan tambang mencapai lebih dari 3.102 hektar. 

Dengan potensi produksi yang signifikan, Sumatera Barat turut berkontribusi dalam industri pertambangan tembaga di Indonesia, menjadikan daerah ini sebagai bagian penting dalam perekonomian nasional.

Dengan begitu, Indonesia tidak hanya dikenal sebagai salah satu negara penghasil tembaga terbesar di dunia, tetapi juga sebagai pusat penting dalam industri pertambangan tembaga secara global. Dari Gresik di Jawa Timur hingga Mimika di Papua, serta wilayah-wilayah lain seperti Sulawesi Utara dan Sumatera Barat, setiap daerah penghasil tembaga memiliki peran yang krusial dalam memberikan kontribusi terhadap ekonomi nasional. Dengan pengelolaan yang bijaksana dan berkelanjutan, sumber daya alam yang melimpah ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi Indonesia serta memperkuat posisinya di pasar global.

gunakan akun demo sebagai latihan dalam trading tanpa takut rugi.

Sobat Trader, saatnya untuk memanfaatkan dana dengan cerdas! Mulailah perjalanan investasimu dengan membuka akun demo trading di HSB. Dapatkan dana virtual gratis hingga $100.000 untuk belajar trading di pasar keuangan sungguhan tanpa risiko. Ini adalah kesempatan emas untuk mengasah kemampuan tradingmu sejak dini.

Jika kamu merasa siap untuk terjun ke dalam dunia trading dengan lebih serius, buka akun live trading HSB hanya dalam 3 langkah mudah: isi dan lengkapi informasi pribadimu saat pendaftaran, selesaikan verifikasi identitasmu melalui proses KYC, dan lakukan deposit pada akun resmi HSB. 

Baca Juga:  Begini Cara Mengecek & Syarat BI Checking

Jangan lewatkan juga promo trading HSB yang bisa meningkatkan peluang profit tradingmu. Jadi, manfaatkanlah waktu dan kesempatan ini sebaik mungkin. Buka akunmu sekarang juga dan raih keuntungan dari investasimu bersama HSB!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik