Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
HAKA Saham : Pengertian Hingga Manfaatnya

Dalam dunia investasi saham, pemahaman mendalam terhadap berbagai instrumen dan strategi adalah kunci keberhasilan. Salah satu konsep yang menarik perhatian para investor adalah 'HAKA saham', yang tidak hanya berperan dalam penentuan strategi jangka pendek dan menengah tetapi juga berpengaruh terhadap keputusan investasi secara keseluruhan. 

Artikel ini akan membawa Kamu memahami secara lebih mendalam tentang pengertian, perhitungan, manfaat, serta kelemahan dari HAKA saham, memberikan Kamu pandangan untuk navigasi di pasar modal yang dinamis ini.

Pengertian HAKA Saham

Istilah "HAKA" atau "hajar kanan" dalam konteks pasar saham Indonesia adalah istilah trading yang sering digunakan oleh komunitas trader atau investor untuk menggambarkan aksi membeli saham secara agresif dengan harga yang lebih tinggi dari harga penutupan sebelumnya atau harga pasar saat itu. Taktik ini biasanya dilakukan untuk menciptakan sentimen pasar positif terhadap saham tersebut.

Walaupun "HAKA" mungkin terlihat menjanjikan bagi pelaku yang ingin mendapatkan keuntungan cepat, penting untuk diingat bahwa praktik semacam ini sangat berisiko. Sebagian besar investor dan trader profesional lebih memilih strategi yang didasarkan pada analisis yang cermat dan manajemen risiko saham yang ketat.

Bagaimana Cara Melakukan HAKA Saham?

Berikut adalah panduan umum tentang cara melakukan HAKA:

Pemantauan Pasar yang Intensif

Awasi pergerakan pasar secara keseluruhan dan saham spesifik yang menjadi target.

Identifikasi momen ketika pasar menunjukkan tanda-tanda bullish atau saham tertentu menunjukkan potensi kenaikan.

Analisis Teknikal dan Fundamental

Lakukan analisis teknikal untuk mengidentifikasi tren harga dan level support serta resistance.

Pahami dasar-dasar fundamental saham untuk menilai apakah harganya undervalued atau tidak dan berpotensi naik.

Siapkan Modal yang Cukup

Pastikan memiliki modal yang cukup untuk membeli jumlah saham yang signifikan sehingga dapat mempengaruhi harga pasar.

Eksekusi HAKA

Beli saham dengan menempatkan order pada harga ask atau bahkan lebih tinggi untuk menunjukkan keinginan kuat membeli dan menarik pembeli lain.

Jumlah pembelian harus cukup besar untuk menciptakan dampak pada harga dan menarik minat investor lain.

Pemantauan Terus-menerus dan Eksekusi Cepat

Setelah membeli, terus pantau pasar untuk melihat reaksi dari trader lain.

Jika pasar bereaksi positif dan harga saham naik, siap untuk menjual saham dengan keuntungan.

Baca Juga:  WAJIB TAHU! Cara Menghitung Average Rate Return

Keluar dengan Cepat

Ketika mencapai target profit, atau jika pasar tidak bereaksi sebagaimana diharapkan, segera jual saham untuk meminimalisir risiko.

dua orang sedang diskusi penggunaan haka saham

Indikator untuk Melakukan HAKA Saham

Beberapa indikator dibawah cocok untuk digunakan sebelum melakukan HAKA saham.

Volume Perdagangan

Volume adalah komponen vital dalam trading karena menunjukkan seberapa banyak minat yang ada pada saham tertentu. Peningkatan volume perdagangan yang tiba-tiba seringkali merupakan indikator awal dari minat pembeli yang kuat atau informasi baru yang memasuki pasar. Dalam konteks HAKA, volume tinggi yang mendukung pergerakan harga ke atas bisa menjadi konfirmasi bahwa ada momentum cukup untuk membenarkan pembelian cepat.

Moving Averages (MA)

MA membantu meratakan fluktuasi harga jangka pendek untuk mengidentifikasi tren. Ketika harga saham bergerak di atas moving average jangka pendeknya (seperti MA 20-hari), ini bisa menjadi sinyal bullish. Untuk HAKA, seorang trader mungkin mencari situasi di mana saham telah mengkonsolidasi dan mulai membuat gerakan ke atas melalui MA ini, menandakan potensi awal dari tren naik.

Relative Strength Index (RSI)

RSI adalah indikator momentum yang menilai seberapa cepat harga telah berubah selama periode tertentu, biasanya 14 hari. Jika RSI berada di bawah 30, saham dianggap oversold dan mungkin siap untuk rebound, sedangkan pembacaan di atas 70 dapat menunjukkan kondisi overbought. Trader yang menggunakan HAKA akan mencari RSI mendekati 30 namun mulai meningkat, menandakan bahwa saham mungkin sedang berbalik arah ke atas.

Price Action dan Support/Resistance

Perilaku harga di dekat level support dan resistance bisa memberikan wawasan penting. Jika sebuah saham mendekati level resistance tetapi volume perdagangan meningkat dan saham menunjukkan lilin (candlestick) yang kuat dengan penutupan di atas resistance, itu bisa menjadi sinyal untuk HAKA, karena bisa mengindikasikan breakout yang akan datang.

sekelompok trader sedang berdiskusi tentang kelebihan haka saham

Manfaat HAKA Saham dalam Investasi Saham

Berikut adalah manfaat-manfaat melakukan HAKA:

Meminimalkan Kehilangan Kesempatan

Di pasar yang sedang naik, harga saham bisa bergerak cepat. HAKA memungkinkan trader untuk mengamankan posisi sebelum harga meningkat lebih lanjut, sehingga mengurangi risiko kehilangan kesempatan untuk pembelian pada harga yang lebih rendah.

Baca Juga:  Investasi Vs Bayar Hutang, Mana yang Lebih Penting?

Menyampaikan Sinyal Pasar

Saat trader melakukan HAKA dengan volume yang besar, itu bisa menyampaikan sinyal kepada pasar bahwa ada keyakinan terhadap saham tersebut, yang mungkin mengakibatkan trader lain ikut membeli dan mendorong harga naik.

Memaksimalkan Keuntungan

Jika prediksi trader benar dan harga saham memang naik setelah melakukan HAKA, mereka dapat menjual saham tersebut dengan harga yang lebih tinggi, memaksimalkan keuntungan potensial.

Mendapatkan Harga Terbaik dalam Kondisi Pasar Tertentu

Dalam situasi di mana saham yang diincar tidak banyak yang menjual (illiquid) dan trader ingin segera mengamankan posisi, HAKA bisa menjadi strategi yang efektif untuk mendapatkan saham yang diinginkan.

Menetapkan Fondasi untuk Strategi Lebih Kompleks

Trader yang menggunakan strategi berbasis momentum atau breakout mungkin menemukan HAKA sebagai langkah awal yang berguna sebelum menerapkan teknik perdagangan lebih kompleks.

Pengaruh Terhadap Pasar

Investor atau trader dengan modal besar mungkin menggunakan HAKA untuk mempengaruhi sentimen pasar dan menciptakan minat pada saham tertentu.

kekurangan haka saham

Kelemahan HAKA Saham dalam Investasi Saham

Meskipun metode ini bisa memberikan keuntungan jangka pendek jika berhasil, ada beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan:

Risiko Tinggi

Taktik ini sangat spekulatif dan berisiko karena mengandalkan momentum pasar yang mungkin tidak berkelanjutan. Harga saham yang terpompa secara artifisial bisa jatuh secepat ia naik.

Likuiditas

Saham yang "dihajar kanan" mungkin kehilangan likuiditasnya setelah lonjakan harga, yang berarti investor mungkin kesulitan menjual sahamnya tanpa mempengaruhi harga secara signifikan.

Sentimen Pasar

Pasar saham sangat dipengaruhi oleh sentimen investor. Taktik seperti "hajar kanan" dapat merusak kepercayaan pada integritas pasar dan mengakibatkan volatilitas yang tidak diinginkan.

Kerugian Finansial

Jika pasar tidak bereaksi seperti yang diharapkan, investor yang menggunakan taktik "hajar kanan" dapat mengalami kerugian finansial yang signifikan.

Dampak Jangka Panjang

Saham yang naik karena manipulasi daripada fundamental perusahaan yang solid cenderung kembali ke harga yang lebih rendah, dan investor yang memegang saham tersebut bisa menderita kerugian jangka panjang.

Secara umum, strategi yang memfokuskan pada analisis fundamental dan teknis dengan manajemen risiko yang kuat akan lebih berkelanjutan dan kurang berisiko daripada mengandalkan taktik seperti "hajar kanan". Keberhasilan investasi jangka panjang lebih sering dikaitkan dengan pendekatan yang disiplin dan berbasis riset daripada upaya untuk memanipulasi pasar.

Baca Juga:  Membedah Strategi Buy and Hold dalam Investasi Saham

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Trading Berbagai Instrumen Keuangan Tanpa Risiko!

Sobat Trader, sambil kamu Mengenal HAKA Saham dalam investasi, jangan lupakan pentingnya mengasah kemampuan trading. Salah satu cara yang sangat dianjurkan adalah dengan menggunakan akun demo trading HSB, yang memungkinkan kamu mempraktikkan skill trading tanpa risiko finansial yang sebenarnya. Dengan demikian, kamu dapat mengembangkan wawasan dan keterampilan yang kritis dalam dunia trading, yang dapat membantu kamu membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan menguntungkan.

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. 

Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “Most Improved Broker 2023” dari ICDX. Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, variasi posisi, hingga melatih kemampuanmu keluar dan masuk pasar dengan peluang profit terbaik. 

Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia melalui akun live HSB yang menyediakan 45 instrumen trading berupa 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS terpopuler, 5 Indeks raksasa dunia, dan 3 jenis komoditi paling hits seperti logam mulia emas, perak, serta minyak mentah.

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik