Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Cara Paling Simpel Menggunakan Market Profile di TradingView

Sobat Trader, jika kamu ingin meningkatkan pemahaman tentang perilaku pasar dan mengidentifikasi area kunci di mana harga berpotensi berbalik atau melanjutkan pergerakan, Market Profile adalah alat yang patut untuk dikuasai. Market Profile membantu trader untuk melihat bagaimana harga bergerak dalam rentang waktu tertentu dengan menampilkan distribusi volume perdagangan pada setiap level harga. 

Dengan memahami konsep ini, kamu dapat mengidentifikasi area support dan resistance yang kuat, serta mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang sentimen pasar. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara komprehensif tentang cara menggunakan Market Profile di TradingView, termasuk pengaturan dasar, interpretasi data, dan penerapan dalam strategi trading. Ayo eksplorasi bersama bagaimana alat ini dapat meningkatkan kualitas analisis tradingmu dan membantu meraih kesuksesan di pasar keuangan!

Apa itu Market Profile di TradingView?

Sobat Trader, jika kamu ingin menguasai pasar dan memahami dinamika harga dengan lebih baik, konsep Market Profile di chart TradingView bisa menjadi alat yang sangat berguna. Market Profile adalah sebuah alat analisis yang digunakan oleh trader untuk memvisualisasikan bagaimana harga bergerak dalam suatu periode tertentu. Dalam Market Profile, grafik harga diplotkan berdasarkan volume perdagangan yang terjadi pada setiap level harga, membentuk distribusi volume perdagangan secara vertikal di sepanjang sumbu harga. Dengan menggunakan Market Profile, trader dapat melihat dengan jelas di mana harga sering bergerak dan di mana terdapat konsolidasi atau aktivitas perdagangan yang tinggi.

Penting untuk memahami beberapa konsep dasar dalam Market Profile. Salah satunya adalah Value Area, yang merupakan kisaran harga di mana sebagian besar perdagangan terjadi dalam suatu periode waktu tertentu. Value Area bisa menjadi indikasi level support dan resistance potensial. Selain itu, ada juga TPO (Time Price Opportunity), yang merepresentasikan seberapa sering harga berada pada suatu level tertentu dalam suatu periode waktu. Dengan memahami konsep-konsep ini, trader dapat mengidentifikasi pola dan tren yang mungkin terjadi dalam pasar, serta membuat keputusan trading yang lebih cerdas. Dengan menggunakan Market Profile di TradingView, kamu bisa menggali lebih dalam dan mengoptimalkan strategi tradingmu.

panduan penggunaan market profile

Panduan Penggunaan Market Profile di TradingView

Buka Grafik dan Akses Alat Market Profile

Langkah pertama dalam menggunakan Market Profile di TradingView adalah membuka grafik yang ingin kamu analisis. Setelah membuka grafik, kamu dapat mengakses alat Market Profile dengan menavigasi ke bagian atas layar dan memilih opsi "Insert" di menu utama. Kemudian, pilih "Indicators" dan cari alat Market Profile dalam daftar alat yang tersedia. Setelah itu, tambahkan alat Market Profile ke grafikmu dengan mengkliknya.

Baca Juga:  Tips Sukses Trading Cross Pair, Ini Dia Caranya!

Pilih Rentang Waktu yang Diperlukan

Setelah menambahkan alat Market Profile ke grafikmu, langkah berikutnya adalah memilih rentang waktu yang diperlukan untuk analisis. Rentang waktu yang kamu pilih akan mempengaruhi detail dan akurasi dari Market Profile yang dibentuk. Untuk analisis jangka pendek, kamu mungkin ingin menggunakan rentang waktu harian atau intraday, sementara untuk analisis jangka panjang, rentang waktu mingguan atau bulanan mungkin lebih sesuai.

Tinjau Pasar untuk Menentukan Volume dan Harga

Setelah Market Profile terbentuk pada grafikmu, tinjau distribusi volume perdagangan dan level harga yang terbentuk. Perhatikan di mana Value Area berada dan bagaimana harga bereaksi terhadap level-level tertentu. Perhatikan juga TPO (Time Price Opportunity) untuk melihat seberapa sering harga berada pada level tertentu dalam rentang waktu yang ditentukan. Tinjauan ini akan membantu kamu dalam memahami dinamika pasar yang sedang terjadi.

Identifikasi Level Penting

Selanjutnya, identifikasi level-level penting dalam Market Profile, seperti Value Area High (VAH), Value Area Low (VAL), dan Point of Control (POC). Level-level ini bisa memberikan indikasi tentang di mana harga sering bergerak dan di mana terdapat potensi support dan resistance. Identifikasi dengan jelas level-level ini akan membantu kamu dalam merencanakan entry dan exit posisi tradingmu.

Analisis Pola dan Korelasikan

Setelah mengidentifikasi level-level penting, lanjutkan dengan menganalisis pola-pola yang terbentuk dalam Market Profile. Perhatikan apakah ada pola-pola seperti double distribution, single distribution, atau pola konsolidasi lainnya. Selain itu, korelasikan Market Profile dengan indikator teknikal atau analisis lain yang kamu gunakan untuk mendapatkan konfirmasi atau divergensi dalam analisismu.

Gunakan Informasi untuk Pengambilan Keputusan

Terakhir, gunakan informasi yang kamu dapatkan dari Market Profile untuk pengambilan keputusan tradingmu. Rencanakan strategi entry dan exit berdasarkan level-level penting yang telah kamu identifikasi, serta pola dan tren yang terbentuk dalam Market Profile. Selalu ingat untuk mengintegrasikan analisis Market Profile dengan analisis lainnya dan manajemen risiko yang baik untuk mengoptimalkan hasil tradingmu. Dengan menggunakan informasi dari Market Profile di TradingView, kamu dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan tradingmu dengan lebih baik.

manfaat market profile trading

Manfaat Penggunaan Market Profile di TradingView

Memberikan Wawasan Tentang Aktivitas Pasar

Salah satu manfaat utama dari penggunaan Market Profile di TradingView adalah memberikan wawasan yang mendalam tentang aktivitas pasar. Dengan melihat distribusi volume perdagangan dan pola harga yang terbentuk dalam Market Profile, kamu dapat memahami bagaimana pasar bereaksi terhadap level-level tertentu dan di mana terdapat konsolidasi atau aktivitas perdagangan yang tinggi. Informasi ini memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi tren dan pola yang mungkin terjadi, serta membuat prediksi yang lebih akurat tentang arah harga selanjutnya.

Baca Juga:  Dasar Mengenal Strategi Trading Mean Reversion

Identifikasi Level Penting

Market Profile membantu kamu untuk dengan mudah mengidentifikasi level-level penting dalam pasar, seperti Value Area High (VAH), Value Area Low (VAL), dan Point of Control (POC). Identifikasi dengan jelas level-level ini memungkinkan kamu untuk merencanakan strategi trading dengan lebih baik, termasuk menentukan titik entry dan exit posisi. Selain itu, level-level penting ini juga dapat memberikan indikasi tentang di mana terdapat potensi support dan resistance, yang sangat berguna dalam menentukan risiko dan reward dalam trading.

Analisis Lebih Mendalam

Dengan menggunakan Market Profile di TradingView, kamu dapat melakukan analisis pasar yang lebih mendalam. Selain melihat hanya pergerakan harga, Market Profile memungkinkan kamu untuk melihat dinamika pasar secara keseluruhan, termasuk distribusi volume perdagangan dan aktivitas perdagangan dalam rentang waktu tertentu. Hal ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang kondisi pasar saat ini, sehingga kamu dapat membuat keputusan trading yang lebih cerdas dan terinformasi.

Integrasi dengan Strategi Trading

Market Profile dapat diintegrasikan dengan baik ke dalam strategi tradingmu. Dengan memahami pola dan tren yang terbentuk dalam Market Profile, kamu dapat mengoptimalkan strategi tradingmu untuk mengambil keuntungan dari peluang yang muncul dalam pasar. Integrasi ini memungkinkan kamu untuk menggunakan Market Profile sebagai alat konfirmasi atau filter tambahan dalam pengambilan keputusan trading, sehingga meningkatkan kesuksesan dan konsistensi tradingmu.

Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Secara keseluruhan, penggunaan Market Profile di TradingView membantu kamu untuk membuat pengambilan keputusan trading yang lebih baik. Dengan memberikan wawasan yang mendalam tentang aktivitas pasar, identifikasi level-level penting, analisis yang lebih mendalam, dan integrasi dengan strategi trading, Market Profile memungkinkan kamu untuk membuat keputusan trading yang lebih cerdas dan terinformasi. Dengan demikian, kamu dapat meningkatkan hasil tradingmu dan mengurangi risiko kerugian secara signifikan.

kesalahan market profile tradingviews

Kesalahan Penggunaan Market Profile di TradingView

  • Mengabaikan Konteks Pasar Keseluruhan: Beberapa trader terlalu fokus pada Market Profile tanpa memperhatikan faktor-faktor lain dalam pasar, seperti berita fundamental atau sentimen pasar.
  • Overanalisis: Terkadang, trader terlalu terpaku pada detail kecil dalam Market Profile, membuat analisis menjadi terlalu rumit dan bisa menyebabkan keputusan trading yang berlebihan.
  • Tidak Menguji Strategi: Kesalahan umum adalah tidak menguji strategi trading secara menyeluruh yang didasarkan pada Market Profile, menyebabkan hasil yang tidak sesuai dengan harapan saat diterapkan dalam kondisi pasar yang sebenarnya.
  • Tidak Memperhatikan Timeframe yang Tepat: Penting untuk memilih timeframe yang sesuai dengan gaya trading dan tujuan analisismu, karena setiap timeframe memberikan informasi yang berbeda tentang dinamika pasar.
  • Kesalahan Interpretasi: Kesalahan memahami pola atau informasi yang ditampilkan dalam Market Profile dapat mengakibatkan pengambilan keputusan trading yang tidak tepat, oleh karena itu, penting untuk melakukan analisis yang teliti.
  • Overreliance: Market Profile adalah alat yang berguna, namun tidak boleh menjadi satu-satunya faktor yang dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan trading.
Baca Juga:  WAJIB TAHU! Seluk Beluk Indikator Trading Moving Average

gunakan akun demo sebagai latihan dalam trading tanpa takut rugi.

Coba Chart Tradingview Bersama HSB Investasi!

Dengan pemahaman yang tepat tentang analisis teknis dan fundamental, serta penggunaan strategi yang sesuai, trader dapat mengidentifikasi tren atau pola yang muncul selama periode ini. Selain itu, dengan adanya akses teknologi yang memungkinkan trading secara daring, trader bisa tetap aktif. Ini menjadi kesempatan bagi para trader yang fleksibel dan siap bertindak untuk meraih profit tambahan di tengah gejolak pasar keuangan.

Yuk, mulailah dengan membuka akun demo trading HSB. Di sana, kamu bisa mendapatkan dana virtual gratis hingga $100.000 untuk belajar berinvestasi di pasar keuangan tanpa risiko finansial. Dengan dukungan teknologi dan analisis yang canggih, kamu bisa merancang strategi investasi yang efektif. 

Akses ke akun demo di aplikasi trading HSB serta penghargaan dari ICDX membuktikan bahwa HSB menjadi pilihan yang tepat bagi individu yang ingin meraih kesuksesan finansial dengan memperhatikan prinsip-prinsip manajemen aset. Jadi, segera ambil langkah pertamamu menuju investasi yang cerdas bersama HSB dengan ikuti langkah di bawah:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggiIan teIepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading meIaIui segregated account HSB yang teIah tereguIasi
  4. Dan muIai pengaIaman seru meraih peIuang profit trading di pasar gIobaI dunia!

HSB menegaskan komitmennya daIam memastikan keamanan dan transparansi transaksi nasabah meIaIui reguIasi resmi BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan RepubIik Indonesia. ReguIasi ini menjadi dasar utama daIam mengeIoIa risiko trading, yang harus menjadi fokus utama para trader.

Lebih dari sekadar memberikan keamanan, transparansi, dan inovasi, HSB secara aktif terIibat daIam memberikan pendidikan kepada anggotanya meIaIui berbagai sumber media pembeIajaran trading, baik secara daring maupun Iuring. Ini merupakan impIementasi konkret dari komitmen HSB untuk mencetak trader profesionaI terbaik di Indonesia. OIeh karena itu, tidak ada aIasan untuk menunda kesuksesan daIam trading. Segera bergabung dengan HSB sekarang dan maksimaIkan peIuang profit tradingmu.***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik