Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Tutorial Mengatur Watchlist Logam di Tradingview

Sobat Trader, logam menjadi salah satu instrumen trading yang diminati oleh banyak investor karena stabilitasnya yang terbukti seiring waktu. Bagi kamu yang ingin memantau pergerakan harga logam secara efisien, memiliki watchlist yang teratur dan terorganisir adalah langkah awal yang penting. TradingView, sebagai salah satu platform trading yang paling populer, menyediakan fitur yang memudahkan kita untuk mengatur watchlist, termasuk untuk logam. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang cara mengatur watchlist logam mulia di TradingView. Mulai dari langkah-langkah sederhana hingga tips-tips untuk meningkatkan produktivitas, setiap informasi akan disajikan secara jelas dan mudah dipahami agar kamu dapat mengoptimalkan penggunaan watchlist dalam memantau pergerakan harga logam dengan lebih efektif. 

Apa itu Watchlist Logam di TradingView?

Watchlist Logam di TradingView adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk memantau dan mengamati harga serta pergerakan pasar logam mulia seperti emas, perak, platinum, dan lainnya. Dengan fitur ini, kamu dapat membuat daftar logam yang ingin kamu amati dan memperoleh informasi terbaru tentang harga, volume, dan tren pasar logam tersebut secara real-time.

Fungsi Watchlist Logam

Fungsi utama dari Watchlist Logam adalah memungkinkan kamu untuk mengamati logam mulia yang diminati sebagai instrumen investasi atau trading. Dengan fitur ini, kamu dapat memantau pergerakan harga logam secara langsung, melakukan analisis pasar, dan membuat keputusan trading yang lebih terinformasi. Watchlist Logam juga memudahkan kamu untuk membandingkan kinerja berbagai logam dalam satu tampilan, sehingga memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi peluang trading potensial atau mengelola portofolio investasi kamu dengan lebih efisien.

cara menggunakan watchlist logam di tradingviews

Cara Menyusun Watchlist Logam di TradingView

1. Buka Platform TradingView dan Login ke Akun Kamu

Langkah pertama adalah membuka platform TradingView dan masuk ke akun kamu. Pastikan kamu memiliki akun terdaftar dan telah login untuk dapat mengakses fitur Watchlist Logam. Setelah berhasil masuk, kamu siap untuk memulai menyusun watchlist logam kamu.

2. Pilih Tab "Simbol" dan Cari Logam yang Diinginkan

Setelah masuk ke platform TradingView, navigasikan ke tab "Simbol" di bagian atas layar. Di sana, kamu akan menemukan berbagai opsi instrumen keuangan termasuk logam-logam mulia seperti emas, perak, dan platinum. Gunakan fungsi pencarian untuk menemukan logam yang ingin kamu tambahkan ke watchlist.

Baca Juga:  Wajib Paham! Ini Arti Bid dan Ask dalam Saham

3. Klik pada Logam dan Pilih "Tambahkan ke Watchlist"

Setelah menemukan logam yang ingin kamu amati, klik pada nama logam tersebut. Sebuah menu akan muncul, dan di antara opsi yang tersedia adalah "Tambahkan ke Watchlist". Klik opsi ini untuk menambahkan logam tersebut ke dalam watchlist kamu.

4. Buat Watchlist Baru atau Tambah ke Watchlist yang Sudah Ada

Kamu dapat memilih untuk menambahkan logam ke dalam watchlist yang sudah ada atau membuat watchlist baru khusus untuk logam-logam tertentu. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan kamu, apakah itu menambahkan logam ke dalam watchlist yang sudah ada atau membuat watchlist baru.

5. Simpan Watchlist Kamu

Terakhir, pastikan untuk menyimpan perubahan yang telah kamu buat pada watchlist. Setelah menambahkan logam-logam yang kamu inginkan, pastikan untuk menyimpan watchlist tersebut agar perubahan yang kamu buat tetap tersimpan dan dapat diakses kembali di kemudian hari.

kelebihan watchlist logam di tradingview

Kelebihan Memiliki Watchlist Logam

1. Pemantauan Efisien

Dengan memiliki watchlist logam, kamu dapat memantau pergerakan harga logam-logam tertentu dengan lebih efisien. Watchlist memungkinkan kamu untuk melihat secara langsung harga dan perubahan harga logam yang kamu amati tanpa harus mencari informasi tersebut satu per satu. Dengan demikian, kamu dapat menghemat waktu dan tenaga dalam memantau pasar logam.

2. Identifikasi Peluang

Salah satu keunggulan memiliki watchlist logam adalah kemampuan untuk mengidentifikasi peluang trading dengan lebih baik. Dengan memantau pergerakan harga logam secara teratur, kamu dapat melihat pola-pola pergerakan harga dan tren yang muncul. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi peluang trading yang menguntungkan, baik untuk posisi beli (buy) maupun posisi jual (sell), sehingga kamu dapat mengambil keputusan trading yang lebih tepat.

3. Peningkatan Efisiensi

Watchlist logam juga membantu dalam meningkatkan efisiensi dalam trading. Dengan memiliki daftar logam yang kamu amati, kamu dapat dengan cepat melihat perubahan harga dan pergerakan pasar logam tanpa harus mencari informasi dari berbagai sumber. Hal ini memungkinkan kamu untuk merespons pasar dengan lebih cepat dan efisien, sehingga kamu dapat mengoptimalkan potensi keuntungan dalam trading logam.

4. Pengelolaan Portofolio

Dengan watchlist logam, kamu dapat dengan mudah mengelola portofolio trading kamu. Kamu dapat melihat secara langsung bagaimana harga logam yang ada dalam watchlist kamu berubah seiring waktu, sehingga kamu dapat melakukan evaluasi terhadap portofolio trading kamu. Hal ini memungkinkan kamu untuk membuat keputusan yang lebih baik terkait dengan alokasi dana dan strategi trading yang kamu terapkan.

Baca Juga:  Pengaturan Notifikasi Harga di Tradingview

5. Pengambilan Keputusan yang Tepat

Terakhir, kelebihan memiliki watchlist logam adalah kemampuan untuk mengambil keputusan trading yang lebih tepat. Dengan memiliki akses cepat dan mudah terhadap informasi harga logam yang kamu amati, kamu dapat melakukan analisis pasar yang lebih mendalam dan akurat. Hal ini memungkinkan kamu untuk membuat keputusan trading yang didasarkan pada data yang terpercaya dan terkini, sehingga meningkatkan peluang kesuksesan dalam trading logam.

kesalahan watchlist logam tradingview

Kesalahan dalam Menyusun Watchlist Logam

1. Overload Informasi

Salah satu kesalahan umum yang sering terjadi dalam menyusun watchlist logam adalah overload informasi. Hal ini terjadi ketika kamu menambahkan terlalu banyak logam ke dalam watchlist kamu, sehingga membuatnya sulit untuk memantau dan menganalisis pergerakan harga dengan efektif. Overload informasi dapat mengaburkan pemahaman kamu tentang kondisi pasar dan membuat kamu kehilangan fokus pada logam yang paling penting atau memiliki potensi trading yang tinggi.

2. Kurangnya Diversifikasi

Kesalahan lain adalah kurangnya diversifikasi dalam menyusun watchlist logam. Diversifikasi adalah kunci penting dalam mengelola risiko dalam trading. Jika watchlist kamu terlalu terfokus pada satu atau dua logam saja, kamu dapat meningkatkan eksposur risiko kamu terhadap perubahan harga atau kondisi pasar tertentu. Kurangnya diversifikasi juga dapat mengurangi peluang kamu untuk memanfaatkan peluang trading yang mungkin muncul di logam lain yang tidak ada dalam watchlist kamu. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa watchlist kamu mencakup berbagai jenis logam dengan karakteristik dan perilaku harga yang berbeda.

3. Tidak Memperbarui secara Berkala

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah tidak memperbarui watchlist secara berkala. Pasar logam dapat berubah secara cepat karena faktor-faktor ekonomi, politik, atau kejadian global lainnya. Jika kamu tidak memperbarui watchlist kamu secara teratur, kamu mungkin akan kehilangan peluang trading yang penting atau tidak lagi memperhitungkan logam yang mungkin telah kehilangan relevansinya. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperbarui watchlist kamu sesuai dengan perkembangan terbaru di pasar logam.

Baca Juga:  Sesi Overlap: Waktu Penting dalam Trading

4. Tidak Memiliki Fokus

Kesalahan lain adalah tidak memiliki fokus yang jelas dalam menyusun watchlist logam. Terlalu banyak variabel atau faktor yang memengaruhi keputusan trading dapat membuat kamu kehilangan arah dan kejelasan dalam strategi trading kamu. Penting untuk memiliki fokus yang jelas dan tujuan yang spesifik ketika menyusun watchlist logam. Identifikasi jenis logam atau instrumen tertentu yang ingin kamu perdagangkan, serta faktor-faktor apa yang akan memengaruhi pergerakan harga mereka. Dengan memiliki fokus yang jelas, kamu dapat membuat keputusan trading yang lebih terarah dan efektif.

5. Tidak Memperhitungkan Fundamental

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak memperhitungkan faktor fundamental saat menyusun watchlist logam. Faktor-faktor seperti kebijakan moneter, data ekonomi, dan peristiwa geopolitik dapat memiliki dampak signifikan pada harga logam. Jika kamu hanya memperhatikan faktor teknis dan mengabaikan faktor fundamental, kamu mungkin akan kehilangan pemahaman yang penting tentang apa yang memengaruhi pasar logam. Oleh karena itu, penting untuk memperhitungkan kedua aspek ini dan mengintegrasikan analisis fundamental ke dalam penyusunan watchlist kamu.

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, kamu dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas watchlist logam kamu. Dengan pemantauan yang efisien, identifikasi peluang yang tepat, peningkatan efisiensi dalam pengelolaan portofolio, serta pengambilan keputusan yang lebih tepat, kamu dapat meningkatkan performa trading kamu dan meraih hasil yang lebih konsisten dalam trading logam.

gunakan akun demo sebagai latihan dalam trading tanpa takut rugi.

Sobat Trader, saatnya untuk memanfaatkan dana dengan cerdas! Mulailah perjalanan investasimu dengan membuka akun demo trading di HSB. Dapatkan dana virtual gratis hingga $100.000 untuk belajar trading di pasar keuangan sungguhan tanpa risiko. Ini adalah kesempatan emas untuk mengasah kemampuan tradingmu sejak dini.

Jika kamu merasa siap untuk terjun ke dalam dunia trading dengan lebih serius, buka akun live trading HSB hanya dalam 3 langkah mudah: isi dan lengkapi informasi pribadimu saat pendaftaran, selesaikan verifikasi identitasmu melalui proses KYC, dan lakukan deposit pada akun resmi HSB. 

Jangan lewatkan juga promo trading HSB yang bisa meningkatkan peluang profit tradingmu. Jadi, manfaatkanlah waktu dan kesempatan ini sebaik mungkin. Buka akunmu sekarang juga dan raih keuntungan dari investasimu bersama HSB!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik