Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Membedah Fitur Cara Memakai Kalender Ekonomi di TradingView

Dalam dunia trading, pemahaman tentang berita dan peristiwa ekonomi yang sedang terjadi menjadi kunci untuk membuat keputusan trading yang tepat. Salah satu alat yang sangat berguna dalam hal ini adalah kalender ekonomi, dan TradingView menyediakan fitur yang memudahkan kita untuk mengakses informasi tersebut secara langsung dari platform trading. 

Pada artikel ini, kita akan melakukan pembahasan mendalam tentang fitur kalender ekonomi di TradingView. Dari cara mengaksesnya hingga memahami pengaruh berita ekonomi terhadap pasar, setiap aspek akan kita bahas secara rinci untuk membantu kamu memanfaatkan fitur ini dengan maksimal dalam tradingmu. 

Jadi, siapa yang ingin meningkatkan pemahaman tentang kalender ekonomi dan meningkatkan kualitas keputusan tradingnya? Mari kita selami bersama fitur ini dan menjadikannya sebagai alat yang powerful dalam perjalanan trading kita!

fitur kalender ekonomi di tradingview

Fitur Kalender Ekonomi di Tradingview

Kalender ekonomi di TradingView menyediakan informasi tentang berbagai peristiwa ekonomi yang dijadwalkan, termasuk rilis data ekonomi, pengumuman kebijakan bank sentral, dan acara penting lainnya yang dapat memengaruhi pasar keuangan. Dengan kalender ini, kamu dapat mengakses jadwal lengkap peristiwa ekonomi di berbagai negara dan mempersiapkan diri untuk potensi dampaknya terhadap trading kamu. Informasi yang diberikan meliputi tanggal, waktu, jenis peristiwa, serta perkiraan dan hasil aktual, memberikan gambaran lengkap tentang apa yang akan terjadi di pasar.

Fitur kalender ekonomi di TradingView juga memungkinkan kamu untuk melakukan filter dan pengaturan kustom sesuai dengan preferensi trading kamu. Kamu dapat mengatur filter berdasarkan negara, jenis peristiwa, atau pengaruhnya terhadap instrumen keuangan tertentu. Selain itu, fitur pengaturan kustom memungkinkan kamu untuk menyesuaikan tampilan kalender sesuai dengan preferensi kamu, seperti menyesuaikan zona waktu atau menampilkan hanya peristiwa yang relevan dengan strategi trading kamu. Dengan fitur ini, kamu dapat dengan mudah menyaring informasi untuk fokus pada peristiwa yang paling penting bagi trading kamu.

Cara Kerja Kalender Ekonomi di TradingView

1. Akses Kalender Ekonomi

Untuk mengakses kalender ekonomi di TradingView, pertama-tama, kamu perlu masuk ke akun TradingView kamu. Setelah masuk, cari menu "Kalender Ekonomi" atau "Ekonomi" di antarmuka pengguna. Kalender ini biasanya tersedia di bagian atas atau di sidebar platform. Ketika kamu mengakses kalender ekonomi, kamu akan melihat daftar peristiwa ekonomi yang dijadwalkan untuk periode tertentu.

2. Pilih Rentang Waktu

Langkah selanjutnya adalah memilih rentang waktu yang ingin kamu pantau. Kalender ekonomi di TradingView biasanya memungkinkan kamu untuk memilih rentang waktu, misalnya, hari ini, minggu ini, atau bulan ini. Dengan memilih rentang waktu yang sesuai, kamu dapat fokus pada peristiwa ekonomi yang relevan dengan periode trading kamu.

Baca Juga:  Kenali Tanda-Tanda Hidden Bearish Divergence!

3. Lihat Daftar Peristiwa

Setelah memilih rentang waktu, kamu akan melihat daftar peristiwa ekonomi yang dijadwalkan untuk periode tersebut. Peristiwa ini termasuk pengumuman data ekonomi, pertemuan bank sentral, dan acara lain yang dapat memengaruhi pasar keuangan. Daftar peristiwa biasanya mencakup informasi seperti tanggal, waktu, jenis peristiwa, serta perkiraan dan hasil aktual.

4. Periksa Tingkat Dampak

Sebelum menetapkan strategi trading kamu, pastikan untuk memeriksa tingkat dampak dari masing-masing peristiwa ekonomi. Tingkat dampak biasanya diberikan dalam bentuk warna atau skala, misalnya, tinggi, sedang, atau rendah. Dengan memperhatikan tingkat dampak, kamu dapat menentukan peristiwa mana yang mungkin memiliki pengaruh yang signifikan pada pasar.

5. Siapkan Strategi Trading

Berdasarkan informasi dari kalender ekonomi, kamu dapat mempersiapkan strategi trading kamu. Misalnya, kamu dapat menetapkan level stop loss atau take profit yang sesuai dengan pergerakan harga yang mungkin terjadi akibat peristiwa ekonomi tertentu. Selain itu, kamu juga dapat memilih instrumen keuangan yang paling potensial untuk diperdagangkan selama periode tersebut.

6. Pantau Peristiwa

Saat peristiwa ekonomi terjadi, penting untuk terus memantau perkembangan pasar. Gunakan grafik harga dan indikator teknikal untuk mengidentifikasi tren dan sinyal trading yang muncul seiring dengan peristiwa ekonomi tersebut. Dengan memantau pasar secara aktif, kamu dapat mengambil keputusan trading yang tepat sesuai dengan kondisi pasar yang sedang berlangsung.

penggunaan kalender ekonomi tradingview

Penggunaan Widget Kalender Ekonomi TradingView

Tambahkan Widget Kalender Ekonomi

Pertama-tama, untuk menggunakan widget kalender ekonomi di TradingView, kamu perlu menambahkannya ke layar trading atau dashboard kamu. Cari opsi "Widget" atau "Tambah Widget" di platform TradingView dan pilih "Kalender Ekonomi" dari daftar widget yang tersedia. Setelah ditambahkan, widget kalender ekonomi akan muncul di layar trading kamu.

Pilih Kalender Ekonomi

Setelah menambahkan widget, langkah selanjutnya adalah memilih kalender ekonomi yang ingin kamu gunakan. TradingView biasanya menyediakan beberapa opsi kalender ekonomi dari berbagai sumber. Pilih kalender ekonomi yang sesuai dengan preferensi kamu, seperti kalender ekonomi resmi dari lembaga keuangan atau kalender ekonomi yang disediakan oleh platform.

Atur Preferensi

Sesuaikan preferensi kamu dalam pengaturan widget kalender ekonomi. Beberapa preferensi yang dapat kamu atur termasuk rentang waktu, tampilan daftar peristiwa, dan tingkat dampak peristiwa. Dengan mengatur preferensi sesuai dengan kebutuhan dan gaya trading kamu, kamu dapat meningkatkan efektivitas penggunaan widget kalender ekonomi.

Baca Juga:  Inilah Strategi Contrarian dalam Trading Saham

Periksa Peristiwa Ekonomi

Setelah mengatur preferensi, periksa daftar peristiwa ekonomi yang dijadwalkan. Widget kalender ekonomi akan menampilkan daftar peristiwa ekonomi yang termasuk tanggal, waktu, dan deskripsi singkat. Periksa daftar peristiwa secara teratur untuk memastikan kamu tidak melewatkan peristiwa penting yang dapat memengaruhi pasar.

Analisis Dampak

Selanjutnya, analisis dampak dari masing-masing peristiwa ekonomi yang tercantum dalam kalender. Tinjau tingkat dampak peristiwa dan pertimbangkan bagaimana peristiwa tersebut dapat mempengaruhi pasar keuangan. Dengan melakukan analisis dampak yang cermat, kamu dapat mempersiapkan strategi trading yang sesuai dengan kondisi pasar yang diantisipasi.

Pantau Peristiwa

Terakhir, pantau peristiwa ekonomi secara aktif saat mereka terjadi. Gunakan grafik harga dan indikator teknikal untuk memantau reaksi pasar terhadap peristiwa tersebut. Dengan memantau peristiwa secara langsung, kamu dapat mengambil keputusan trading yang tepat dan merespons dengan cepat terhadap perubahan kondisi pasar.

manfaat kalender ekonomi tradingview

Manfaat Menggunakan Kalender Ekonomi TradingView

1. Memprioritaskan Peristiwa Penting

Dengan menggunakan kalender ekonomi di TradingView, kamu dapat memprioritaskan peristiwa ekonomi yang dianggap penting. Kalender tersebut biasanya menyediakan informasi tentang peristiwa ekonomi yang memiliki dampak signifikan pada pasar keuangan, seperti pengumuman suku bunga, laporan inflasi, dan data ketenagakerjaan. Dengan memprioritaskan peristiwa yang penting, kamu dapat mengarahkan perhatian dan upaya analisismu pada faktor-faktor yang memiliki dampak yang signifikan terhadap pergerakan harga aset.

2. Memperoleh Informasi Terkini

Salah satu manfaat utama dari menggunakan kalender ekonomi TradingView adalah kemampuannya untuk memberikan informasi terkini tentang peristiwa ekonomi yang sedang berlangsung atau yang akan datang. Dengan memiliki akses langsung ke informasi terbaru tentang peristiwa ekonomi, kamu dapat mengambil keputusan trading yang lebih tepat waktu dan relevan dengan kondisi pasar saat ini. Ini memungkinkan kamu untuk tetap berada di depan pergerakan pasar dan mengambil keuntungan dari peluang trading yang muncul.

3. Mengantisipasi Volatilitas Pasar

Dalam trading, volatilitas pasar bisa menjadi faktor penting yang memengaruhi hasil trading. Dengan menggunakan kalender ekonomi TradingView, kamu dapat mengantisipasi potensi volatilitas pasar yang disebabkan oleh peristiwa ekonomi tertentu. Dengan mengetahui jadwal dan tingkat dampak peristiwa ekonomi yang dijadwalkan, kamu dapat mempersiapkan strategi trading yang sesuai dengan kondisi pasar yang diantisipasi, sehingga dapat mengelola risiko dengan lebih efektif.

4. Meningkatkan Kualitas Analisis Fundamental

Analisis fundamental adalah salah satu pendekatan utama dalam trading yang melibatkan evaluasi faktor-faktor ekonomi, keuangan, dan politik yang memengaruhi nilai aset keuangan. Dengan menggunakan kalender ekonomi TradingView, kamu dapat meningkatkan kualitas analisis fundamental kamu dengan memantau peristiwa ekonomi yang relevan. Ini memungkinkan kamu untuk membuat keputusan trading yang lebih terinformasi dan akurat, berdasarkan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi fundamental pasar.

Baca Juga:  Trading Gratis Tanpa Deposit, Emang Bisa??

5. Memperluas Wawasan Pasar

Dengan mengakses kalender ekonomi di TradingView, kamu dapat memperluas wawasan pasar kamu tentang faktor-faktor ekonomi dan keuangan yang memengaruhi aset keuangan. Dengan memahami bagaimana berbagai peristiwa ekonomi memengaruhi pasar secara keseluruhan, kamu dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dinamika pasar dan tren jangka panjang yang mungkin memengaruhi portofolio trading kamu.

6. Mengembangkan Strategi Trading

Terakhir, dengan menggunakan kalender ekonomi TradingView, kamu dapat mengembangkan strategi trading yang lebih efektif dan adaptif. Dengan memahami jadwal dan tingkat dampak peristiwa ekonomi, kamu dapat menyusun rencana trading yang mengambil kira perubahan pasar yang mungkin terjadi akibat peristiwa tersebut. Ini memungkinkan kamu untuk merencanakan langkah-langkah trading yang lebih proaktif dan responsif terhadap kondisi pasar yang sedang berkembang.

Dengan memanfaatkan fitur kalender ekonomi di TradingView, kamu dapat mengoptimalkan strategi trading dan membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan informasi terkini. Kalender ekonomi ini membantu kamu untuk memprioritaskan peristiwa penting, mengantisipasi volatilitas pasar, dan meningkatkan kualitas analisis fundamental. 

Penggunaan kalender ekonomi di TradingView juga memperluas wawasan pasar kamu, memungkinkan kamu untuk mengembangkan strategi trading yang lebih adaptif dan responsif terhadap dinamika pasar yang sedang berkembang. Semoga dengan pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja dan manfaat fitur ini, kamu dapat meraih hasil trading yang lebih konsisten dan menguntungkan. Selamat trading dan sukses selalu!

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Sobat Trader, saatnya untuk memanfaatkan dana dengan cerdas! Mulailah perjalanan investasimu dengan membuka akun demo trading di HSB. Dapatkan dana virtual gratis hingga $100.000 untuk belajar trading di pasar keuangan sungguhan tanpa risiko. Ini adalah kesempatan emas untuk mengasah kemampuan tradingmu sejak dini.

Jika kamu merasa siap untuk terjun ke dalam dunia trading dengan lebih serius, buka akun live trading HSB hanya dalam 3 langkah mudah: isi dan lengkapi informasi pribadimu saat pendaftaran, selesaikan verifikasi identitasmu melalui proses KYC, dan lakukan deposit pada akun resmi HSB. 

Jangan lewatkan juga promo trading HSB yang bisa meningkatkan peluang profit tradingmu. Jadi, manfaatkanlah waktu dan kesempatan ini sebaik mungkin. Buka akunmu sekarang juga dan raih keuntungan dari investasimu bersama HSB!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik