Home Pengetahuan Keuangan Ingin Memulai Investasi Saham? Pelajari Dahulu Seluk Beluknya!

Ingin Memulai Investasi Saham? Pelajari Dahulu Seluk Beluknya!

by HSB
0 comment

Terdapat banyak hal yang perlu kamu pahami sebelum memulai investasi saham. Benar bahwa investasi saham bisa memberikan kamu keuntungan yang besar. Hal ini juga dibuktikan oleh begitu banyak orang yang sudah menerima keuntungan dari penanaman modal dalam saham. 

Tetapi kemungkinan besar kamu hanya pernah mendengar sisi positif keuntungannya saja tanpa melihat jatuh bangun serta kegagalan yang mereka alami. Sejatinya investasi memerlukan pemahaman dan pengalaman supaya keuntungan bisa didapatkan. 

Jika kamu tertarik untuk melakukan investasi saham, coba pahami berbagai informasinya terlebih dahulu di bawah ini. 

Apa Itu Saham?

Saham adalah salah satu instrumen dalam investasi yang berbentuk hak kepemilikan seorang investor terhadap suatu perusahaan. Ketika investor membeli saham suatu perusahaan atau lembaga keuangan maka dia bisa disebut sebagai pemilik. 

Meski persentasenya sangat kecil orang tersebut tetap disebut sebagai pemilik karena sudah membeli saham. Investor juga berhak datang ke Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk mengikuti pembagian keuntungan atau dividen yang akan dilakukan. 

Baca juga: Wajib Tahu! Faktor-faktor yang Mempengaruhi Investasi Anda

Kelebihan dan Kekurangan Saham

Langkah Awal Belajar Investasi Saham

Pada zaman ini makin banyak masyarakat yang melek investasi. Dari data laporan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan per 3 Juni 2022 menunjukkan bahwa ada 8,88 juta orang yang menjadi investor di pasar modal. 

Bahkan disebutkan bahwa anak milenial berusia di bawah 30 tahun masih menjadi kelompok terbesar yang melakukan investasi. Ini menandakan bahwa berinvestasi sudah disadari sebagai aktivitas yang krusial. Memang apa kelebihan dan kekurangannya sampai banyak orang memilih untuk mulai menanamkan modal?

Kelebihan Investasi Saham

Tujuan paling utama seseorang melakukan investasi sudah pasti karena bisa mendapatkan keuntungan. Tetapi apa saja sebenarnya keuntungan yang bisa didapatkan investor? Setidaknya ada 4 keuntungan yang bisa dirasakan, yaitu:

  • Mendapatkan keuntungan dari capital gain dan pembagian dividen
  • Besaran keuntungan yang didapatkan cukup tinggi.
  • Memiliki bagian kepemilikan dari suatu perusahaan atau lembaga keuangan tempat menanamkan modal. 
  • Investasi saham dapat dikatakan transparan karena setiap investor bisa memantau modal sekaligus menganalisis laporan keuangan dari perusahaan dan lembaga keuangan yang ada. 

Baca juag: Yuk, Pelajari Pentingnya Investasi Sejak Dini

Kekurangan Investasi Saham

Semua keuntungan tersebut tentu membuat masyarakat tertarik melakukan investasi. Tetapi kamu perlu tahu bahwa ada kekurangan yang bisa menghalangi seseorang mendapatkan keuntungan dari investasi saham, yaitu:

    • Risiko kerugian besar.
    • Nilai saham sangat fluktuatif dan dipengaruhi oleh banyak faktor eksternal seperti keadaan politik dan ekonomi negara, manajemen perusahaan, serta hal lainnya. 
    • Capital loss. 
    • Risiko likuiditas alias perusahaan mengalami kebangkrutan. 

Berapa Minimal Dana untuk Memulai Investasi Saham?

Pasti kamu jadi bertanya-tanya “Berapa modal yang dibutuhkan untuk berinvestasi saham?”. Kalau kamu berpikir bahwa aktivitas investasi hanya untuk orang-orang kaya maka pemikiran tersebut salah besar. 

Faktanya kamu sudah bisa mulai berinvestasi saham dengan modal yang kecil. Di sisi lain, tidak ada batas maksimal bagi seorang investor ketika ingin berinvestasi. 

Baca juga: Yang Harus Diketahui Dalam Memilih Investasi Saham

5 Langkah Awal Belajar Investasi Saham 

Langkah Awal Belajar Investasi Saham

Sebelum berinvestasi, kamu perlu memahami berbagai informasi serta melakukan persiapan dengan analisis. Kamu tidak bisa terjun langsung tanpa persiapan yang matang. 

Meski modal awal yang mungkin akan kamu gunakan kecil dan tidak berpengaruh apa-apa ketika rugi, tetapi kenapa tidak dimaksimalkan saja investasi tersebut? Kalau kamu bisa melipatgandakannya menjadi Rp50.000 bukankah sangat menguntungkan? Supaya mendapatkan keuntungan, coba ikuti beberapa langkah berikut. 

1. Tentukan Tujuan Investasi

Sebagai langkah pertama, kamu harus tahu tujuan melakukan investasi. Betul bahwa tujuan utamanya mendapatkan keuntungan tetapi kamu akan menggunakannya untuk apa? Membeli rumah? Biaya pendidikan? Tabungan? Atau dana pensiun? Menentukan tujuan investasi akan membuat kamu lebih rajin dan konsisten untuk berinvestasi setiap bulannya. 

2. Pahami Keadaan Keuangan Pribadi

Setelah mengetahui tujuannya, sekarang kamu bisa mulai menghitung total uang yang harus dikumpulkan. Asumsikan kamu ingin membeli rumah dengan harga Rp1 miliar dalam 10 tahun mendatang. 

Berarti berapa jumlah uang yang harus kamu investasikan per bulannya? Ketahui terlebih dahulu keadaan keuanganmu saat ini. Coba rencanakan setiap anggaran dengan baik dan mulai sisihkan sejumlah uang untuk investasi. 

Baca juga: Aman dan Menguntungkan! 5 Jenis Investasi Untuk Pemula

3. Pahami Juga Informasi Saham Secara Menyeluruh

Jangan lupa pahami informasi tentang investasi dan saham itu sendiri secara menyeluruh. Kamu butuh mengisi diri dengan berbagai wawasan penting seperti cara kerjanya, risiko, strategi, serta cara membaca grafik dan melakukan analisis. Informasi ini penting supaya kamu bisa mengubah modal yang telah dikeluarkan menjadi keuntungan yang menjanjikan.

4. Temukan Platform Aman yang Tepercaya

Platform untuk berinvestasi sudah sangat banyak. Setiap platform juga menawarkan fitur dan keunggulannya masing-masing. Tugas kamu adalah untuk menemukan platform terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. 

Cari tahu biaya administrasinya, cara kerja, fitur-fitur yang tersedia, aturan, keamanan, transaksi, dan lain sebagainya. Lalu bandingkan platform satu dengan yang lainnya supaya kamu menemukan yang tepat. 

5. Temukan Saham Unggulan

Saham unggulan dalam pasar modal bisa kamu temukan pada beberapa indeks yang sudah dibuat oleh BEI, seperti: 

  • IDX80
  • IDX30
  • LQ45
  • IDX Growth 30
  • IDX High Dividend 20

Indeks-indeks tersebut memuat berbagai perusahaan yang sahamnya kredibel, memiliki kapitalisasi pasar yang besar, serta sangat likuid. Itu berarti perusahaan tersebut sudah membuktikan dirinya mampu bertahan di tengah keadaan sulit dan tetap berusaha memberikan kinerja terbaik. 

Baca juga: 4 Investasi yang Menguntungkan Saat ini

Itu dia informasi penting seputar investasi saham yang harus diketahui. Sudah siap memulai investasi saham? Pastikan kamu memahami semua langkah awal yang sudah dijelaskan di atas supaya investasi yang dilakukan bisa memberikan keuntungan penuh. 

Tetapi selain berinvestasi saham dalam jangka waktu yang panjang, kamu juga bisa melakukannya hanya dalam hitungan jam dan hari. Memang bisa? Tentu saja! Kamu bisa mencoba berinvestasi dengan melakukan trading

Melakukan trading memang membutuhkan usaha serta persiapan yang lebih banyak. Alasannya karena risiko kerugian yang harus ditanggung lebih besar dari investasi saham biasa. 

Jika tidak diikuti dengan analisis serta strategi maka modal yang kamu tanam akan langsung hilang begitu saja. Namun jangan khawatir karena kamu bisa memanfaatkan fasilitas belajar trading untuk pemula di HSB. 

Tidak hanya bertindak sebagai broker aman dengan legalitas dari BAPPEBTI, ICDX, dan ICH saja, HSB juga berusaha membantu kamu supaya bisa melakukan trading dengan baik. 

Seluruh fasilitas edukasi bisa kamu akses secara gratis hanya dengan mengunjungi website HSB. Bagaimana? Tertarik mencoba menggunakan HSB? Langsung saja download aplikasi HSB di ponsel kamu sekarang juga!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288