Home Tips Investasi Keuangan Umum 4 Tips Investasi Saham Paling Untung Bagi Pemula

4 Tips Investasi Saham Paling Untung Bagi Pemula

by HSB
0 comment

Ketika ingin menjadi investor sukses kamu harus melewati banyak hal. Mulai belajar investasi saham pemula merupakan langkah awal yang baik. Jika memilih untuk masuk ke dunia ini tanpa memiliki persiapan sebelumnya, dijamin langkah kamu sangatlah berat.

Mempersiapkan bekal berupa pengetahuan mengenai investasi saham dan berbagai macam hal lainnya akan sangat berguna di saat kamu mulai berinvestasi. Saham memang menawarkan reward besar yang diinginkan banyak orang. Namun, risiko berat akan menanti siapa pun jika tidak siap ketika memulai investasinya.

Agar tidak salah langkah dan merasakan kerugian besar, maka tips atau saran berikut ini bisa kamu perhatikan. Mari belajar mengenai dunia investasi terutama berbagai macam hal yang harus diketahui seorang pemula

4 Tips Belajar Investasi Saham Pemula

Tips Belajar Investasi Saham Pemula

Baca juga: Yuk Belajar Analisis Fundamental Saham

Investor saham saat ini menjadi salah satu bentuk profesi yang mulai digemari banyak orang. Keinginan untuk mendapatkan keuntungan besar merupakan salah satu motivasi yang memicu orang secara berbondong-bondong belajar mengenai dunia saham.

Memiliki motivasi merupakan hal baik ketika ingin mempelajari sesuatu. Namun itu saja masih belum cukup dalam memperlancar langkah kamu belajar investasi saham. Untuk memudahkan hal tersebut, maka beberapa tips mempelajari saham bagi pemula ini dapat membantu kamu.

  1. Kenali Berbagai Macam Istilah Saham

Mengenali berbagai macam jargon atau istilah dunia investasi saham dapat memperlancar kegiatan belajar kamu. Terkadang istilah-istilah inilah yang mempersulit beberapa orang ketika ingin mengenal dunia investasi saham. Beberapa istilah tersebut adalah:

  • Bursa Saham: Sebuah lembaga yang menyediakan sarana dan peraturan dalam perdagangan saham.
  • Bearish: Keadaan saat terjadi aksi pengambilan keuntungan secara besar-besaran, membuat harga saham mengalami penurunan. 
  • Bullish: Keadaan pasar saat banyak pemegang saham melakukan transaksi pembelian dan menyebabkan harga saham naik.
  • Buyback: Proses pembelian kembali saham oleh sebuah emiten agar menstabilkan harga sahamnya.
  • Cut Loss: Proses penjualan saham dari pemegang saham demi mengantisipasi kerugian yang lebih besar.
  • Lot: Satuan saham yang diperdagangkan di Bursa. 1 lot sama dengan 100 lembar saham.
  • Kustodian: Tempat penyimpanan dari modal dan hasil investasi kamu.

Masih banyak istilah lainnya yang harus kamu pelajari agar dapat mengenal dunia investasi saham dengan lebih baik. Seiring berjalannya waktu, kamu dapat mempelajari berbagai macam istilah lainnya.

1. Belajar dari Seseorang yang Lebih Ahli

Kamu tentu saja bisa belajar menggunakan buku, video, atau berbagai macam media lainnya, namun belajar langsung dari seseorang yang lebih ahli dapat membantu kamu memahami seluk beluk investasi saham. Pengalaman mereka merupakan sumber pengetahuan baru dan tidak bisa didapatkan di mana pun.

Melakukan diskusi secara langsung dapat membantu untuk menggali lebih dalam pengetahuan berharga tersebut. Semakin sering kamu bertanya, tentu akan semakin banyak ilmu untuk diserap.

Melaksanakan belajar langsung secara tatap muka, berbagai kelas daring atau seminar-seminar juga menjadi sarana kamu belajar dari para ahli. Selain mendapatkan pengetahuan dunia saham, kamu juga dapat berinvestasi pada ilmu berharga.

2. Mengenal Risiko dan Keuntungan

Mengenal Risiko dan Keuntungan

Baca juga: Strategi Diversifikasi Investasi dan Manfaatnya

Saham merupakan bentuk investasi high-risk, high-reward. Hal inilah yang menjadi daya tarik sekuritas satu ini. Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar, maka kamu harus siap dengan risiko di belakangnya.

Keuntungan saat membeli atau memiliki saham perusahaan terbagi menjadi dua jenis, dividen dan capital gain. Dividen merupakan pembagian keuntungan perusahaan dan baru diberikan kepada investor setelah mendapat persetujuan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Capital gain adalah keuntungan dari selisih antara harga beli dan harga jual saham. Untuk mendapatkannya, seorang investor harus mengikuti aktivitas perdagangan saham. Pengurangan harga jual beli dengan harga jual menjadi keuntungan milik kamu. 

Kemudian ada risiko investasi saham berupa capital loss dan risiko likuidasi. Capital loss berlawanan dengan capital gain, yaitu ketika investor mendapat kerugian ketika menjual saham lebih rendah dari harga beli. 

Risiko likuidasi ini terjadi ketika perusahaan mengalami kebangkrutan oleh pengadilan atau ketika perusahaan memilih untuk tutup. Kamu tidak dapat menjual saham pada harga terkininya.

3. Jangan Takut Memulai

Cara terbaik belajar investasi adalah dengan merasakan secara langsung bagaimana investasi saham dilakukan. Kamu dapat memulai dengan nominal kecil terlebih dahulu. Meraih keuntungan bukanlah prioritas karena tujuan utamanya adalah merasakan pengalaman investasi secara langsung.

Jika masih belum berani terjun langsung ke bursa saham, maka belajar menggunakan akun demo merupakan opsi lainnya. HSB menyediakan fasilitas akun demo sebagai cara belajar saham dengan aman.

Melalui akun demo kamu bisa merasakan pengalaman jual beli saham tanpa perlu khawatir mengalami kerugian. Jika sudah siap, maka kamu harus terjun langsung dengan akun live.

HSB, Aplikasi Saham Pemula Terbaik 

Menemukan aplikasi yang ramah terhadap pemula dulunya bukan hal mudah. Namun kini kamu bisa menggunakan HSB, aplikasi saham pemula terbaik. Terdapat berbagai macam kelebihan untuk mempermudah proses belajar kamu.

HSB memiliki integritas tinggi dan legalitas penuh dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan merupakan Anggota Bursa, Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) , serta Indonesia Clearing House (ICH).

Aplikasi ini juga sangat transparan dan menyediakan customer service online selama 24 jam. Kamu tidak perlu takut karena aplikasi ini sangat ramah bagi pemula dalam dunia investasi.

Itulah berbagai tips untuk diterapkan dalam memperlancar proses pembelajaran investasi saham kamu. Aplikasikan berbagai tips di atas melalui aplikasi Trading Saham HSB.

Kamu bisa mulai dengan akun demo atau terjun langsung ke bursa saham dengan membuka akun riil agar merasakan pengalaman secara nyata. Tunggu apalagi? Saatnya mulai aktivitas trading bersama HSB!

You may also like

Leave a Comment