Home Pengetahuan Keuangan Mengenal Pengertian dan Berbagai Jenis Instrumen Investasi

Mengenal Pengertian dan Berbagai Jenis Instrumen Investasi

by HSB
0 comment

Seiring dengan perkembangan zaman, inflasi dan pergerakan nilai mata uang semakin meningkat. Berkaitan dengan hal tersebut, mengalihkan aset ke berbagai instrumen investasi adalah pilihan yang tepat. Itulah sebabnya saat ini investasi menjadi topik yang mulai ramai menarik perhatian seluruh lapisan masyarakat, mulai dari yang muda hingga tua.

Bahkan, sejak tahun 2021, Otoritas Jasa Keuangan mengumumkan sebanyak 6,1 juta investor pada pasar modal Indonesia dengan kisaran usia di bawah 30 tahun. Namun hal tersebut bukan berarti investasi dapat dilakukan begitu saja tanpa pengetahuan.

Kamu harus mempelajari investasi lebih dalam termasuk dengan risiko yang mungkin hadir selama investasi berlangsung. Oleh karenanya, dalam artikel ini, HSB akan memberikan informasi mengenai pengertian, macam-macam instrumen, dan tips investasi untuk kamu. 

Pengertian Investasi

Pengertian Investasi

Investasi adalah kegiatan penanaman modal yang dilakukan untuk mendapat keuntungan dan mengamankan nilai aset dengan jangka waktu tertentu. Dalam investasi, terdapat 3 pilihan jangka waktu yaitu jangka pendek, menengah, dan panjang. Pemilihan jangka waktu investasi ini dapat Anda sesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan investasi. 

Investasi juga merupakan cara yang cukup efektif untuk meningkatkan nilai portofolio, sebab tanpa melakukan usaha yang terlalu besar, kamu juga tetap dapat menikmati keuntungan yang diterima dari kenaikan harga pasar pada instrumen yang dipilih. Tetapi, bukan berarti investasi tidak memiliki kekurangan. Setiap instrumen investasi memiliki risikonya masing-masing.

Saat menjalankan investasi, terutama jangka pendek, kamu harus siap terhadap risiko kerugian yang mungkin terjadi sebagai dampak dari pergerakan harga yang menurun. Itulah mengapa memahami investasi terlebih dahulu adalah hal yang penting. Jika tidak, hal paling pahit yang akan diterima adalah hilangnya seluruh aset pada portofolio yang dimiliki.

Baca juga: Memahami 5 Perbedaan Investasi Syariah dan Konvensional

4 Jenis Instrumen Investasi

Jenis Instrumen Investasi

Instrumen investasi adalah alat yang digunakan dalam menjalankan kegiatan investasi. Tidak hanya satu, instrumen investasi memiliki banyak pilihan yang dapat kamu sesuaikan dengan tujuan investasi dan keuntungan setiap instrumen. Agar tidak kebingungan, kamu bisa melihat beberapa jenisnya di bawah ini:

1. Deposito 

Jenis pertama dari instrumen investasi adalah deposito. Apabila kamu membutuhkan instrumen investasi yang memiliki profil risiko rendah, deposito dapat menjadi pilihan cerdas. Deposito merupakan jenis investasi jangka panjang yang harus kamu pertimbangkan dengan sungguh-sungguh sebelum membelinya. 

Pada dasarnya, deposito memiliki konsep yang sama dengan tabungan konvensional. Hanya saja deposito akan memberikan peningkatan nilai aset dan dapat dilakukan dengan rupiah maupun valuta asing. 

2. Saham

Saham adalah sebuah instrumen investasi yang paling banyak digunakan dan populer di kalangan masyarakat. Saham merupakan investasi pada sebuah perusahaan terbuka dengan menyertakan modalnya dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Dalam investasi saham, keuntungan yang diperoleh berasal dari dua sumber yaitu penjualan aset atau dividen. 

Di antara berbagai instrumen investasi, saham adalah instrumen yang memberikan jumlah keuntungan yang besar. Tetapi perlu diingat bahwa hal ini juga diikuti dengan profil risiko yang tinggi pula.

Baca juga: Ayo Mulai Sekarang! 3 Cara Investasi di Usia Muda

3. Obligasi

Selain deposito, obligasi juga merupakan salah satu instrumen investasi yang berisiko rendah. Obligasi sendiri merupakan surat utang yang tersedia dari jangka menengah hingga jangka panjang yang diperjualbelikan oleh pemerintah atau perusahaan tertentu. 

Obligasi menjanjikan pemberian keuntungan melalui bunga atau kupon pada jangka waktu tertentu. Jika kamu membutuhkan investasi dengan jangka waktu yang panjang, obligasi dapat menjadi pilihan yang tepat sebab pertumbuhan nilai aset bergerak naik secara stabil. 

4. Emas

Meski semua orang mengetahui emas bahkan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak yang belum memahami bahwa emas dapat menjadi salah satu instrumen investasi. Pada dasarnya, investasi emas adalah jenis investasi yang dilakukan dengan transaksi logam mulia baik dalam bentuk fisik maupun digital. 

Memilih emas sebagai instrumen investasi adalah pilihan cerdas karena mudah dan memiliki perkembangan harga yang terus meningkat. Investasi emas dapat kamu manfaatkan sebagai alat penyimpanan dana untuk kebutuhan jangka panjang sebab keuntungan maksimal yang dapat diperoleh dari pembelian emas yaitu minimal 5 tahun. 

Baca juga: 4 Cara Investasi Emas Terbaik Untuk Pemula Agar Untung

3 Tips Mulai Berinvestasi dengan Instrumen yang Tepat

Tips Mulai Berinvestasi dengan Instrumen yang Tepat

Sebelum menentukan instrumen investasi, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu agar pemilihan alat investasi dapat dilakukan dengan tepat. Terlebih saat melakukan transaksi investasi yang pertama kalinya. Adapun tips mulai berinvestasi dengan instrumen yang tepat antara lain:

1. Tentukan Tujuan Investasi

Hal penting yang tidak dapat dilupakan sebelum melakukan investasi adalah menentukan tujuan investasi. Tujuan ini nantinya akan membantu kamu memilih instrumen investasi yang tepat dan efektif. Contoh tujuan investasi dapat berupa dana pensiun, biaya pembangunan rumah, dana pernikahan, dan lain sebagainya.

2. Menetapkan Jangka Waktu

Setelah tujuan, tetapkan jangka waktu investasi yang nilainya sesuai dengan tujuan sebelumnya. Jangka waktu investasi terdiri dari jangka panjang, menengah, dan pendek dengan instrumen investasi yang berbeda-beda. Perbedaan instrumen investasi pada setiap jangka waktu ini dikarenakan periode nilai keuntungan maksimal yang diterima memiliki lama waktu yang berbeda-beda. 

Baca juga: Bentuk-bentuk Investasi yang Bisa Anda Pilih

3. Menggunakan Platform yang Kredibel

Tidak hanya memilih instrumen investasi, pemilihan platform investasi juga menjadi hal penting. Investasi saat ini dapat dilakukan dengan mudah melalui media digital. Namun, tidak semua platform investasi kredibel dan dapat dipercaya sebab masih banyak platform yang tersebar dengan keuntungan yang menjanjikan namun berujung pada penipuan. 

Sehingga pastikan kamu menggunakan aplikasi HSB sebagai aplikasi trading saham online yang tepercaya dan teregulasi BAPPEBTI. HSB juga berkomitmen untuk selalu menjamin transparansi sistem trading sehingga tidak akan ada kecurangan sistem. Selain itu, ada banyak pilihan instrumen investasi yang bisa kamu pilih dan gunakan dengan mudah serta aman. 

Jadi apakah informasi di atas sudah membantu kamu menetapkan instrumen investasi yang akan digunakan? Secara umum, instrumen investasi adalah bagian yang harus dipertimbangkan dengan matang dan dipelajari dengan saksama agar tidak berujung pada kerugian akibat pemilihan instrumen yang salah. 

Demikian tadi merupakan informasi mengenai investasi dan jenis instrumennya. Download HSB dan buka akun demo kamu untuk mulai trading dengan mudah, aman, dan komisi yang relatif rendah sekarang juga!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288