Home Tips Investasi Keuangan Umum 7 Tips Cara Membaca Candlestick 1 Menit Dalam Trading

7 Tips Cara Membaca Candlestick 1 Menit Dalam Trading

by HSB
0 comment

Pergerakan pasar trading terjadi sangat cepat setiap harinya. Hal ini mengakibatkan pergerakan Pola Candlestick juga semakin bertumpuk dan berubah dalam waktu yang cepat. Karena itulah, kamu harus membekali tradingmu dengan kemampuan cara membaca candlestick 1 menit.

Dengan membaca dan menginterpretasikan Pola Candlestick, kamu bisa menganalisa kecenderungan pergerakan harga dan akurasi perhitungannya di pasar modal. Jika kamu sudah mengerti cara membacanya, kamu bisa mengambil keputusan trading yang lebih tepat dan menguntungkan.

Meski terlihat sedikit rumit dengan bentuk badan pola yang berwarna-warni dan terdiri dari berbagai ukuran, nyatanya memahami Pola Candlestick mudah kok, Sobat Trader!

3 Komponen Dasar Pola Candlestick

Komponen Dasar Pola Candlestick

Pertama-tama, kamu perlu tahu dulu 3 komponen dasar yang selalu ada di setiap Pola-pola Candlestick untuk memudahkan cara membaca candlestick 1 menit. Ketiga komponen penting tersebut yaitu:

  • Body Candle (Bar)

Pola Candlestick terdiri dari 2 body atau barwarna merah dan hijau. Bar berwarna merah menandakan harga aset saat dibuka (harga open) lebih rendah dari harga aset saat ditutup (harga closed). Biasanya bar merah ditandai dengan pola gerakan ke arah bawah.

Sedangkan bar hijau artinya harga aset saat dibuka (harga open) lebih tinggi dari harga aset saat ditutup (harga closed). Biasanya bar hijau ditandai dengan pola gerakan ke arah atas.

  • Sumbu Candlestick (Wick)

Ditandai dengan garis sumbu yang menunjukkan informasi fluktuasi harga yang bergerak sesuai durasi Candlestick dalam periode waktu tertentu.

Sumbu yang panjang mengindikasikan harga bergerak cepat dalam durasi tertentu, artinya volatilitas harga juga meningkat. Wick yang panjang biasanya terjadi di akhir sebuah trend atau sebelum harga berbalik arah.

  • Indikator Harga 

Setidaknya ada 4 indikator harga yang akan kamu temui dalam setiap Pola Candlestick, yaitu:

  • Open : Harga saat perdagangan dibuka hari ini. 
  • Closed: Harga terakhir setelah perdagangan ditutup kemarin. 
  • Low: Indikator harga terendah pada hari ini. 
  • High: Indikator harga tertinggi di hari ini. Ditunjukkan dengan bagian atas ekor dari bar berukuran lebih panjang.

Nah, setelah mengetahui komponen penting dari Pola Candlestick, sekarang kamu bisa mempersiapkan dirimu untuk tau cara membaca sinyal candlestick dengan cepat.

Baca Juga: 10 Candlestick Terlengkap dan Akurat

7 Tips Cara Membaca Candlestick 1 Menit

Tips Cara Membaca Candlestick 1 Menit

Saking gampangnya memahami cara membaca sinyal Candlestick, kamu bisa loh langsung mengerti hanya dengan memerhatikan beberapa aspek di bawah ini dalam hitungan menit:

1. Mengamati Tubuh (Bar) Candlestick

Ukuran bar memberikanmu informasi bahwa ada salah satu pihak (penjual atau pembeli) yang memiliki potensi kekuatan lebih besar dari pihak lainnya. 

Kamu bisa memerhatikan bentuk dan ukuran bar candlestick. Jika bar berukuran besar dan memiliki bagian yang kecil, bar ini mengindikasikan adanya pergerakan harga yang kuat dan bagus secara konsisten. 

2. Mengamati Sumbu Candlestick (Wick)

Panjang atau pendeknya sumbu menunjukkan pergerakan harga yang sangat cepat dalam waktu tertentu setelah mengalami perlawanan. 

Kalau kamu melihat ekor sumbu panjang dengan bagian bar yang besar pula di bagian ujung, hal ini menginformasikan bahwa tren pasar melemah dan akan ada kemungkinan terjadinya tren pembalikan.

Semakin panjang sumbu candlestick, semakin tinggi pula tingkat volatilitas harga di pasaran yang biasanya terjadi di akhir sebuah tren sebelum akhirnya berbalik arah.

3. Membaca Rasio Bar & Wick

Perbandingan antara posisi bar juga bisa menjadi aspek penting cara menganalisa candlestik dalam 1 menit. Jika bar & wick berada di tengah dan memiliki dua ekor atau sumbu, hal ini menginformasikan adanya kekuatan yang seimbang antara pembeli dan penjual. 

Eits, tapi jangan salah dulu. Keseimbangan tak selamanya bermakna baik ya Sobat Trader. Posisi kekuatan yang seimbang antara penjual dan pembeli justru mengindikasikan adanya keragu-raguan pasar untuk mengambil keputusan posisi jual atau membeli aset.

Baca Juga: Doji Candle: Jenis, Cara Membaca, Dan Menggunakan

4. Posisi Bar

Posisi tubuh candle atau bar yang berada di ujung menandakan adanya perlawanan. Sedangkan jika posisi bar berada di tengah-tengah, seperti yang telah dijelaskan pada poin ketiga di atas, posisi ini mengindikasikan adanya keragu-raguan pasar.

5. Tentukan Timeframe

Timeframe menjadi patokan waktu yang kamu gunakan untuk menganalisa pergerakan Pola Candlestick. Kamu bisa menggunakan 1 menit sebagai timeframe cepat car analisa candlestick.

6. Baca Tren Harga Pasar

Ada dua tren pasar yang perlu kamu pahami, yakni tren bullish (tren yang meningkat secara signifikan) dan tren bearish (tren yang mengalami penurunan). Cara menganalisa candlestick ini bisa dengan memerhatikan bentuk dan warna bar candlestick.

7. Support & Resistance Saham

Kamu perlu memahami aspek-aspek yang memengaruhi support dan resistance harga aset untuk memudahkanmu dalam membaca analisa candlestick

Baca Juga: Apa itu Bollinger Bands?

Jadi, siapa yang masih bilang kalo membaca Pola Candlestick itu ribet dan sulit? Nyatanya, kamu cuma perlu 

Mudah dan cepat kan, Sobat Trader?

Gak sulit kan membaca dan memahami Doji Candle, analisa trading tertua dan tervalid di dunia ini? Masih banyak jenis Pola Candlestick lain yang bisa kamu pelajari lebih lanjut di sini. 

Tingkatkan kemampuan trading dan keuntunganmu dengan menggali informasi pasar terupdate dan real-time di aplikasi HSB. Gak cuma bisa trading dengan mudah, kamu juga bisa membuat janji trading coaching 1 on 1 dengan tim profesional HSB yang selalu siap menemani petualangan trading-mu 24/7. Download aplikasinya sekarang dan daftarkan akun tradingmu, gratis!***

Sumber:

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

Quick Links
HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288