Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Mengulas Uniknya Pola Candlestick Shooting Star

Salah satu pola candle yang wajib diketahui oleh kamu adalah Pola Candlestick Shooting Star. Nah, di dalam artikel ini, jika kamu memutuskan untuk menekuni atau terjun dalam dunia trading, maka artikel ini mungkin akan berguna menambah informasi kamu terkait jenis-jenis candle. 

Kita akan membahas mulai dari pengertian, jenis-jenis, dan cara membaca pola shooting star ini. Dapatkan wawasan yang mendalam tentang cara menggunakan pola Shooting Star untuk meningkatkan strategi trading kamu.

Pengertian Pola Shooting Star

salah satu bentuk pola candle shooting star

Pola Shooting Star adalah salah satu pola candlestick yang penting dalam analisis teknikal. Pola ini sering digunakan oleh trader untuk mengidentifikasi potensi pembalikan tren bearish dalam pasar finansial. 

Shooting Star adalah pola candlestick tunggal yang memiliki karakteristik khas, dan pemahaman yang baik tentang pola ini dapat membantu trader membuat keputusan trading yang lebih baik.

Pola candle shooting star ini mirip dengan bentuk garis Inverted Hammer, tetapi bentuk garis palu terbalik berarti sinyal pembalikan naik, dan sinyal dari  Shooting star adalah sebaliknya. Bentuk garis palu terbalik biasanya muncul di bagian bawah, level support atau bagian bawah yang dibentuk oleh kenaikan.

Jenis-Jenis Pola Shooting Star

Setelah kamu memahami pengertiannya, inilah jenis-jenis yang termasuk ke dalam pola shooting star:

1. Inverted Shooting Star Candle

Pola Inverted Shooting Star atau Shooting Star Terbalik adalah pola candlestick yang mengindikasikan potensi pembalikan tren bearish dalam analisis teknikal. Pola ini mirip dengan pola Shooting Star standar, tetapi memiliki konteks yang berbeda. Berikut adalah ciri-ciri utama dari pola Inverted Shooting Star:

  • Inverted Shooting Star terjadi setelah periode tren naik yang kuat. Ini mengindikasikan bahwa harga telah mengalami kenaikan signifikan sebelum pola ini muncul.
  • Pola Inverted Shooting Star terdiri dari satu candlestick saja.
  • Tubuh candlestick Inverted Shooting Star relatif kecil. Tubuh ini mencerminkan perbedaan antara harga pembukaan dan harga penutupan selama sesi tersebut.
  • Ciri khas utama dari pola ini adalah adanya ekor atas yang panjang atau bayangan atas yang signifikan. Ekor atas ini mencapai tingkat tertinggi yang signifikan selama sesi trading.
  • Pola Inverted Shooting Star sering tidak memiliki ekor bawah yang panjang, atau jika ada, ekor bawahnya sangat pendek.

2. Evening Star Candle

Pola Evening Star adalah salah satu pola candlestick yang kuat yang mengindikasikan potensi pembalikan tren bearish dalam analisis teknikal. Pola Evening Star terdiri dari tiga candlestick dan sering terjadi setelah periode tren naik yang kuat. Berikut adalah ciri-ciri dari pola Evening Star:

  • Candlestick pertama dalam pola Evening Star adalah candlestick bullish (naik) yang mewakili tren naik yang kuat. Ini menunjukkan bahwa pembeli mendominasi pasar.
  • Candlestick kedua adalah candlestick dengan tubuh kecil (kecil) yang bisa berbentuk Shooting Star (dengan ekor atas yang panjang) atau Doji (dengan tubuh yang hampir sejajar dengan garis horizontal). Ini mencerminkan keraguan di pasar antara pembeli dan penjual.
  • Candlestick ketiga adalah candlestick bearish (turun) yang lebih besar dan menutup di bawah setengah bagian dari tubuh candlestick pertama. Ini mengindikasikan peningkatan tekanan penjual dan potensi pembalikan bearish.
Baca Juga:  Dasar Trading Pasangan Mata Uang CAD/JPY

3. Pola Shooting Star Standar

Pola ini sering digunakan oleh trader untuk mengidentifikasi potensi pembalikan tren bearish dalam pasar finansial. Berikut adalah ciri-ciri dari pola Shooting Star Standar:

  • Harga pembukaan dari candle Shooting Star Standar harus di atas dari harga penutupan candle sebelumnya. Ini menciptakan celah antara harga pembukaan dan penutupan candle sebelumnya.
  • Harga penutupan candle Shooting Star Standar harus berada di dekat atau di bawah harga pembukaan, mendekati atau bahkan di bawah level terendah dari periode trading tersebut.
  • Candle Shooting Star Standar memiliki ekor atas yang panjang, yang merupakan perpanjangan dari harga tertinggi (high) selama periode trading. Ekor atas yang panjang menunjukkan bahwa harga mencapai tingkat tertinggi yang signifikan selama sesi tersebut.
  • Tubuh candle Shooting Star Standar seharusnya relatif kecil dan memiliki perbandingan yang lebih besar dengan ekor atas panjangnya. Tubuh candle ini mewakili perbedaan antara harga pembukaan dan penutupan selama sesi tersebut.
  • Pola Shooting Star Standar biasanya tidak memiliki ekor bawah yang panjang, atau jika ada, ekor bawahnya sangat pendek. Ini menunjukkan bahwa harga tidak pernah turun terlalu jauh dari harga pembukaan selama sesi tersebut.

jenis-jenis pola shooting star

4. Morning Star Candle

Morning star adalah candle yang terdiri dari tiga candle yang dapat menandakan sebagai tanda kenaikan dari harga aset, Morning star candle ini memiliki tren naik turun dan menunjukan adanya kenaikan yang cukup curam pada awal candle. Jika kamu menemukan pembentukan morning star candle disarankan untuk mencari konfirmasi pembalikan yang akan terjadi dengan indikator lainnya.

Tidak ada hal khusus pada morning star candle, hanya pada candle ini ditandakan dengan 3 Candle yang berbeda yaitu, Satu candle merah besar pada pertama, candle kedua berwarna hijau yang kecil, dan ditutup dengan candle hijau yang lebih kecil dari candle kedua lalu dapat terlihat apakah harga akan naik atau turun dengan Support dari Indikator yang lainya seperti RSI, Indikator Oversold, Support dan resistance.

Baca Juga:  Trading Dengan Bearish Flag Pattern? Cobain Yuk!

5. Pola Hanging Man

Pola Hanging Man adalah salah satu pola candlestick yang sering muncul dalam analisis teknikal dan mengindikasikan potensi pembalikan tren bearish. Berikut adalah karakteristik pola hanging man:

  • Harga pembukaan dari candle Hanging Man harus di atas dari harga penutupan candle sebelumnya. Ini menciptakan celah antara harga pembukaan dan penutupan candle sebelumnya.
  • Harga penutupan candle Hanging Man berada di bawah atau dekat dengan harga pembukaan, mendekati atau bahkan di bawah level terendah dari periode trading tersebut.
  • Pola Hanging Man memiliki ekor bawah yang panjang, yang merupakan perpanjangan dari harga terendah selama periode trading. Ekor bawah yang panjang menunjukkan bahwa harga mencapai tingkat terendah yang signifikan selama sesi tersebut.
  • Tubuh candle Hanging Man relatif kecil dan memiliki perbandingan yang lebih besar dengan ekor bawah panjangnya. Tubuh candle ini mewakili perbedaan antara harga pembukaan dan penutupan selama sesi tersebut.
  • Pola Hanging Man biasanya tidak memiliki ekor atas yang panjang, atau jika ada, ekor atasnya sangat pendek. Ini menunjukkan bahwa harga tidak pernah naik terlalu jauh dari harga pembukaan selama sesi tersebut.

Tingkatkan peluang profit trading dengan memanfaatkan leverage HSB up to 1:200Sebelum melanjutkan pembahasan berikutnya, kamu bisa loh mencoba trading menggunakan pola candlestick shooting star ini di HSB Investasi, apalagi jika kamu seorang trader pemula! Karena banyak penawaran yang menarik seperti leverage 1:200 dan akun demo HSB yang bisa kamu gunakan untuk berlatih strategi tradingmu. Sekarang, mari kita lanjutkan ke topik berikutnya.

Keunikkan Pola Candlestick Shooting Star

  • Pola Shooting Star sering muncul di puncak tren naik yang kuat.
  • Pola Shooting Star dapat memberikan trader titik masuk potensial untuk posisi short dalam trading. Selain itu, trader dapat menempatkan stop-loss di atas ekor atas pola ini, memberikan tingkat perlindungan terhadap potensi pergerakan harga yang tidak sesuai ekspektasi.
  • Pola Shooting Star sering digunakan bersama dengan indikator teknikal dan level support/resistance untuk menguatkan sinyalnya.
  • Pola Shooting Star dapat ditemukan di berbagai kerangka waktu, mulai dari grafik intraday hingga grafik harian atau mingguan. Ini membuatnya relevan untuk berbagai jenis trader.

Keunggulan Pola Candlestick Shooting Star

  • Candlestick yang cukup mudah untuk diidentifikasi dan dikenali. Pola shooting star candle bullish memiliki ciri-ciri yang jelas, seperti ekor atas yang panjang dan tubuh kecil yang berada di dekat atau di bawah harga pembukaan.
  • Dapat dipercaya sebagai indikator konfirmasi jika digunakan dengan indikator lain.
  • Cocok digunakan oleh Trader Pemula ataupun Trader professional.
  • Pola Shooting Star adalah sinyal yang kuat untuk potensi pembalikan tren bearish.
  • Trader sering mencari konfirmasi dari pergerakan harga setelah munculnya pola Shooting Star.
  • Pola Shooting Star dapat ditemukan di berbagai kerangka waktu, mulai dari grafik intraday hingga grafik harian atau mingguan.
Baca Juga:  Mengenal Arti Sumbu Pada Candlestick & Fungsinya

berikut keunggulan dari pola candlestick shooting starKeterbatasan Pola Candlestick Shooting Star

  • Shooting Star tidak dapat menilai transaksi jangka pendek sepenuhnya secara independen.
  • Pola Shooting Star sama seperti semua alat analisis teknikal, tidak selalu memberikan sinyal yang akurat.
  • Keefektifan pola Shooting Star juga sangat bergantung pada konteks pasar.

Nah, setelah kamu memahami arti Shooting Star Candle dalam trading, saatnya memulai dengan mempraktekannya. Kamu bisa latihan terlebih dahulu sebelum terjun langsung dengan membuka akun demo di HSB Investasi.

Selain itu, HSB Investasi merupakan platform trading yang memiliki 4 jenis produk yang bisa kamu tradingkan yaitu 17 pasangan mata uang forex, 5 indeks saham, 3 produk komoditas dan 20 saham AS. Tenang saja! Trading di HSB Investasi sangat dijamin keamanannya dalam bertransaksi karena sudah memiliki izin resmi dan diawasi oleh BAPPEBTI.

Tidak kalah menarik dengan platform lainnya, HSB Investasi memiliki trading sistem menggunakan MetaTrader 5! Kamu dapat merasakan sistem trading fleksibel, analisa teknikal profesional karena terdapat 38 indikator bisa kamu gunakan, copy trading dari trader sukses lain dan fitur paling mengesankan dari MetaTrader 5 ini adalah algoritma trading yang dapat membantu kamu dalam trading. 

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien. 

Dapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga. 

DISCLAIMER

Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu dipahami bahwa aktivitas trading dan investasi memiliki tingkat risiko yang harus dikelola dengan bijak. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat kamu pelajari di website resmi kami.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik