Home Tips Investasi Keuangan Umum Apa itu IHSG? Seperti Apa Contohnya?

Apa itu IHSG? Seperti Apa Contohnya?

by HSB
0 comment

Apa itu IHSG? Pengertian sederhana dari IHSG adalah daftar berisi informasi semua saham yang dijual di Bursa Efek Indonesia (BEI). Untuk dapat melakukan investasi atau trading saham, maka kamu membutuhkan data mengenai hal tersebut. 

Berbekal informasi dari IHSG, maka kamu bisa melihat fluktuasi harga yang naik dan turun dari suatu saham. Bagi kamu yang sedang belajar mengenai investasi atau trading, mengetahui berbagai macam informasi mengenai IHSG menjadi sebuah kewajiban. 

Mari simak informasi-informasi berguna berikut ini untuk memahami salah satu elemen penting dalam dunia investasi.

Apa itu  IHSG?

Dalam berbagai macam kegiatan jual beli diperlukan data atau informasi mengenai harga dari barang yang diperjualbelikan, termasuk saham. Mengetahui harga terkini atau harga terdahulu dari suatu saham membantu investor meneliti performanya.

Informasi di atas juga bermanfaat dalam membuat sebuah prediksi apakah performa harga saham dapat meningkat atau menurun. Berbagai macam data mengenai saham tersebut dikumpulkan menjadi index saham.

Data tersebut didapatkan dari berbagai macam perusahaan dan industri. Di Indonesia index saham disebut sebagai IHSG atau  Indeks Harga Saham Gabungan. Secara internasional hal tersebut dikenal sebagai Indonesia Composite Index (ICI) atau IDX Composite.

Selain mempermudah para investor dalam mencari tahu kinerja dari instrumen investasi, IHSG juga menjadi sebuah cara menilai bagaimana iklim dari pasar modal Indonesia. Berbagai investor yang berasal dari luar negeri akan menggunakan informasi tersebut sebelum memilih untuk mulai berinvestasi di Indonesia.

Fungsi IHSG

Fungsi IHSG

IHSG memiliki beberapa fungsi penting untuk mendukung kegiatan investasi, beberapa di antaranya:

1. Memberikan Informasi Mengenai Pergerakan Pasar

IHSG memiliki fungsi untuk menunjukkan bagaimana pergerakan saham-saham sedang melantai di pasar modal. Mengetahui informasi tentang pergerakan saham membantu berbagai pihak yang terlibat bisa menganalisa bagaimana kondisi jual beli instrumen investasi yang terjadi di negara secara real-time

Baca juga: 10 Pola Candlestick Paling Lengkap & Akurat Bagi Pemula

Kemudian para pengamat, pemerintah, dan berbagai pihak eksternal lainnya mampu mendapat gambaran tentang tingkat ketertarikan investor pada pasar modal negaranya.

Dengan data dari IHSG, pemerintah bisa melakukan beberapa upaya seperti mempermudah regulasi, menaikkan suku bunga, dan sebagainya untuk menumbuhkan minat investasi masyarakat.

2. Tolak Ukur Kinerja dari Portofolio Saham

IHSG juga mampu menjadi dasar tolak ukur analisis sebuah saham bagi calon investor sebelum mereka masuk ke pasar modal. Grafik IHSG berfungsi untuk membuat keputusan pembelian atau penjualan saham. 

Investor dapat membandingkan harga saham per lot dengan harga IHSG, lewat perbandingan ini kamu sebagai investor bisa menentukan apakah saham tersebut berharga untuk dipegang atau harus dilepas.

3. Memberikan Estimasi Profit

Estimasi profit dari instrumen investasi bisa kamu dapatkan dengan melihat grafik IHSG. Contohnya apabila harga saham IHSG rata-rata naik sebesar 5% selama 3 bulan, maka dalam 3 bulan selanjutnya harga saham yang kamu beli dapat naik sebesar 5%.

Kamu bisa menambahkan data dari IHSG sebagai salah satu bentuk analisis sebelum membeli saham di bursa efek. Semakin dalam analisis dan data yang dimiliki, semakin besar juga peluang untuk meraup keuntungan.

4. Sebagai Produk Investasi Pasif

IHSG dapat kamu gunakan sebagai produk investasi pasif atau underlying assets. Investor bisa membeli beberapa lot saham berbeda dan menjualnya secara kolektif kepada investor lain. 

Untuk menjual saham kolektif, harga yang digunakan merupakan harga saham IHSG. Peningkatan atau penurunan harga IHSG memengaruhi performa dari harga saham kolektif milik kamu.

Apa Hubungan IHSG dengan Harga Saham?

IHSG dapat memengaruhi harga saham yang ada di Bursa Efek Indonesia. Jika tren IHSG naik, harga saham juga mengalami kenaikan. Lalu jika posisi IHSG melemah, harga saham sedang menurun.

3 Faktor Penyebab IHSG Naik Turun

Faktor Penyebab IHSG Naik Turun

Harga IHSG pasti akan mengalami fluktuasi mengikuti berbagai macam faktor. Perubahan ini mampu mencerminkan kondisi harga di bursa efek. Faktor-faktor yang bisa memberikan dampak terhadap fluktuasi harga IHSG berupa:

1. Kondisi Fundamental Perusahaan

Performa dan berbagai macam kondisi dari fundamental perusahaan memberikan dampak langsung bagaimana perubahan harga saham mereka. Salah satu contohnya kondisi keuangan perusahaan.

Jika aliran pendapatan atau cash flow berjalan dengan baik, maka harga saham perusahaan tersebut juga ikut naik. Begitu pula sebaliknya, performa menurun ditunjukkan dengan harga saham yang rendah.

Baca juga: Yuk Belajar Analisis Fundamental Saham

2. Kondisi Politik

Baik politik dalam atau luar negeri mampu menciptakan dampak pada fluktuasi harga saham di IHSG. Perubahan kebijakan dalam negeri bisa membantu atau menghalangi perusahaan berkembang.

Kebijakan luar negeri seperti ekspor-impor akan menciptakan perubahan pada pertukaran nilai mata uang yang pada akhirnya juga memberikan dampak baik positif atau negatif terhadap perusahaan.

3. Faktor Manipulasi

Para investor besar dengan modal yang banyak memiliki kemampuan untuk memanfaatkan media untuk menciptakan perubahan harga pada IHSG. Hal ini biasanya dilakukan demi kepentingan pribadi saja dan tidak bertahan lama.

Saham Penggerak IHSG

Terdapat beberapa saham dengan kontribusi besar untuk menopang IHSG. Saham-saham tersebut memiliki kapitalisasi besar. Beberapa contoh saham dalam IHSG yaitu:

Kode Emiten
BBCA Bank Central Asia, Tbk.
BBRI Bank Rakyat Indonesia, Tbk.
TLKM Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
BMRI Bank Mandiri, Tbk.
UNVR Unilever Indonesia, Tbk.

Itulah beragam informasi mengenai IHSG, mulai dari pengertian, fungsi, dan dampaknya untuk perubahan harga saham di bursa efek. Semoga informasi ini bisa membantu kamu memahami dunia investasi serta trading lebih baik lagi.

Kamu bisa download aplikasi HSB, tempat belajar trading pemula dengan berbagai macam kelas menarik penuh dengan ilmu dan mentor ahli di dunia investasi.

Tunggu apalagi? Mari tingkatkan pengetahuan dan ilmu kamu mengenai dunia trading di sini!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288