Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
10 Bahaya Dampak Bangkrutnya PT. Sritex Sukahorjo

Sobat Trader, dampak dari kebangkrutan suatu perusahaan, terutama yang memiliki peran signifikan dalam industri tertentu, bisa membawa risiko dan konsekuensi yang meluas. Bangkrutnya PT. Sritex Sukahorjo, perusahaan tekstil ternama di Indonesia, memunculkan berbagai bahaya yang dapat merasuki ekosistem ekonomi dan pasar keuangan.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas secara mendalam tentang bahaya-bahaya tersebut, termasuk potensi kerugian bagi para pemegang saham, dampak pada ketenagakerjaan, serta risiko terhadap pelaku usaha lain yang terkait. Dengan memahami implikasi dari kebangkrutan PT. Sritex Sukahorjo, diharapkan kamu dapat lebih bijak dalam mengelola risiko investasi dan membuat keputusan finansial yang lebih cerdas.

Bangkrutnya Sritex berdampak pada penurunan kredit NPL

1. Penurunan Kredit Non-Performing (NPL)

Sobat Trader, dampak bangkrutnya PT. Sritex Sukoharjo terhadap penurunan Kredit Non-Performing (NPL) merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam sektor keuangan. Ketika perusahaan seperti Sritex menghadapi kesulitan finansial yang signifikan, bank-bank yang telah memberikan kredit kepada perusahaan tersebut berisiko mengalami peningkatan NPL.

Ini disebabkan oleh kemungkinan kesulitan perusahaan dalam membayar pinjaman atau bunga yang jatuh tempo. Bank-bank harus melakukan pencadangan lebih banyak dana untuk mengatasi risiko kredit, yang dapat mempengaruhi profitabilitas mereka.

Selain itu, peningkatan NPL juga dapat memengaruhi stabilitas sistem keuangan secara keseluruhan. Bank sentral dan regulator keuangan mungkin harus memantau dengan lebih ketat dan merespons perubahan dalam tingkat NPL ini. Ini mungkin mengarah pada perubahan dalam kebijakan perbankan dan pengawasan untuk mengelola risiko kredit yang mungkin muncul dari kasus serupa di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi sektor keuangan untuk mengambil tindakan pencegahan yang bijak dan berhati-hati dalam menilai dan mengelola risiko kredit terkait dengan perusahaan seperti Sritex agar dapat menjaga stabilitas sektor dan perekonomian secara keseluruhan.

2. Memburuknya Kinerja Keuangan

Ketidakmampuan mengelola arus keuangan juga akan berdampak buruk pada kinerja keuangan perusahaan, karena perusahaan mungkin harus membayar bunga yang lebih tinggi dan biaya kompensasi lainnya terkait restrukturisasi utang. Hal ini juga bisa berdampak pada kemampuan perusahaan untuk mengembangkan bisnis.

Memangnya berapa utang Sritex saat ini? Tercatat sejak September 2022, liabilitas saham SRIL mencapai US$1,6 miliar atau setara dengan Rp24,66 triliun dalam kurs Rp15.500/US$. Tumpukan utang yang menjadi penyebab kebangkrutan Sritex didominasi utang obligasi yang mencapai angka total lebih dari Rp9 triliun dan utang pinjaman bank jangka pendek hingga US$32,8 juta atau Rp508,47 miliar.

Angka liabilitas bombastis tersebut sama dengan 85,75% dari total liabilitas raksasa garmen ini pada quartal IV tahun 2022. Bahkan, beban utang yang telah disebutkan tersebut belum termasuk utang PT Sritex Sukoharjo kepada pihak pemasok, utang pajak, dan utang-utang lainnya yang melibatkan banyak pihak. 

3. Risiko Gagal Bayar

Jika PT Sritex tidak dapat membayar hutangnya dalam waktu yang ditentukan, perusahaan dapat menghadapi risiko gagal bayar. Hal ini akan mengakibatkan kerugian besar bagi investor, pemasok, dan karyawan Sritex, serta dapat berdampak negatif pada perekonomian Indonesia.

Gendutnya tumpukan utang perusahaan menyebabkan dilema baru berupa defisit modal atau ekuitas negatif. Semakin banyak utang dan beban bunga utang yang harus dibayarkan tanpa ditunjang persediaan modal yang mencukupi akan berdampak pada tingginya risiko gagal bayar yang pada akhirnya menjerat PT Sritex Sukoharjo hingga menuju kebangkrutan.

Dampak pengurangan jumlah karyawan PT. Sritex Sukoharjo

4. Pengurangan Jumlah Karyawan

Jika PT Sritex Sukoharjo kesulitan membayar utangnya, perusahaan mungkin harus memangkas biaya dan mengurangi jumlah karyawan serta memutus hubungan bisnis dengan pemasoknya. Jika sampai bangkrut, besar kemungkinan akan ada banyak pihak yang kehilangan pekerjaan. Bukan hanya lebih dari 17ribu karyawan, tetapi juga pemasok penting bidang garmen yang tersebar di beberapa negara dan pemain lokal Indonesia. 

Ketakutan banyak karyawan ini pun dimulai dengan pengumuman Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Sri Rejeki Isman Sritex pada Jumat 17 Maret 2023 untuk mengganti dan mereposisi seluruh jajaran direksi dan dewan komisaris. Keputusan tersebut diambil oleh 13.212.355.802 pemilik saham SRIL dengan 97,99% pemegang saham menyetujuinya.

5. Peningkatan Risiko bagi Pemasok

Sobat Trader, dampak bangkrutnya PT. Sritex Sukoharjo juga dapat dirasakan oleh pemasok yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut. Dalam situasi seperti ini, pemasok mungkin menghadapi risiko pembayaran yang tertunda atau bahkan risiko tidak dibayar sama sekali. Sritex mungkin tidak mampu membayar tagihan atau utang yang masih belum lunas kepada pemasoknya, terutama jika perusahaan sedang dalam kondisi keuangan yang buruk.

Peningkatan risiko bagi pemasok ini dapat mengganggu aliran kas mereka dan mempengaruhi kinerja bisnis mereka secara keseluruhan. Pemasok mungkin harus mencari cara untuk mengatasi potensi penurunan pendapatan yang disebabkan oleh pembayaran yang tertunda atau gagal, seperti mencari pelanggan pengganti atau melakukan restrukturisasi utang. Selain itu, pemasok juga dapat mempertimbangkan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan lebih lanjut dalam hubungannya dengan perusahaan lain untuk mengurangi risiko serupa di masa depan. Dengan demikian, bangkrutnya Sritex bukan hanya memengaruhi perusahaan itu sendiri, tetapi juga pemasoknya dan seluruh ekosistem bisnis yang terkait.

6. Menurunkan Kepercayaan Investor

Kasus lilitan utang bisa menurunkan kepercayaan investor pada PT Sritex Sukoharjo, karena perusahaan terlihat dan terbukti tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik. Hal ini bisa memengaruhi harga saham perusahaan dan potensi investor untuk membeli saham Sritex.

Jika investor tidak percaya bahwa hasil analisis fundamental investasi mereka akan menghasilkan keuntungan yang diinginkan, mereka mungkin menunda atau bahkan menghentikan investasi. Hal ini dapat menyebabkan penurunan investasi di sektor atau pasar tertentu.

Direksi dan pemegang saham PT. Sritex Sukoharjo

7. Saham Sritex SRIL Dibekukan

Imbas dari turunnya kepercayaan investor kepada kinerja Sritex akan berdampak signifikan pada nilai saham Sritex SRIL yang mereka keluarkan. Ketika investor kehilangan kepercayaan dalam suatu perusahaan atau pasar secara keseluruhan, mereka mungkin menjual saham mereka, menyebabkan turunnya harga saham.

Pembekuan SRIL PT Sri Rejeki Isman dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia per tanggal 18 November 2022 selama 18 ke depan hingga 18 Mei 2023 akibat dari rentetan kasus yang menimpa perusahaan ini sejak tahun 2019.

8. Goncangan Industri Tekstil dan Garmen

Pailitnya PT Sritex memiliki dampak besar pada industri tekstil dan garmen di Indonesia. Perusahaan ini adalah salah satu pemain terbesar dalam industri tersebut dan jika perusahaan ini pailit, akan berdampak pada kompetisi dan harga di industri tersebut.

Kebangkrutan Sritex dapat menyebabkan penurunan pasokan produk tekstil, karena Sritex Sukoharjo memiliki kapasitas produksi yang besar. Hal ini dapat memengaruhi sektor tekstil secara keseluruhan, terutama bagi perusahaan atau industri yang bergantung pada pasokan bahan baku dari Sritex.

Jika pasokan produk tekstil menurun, ini dapat memicu kenaikan harga produk, karena permintaan konsumen masih ada tetapi pasokan produk berkurang. Hal ini dapat memengaruhi daya beli konsumen dan mengurangi pertumbuhan industri tekstil.

Seperti efek domino, jika PT Sritex Sukoharjo bangkrut, akan menghilangkan salah satu pemimpin pasar dalam industri tekstil di Indonesia dan mungkin memberikan peluang bagi pesaing untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar. Hal ini dapat meningkatkan persaingan di antara perusahaan tekstil di Indonesia dan juga dapat memengaruhi dinamika industri secara keseluruhan.

9. Peningkatan Pengawasan Regulator

Sobat Trader, dampak bangkrutnya PT. Sritex Sukoharjo juga berdampak pada peningkatan pengawasan dari pihak regulator di sektor industri tekstil. Ketika perusahaan besar seperti Sritex menghadapi masalah keuangan dan kasus bangkrut, regulator cenderung lebih waspada terhadap perusahaan lain di sektor yang sama. Mereka dapat memperketat pengawasan untuk memastikan kepatuhan perusahaan-perusahaan tersebut terhadap aturan dan regulasi yang berlaku.

Selain itu, regulator mungkin juga mempertimbangkan untuk mengubah atau memperketat regulasi yang mengatur industri tekstil untuk mencegah kemungkinan kasus serupa terjadi di masa depan. Hal ini dapat berdampak pada perusahaan-perusahaan di sektor tersebut dalam hal kewajiban dan persyaratan yang lebih ketat yang harus mereka penuhi. Dengan demikian, bangkrutnya Sritex dapat mengarah pada perubahan signifikan dalam lingkungan regulasi sektor tekstil yang dapat memengaruhi semua pemain dalam industri tersebut.

10. Mengganggu Aktivitas Pasar Saham

Kasus lilitan utang PT Sritex Sukoharjo dapat memengaruhi pasar saham Indonesia dan ekonomi secara keseluruhan. Hal ini bisa memicu kekhawatiran di antara investor lainnya dan menyebabkan terjadinya penurunan pada sektor keuangan.

PT Sritex adalah perusahaan besar dan memiliki dampak besar pada perekonomian Indonesia. Jika perusahaan ini pailit, dampaknya bisa menyebar ke sektor lain dan berdampak pada perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Jika Sritex bangkrut, ini dapat berdampak pada industri tekstil lainnya di Indonesia, karena perusahaan ini memiliki keterkaitan dan ketergantungan dengan beberapa perusahaan dalam rantai pasokan tekstil.

Penting sekali bagi Sobat Trader yang memilih instrumen saham untuk memahami analisis fundamental dan kinerja perusahaan emiten yang mengeluarkan saham seperti pada kasus Sritex ini. Jika kamu tidak mengupdate informasimu secara berkala, besar kemungkinan instrumen saham milikmu akan berisiko masuk ke dalam jurang kerugian.

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Mengasah Skill Trading Saham Tanpa Risiko

Sobat Trader, kasus PT. Sritex Sukoharjo adalah pengingat bahwa pasar keuangan dapat berfluktuasi karena berbagai faktor eksternal. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengasah kemampuan trading saham agar kamu dapat mengambil langkah yang bijak dalam menghadapi situasi serupa di masa depan. 

Akun demo trading HSB adalah sarana yang sangat berguna untuk mempraktikkan skill trading tanpa risiko finansial yang sebenarnya. Dengan demikian, kamu dapat membangun kepercayaan diri dan keterampilan trading yang kuat.

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. 

Kamu bisa mencoba trading secara real-time dengan 45 instrumen berupa 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS terpopuler, 5 Indeks raksasa dunia, dan 3 jenis komoditi paling hits seperti logam mulia emas, perak, serta minyak mentah tanpa harus khawatir merugi di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “The Most Innovative Broker 2022” dari ICDX.

Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
  4. Dan mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik