Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Cuma 5 Langkah! Cara Gampang Hitung Dividen Saham

Sobat Trader, saat berinvestasi di pasar saham, menghitung dividen saham adalah salah satu keterampilan penting yang harus kamu kuasai. Dividen adalah pendapatan yang diberikan kepada pemegang saham oleh perusahaan sebagai bagian dari keuntungan mereka. Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa perlu tahu cara menghitung dividen saham? Jawabannya sederhana: ini membantu kamu memahami sejauh mana investasi kamu menghasilkan pendapatan dan bagaimana itu memengaruhi portofolio kamu. Di dalam artikel ini, kita akan menguraikan cara menghitung dividen saham dalam lima langkah mudah.

hitung dividen per saham

Langkah 1: Tentukan Dividen per Saham (DPS)

DPS adalah jumlah dividen yang dibayarkan oleh perusahaan kepada pemegang saham untuk setiap saham yang mereka miliki. Ini adalah komponen penting dalam perhitungan dividen saham. DPS dihitung dengan membagi total dividen yang dibayarkan oleh perusahaan emiten dengan jumlah saham yang beredar.

Pertama-tama, kamu perlu mencari informasi tentang jumlah total dividen yang dibayarkan oleh perusahaan. Informasi ini biasanya tersedia di laporan keuangan perusahaan, khususnya dalam laporan laba rugi atau laporan arus kas. Dividen biasanya dinyatakan dalam angka total yang dibayarkan kepada seluruh pemegang saham.

Selanjutnya, kamu perlu menentukan jumlah saham yang beredar atau saham yang ada di pasaran. Jumlah ini mencakup semua saham biasa yang dimiliki oleh investor dan diperdagangkan di bursa saham.

Rumus Hitung Dividen per Saham

Setelah mendapatkan informasi tentang jumlah total dividen dan jumlah saham yang beredar, tinggal membagi jumlah dividen dengan jumlah saham. Ini adalah rumus sederhana untuk menghitung DPS:

DPS = Jumlah Dividen / Jumlah Saham yang Beredar

Contoh: Jika perusahaan Amazon.com Inc membayar total dividen atas kepemilikan saham AMZN sebesar $500.000 dan memiliki 100.000 saham yang beredar, maka DPS mereka adalah $500.000 / 100.000 = $5 per saham.

Cara Perusahaan Menentukan Dividen

Cara perusahaan menentukan dividen melibatkan serangkaian keputusan yang kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti: 

  • Kinerja Keuangan Perusahaan 
  • Kebijakan Dividen 
  • Kondisi Ekonomi
  • Proyeksi dan Rencana Masa Depan
  • Persetujuan Pemegang Saham
  • Hukum dan Peraturan
  • Tingkat Utang

hitung jumlah saham yang dimiliki

Langkah 2: Hitung Jumlah Saham yang Dimiliki

Menghitung jumlah saham yang dimiliki dengan tepat adalah kunci untuk mendapatkan perhitungan dividen yang akurat. Setiap saham yang kamu miliki akan berkontribusi pada jumlah dividen yang diterima. Jika jumlah saham yang dimiliki salah dihitung, maka pendapatan dividen kamu juga akan salah

Dalam langkah ini, kamu perlu menentukan jumlah saham yang kamu miliki dari perusahaan yang membayar dividen. Saham bisa dibagi menjadi dua jenis utama: saham biasa dan saham preferen. Pastikan untuk memahami perbedaan antara keduanya.

Baca Juga:  CANGGIH! Begini Teknologi Manufaktur Proses Intel

Jumlah saham yang kamu miliki secara langsung memengaruhi sejauh mana investasi kamu menghasilkan pendapatan. Dengan mengetahui berapa banyak saham yang kamu miliki, kamu dapat mengukur kinerja investasi kamu dan melihat apakah dividen yang diterima memadai atau tidak.

Jumlah saham yang dimiliki juga berdampak pada perhitungan pajak atas dividen. Jika kamu tahu berapa banyak saham yang kamu miliki, kamu dapat dengan tepat melaporkan pendapatan dividen kamu pada pengembalian pajak. Mengabaikan perhitungan jumlah saham yang dimiliki dapat mengarah pada kesalahan dalam perhitungan dividen dan dapat memengaruhi pemahaman kamu tentang kinerja investasi kamu. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk melacak dengan tepat berapa banyak saham yang kamu miliki dalam portofolio investasi kamu.

Langkah 3: Kalikan Jumlah Saham dengan Dividen per Saham

Setelah kamu memiliki nilai DPS dan jumlah saham yang dimiliki, selanjutnya kamu dapat melakukan perhitungan dengan rumus sederhana berikut:

Total Dividen = Jumlah Saham x Dividen per Saham

 

Contoh: Jika kamu memiliki 500 saham NFLX milik Netflix, dan DPS mereka adalah $2 per saham, maka total dividen yang kamu terima adalah:

Total Dividen = 500 saham x $2 per saham = $1,000

Dengan mengalikan jumlah saham yang dimiliki dengan DPS, kamu akan mendapatkan jumlah dividen yang kamu terima dari investasi saham kamu dalam perusahaan tersebut. Ini adalah pendapatan yang kamu dapatkan sebagai pemegang saham.

Perlu diingat bahwa jumlah dividen ini adalah sebelum pajak. Jika kamu perlu melaporkan pendapatan dividen pada pengembalian pajak, pastikan untuk mempertimbangkan pajak yang berlaku sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku di negaramu. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu akan dapat menghitung dividen saham kamu dengan tepat dan mengukur dampaknya pada portofolio investasi kamu.

Langkah 4: Pajak atas Dividen

Pajak atas dividen saham adalah pajak yang dikenakan oleh pemerintah terhadap pendapatan yang diterima oleh pemegang saham sebagai dividen dari investasi mereka dalam saham perusahaan. Pajak atas dividen bervariasi dari satu negara ke negara lain, dan bahkan dapat berbeda dalam negara yang sama tergantung pada tingkat pendapatan dan jenis saham yang dimiliki.

Jika kamu adalah pemegang saham asing yang berinvestasi di saham perusahaan di negara lain, ada peraturan pajak khusus yang mungkin berlaku dan dapat memengaruhi jumlah pajak yang harus kamu bayarkan.

pajak atas dividen saham

Langkah 5: Pajak atas Dividen dalam Bentuk Lain

Pada beberapa kasus, dividen tidak selalu dibayarkan dalam bentuk uang tunai. Mereka dapat dibayarkan dalam bentuk saham tambahan atau properti lainnya. Pajak atas dividen yang diterima dalam bentuk non-uang tunai juga dapat berbeda dan harus dilaporkan secara tepat dalam pengembalian pajak.

Baca Juga:  Mengurai Misteri Stock Split & Reverse Stock Split

Beberapa perusahaan mungkin memiliki skema pembayaran dividen yang tidak konvensional, seperti dividen saham opsi. Kamu perlu memahami skema tersebut untuk menghitung dividen dengan benar. Beberapa negara mungkin memberlakukan tarif pajak yang berbeda untuk dividen dalam bentuk saham tambahan daripada dividen dalam bentuk uang tunai. Ini dapat memengaruhi jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh pemegang saham.

Pemegang saham yang menerima dividen dalam bentuk saham tambahan harus melaporkan nilai dividen tersebut pada pengembalian pajak mereka sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku di negara mereka. Proses pelaporan pajak dapat berbeda-beda tergantung pada peraturan setempat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan dapat menghitung dividen saham dengan lebih mudah dan memahami bagaimana dividen memengaruhi investasi kamu. Selalu ingat untuk terus meningkatkan kemampuan tradingmu dan eksplorasi peluang trading dengan akun demo HSB Investasi untuk meminimalkan risiko dan meningkatkan keahlianmu di pasar saham. Happy trading, Sobat Trader!

Meraih Peluang Profit Trading Saham Tanpa Risiko!

Sobat Trader, tahukah kamu bahwa ada cara lain untuk meraih peluang profit dengan instrumen saham selain dari pembagian dividen? Ya, caranya adalah dengan trading instrumen saham global. Trading saham memungkinkanmu meraih potensi keuntungan dengan jangka waktu yang lebih singkat daripada investasi saham. Jika dalam investasi saham kamu perlu menunggu waktu tahunan untuk mendapatkan dividen, di trading saham, kamu bisa meraihnya dalam hitungan yang relatif singkat.

Akan tetapi, perlu kamu pahami bahwa trading saham sangat dinamis, dan mengasah kemampuan tradingmu merupakan hal yang sangat esensial. Untuk bisa memahami bagaimana cara kerja trading saham, strategi yang bisa digunakan, dan manajemen risiko yang perlu dilakukan, kamu bisa mempelajarinya melalui beragam sumber belajar trading online dari HSB.

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Setelah kamu memahami teori dan dasar trading saham, kamu bisa memanfaatkan akun demo trading HSB yang memungkinkan kamu untuk berlatih dan menguji strategi trading tanpa risiko kehilangan uang sungguhan. 

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “The Most Innovative Broker 2022” dari ICDX. 

Baca Juga:  Eksplorasi Terkini Riset dan Inovasi di Intel

Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia melalui akun live HSB yang menyediakan 45 instrumen trading berupa 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS terpopuler, 5 Indeks raksasa dunia, dan 3 jenis komoditi paling hits seperti logam mulia emas, perak, serta minyak mentah.

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan

Bagaimana cara menghitung pembagian dividen?

Cara menghitung pembagian dividen saham melibatkan langkah-langkah sederhana, yaitu menentukan dividen per saham (DPS), menghitung jumlah saham yang kamu miliki, dan mengalikan jumlah saham dengan DPS.

Berapa persen pembagian dividen?

Persentase pembagian dividen, juga dikenal sebagai yield dividen, dihitung dengan membagi DPS dengan harga saham pada saat ini, kemudian mengalikan dengan 100. Ini mengukur seberapa besar pendapatan yang diberikan oleh dividen dalam hubungannya dengan harga saham.

Pembagian dividen berupa apa saja?

Pembagian dividen dapat berupa uang tunai, saham tambahan, atau kombinasi dari keduanya. Beberapa perusahaan juga dapat membayar dividen dalam bentuk lain, seperti opsi saham atau instrumen keuangan lainnya.

Berapa kali pembagian dividen dalam 1 tahun?

Pembagian dividen tidak selalu terjadi setiap bulan atau setiap kuartal. Sebagian besar perusahaan membayar dividen secara berkala, biasanya per kuartal atau per tahun, meskipun beberapa perusahaan mungkin membayar dividen setiap bulan atau sesuai dengan kebijakan mereka.

DISCLAIMER

Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Sobat Trader pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Sobat Trader pelajari di website resmi kami.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik