Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Strategi Value Investing dalam Investasi Real Estate

Dalam dunia investasi properti, strategi value investing telah lama menjadi favorit para investor yang ingin mengambil keuntungan dari nilai intrinsik aset-aset properti. Strategi ini, menawarkan cara untuk membeli properti dengan harga dibawah nilai sebenarnya dan membuka peluang besar untuk pertumbuhan modal dan pendapatan jangka panjang. 

Penasaran kan? Yuk, langsung simak ulasannya sampai selesai!

Apa Itu Strategi Value Investing?

miniatur rumah yang menjadi gambaran value investing

Strategi Value Investing dalam investasi properti adalah pendekatan yang berfokus pada pencarian dan menginvestasikan modal pada properti yang dianggap bernilai lebih tinggi daripada harga pasar yang sebenarnya. 

Konsep ini terinspirasi dari pendekatan value investing dalam pasar saham yang diperkenalkan oleh Benjamin Graham dan Warren Buffett. Dalam bidang properti, strategi ini melibatkan pengidentifikasian properti yang sedang ditawarkan lebih rendah daripada nilai sebenarnya karena faktor-faktor seperti situasi pasar yang tidak menguntungkan, situasi mendesak dari pemilik untuk menjual, atau lainnya.

Langkah pertama dalam strategi ini adalah melakukan analisis menyeluruh terhadap properti yang ingin diinvestasikan. Ini mencakup penilaian mendalam terhadap kondisi fisik properti, lokasi, lingkungan sekitarnya, dan potensi perkembangan di masa depan. Dengan informasi ini, investor mencoba menghitung nilai intrinsik properti. Jika nilai ini lebih tinggi daripada harga yang diminta oleh penjual, maka ada peluang untuk investasi yang menguntungkan.

Selanjutnya adalah bernegosiasi dengan pemilik untuk mendapatkan harga yang menguntungkan. Kemudian, investor dapat melakukan perbaikan, renovasi, atau perubahan lainnya untuk meningkatkan nilai properti tersebut dan pada akhirnya menjualnya dengan harga yang lebih tinggi daripada total investasi yang dikeluarkan.

Manfaat dan Keunggulan Pendekatan Value Investing dalam Investasi Real Estate

Tingkatkan peluang profit trading dengan memanfaatkan leverage HSB up to 1:200

Strategi Value Investing memiliki manfaat dan keunggulan tertentu yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi para investor. 

Berikut beberapa manfaat dan keunggulan strategi Value Investing dalam real estat:

Manfaat:

Potensi Keuntungan Tinggi

Dengan membeli properti di bawah nilai pasar, investor memiliki kesempatan untuk mendapatkan capital appreciation yang signifikan saat nilai properti tersebut naik ke nilai sebenarnya.

Pembatasan Risiko

Dengan membeli aset di bawah nilai sebenarnya, investor memiliki "margin of safety" yang lebih besar. Ini berarti bahwa bahkan jika nilai properti turun sedikit, potensi kerugian tetap rendah karena harga beli sudah lebih rendah dari nilai sebenarnya.

Baca Juga:  Investasi Sesuai Passion? Coba Reksadana Sektor!

Pendapatan Pasif

Selain potensi capital appreciation, investasi real estat juga dapat menghasilkan pendapatan pasif melalui sewa properti. 

Fokus pada Fundamental

Strategi ini mendorong investor untuk fokus pada fundamental properti dan nilai intrinsiknya daripada terpengaruh oleh fluktuasi pasar yang bersifat sementara. 

Keunggulan:

Analisis Mendalam

Strategi ini memerlukan analisis yang mendalam terhadap properti dan pasar. Analisis tersebut dapat membantu investor membuat keputusan yang lebih aktual dan rasional.

Pengambilan Keputusan Berdasarkan Data

Value Investing mengutamakan pengambilan keputusan berdasarkan data dan fakta yang kuat. Ini membantu mengurangi keputusan impulsif atau berdasarkan emosi, yang dapat merugikan dalam jangka panjang.

Kesabaran dan Waktu

Pendekatan Value Investing membutuhkan kesabaran dan waktu untuk melihat hasil investasi. Namun, ini juga berarti investor tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Diversifikasi Portofolio

Strategi Value Investing memungkinkan investor untuk mencari berbagai macam properti yang memiliki potensi nilai di bawah pasar, yang dapat membantu dalam diversifikasi risiko.

Pengaruh Terhadap Perbaikan Aset

Dengan berfokus pada nilai intrinsik, investor cenderung berinvestasi dalam aset yang memiliki potensi peningkatan nilai melalui perbaikan atau renovasi. 

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun strategi Value Investing memiliki manfaat dan keunggulan, tetap ada risiko yang terkait dengan investasi real estat. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset yang cermat, berkonsultasi dengan ahli, dan memiliki pemahaman yang kuat tentang pasar dan properti sebelum melakukan investasi dalam real estat.

Penerapan Value Investing dalam Investasi Properti

value investing harus ditetapkan dengan tepat

Sama halnya dengan strategi investasi lainnya, strategi Value Investing juga memiliki beberapa risiko terkait. Oleh karena itu, untuk meminimalir potensi kerugian terkait strategi ini, Berikut beberapa langkah-langkah praktisnya:

Penelitian Pasar

Lakukan penelitian menyeluruh tentang pasar properti. Identifikasi daerah-daerah yang memiliki potensi pertumbuhan, aksesibilitas yang baik, dan faktor-faktor lain yang mendukung nilai properti di masa depan.

Penilaian Properti

Pelajari cara menilai nilai properti. Ini melibatkan memahami faktor-faktor seperti lokasi, kondisi fisik, fasilitas, dan perkiraan pengembalian investasi (ROI) yang mungkin diperoleh.

Menetapkan Kriteria Investasi

Tentukan kriteria yang jelas untuk jenis properti yang ingin Anda beli. Ini mungkin meliputi tipe properti (rumah, apartemen, komersial), ukuran, lokasi, dan harga yang sesuai dengan anggaran dan tujuan investasi.

Baca Juga:  Mengenal The Law of Diminishing Return dalam Bisnis

Analisis Fundamental

Lakukan analisis fundamental pada properti yang diminati. Periksa sejarah harga, perkiraan pertumbuhan nilai, sewa yang mungkin diperoleh, biaya pemeliharaan, dan potensi perbaikan yang dapat meningkatkan nilai properti.

Perbandingan Harga Pasar

Bandingkan harga properti yang diminati dengan properti serupa di area tersebut. Jika di bawah harga pasar, ini bisa menjadi tanda bahwa properti tersebut mungkin undervalued.

Periksa Kondisi Fisik

Inspeksi properti secara menyeluruh untuk mengevaluasi kondisi fisiknya, termasuk perkiraan biaya yang terkait.

Perhitungan Nilai Intrinsik

Hitung nilai intrinsik properti berdasarkan faktor-faktor seperti sewa yang mungkin diperoleh, pengeluaran operasional, dan tingkat pengembalian yang diharapkan. 

  1. Perhitungan Risiko: Selalu pertimbangkan risiko yang terkait dengan properti dan pasar. Pertimbangkan faktor-faktor eksternal seperti perubahan peraturan, kondisi ekonomi, dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi nilai properti di masa depan.
  2. Pendekatan Jangka Panjang

Ingatlah bahwa value investing adalah pendekatan jangka panjang.

Pemeliharaan dan Perbaikan

Setelah membeli properti, pertimbangkan untuk melakukan perbaikan atau peningkatan yang strategis untuk meningkatkan nilai properti seiring waktu. 

Manajemen Properti yang Efektif

Jika menyewakan properti, pastikan manajemen properti berjalan efektif. Pilih penyewa yang handal, tangani perbaikan atau masalah lain dengan cepat.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan tetap berpegang pada prinsip-prinsip value investing, kamu dapat memiliki panduan yang lebih baik dalam mencari dan mengelola properti yang undervalued dengan potensi keuntungan jangka panjang.

Risiko dan tantangan menggunakan pendekatan Value Investing

risiko yang hadir di investing value bisa sangat serius

Seperti halnya setiap strategi investasi, ada risiko dan tantangan yang terkait dengan strategi Value Investing

Berikut beberapa risiko dan tantangan menggunakan pendekatan Value Investing dalam investasi properti:

1. Risiko Pasar:

  • Nilai properti dapat dipengaruhi oleh fluktuasi pasar real estat yang tidak dapat diprediksi dengan pasti. 

2. Risiko Lokasi:

  • Lokasi properti memainkan peran kunci dalam menentukan nilai jangka panjangnya. Jika properti berada di lingkungan yang kurang diinginkan atau mengalami penurunan popularitas, nilai properti mungkin tidak meningkat seperti yang diharapkan.

3. Tantangan Pengelolaan:

  • Jika properti memerlukan banyak perbaikan atau kamu menghadapi masalah dengan penyewa, ini dapat mengurangi potensi keuntungan Anda.

4. Risiko Likuiditas:

  • Properti cenderung memiliki tingkat likuiditas yang lebih rendah daripada aset finansial lainnya dan cenderung memakan waktu lebih lama.
Baca Juga:  Kenali Metode Investasi Langsung dan Tidak Langsung

5. Fluktuasi Nilai:

  • Fluktuasi ekonomi, atau faktor-faktor lainnya berpotensi menyebabkan nilai properti tetap stagnan atau bahkan mengalami penurunan, contoh ketika terjadi pandemi COVID-19, nilai properti anjlok secara signifikan.

6. Ketergantungan pada Analisis yang Akurat

  • Pendekatan Value Investing mengandalkan analisis yang akurat. Jika analisis tidak tepat, kamu mungkin saja membayar terlalu banyak.

7. Keterbatasan Sumber Daya:

  • Memperoleh properti dengan harga yang rendah dan memaksimalkan nilai melalui perbaikan memerlukan sumber daya finansial, waktu, dan keterampilan. 

8. Perubahan Regulasi:

  • Peraturan dan perundangan yang berkaitan dengan properti dapat berubah, mempengaruhi nilai dan potensi investasi kamu. 

9. Risiko Finansial:

  • Investasi properti sering melibatkan hutang, seperti hipotek, yang membawa risiko finansial. Jika tidak dapat memenuhi kewajiban pembayaran utang, properti kamu dapat disita.

10. Kondisi Makroekonomi:

  • Faktor-faktor makroekonomi seperti suku bunga, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi dapat memengaruhi nilai properti dan ketersediaan dana untuk investasi.

Oleh karena risiko dan tantangan diatas, keputusan investasi haruslah didasarkan pada pemahaman yang baik tentang kondisi pasar dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi nilai properti kamu secara keseluruhan.

Setelah membaca artikel diatas, kurang lengkap apabila kamu tidak mencoba pengalaman trading terbaik bersama HSB Investasi!

Dapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga.

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien.

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya.***

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik