Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Memahami Pentingnya Margin of Safety dalam Investasi

Margin of Safety (MOS) adalah konsep yang memegang peranan penting dalam analisis investasi, membantu investor memahami seberapa jauh harga saham atau aset keuangan dapat turun sebelum menghadapi risiko kerugian yang signifikan.

Diperkenalkan oleh Benjamin Graham, seorang investor legendaris dan penulis buku "The Intelligent Investor," MOS memberikan perlindungan terhadap fluktuasi pasar dan kesalahan penilaian dengan menilai perbedaan antara harga pasar dan nilai intrinsik suatu investasi. Dengan rumus yang sederhana namun penting, MOS memainkan peran kunci dalam strategi investasi yang cerdas dan bertanggung jawab.

pengertian margin of safety yang sedang dibahas beberapa orang

Apa Itu Margin of Safety

Margin of Safety (MOS) adalah konsep yang digunakan dalam analisis investasi untuk mengukur sejauh mana harga saham atau aset keuangan tertentu dapat turun sebelum menghadapi risiko kerugian yang signifikan. Konsep ini diperkenalkan oleh Benjamin Graham, seorang investor legendaris dan pengarang buku "The Intelligent Investor."

Dalam konteks saham, MOS mengacu pada perbedaan antara harga pasar saham dengan nilai intrinsiknya. Nilai intrinsik adalah estimasi nilai "sebenarnya" dari saham yang didasarkan pada analisis fundamental perusahaan, termasuk pendapatan, laba, aset, dan prospek masa depan. MOS mencerminkan jarak antara harga saham dan nilai intrinsik, dan memberikan "perlindungan" terhadap fluktuasi pasar atau kesalahan penilaian.

Margin of Safety mengakui adanya ketidakpastian dalam perkiraan nilai intrinsik. Dengan menggunakan MOS, investor berupaya untuk membeli saham dengan harga yang cukup rendah, sehingga risiko kerugian lebih rendah jika terdapat perubahan dalam kondisi pasar atau analisis perusahaan.

MOS juga dapat diterapkan dalam konteks investasi di luar pasar saham, seperti dalam investasi properti. Dalam hal ini, MOS mencerminkan perbedaan antara harga beli properti dengan nilai yang diharapkan atau nilai pasar properti yang sebenarnya.

Dalam prakteknya, investor menggunakan MOS sebagai pedoman dalam mengambil keputusan investasi. Semakin besar MOS, semakin besar perlindungan yang dimiliki investor terhadap fluktuasi pasar atau perubahan kondisi perusahaan. Namun, perlu diingat bahwa MOS bukanlah jaminan bahwa investasi akan selalu menghasilkan keuntungan, melainkan hanya sebagai upaya untuk mengurangi risiko kerugian.

Baca Juga:  Elastisitas Permintaan: Jenis, Contoh, Rumus dan Faktor

fungsi margin of safety yang sebenarnya

Fungsi Margin of Safety

Margin of Safety memiliki beberapa fungsi penting dalam analisis investasi dan pengambilan keputusan. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari Margin of Safety:

1. Melindungi terhadap risiko kerugian

Margin of Safety memberikan perlindungan terhadap fluktuasi pasar atau perubahan kondisi perusahaan. Dengan membeli saham atau aset dengan harga yang lebih rendah dari nilai intrinsiknya, investor memiliki ruang untuk toleransi kesalahan penilaian atau ketidakpastian pasar, dan memiliki peluang yang lebih baik untuk menghindari kerugian yang signifikan.

2. Mengurangi risiko kesalahan penilaian

Margin of Safety membantu mengatasi ketidakpastian dalam menilai nilai intrinsik suatu investasi. Dalam melakukan analisis fundamental perusahaan, terdapat estimasi dan asumsi yang digunakan. MOS membantu mengurangi risiko kesalahan dalam perkiraan ini dengan memperhitungkan ketidakpastian dan memberikan ruang untuk perubahan yang tidak terduga.

3. Meningkatkan potensi keuntungan

Meskipun Margin of Safety didesain untuk melindungi terhadap risiko kerugian, ia juga dapat meningkatkan potensi keuntungan. Dengan membeli saham atau aset dengan harga di bawah nilai intrinsiknya, investor memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi jika harga meningkat menuju nilai sebenarnya.

4. Memberikan rasa aman psikologis

Margin of Safety memberikan rasa aman psikologis kepada investor. Dengan mengetahui bahwa mereka telah membeli dengan diskon dari nilai intrinsik, mereka merasa lebih percaya diri dan tenang menghadapi fluktuasi pasar yang tidak terduga. Hal ini membantu mengurangi emosi dan kecenderungan untuk membuat keputusan investasi yang terburu-buru.

5. Mengidentifikasi peluang investasi

Margin of Safety dapat membantu investor mengidentifikasi peluang investasi yang menarik. Dengan membandingkan harga pasar dengan nilai intrinsik suatu saham atau aset, investor dapat menemukan saham yang dihargai rendah oleh pasar, mungkin karena ketidakpastian atau sentimen negatif sementara. MOS dapat memungkinkan investor untuk memanfaatkan kesempatan ini dan membeli aset dengan potensi keuntungan yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan, Margin of Safety berfungsi untuk melindungi investor dari risiko kerugian, mengurangi risiko kesalahan penilaian, meningkatkan potensi keuntungan, memberikan rasa aman psikologis, dan membantu mengidentifikasi peluang investasi yang menarik.

Baca Juga:  Tujuan Diberlakukanya Kebijakan Perdagangan Internasional

rumus menghitung margin of safety

Rumus Margin of Safety

Rumus Margin of Safety (MOS) adalah sebagai berikut:

Margin of Safety = (Nilai Intrinsik - Harga Pasar) / Nilai Intrinsik

Dalam rumus ini, nilai intrinsik adalah estimasi nilai "sebenarnya" dari saham atau aset yang didasarkan pada analisis fundamental. Harga pasar adalah harga saham atau aset tersebut di pasar saat ini.

Dalam contoh ini, Margin of Safety adalah 20%, yang berarti investor membeli saham dengan diskon sebesar 20% dari nilai intrinsiknya. Hal ini memberikan investor perlindungan atau jarak sebesar 20% terhadap fluktuasi harga atau kesalahan penilaian.

Penting untuk dicatat bahwa nilai intrinsik adalah perkiraan dan dapat bervariasi antara investor atau analis. Selain itu, Margin of Safety yang dianggap wajar juga dapat bervariasi tergantung pada preferensi risiko masing-masing investor.

Untuk menghitung nilai intrinsik suatu saham kamu bisa menggunakan  rumus yang diperkenalkan Benjamin Graham seperti berikut:

Nilai intrinsik = (EPS x (8,5 + 2g) x 4,4) / Y

Keterangan:

  • EPS adalah earning per share tahunan
  • 8,5 merupakan indikator P/E yang dianggap normal jika perusahaan dalam kondisi tidak mencatat pertumbuhan
  • G adalah harapan pertumbuhan rata-rata harga saham setidaknya dalam kurun waktu 7 hingga 10 tahun ke depan
  • 4,4 adalah rata-rata suku bunga obligasi korporasi. Angka ini digunakan sebagai patokan ketika  rumus nilai intrinsik diperkenalkan pada 1962 dan boleh diubah menyesuaikan dengan data terbaru.
  • Y merupakan suku bunga korporasi grade AAA atau memiliki kualitas terbaik

Kekurangan Margin of Safety

Meskipun Margin of Safety memiliki manfaat yang signifikan dalam analisis investasi, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

1. Subjektivitas dalam menentukan nilai intrinsik

Perkiraan nilai intrinsik adalah proses yang melibatkan analisis fundamental dan estimasi. Nilai intrinsik dapat berbeda antara satu investor dan yang lainnya karena perbedaan pendekatan, asumsi, dan metode yang digunakan. Kekurangan ini menghasilkan subjektivitas dalam menentukan nilai intrinsik, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi margin of safety yang dihitung.

2. Tidak menjamin kinerja pasar

Margin of Safety hanya memberikan perlindungan atau jarak dari fluktuasi harga atau risiko kesalahan penilaian. Meskipun memiliki MOS yang tinggi dapat mengurangi risiko kerugian, hal itu tidak menjamin kinerja pasar atau keuntungan yang diharapkan. Pasar saham dan aset keuangan lainnya dapat mengalami perubahan yang tidak dapat diprediksi, yang dapat mempengaruhi harga dan nilai intrinsik.

Baca Juga:  Lembaga Keuangan: Pengertian, Fungsi, Hingga Contoh

3. Tidak mempertimbangkan faktor non-keuangan

Margin of Safety cenderung fokus pada aspek keuangan dan fundamental perusahaan. Namun, terdapat faktor-faktor non-keuangan seperti perubahan regulasi, persaingan industri, tren teknologi, dan faktor-faktor politik yang juga dapat mempengaruhi kinerja saham atau aset keuangan. MOS tidak sepenuhnya mempertimbangkan faktor-faktor ini, yang dapat meningkatkan risiko investasi.

4. Potensi kehilangan peluang

Terlalu fokus pada Margin of Safety dapat menyebabkan investor melewatkan peluang investasi yang menarik. Jika investor hanya mencari saham dengan MOS yang tinggi, mereka mungkin mengabaikan saham-saham yang sebenarnya memiliki potensi keuntungan tinggi meskipun MOS-nya lebih rendah. Kekurangan ini dapat mengurangi diversifikasi dan menghilangkan peluang yang mungkin menguntungkan.

Penting untuk diingat bahwa Margin of Safety hanya merupakan alat dalam analisis investasi dan pengambilan keputusan. Meskipun memiliki manfaat yang signifikan, hal ini tidak menjamin kinerja pasar dan masih terdapat faktor risiko yang perlu dipertimbangkan. Investasi yang baik membutuhkan analisis yang komprehensif dan pertimbangan terhadap berbagai faktor yang mempengaruhi investasi tersebut.

download aplikasi hsb investasi dan raih keuntungannya

Untuk mulai trading forex dengan platform yang mudah dibaca dan simpel untuk dipahami, para trader pemula bisa mendownload aplikasi HSB Investasi dengan tampilan yang ramah pengguna dan fitur-fitur canggih di dalamnya. Sobat Trader bisa mendownloadnya melalui aplikasi bawaan PlayStore atau AppStore.

Jika kamu adalah trader berpengalaman yang ingin memanfaatkan beragam fitur trading modern untuk memaksimalkan potensi profit, kamu bisa menggunakan platform MetaTrader 5 HSB Investasi.

Jangan sampai di download saja, pastikan Sobat Trader sudah melakukan registrasi akun trading HSB, melalui tahapan verifikasi, dan melakukan transfer deposit trading ke rekening segregated account HSB ya. Jadi, tunggu apa lagi? Raih peluang profit tradingmu secara aman bersama HSB Investasi!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik