Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Pilih mana: Pemilik Properti atau Investor Real Estate?

Dalam dunia properti, pertanyaan mengenai mana yang lebih menguntungkan antara menjadi seorang pemilik properti atau seorang investor real estat sering kali muncul. Kedua peran ini memiliki keuntungan dan tantangannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung simak ulasannya sampai tuntas!

Perbedaan Menjadi Pemilik Properti dan Investor Real Estate 

pemilik dan investor itu beda loh, perlu ada beberapa faktor yang membuatnya beda

Menjadi pemilik properti dan investor real estat memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda, tergantung dari tujuan finansial, preferensi pribadi, dan tingkat kesiapan untuk menghadapi tanggung jawab dan risiko yang terkait dengan masing-masing peran tersebut. 

Pemilik Properti: Seorang pemilik properti adalah individu atau kelompok yang memiliki dan mengelola properti dengan tujuan untuk digunakan sebagai tempat tinggal pribadi atau komersial. 

1. Tujuan Utama

Pemilik properti umumnya memiliki niat untuk menggunakan properti tersebut dan tidak selalu memiliki fokus pada mendapatkan keuntungan finansial dari properti mereka.

2. Keterlibatan Pribadi

Pemilik properti sering terlibat secara pribadi dalam pengelolaan, pemeliharaan, dan perbaikan properti. 

3. Pendapatan dan Biaya

Pemilik properti cenderung lebih berorientasi pada kenyamanan pribadi atau keberlanjutan bisnis mereka daripada hanya mencari pengembalian investasi.

4. Pajak dan Pengeluaran

Pemilik properti biasanya harus menanggung biaya perawatan, pajak properti, asuransi, dan biaya lain yang terkait dengan kepemilikan properti. 

Investor Real Estate: Seorang investor real estate adalah individu atau entitas yang membeli properti dengan tujuan utama untuk mendapatkan keuntungan finansial. 

1. Tujuan Utama

Investor real estate membeli properti dengan tujuan menghasilkan keuntungan finansial melalui pendapatan sewa, apresiasi nilai properti, atau keduanya. 

2. Orientasi Keuangan

Investor real estate lebih berfokus pada analisis keuangan, seperti pengembalian investasi, dan potensi apresiasi nilai properti. Mereka cenderung melihat properti sebagai alat investasi.

3. Pengelolaan Properti

Investor real estate mungkin menyewa pihak ketiga untuk mengelola properti mereka. 

4. Pendapatan dan Keuntungan

Investor real estate mengharapkan pendapatan rutin dari penyewaan serta potensi keuntungan dari apresiasi nilai properti. 

5. Pajak dan Strategi Keuangan

Investor real estate sering berfokus pada pengelolaan pajak properti dan mungkin menggunakan strategi tertentu untuk mengoptimalkan beban pajak mereka serta pengembalian investasi. 

Secara keseluruhan, perbedaan antara menjadi pemilik properti dan investor properti terletak pada tujuan utama, orientasi keuangan, keterlibatan dalam pengelolaan, dan pendekatan terhadap properti sebagai alat untuk mencapai tujuan finansial.

Keuntungan Menjadi Pemilik Properti dan Investor Real Estate

Raih peluang profit pergerakan harga real time dengan akun trading live HSB

Menjadi pemilik properti atau investor properti dapat memberikan sejumlah keuntungan finansial dan non-finansial yang berbeda. Berikut beberapa keuntungan-keuntungan tersebut:

Keuntungan Menjadi Pemilik Properti:

1.  Pendapatan Pasif

Jika disewakan, pemilik properti berpotensi mendapatkan pendapatan pasif dalam bentuk sewa bulanan. 

2. Pertumbuhan Nilai Aset

Properti cenderung meningkat nilainya seiring berjalannya waktu. Hal ini dapat menghasilkan keuntungan saat menjual properti di masa depan.

3. Kontrol Penuh

Umumnya, pemilik properti memiliki kendali atas bagaimana properti tersebut dikelola dan diperbaiki. 

4. Perlindungan dari Inflasi

Properti cenderung bertahan dari efek negatif inflasi. Ketika inflasi naik, nilai properti dan harga sewanya juga cenderung meningkat.

5. Keamanan Jangka Panjang

Memiliki rumah memberikan keamanan tempat tinggal jangka panjang. Kamu tidak perlu khawatir tentang pemutusan sewa atau kenaikan harga sewa yang tiba-tiba.

Keuntungan Menjadi Investor real estate:

1.  Pendapatan Pasif yang Stabil

Sama halnya dengan pemilik properti, investor real estate dapat menerima pendapatan sewa pasif.

2. Diversifikasi Portofolio

Berinvestasi dalam real estate memungkinkan kamu untuk diversifikasi portofolio investasi, mengurangi risiko terlalu tergantung pada satu jenis aset.

3. Manajemen Properti Profesional 

Sebagai investor, kamu dapat mempekerjakan manajer properti untuk mengelola penyewaan, perbaikan, dan perawatan properti. 

4. Opsi Crowdfunding

Jika terbatas modal, kamu tetap bisa menjadi investor real estat dengan bergabung dalam platform crowdfunding.

  • Minimalir Kerugian

Jika properti mengalami depresiasi dan kamu tergabung dalam platform crowdfunding, kamu tidak akan menanggung kerugian sendiri.

Namun, penting untuk diingat bahwa keputusan untuk menjadi pemilik properti atau investor real estate harus didasarkan pada pemahaman yang baik tentang pasar properti, tujuan keuangan, dan risiko yang bersedia kamu hadapi.

Risiko dan Tantangan Menjadi Pemilik Properti atau Investor Real Estate 

puzzle risiko untuk investasi real estate

Meskipun dapat memberikan peluang keuntungan, menjadi pemilik properti atau investor di bidang real estat juga sama-sama memiliki risiko dan tantangan tertentu. 

Risiko:

Nilai Properti yang Fluktuatif

Nilai properti dapat berfluktuasi secara signifikan tergantung kondisi pasar, ekonomi, dan lokasi. 

Resiko Likuiditas

Real estat merupakan aset yang kurang likuid dibandingkan dengan beberapa jenis investasi lainnya. 

Biaya Perawatan dan Pemeliharaan

Menjadi pemilik properti berarti kamu harus merawat dan memelihara properti secara teratur. 

Risiko Pinjaman dan Bunga

Jika kamu meminjam uang untuk membeli properti, kamu berpotensi terkena risiko perubahan suku bunga. 

Risiko Hukum dan Regulasi

Perubahan peraturan atau sengketa hukum dengan penyewa atau pihak lain merupakan risiko yang harus kamu siap hadapi.

Tantangan:

Manajemen Properti

Mengelola properti melibatkan tanggung jawab seperti mencari penyewa yang baik, perawatan, dan melakukan perbaikan.

Pemilihan Lokasi yang Tepat

Keberhasilan investasi real estat sering kali tergantung pada lokasi properti. Memilih lokasi yang salah dapat mengakibatkan properti kesulitan menarik penyewa atau peningkatan nilai properti.

Pengetahuan Pasar

Untuk berinvestasi dengan bijaksana, kamu perlu memahami tren pasar real estat dan berbagai faktor yang mempengaruhi nilai properti. 

Modal

Investasi real estat seringkali membutuhkan modal awal yang besar. 

Perubahan Ekonomi

Fluktuasi ekonomi dapat mempengaruhi permintaan properti komersial dan perumahan. Saat ekonomi lesu, permintaan properti cenderung ikut menurun.

Persaingan

Pasar real estat bisa sangat kompetitif. Baik dalam hal mendapatkan properti yang baik maupun dalam menarik penyewa atau pembeli potensial.

Resiko Pengelolaan Portofolio

Jika kamu memiliki portofolio real estat yang terdiversifikasi, kamu harus mengelola properti yang berbeda-beda dengan karakteristik yang berbeda pula. 

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan riset menyeluruh, berkonsultasi dengan ahli, dan memiliki strategi investasi yang matang sebelum memutuskan untuk menjadi pemilik properti maupun investor real estat. 

Cara Memulai sebagai Pemilik Properti atau Investor Real Estate 

Cara memulai menjadi investor

Setelah mengetahui keuntungan serta risiko dan tantangan untuk menjadi pemilik properti atau investor real estate, kamu juga perlu memahami bagaimana langkah-langkah untuk memulai perjalanan sebagai pemilik properti atau investor real estat.

  1. Pengetahuan mendalam
  • Mulailah dengan memahami dasar-dasar industri properti dan investasi real estat. Baca buku, ikuti seminar, webinar, dan ikuti kursus yang dapat membantu kamu memahami konsep-konsep penting.
  • Pelajari serta kenali perbedaan dan peluang masing-masing tentang berbagai jenis properti.
  1. Tentukan Strategi Investasi
  • Pilih jenis properti yang sesuai dengan tujuan investasi kamu.
  • Pertimbangkan juga strategi investasi, apakah ingin membeli, mengembangkan, atau merenovasi properti untuk dijual atau disewakan.
  1. Rencanakan Keuangan
  • Tentukan berapa banyak modal yang bisa kamu investasikan.
  • Pertimbangkan sumber pendanaan seperti dana pribadi, pinjaman bank, atau mitra investasi.
  1. Pilih Lokasi dengan Bijak
  • Cari daerah yang memiliki potensi pertumbuhan nilai properti dan permintaan sewa yang tinggi.
  • Tinjau faktor-faktor seperti infrastruktur, aksesibilitas, fasilitas umum, serta prospek perkembangan daerah.
  1. Analisis Pasar
  • Lakukan analisis pasar untuk mengetahui tren harga properti di area yang kamu pilih. 
  1. Jaringan dan Kolaborasi
  • Bangun jaringan dengan profesional di industri real estat seperti agen properti, dan kontraktor untuk mendapatkan panduan dan informasi berharga.
  1. Due Diligence
  • Periksa kondisi fisik, legalitas, dan riwayat properti sebelum membuat keputusan.
  1. Kelola Properti dengan Baik
  • Jika berencana menyewakan properti, kelola dengan baik. Pilih penyewa yang andal, perbaiki masalah dengan cepat, dan pertahankan properti dalam kondisi baik.
  1. Tetap Mengikuti Perkembangan
  • Tetap up-to-date dengan berita dan tren terbaru dalam industri properti.

Perlu diingat, bahwa investasi real estat melibatkan risiko dan hasilnya mungkin tidak selalu terjadi sebagaimana yang diharapkan. Penting untuk memiliki rencana yang matang, melakukan riset menyeluruh, dan memiliki pendekatan jangka panjang untuk mencapai keberhasilan dalam dunia investasi real estat. 

Setelah membaca artikel diatas, kurang lengkap apabila kamu tidak mencoba pengalaman trading terbaik bersama HSB Investasi!

Dapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga.

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien.

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya.***

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik