Ketika pasar emas berjangka dalam kondisi downtrend, para investor akan beralih ke pasar emas spot. Meskipun dua jenis investasi ini tidak terpisahkan, tetap ada perbedaan di antara keduanya.

Emas spot dan emas berjangka sama-sama menggunakan margin dan prinsip leverage.

Trading emas spot dapat melakukan aksi membeli atau menjual kapan saja dengan transaksi mudah dan lancar, sedangkan trading emas berjangka bersifat kombinasi yang mau tidak mau meningkatkan risiko investor sampai batas tertentu.

Perbedaan Antara Trading Emas Spot Dan Emas Berjangka

  1. Periode waktu yang berbeda, emas berjangka mengacu pada kontrak standar dengan batas waktu. Oleh karena itu disebut sebagai berjangka. Sedangkan emas spot umumnya tidak memiliki batas waktu order.
  2. Transaksi emas berjangka umumnya membutuhkan tempat terpusat di bursa berjangka dan transaksi tersebut khusus untuk para anggota. Saat ini, emas berjangka berpusat di Amerika Serikat dan Jepang. Di pasar emas internasional, volume perdagangan dan transaksi terbesar di pasar London tidak dalam pertukaran perdagangan terkonsentrasi, tetapi dilakukan oleh lima pembuat pasar emas utama, bank-bank besar yang terdiri dari sejumlah besar trader emas.
  3. Sebesar 80% dari volume permintaan dan penawaran emas terjadi di pasar emas London, namun transaksi ini tidak menjadi mayoritas dalam penentuan harga. Pasar emas berjangkalah yang secara aktif menentukan harga emas. Harga inilah yang digunakan ketika kita ingin melakukan pembelian.

Trader di pasar emas berjangka di seluruh dunia akan menjadi yang pertama beraksi terhadap perkembangan harga emas internasional. Reaksi inilah yang membentuk harga spot. Reaksi ini berlangsung dalam waktu singkat setelah harga diumumkan di London dan berlangsung selama 24 jam.

Maka bisa dikatakan, tidak ada tempat dominan di mana harga emas berasal. Walaupun ada perbedaan, itu pun hanya sedikit dan perubahan selalu terjadi setiap saat setiap harinya.

Disclaimer

Artikel di atas hanyalah sebagai informasi dan pendidikan saja. Informasi di atas tidak bertujuan untuk dijadikan saran. Produk dengan leverage memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap modal yang Anda investasikan. Nilai investasi dapat turun atau naik dan Anda dapat kehilangan pembayaran margin awal Anda. Pastikan Anda telah memahami sepenuhnya semua risiko yang terlibat.

Klik disini untuk mulai trading emas (XAU?USD) di HSB Investasi dengan sistem komisi terendah hingga $0/lot.