Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Daftar Isi
PDN Tumbang Dijebol Hacker, Kominfo Beberkan Nasib Data RI

Dilansir dari CNBC Indonesia, Pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) tetap dilanjutkan meskipun PDN Sementara saat ini sedang dilumpuhkan oleh serangan hacker. Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria, menegaskan bahwa proyek PDN akan tetap berjalan dan tidak mungkin ditunda karena insiden serangan ransomware yang terjadi sejak Kamis (20/6/2024).

"Proyek PDN tetap berjalan. Tidak mungkin kita menunda atau menghentikannya hanya karena kasus ini. Ini adalah konsekuensi dari transformasi digital yang sedang kita jalani," ujar Nezar saat ditemui di Jakarta, Rabu (26/6/2024).

Nezar juga memastikan bahwa langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan data akan terus diambil. Kejadian ini akan dijadikan pelajaran dan evaluasi untuk ke depan.

"Keamanan data akan terus kita tingkatkan. Ini menjadi pembelajaran dan evaluasi bagi kita semua. Dalam dunia siber, semua pihak memahami bahwa keamanan data adalah hal yang sangat penting karena tidak ada tempat yang benar-benar aman di dunia digital," jelas Nezar.

Pemerintah berencana menyiapkan PDN di tiga lokasi berbeda. Salah satu lokasinya adalah di Cikarang yang akan diresmikan pada Agustus mendatang. Dua lokasi lainnya adalah di Batam dan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pembangunan PDN di Batam dijadwalkan akan dimulai pada akhir 2024 atau awal tahun 2025 dengan perkiraan penyelesaian dalam dua tahun.

Saat ini, PDN Sementara sedang mengalami serangan ransomware Brain Cipher. Sejak serangan diketahui minggu lalu, PDN Sementara belum sepenuhnya pulih. Dari 282 data Kementerian, Lembaga, dan Daerah yang ada di sana, sekitar 44 data sudah berhasil dipulihkan, sementara sisanya masih dalam proses pemulihan.

Nezar menjelaskan bahwa pemulihan dilakukan dengan migrasi data. Pemerintah tidak akan memilih opsi untuk membayar tebusan untuk membuka data yang terinfeksi.

Baca Juga:  Pabrik Sepatu Bata Tutup! Ini Pendapat Menteri Perindustrian

"Kita tidak akan membayar tebusan. Sebaliknya, kita akan melakukan langkah-langkah mitigasi untuk menyelamatkan data-data yang ada," tegas Nezar.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik