Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Segera Dipindah, Ini Daftar Insentif untuk 40.000 ASN Pionir di IKN

Dilansir dari CNBC Indonesia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) masih belum dapat mengungkapkan rincian insentif yang akan diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pertama kali pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada September 2024.

Sekretaris Kementerian PANRB, Rini Widyantini, menjelaskan bahwa pemerintah masih menggodok skema terbaik untuk insentif tersebut. Rincian insentif akan diumumkan dalam sidang kabinet bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatang. "Pak menteri mengatakan bahwa ini akan dibahas di dalam sidang kabinet, jadi kita masih menunggu jadwal sidang kabinet itu," ujar Rini setelah Rapat Kerja (Raker) Bersama Komisi II DPR RI di Senayan, Jakarta, pada Kamis (13/6/2024).

Meski detail insentif belum tersedia, Rini menekankan bahwa pemerintah akan menjamin kesejahteraan ASN pionir di IKN. Pembahasan dilakukan dengan melibatkan berbagai menteri, termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, untuk memastikan bahwa perpindahan ke IKN bukanlah bentuk hukuman, tetapi bagian dari upaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. "Perpindahan ke IKN bukan suatu hukuman atau apa, tetapi itu adalah tempat di mana kita bisa terintegrasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat," tegas Rini.

Jumlah ASN yang akan pindah pada September mendatang juga belum bisa dirincikan karena perlu disesuaikan dengan infrastruktur hunian dan kantor yang tersedia. "Kemungkinan besar sekitar awal September sudah ada pemindahan. Namun, pemindahannya menunggu infrastruktur yang tersedia," tambah Rini.

Berikut adalah rincian insentif yang diusulkan untuk ASN yang pertama kali pindah ke IKN:

1. Satu Unit Apartemen

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas sebelumnya mengungkapkan bahwa setiap ASN yang pindah ke IKN akan mendapatkan satu unit apartemen untuk dihuni. Ini merupakan bagian dari fasilitas yang akan diberikan kepada ASN di IKN. "Setiap pegawai ASN akan mendapat satu unit hunian apartemen. Di tahap awal sebagian akan sharing, itu adalah bagian kebijakan tambahan yang nanti akan dijelaskan lebih lanjut," kata Anas di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, pada Rabu (17/4/2024).

Baca Juga:  AS Diprediksi akan Alami Resesi Tahun Ini

2. Biaya Pindah Ditanggung

Anas juga menjelaskan bahwa pemerintah akan menanggung beberapa biaya operasional seperti biaya pengepakan, biaya tunggu, dan biaya transportasi. ASN yang pindah bersama pasangan, dua anak, dan satu asisten rumah tangga (ART) akan mendapatkan kompensasi ini. "Biaya pengepakan, biaya tunggu, biaya transportasi. Ini terkait tunjangan pionir yang akan pindah ke IKN," ujar Anas dalam Konferensi Pers di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, pada Jumat (15/3/2024).

3. Tunjangan Anak

ASN pionir yang pindah ke IKN juga akan mendapatkan tunjangan anak. Hal ini sesuai dengan amanat Presiden Jokowi untuk meringankan beban ASN yang membawa keluarga ke IKN. "Kami sedang mencari opsi. Pak Presiden meminta agar dirumuskan tunjangan untuk anak yang pindah pertama, ini untuk keluarga," kata Anas dalam Konferensi Pers di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta Selatan, pada Jumat (22/12/2023).

4. Tunjangan Kemahalan

Kementerian PANRB dan Kementerian Keuangan juga sedang menyiapkan insentif berupa indeks kemahalan, karena biaya hidup di IKN diproyeksikan lebih tinggi dibandingkan DKI Jakarta. "Kami sudah diminta merumuskan insentif untuk yang pindah ke IKN. Presiden sudah memerintahkan, apakah insentif untuk anak istri dan mereka yang sekolah. Insentif pasti ada, seperti insentif kepindahan, kemahalan, dan lainnya," kata Anas saat ditemui di Aston Hotel TB Simatupang, Jakarta Selatan, pada Rabu (22/11/2023).

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik