Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Ini Cara Kerja Internet Starlink Milik Elon Musk yang Bikin Heboh RI

Dilansir dari CNBC Indonesia, Starlink, layanan internet berbasis satelit orbit rendah milik Elon Musk baru saja diresmikan di Indonesia. Artinya kini masyarakat sudah bisa menggunakan layanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan internet sehari-hari.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara kerja Starlink?

Starlink beroperasi menggunakan layanan internet satelit yang sudah ada selama beberapa dekade. Alih-alih menggunakan teknologi kabel, seperti serat optik untuk mengirimkan data internet, sistem satelit menggunakan sinyal radio melalui ruang hampa.

Setiap satelit di konstelasi Starlink memiliki berat sekitar 259 kg dan memiliki badan datar. Saat diluncurkan, satu roket SpaceX Falcon 9 dapat mengangkut hingga 60 satelit.

SpaceX telah mengusulkan konstelasi hampir 42.000 satelit seukuran tablet yang mengelilingi dunia pada orbit rendah untuk memenuhi permintaan di Bumi.

Starlink memang bukan satu-satunya pemain internet satelit. Ada beberapa pesaing, termasuk OneWeb, HughesNet, Viasat, dan Amazon.

HughesNet telah menyediakan jangkauan sinyal dari 35 ribu kilometer di atas Bumi sejak 1996. Namun Starlink memiliki pendekatan yang sedikit berbeda dan memberikan

Berikut keunggulan Starlink dibanding pesaingnya:

  • Daripada menggunakan beberapa satelit besar, Starlink memiliki ribuan satelit kecil. Starlink menggunakan satelit LEO yang mengelilingi Bumi pada ketinggian 482 kilometer di atas permukaan. Orbit geostasioner yang diperpendek ini dapat meningkatkan kecepatan internet dan mengurangi tingkat latensi.
  • Satelit Starlink terbaru memiliki elemen komunikasi laser untuk mengirimkan sinyal antar-satelit, sehingga mengurangi ketergantungan pada beberapa stasiun Bumi.
  • SpaceX bertujuan untuk meluncurkan sebanyak 40.000 satelit dalam waktu dekat, ini untuk memastikan jangkauan satelit global dan jarak jauh dengan berkurangnya pemadaman layanan.
  • Starlink memiliki keuntungan menjadi bagian dari SpaceX, yang selain meluncurkan satelit Starlink, juga melakukan peluncuran mitra secara rutin. Penyedia internet satelit lainnya mungkin tidak dapat menjadwalkan peluncuran satelit reguler karena faktor biaya tinggi.
Baca Juga:  Jokowi Bikin RI Kuasai 61% Saham Freeport, Ternyata Ini Caranya

Lalu, bagaimana cara kerja Starlink di Indonesia?

Risiko teknologi Starlink

Seperti halnya layanan kabel fiber optik ke rumah (fixed broadband) atau melalui frekuensi radio ke HP (seluler), Starlink juga tersambung ke jaringan internet lewat pintu gerbang atau gateway yang dipantau dan dikendalikan oleh NOC (network operation center). 

Fungsi gateway adalah menghubungkan antara sebuah jaringan dengan jaringan lain yang memiliki sistem aturan, yang dikenal dengan protokol, berbeda. Karena internet adalah jejaring berbagai sistem informasi, internet gateway dibutuhkan untuk "penunjuk arah" dari jaringan milik penyedia layanan internet (ISP) ke jaringan internet global.

Setiap kali pengguna melihat email, mengakses website, atau menggunakan aplikasi, data dikirim lewat gadget melalui jaringan milik ISP yang berbentuk antena BTS, kabel, atau satelit, kemudian trafik data diteruskan ke jaringan internet global melalui gateway. Jika internet di akses lewat internet gateway di Indonesia, IP pengguna internet akan menunjukkan "lokasi asal" di Indonesia.

Semua trafik di jaringan ISP ini dipantau lewat NOC.

Khusus Starlink, data dikirim melalui satelit ke internet gateway menggunakan perangkat terminal bumi mini yang harganya melebihi Rp 7 juta.

Saat ini, Starlink bekerja sama dengan Telkomsat untuk memanfaatkan internet gateway milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Artinya, meskipun Starlink menggunakan satelit yang berlokasi di luar angkasa, "jaringan internet" yang disediakan Starlink tetap punya tanda lokasi Indonesia.

Namun seperti yang telah disebutkan di atas, layanan Starlink memiliki ketergantungan yang rendah dengan gateway internet di lokasi tempat mereka beroperasi karena ribuan satelit Starlink bisa mengirim data satu sama lainnya.

Fitur ini berarti ada kemungkinan trafik internet dari Indonesia "disalurkan" atau "dibocorkan" melalui satelit-satelit lainnya ke tanpa terpantau di dalam negeri.

Baca Juga:  PHK Massal di Tokopedia: Bagaimana Pengaruhnya ke Saham GOTO Ya?

Oleh karena itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi berkali-kali menekankan bahwa Starlink harus menempatkan NOC mereka di Indonesia.

Jika ada NOC Starlink di Indonesia, pemerintah dan otoritas keamanan bisa memantau jaringan Starlink untuk menghindari potensi pelanggaran hukum.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik