Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Daftar Isi
Mantan Menkeu Berpendapat Jika IKN Bisa Lebih Unggul dari Canberra

Dilansir dari CNBC Indonesia, Mantan Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, optimis bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki potensi untuk menjadi kota yang lebih maju dibandingkan Canberra di Australia. Hal ini didasarkannya pada konsep ramah lingkungan yang diusung IKN, sementara Canberra dianggap kurang dalam hal transportasi publik.

"Saya percaya bahwa Nusantara memiliki peluang besar untuk menjadi ibu kota yang jauh lebih baik daripada Canberra, terutama karena fokus kita pada kota yang ramah lingkungan dan keberlanjutan urban," ujar Bambang dalam acara Penandatanganan Nota Kesepahaman di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2024).

Menurut Bambang, transportasi publik di Canberra hampir tidak ada, yang menurutnya bukan contoh yang baik untuk pengembangan kota modern. Ia berpendapat bahwa IKN memiliki kesempatan untuk menciptakan ibu kota yang lebih baik dibandingkan Canberra.

Bambang juga menyebutkan bahwa konsep pembangunan IKN serupa dengan Canberra, di mana inti kota terdiri dari pusat pemerintahan termasuk gedung parlemen. Canberra sendiri memiliki area penyangga yang didominasi oleh daerah residensial.

Penajam Eco City, yang terletak di Penajam Paser Utara (PPU), diharapkan menjadi daerah penyangga bagi IKN. Wilayah ini, yang dikembangkan oleh Badan Bank Tanah, merupakan zona pengembangan ekonomi dan komersial kabupaten PPU. Penajam Eco City mencakup area seluas 4.162 hektare, dengan sekitar 1.000 hektare diantaranya digunakan untuk area komersial, pelabuhan, logistik, bandara VVIP, dan jalan tol.

Bambang menjelaskan bahwa pembangunan Canberra dimulai dari nol, mirip dengan konsep IKN. Pada masa itu, Sydney dan Melbourne bersaing untuk menjadi ibu kota Australia. Karena pemerintah tidak bisa memutuskan mana yang lebih baik, Canberra dipilih karena lokasinya yang berada di antara Sydney dan Melbourne, meskipun pada saat itu daerah tersebut kosong.

Baca Juga:  Awas Kaget! Rupiah Diramal Bakal Sentuh Nilai Segini

Sekarang, hampir 100 tahun kemudian, Canberra berfungsi dengan baik sebagai ibu kota. Bambang yakin bahwa meskipun saat ini IKN masih kosong, ke depan IKN akan terus berkembang dan berfungsi dengan baik sebagai ibu kota.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik