Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Mengenal Apa itu BRICS & Kontribusinya Bagi Dunia

Bentuk kelompok ekonomi terkemuka di dunia, BRICS - Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan - memiliki peranan penting di tataran global. Dengan potensi ekonomi yang besar, BRICS telah menjadi kekuatan global yang memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian dunia dan sistem perdagangan multilateral. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dekat tentang kelompok multilateral ini, sejarah terbentuknya, tujuan, serta kontribusinya dalam berbagai bidang di dunia.

Apa itu Organisasi BRICS?

BRICS adalah singkatan dari negara-negara anggotanya yang terdiri dari Brazil, Russia, India, China, dan South Africa (Afrika Selatan), kelompok negara-negara ekonomi berkembang yang bergabung pada tahun 2009 untuk mempromosikan kerja sama ekonomi dan politik. Pada awalnya, kelompok ini hanya disebut BRIC, yang hanya terdiri dari empat negara: Brasil, Rusia, India, dan China. Afrika Selatan kemudian bergabung pada tahun 2011, sehingga menjadi BRICS.

Organisasi ini memiliki potensi ekonomi yang besar, dengan total populasi sekitar 3,6 miliar orang, dan total PDB sekitar $16 triliun ditunjang dengan akses ke pasar yang luas dan memiliki kekuatan politik masif daripada jika mereka beroperasi secara independen. Selain itu, mereka juga dapat memberikan dukungan dalam bidang teknologi dan investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi setiap negara anggotanya.

BRICS didirikan pertama kali pada tahun 2009

Sejarah Terbentuknya BRICS

Kapan BRICS berdiri? Ide penyatuan empat negara berkembang ini pertama kali dicetuskan oleh ekonom Goldman Sachs, Jim O'Neill, pada tahun 2001. O'Neill menyebut BRIC sebagai kelompok negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi yang besar dan diharapkan akan menjadi kekuatan ekonomi dunia pada abad ke-21. 

Pada tahun 2009, Brasil, Rusia, India, dan China mengadakan pertemuan di Ekaterinburg, Rusia, dan menyetujui untuk membentuk kelompok ekonomi baru yang diberi nama BRIC. Afrika Selatan kemudian bergabung pada tahun 2011, sehingga kelompok ini dikenal sebagai BRICS.

Selama bertahun-tahun, mereka memainkan peran yang semakin penting dalam perdagangan global dan kebijakan ekonomi. Mereka juga telah mendukung upaya-upaya global untuk memperkuat sistem perdagangan multilateral dan mendorong reformasi kebijakan keuangan global.

Tujuan Didirikannya BRICS

Tujuan utama didirikannya adalah untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta kerja sama politik yang saling menguntungkan antara negara-negara anggota. Selain itu, beberapa tujuan spesifik lainnya dari pembentukan BRICS adalah:

  1. Meningkatkan perdagangan dan investasi antar negara anggota dengan memperkuat perdagangan dan investasi yang lebih menarik dan stabil.
  2. Meningkatkan pengaruh global dalam bidang politik dan ekonomi, serta memperkuat posisi mereka dalam sistem perdagangan multilateral.
  3. Mendorong reformasi kebijakan keuangan global untuk memperkuat stabilitas sistem keuangan global.
  4. BRICS berupaya untuk meningkatkan investasi dalam pembangunan infrastruktur dan teknologi, yang diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperkuat kemitraan antar negara anggota.
  5. Organisasi ini juga berupaya untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan lingkungan, yang dianggap penting untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Dengan memperjuangkan tujuan-tujuan ini, BRICS diharapkan dapat meningkatkan kemakmuran dan keamanan negara-negara anggotanya, serta memperkuat posisi mereka di tingkat global.

BRICS memiliki sejumlah kontribusi di berbagai aspek dalam tataran global

Kontribusi terhadap Dunia

Kelima negara multilateral ini telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap dunia dalam berbagai bidang. Berikut adalah beberapa kontribusi BRICS di tataran global sejak organisasi multilateral ini didirikan

1. Bagi Perekonomian Dunia

Pertumbuhan ekonomi BRICS telah menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi global dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan konsumen, investasi dalam infrastruktur, serta perkembangan sektor industri dan jasa di negara-negara anggota telah memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian dunia.

2. Bagi Tingkat Investasi Dunia

BRICS berupaya untuk meningkatkan perdagangan dan investasi antara negara-negara anggotanya, serta menciptakan lingkungan investasi yang lebih menarik dan stabil. Hal ini juga akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi global.

Berbagai upaya peningkatkan kerja sama ekonomi melalui berbagai mekanisme telah dilakukan kelompok negara multilateral ini, seperti Pertemuan Menteri Keuangan dan Pertemuan Menteri Perdagangan dari masing-masing anggota, serta berbagai forum bisnis dan investasi BRICS. Hal ini telah mendorong peningkatan investasi saling-menyaling antara anggotanya dan meningkatkan perdagangan antara mereka.

3. Bagi Sistem Perdagangan Multilateral

Organisasi ini telah mengambil sikap yang jelas dalam mendukung sistem perdagangan multilateral yang berbasis pada aturan, seperti yang diatur oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Negara-negara BRICS telah mengeluarkan pernyataan bersama yang menegaskan pentingnya menjaga aturan WTO, menghindari proteksionisme perdagangan, dan memperkuat sistem perdagangan multilateral sebagai alat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Mereka juga menyuarakan dukungan mereka terhadap reformasi WTO agar menjadi lebih inklusif, transparan, dan adil. Anggota-anggota organisasi ini juga telah berpartisipasi aktif dalam perundingan dan diskusi di WTO untuk merumuskan agenda reformasi yang mencakup isu-isu seperti mekanisme penyelesaian sengketa, peraturan perdagangan digital, dan dukungan terhadap negara-negara berkembang.

4. Bagi Bidang Kesehatan, Pendidikan, dan Lingkungan

Dalam bidang kesehatan dunia, BRICS berkomitmen untuk meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh penduduknya. Salah satu contoh kontribusi dalam bidang kesehatan adalah dengan mendukung program vaksinasi global melalui produksi vaksin yang terjangkau dan pembagian teknologi produksi vaksin COVID-19.

Sedangkan dalam bidang pendidikan kontribusi organisasasi ini membentuk BRICS Network University, sebuah jaringan universitas yang saling berbagi sumber daya dan pengalaman dalam pendidikan tinggi.

5. Bagi Kebijakan Keuangan Global

Kelima negara ini menekankan pentingnya reformasi kebijakan keuangan global untuk memperkuat stabilitas sistem keuangan global dan memperkuat posisi negara-negara berkembang di tingkat global, salah satunya dengan membentuk New Development Bank (NDB).

NDB BRICS adalah bank multilateral yang bertujuan untuk memberikan dukungan keuangan dan teknis bagi proyek-proyek pembangunan di negara-negara anggotanya dan di seluruh dunia. Organisasi ini juga membentuk Contingent Reserve Arrangement (CRA), sebuah mekanisme keuangan yang bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap gejolak keuangan global seperti resesi akibat inflasi.

Hadirnya organisasi multilateral ini memberikan dampak yang signifikan pada pembentukan analisis fundamental dan analisis sentimen pasar terhadap mata uang di masing-masing negara dan dampaknya bagi mata uang populer dunia lainnya. 

Dengan selalu terupdate akan berita-berita seputar dunia keuangan seperti kontribusi-kontribusi yang diberikan organisasi ini, kamu akan bisa menambahkan jangkauan analisis fundamental untuk meraih peluang profit trading secara maksimal. 

Aplikasi trading all-in-one HSB Investasi

Bingung bagaimana cara mendapatkan informasi penting seputar investasi, trading, dan dunia keuangan? Cukup dengan mendownload aplikasi trading HSB kamu akan selalu mendapatkan berita dan informasi terupdate setiap harinya

Eits, jangan lupa registrasikan akun trading HSB-mu untuk bisa segera mengambil aksi trading lebih dari 45 instrumen populer dan menguntungkan di dunia sesaat setelah rilis berita dan informasi penting diumumkan ya, Sobat Trader.

Tapi kenapa harus trading di HSB? Karena HSB Investasi  sudah teregulasi BAPPEBTI dan tiga pilar keuangan utama di Indonesia lainnya seperi ICDX, ICH, dan ASPEBTINDO untuk menjamin keamanan dan transparansi transaksi setiap nasabah-nasabahnya. 

Gak cuma aman dan transparan, di HSB, kamu juga bisa meningkatkan potensi cuan-mu dengan memanfaatkan beragam fitur dan promosi menarik lainya, seperti penawaran leverage trading hingga 1:200, komisi trading terendah hingga $0, bonus deposit khusus pengguna baru, program Lucky Trader mingguan, hadiah ulang tahun yang bisa kamu claim di bulan kelahiranmu Sobat Trader. Jadi, udah gak ada alasan lagi menunda petualangan meraih profit trading di HSB Investasi!***

 

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik