Home Pengetahuan Keuangan Apa itu ROI dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Apa itu ROI dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

by HSB
0 comment

Kamu tentu saja tidak bisa langsung meraup keuntungan dari dana yang diinvestasikan. Diperlukan waktu agar nilainya bertambah dan dapat memberikan hasil sesuai keinginanmu. Sebagai seorang investor, kamu tentu ingin mendapatkan gambaran seberapa banyak keuntungan investasi yang sudah di raup.

Agar dapat mengetahui seberapa besar keuntungan yang sudah diperoleh ketika berinvestasi, kamu perlu menggunakan sebuah rumus perhitungan. Melalui rumus tersebut kamu bisa menilai apakah sebuah investasi memberikanmu keuntungan atau kerugian.

Rumus perhitungan tersebut dikenal dengan sebutan Return on investment alias ROI. Sebagai seorang investor, kamu wajib sekali mengenal dan memahaminya. Simak berbagai macam hal seputar rumus, manfaat, dan informasi apa itu ROI serta cara menghitungnya di sini.

Pengertian ROI Investasi

Mengetahui hasil yang didapatkan dari instrumen investasi menjadi informasi penting yang wajib dimiliki seorang investor. Agar dapat membantu hal tersebut, diciptakanlah rumus khusus untuk menghitung performa dari investasi.

Return on investment (ROI) merupakan metrik untuk memahami profitabilitas sebuah investasi. Secara lebih lengkapnya, ROI membantu kamu memahami berapa banyak keuntungan atau kerugian dari investasi milikmu. Sehingga kamu tidak “buta” mengenai seberapa besar keuntungan atau kerugian yang didapatkan.

Pengertian ROI Investasi

Cara Menghitung ROI dari Investasi Kamu

Perhitungan yang digunakan dalam menemukan nilai ROI sebenarnya sangat mudah dipahami. Untuk mendapatkan ROI kamu, bagi jumlah perolehan dari suatu investasi atau laba bersih (net profit) dengan biaya investasi kemudian dikali 100. Jika dilihat dalam rumus, bentuknya seperti:

ROI = (Laba Bersih / Biaya Investasi) x 100

Atau

ROI = ((Nilai Investasi Sekarang – Biaya Investasi) / Biaya Investasi) x 100

Hasil perhitungan di atas harus dinyatakan dalam persentase. Hal ini bisa memudahkan kamu untuk membandingkan investasi satu sama lain. Agar bisa lebih memahaminya, perhatikan contoh berikut ini.

Baca juga: Support dan Resistance: Pengertian, Jenis, & Strateginya

Kamu membeli sebuah instrumen investasi dengan biaya sebesar Rp5.000.000. Setelah 6 bulan, kamu memutuskan menjualnya di harga Rp5.500.000 pada saat ity. Maka, ROI yang kamu dapatkan sebesar:

ROI = ((Rp5.500.000 – Rp5.000.000) / Rp5.000.000) x 100

ROI = (Rp500.000 / Rp5.000.000) x 100

ROI = 10%

ROI yang kamu dapatkan ketika berinvestasi pada instrumen tersebut sebesar 10%. Menggunakan data ini, maka kamu dapat mempertimbangkan apakah ingin kembali menaruh dana di sana atau tidak.

Namun kamu harus ingat jika ROI hanya berupa perhitungan. ROI tidak dapat menghilangkan risiko atau ketidakpastian dalam berinvestasi. Ketika kamu hendak memanfaatkan ROI untuk memutuskan pilihan investasi masa depan, maka kamu masih perlu memperhitungkan risiko lainnya.

Data historis belum tentu dapat memberikan gambaran nyata mengenai hal yang terjadi pada masa depan. Selalu ingat ada berbagai macam faktor lain sebagai pertimbangan dalam menentukan pilihan kamu.

Keuntungan dan Manfaat Analisis ROI

Keuntungan dan Manfaat Analisis ROI

Ada beberapa keuntungan ROI yang bisa kamu manfaatkan, seperti:

1. Rumus Sederhana dan Mudah Dihitung

Menghitung ROI sangat mudah karena memerlukan dua angka saja, laba bersih serta biaya investasi. Lalu ROI ini tidak hanya bisa diaplikasikan pada perhitungan investasi seperti saham saja. Rumus ROI juga berguna mengetahui keuntungan berbagai macam bentuk investasi lainnya.

2. Dipahami Secara Universal

ROI merupakan konsep yang mudah dipahami secara universal, sehingga tidak diperlukan penjelasan panjang untuk membuat orang-orang mengerti apa itu Return on investment (ROI).

Lalu bagaimana dengan manfaat ROI? Kamu tentu sudah paham jika ROI ini berguna dalam mengetahui profitabilitas sebuah investasi. Tetapi, masih ada banyak manfaat lainnya dari perhitungan tersebut.

Baca juga: Diamond Pattern: Pengertian, Dan Cara Menggunakannya

Persis seperti poin di atas, ROI berguna menghitung keuntungan berbagai macam bentuk investasi selain pembelian saham. Salah satu contohnya, perusahaan mampu menilai seberapa menguntungkan promosi yang mereka lakukan menggunakan ROI.

Apakah dana untuk membuat promosi tersebut bisa memberikan hasil berupa eksposur atau tidak. Kemudian apakah promosi tersebut mampu memberikan mereka peningkatan penjualan. Berbagai hal tersebut bisa dihitung menggunakan rumus ROI.

Standar ROI yang Baik

Berdasarkan pendapat banyak pihak, mereka mengatakan jika ROI dengan rata-rata 7% ke atas selama setahun merupakan tolak ukur yang baik pada investasi saham. Tapi, menentukan ROI yang tepat untuk strategi investasi memerlukan pertimbangan lebih cermat daripada sebuah tolak ukur sederhana.

Ketika ingin menghitung ROI terbaik untuk kamu, coba pikirkan seberapa besar risiko yang dapat ditanggung. Kemudian apa yang akan terjadi jika kehilangan dana dari investasi ini.  Berapa banyak keuntungan yang diperlukan untuk menghadapi risiko kehilangan uang? 

Baca juga: Credit Default Swap: Pengertian, Cara Kerja, & Contohnya

Kemudian apa yang ingin dilakukan dengan keuntungan setelah menjual investasi tersebut? Mengenali bermacam faktor ini dapat menunjukkan kamu seperti apa perhitungan ROI sebenarnya.

Seberapa besar toleransi terhadap risiko bisa membantu investor menemukan ROI terbaik mereka, waktu juga memiliki peranan penting sehingga tidak boleh dilupakan begitu saja. Investasi dapat bertambah atau berkurang nilainya seiring berjalannya waktu.

ROI memang bukan cara mutlak ketika harus menilai apakah sebuah bentuk investasi worth it untuk dipertahankan. Namun ini adalah salah satu poin pertimbangan untuk kamu perhatikan. Gabungkan dengan berbagai macam penilaian lainnya demi hasil terbaik. 

Itulah informasi mengenai ROI untuk membantu kamu memahaminya. Jika sudah paham, maka kamu bisa menggunakannya ketika melakukan trading saham menggunakan aplikasi HSB. Sudah teregulasi BAPPEBTI sehingga aman untuk digunakan.

Bagi kamu yang masih ingin tahu lebih banyak mengenai ROI dan hal lainnya di dunia investasi, maka HSB juga tempat belajar trading pemula dengan kelas menarik yang diajari mentor ahli di dunia investasi.

Tunggu apalagi? Tingkatkan pengetahuan dan ilmu kamu mengenai dunia trading dengan mendownload aplikasi trading No. 1 Indonesia, aplikasi HSB Investasi!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288