Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Mengenal Berbagai Jenis Pasar Valuta Asing dan Fungsinya

Berinvestasi pada pasar valuta asing bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin memaksimalkan keuntungan. Di pasar, kamu bisa menjual dan membeli mata uang asing dengan harga yang cukup tinggi, mengingat pasar valuta asing terkoneksi secara global. Untuk memaksimalkan perdagangan, kamu juga perlu tahu macam-macam pasar valuta asing yang akan diuraikan di bawah ini.

Pengertian Pasar Valuta Asing

Valuta asing merupakan alat tukar transaksi yang diakui secara internasional. Tempat transaksi valuta asing ini yang kemudian disebut sebagai pasar valuta asing. Di pasar, kamu akan menemukan permintaan dan penawaran terhadap valuta asing dari berbagai negara. 

Aktivitas pada pasar valuta asing ini berupa pertukaran valuta asing yang dilakukan perorangan maupun perusahaan atau pemerintah. Pihak-pihak yang terlibat dalam valuta asing terdiri dari bank umum, bank sentral, broker, hingga para agen retail valuta asing.

Pasar valuta asing ini terkoneksi secara global di mana pusat keuangan internasional saling terhubung menggunakan teknologi komunikasi yang telah dirancang. Alhasil transaksi valuta asing dapat dilakukan secara daring.

Macam-macam Pasar Valuta Asing

Macam-macam Pasar Valuta Asing

Bagi kamu yang baru saja terjun dalam pasar valuta asing, penting untuk mengetahui terlebih dahulu macam-macam pasar valuta asing yang selama ini dijadikan sebagai tempat transaksi. Setidaknya ada 5 jenis pasar valuta asing yang perlu kamu ketahui.

1. Pasar Spot

Pasar spot merupakan tempat jual beli pasar valuta asing di bank dan money changer. Misalnya, saat kamu akan bepergian ke luar negeri, tentu kamu membutuhkan mata uang negara tujuan untuk bertransaksi. Sejauh ini, proses pertukaran mata uang asing ini dilakukan di money changer. 

Pertukaran mata uang pada pasar spot menggunakan kurs mata uang saat ini atau nilai tukar berjalan dalam suatu valuta. Pertukaran mata uang pada pasar spot dipengaruhi juga dengan kondisi ekonomi yang terjadi di negara tersebut. 

2. Pasar Forward

Untuk pasar forward disebut juga sebagai pasar berjangka yang mana transaksi jual beli valuta asing dilakukan untuk keperluan masa mendatang. Prosesnya dilakukan melalui kontrak forward atau pembelian mata uang asing. Pada kontrak tersebut terdapat suatu perjanjian untuk membeli atau menjual aset di tanggal tertentu pada masa depan dengan harga yang telah ditentukan saat ini. 

Kontrak perjanjian ini biasanya digunakan untuk melindungi mata uang terhadap risiko fluktuasi harga pada masa depan. Contohnya, perusahaan yang akan membeli bahan baku dari luar negeri dalam jumlah besar, dapat menggunakan kontrak forward untuk membeli mata uang asing yang dibutuhkan pada harga yang telah ditentukan saat ini.

Pasar forward bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pasar forward terorganisasi dan pasar forward over the counter (OTC). Pasar forward terorganisasi merupakan pasar yang terpusat dan diatur oleh bursa atau lembaga keuangan lainnya. Sedangkan pasar forward OTC dilakukan secara langsung antara dua pihak yang terlibat.

3. Pasar Futures

Pasar futures termasuk perdagangan berjangka yang mirip dengan pasar forward. Perbedaannya, pasar ini dilakukan untuk pasar komoditas seperti gula, gandum, emas, perak, dan lainnya. Dalam kata lain, pasar futures merupakan jenis keuangan yang memfasilitasi perdagangan kontrak futures. 

Kontrak futures yaitu suatu perjanjian untuk membeli atau menjual aset di tanggal tertentu pada masa depan dengan harga yang telah ditentukan saat ini. Kontrak futures biasanya digunakan untuk melindungi risiko fluktuasi harga pada masa depan atau sebagai sarana untuk spekulasi.

Sebagai contoh, pembeli gandum dapat menggunakan kontrak futures untuk menjual gandum yang akan dipanen pada masa depan pada harga yang telah ditentukan saat ini. Dalam hal ini, pembeli tersebut dapat meminimalkan risiko terhadap fluktuasi harga gandum pada masa depan. Sementara itu, seorang pedagang gandum dapat membeli kontrak futures gandum dengan tujuan untuk spekulasi harga gandum pada masa depan.

Pasar futures terdiri dari bursa yang terpusat dan diatur, di mana para pelaku pasar dapat membeli atau menjual kontrak futures pada harga yang telah ditentukan oleh bursa. Harga kontrak futures dihitung berdasarkan harga spot (harga saat ini), ditambah dengan biaya penyimpanan dan kemungkinan kerugian lainnya yang mungkin terjadi pada masa depan.

4. Pasar Swap

Transaksi swap merupakan kontrak gabungan antara transaksi spot dan forward yang dilakukan pada tanggal transaksi yang sama, tetapi dengan tanggal jatuh tempo yang berbeda. Tujuan adanya pasar swap ini untuk menghindari kerugian akibat fluktuasi nilai tukar uang.

Pasar swap tidak terpusat, artinya bisa dilakukan secara langsung antara dua pihak yang terlibat. Pasar swap bisa dikatakan sebagai sumber utama likuiditas bagi perusahaan dan investor yang ingin melindungi nilai tukar. Perlindungan ini dilakukan terutama untuk meminimalisir risiko fluktuasi suku bunga atau harga komoditas pada masa depan.

5. Pasar Opsi

Pada pasar opsi, kamu akan difasilitasi untuk melakukan perdagangan kontrak opsi. Untuk kontraknya sendiri memuat sebuah perjanjian yang memberikan hak, bukan kewajiban, kepada pemegang opsi untuk membeli atau menjual aset pada tanggal yang telah ditentukan.

Sebagai contoh, kamu membeli opsi untuk US$30 ribu pada harga Rp14.690 pada tanggal 22 Desember 2022. Pada tanggal tersebut, kamu memiliki pilihan untuk menjalankan opsi tersebut atau memilih kesempatan lain. Pemegang opsi nantinya akan membayar premi kepada penjual opsi sebagai imbalan atas hak tersebut.

3 Fungsi Pasar Valuta Asing

Fungsi Pasar Valuta Asing

Valuta asing sebagai pertukaran antar mata uang dibutuhkan seiring dengan berkembangnya perekonomian dunia, terutama dalam sektor perdagangan. Adapun fungsi dari adanya pasar valuta asing dapat kamu simak di bawah ini.

1. Sarana Pertukaran Mata Uang Asing 

Fungsi utama pasar valuta asing yaitu sebagai sarana untuk pertukaran mata uang asing. Di pasar valuta asing, para pelaku pasar dapat membeli atau menjual mata uang asing dengan harga yang ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar.

2. Sumber Likuiditas bagi Bisnis Internasional

Pasar valuta asing juga berfungsi sebagai sumber likuiditas bagi bisnis internasional. Perusahaan yang melakukan bisnis internasional membutuhkan mata uang asing untuk membayar biaya produksi, pembelian bahan baku, dan pembayaran utang. Pasar valuta asing menyediakan likuiditas bagi perusahaan tersebut untuk membeli mata uang asing yang dibutuhkan.

3. Investasi

Pasar valuta asing juga memberikan kesempatan bagi investor individual untuk berinvestasi dalam mata uang asing. Investor dapat membeli mata uang asing dengan harapan bahwa mata uang tersebut akan menguat pada masa depan dan mendapatkan keuntungan. Selain itu, investor juga dapat menggunakan pasar valuta asing sebagai sarana untuk diversifikasi portofolio investasi.

Macam-macam pasar valuta asing ini tidak hanya menjadi tempat untuk menukar mata uang, tetapi bisa menjadi tempat investor untuk mencari keuntungan dari selisih nilai tukar. Kamu yang akan terjun ke pasar valuta asing perlu mencari tahu berbagai informasi penting seperti strategi yang sebaiknya diterapkan.

Nah, kamu bisa mencari informasi tersebut di HSB, salah satu broker di Indonesia yang mengedepankan transaksi yang cepat dan transparan. HSB menyediakan kelas untuk belajar trading, termasuk menerapkan strategi yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan.

Setelah belajar di kelas tersebut, kamu bisa mengimplementasikan ilmu yang didapatkan dengan melakukan simulasi trading forex terlebih dahulu. Kamu bisa buat akun demo untuk proses simulasi tersebut. Langkah selanjutnya, kamu bisa mulai trading secara live menggunakan akun real. 

Sudah siap trading? Download aplikasi HSB sekarang juga dan rasakan transaksi dengan aman, nyaman, dan transparan.***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik